advertisement

7 Fungsi Batang Pada Tumbuhan dan Penjelasannya


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
7 Fungsi Batang Pada Tumbuhan dan Penjelasannya
7 Fungsi Batang Pada Tumbuhan dan Penjelasannya

XASXUS.com - Batang atau yang mempunyai nama latin caulis merupakan salah satu organ dasar tumbuhan berpembuluh yang menjadi tempat tumbuhnya beberapa bagian tumbuhan lainnya, seperti daun, akar, dan lain sebagainya. Batang pada tumbuhan umumnya mempunyai berbagai macam fungsi. Namun tahukah kamu apa saja fungsi batang pada tumbuhan? Nah berikut ini adalah 7 fungsi batang pada tumbuhan dan penjelasannya.
Daftar Isi

1. Fungsi batang untuk sarana pengangkutan

Fungsi batang pada tumbuhan yang ke-1 adalah sebagai sarana pengangkutan. Seperti yang diketahui jika batang mempunyai fungsi penting di dalam lajur pengangkutan unsur hara (air dan mineral penting) yang di peroleh melalui penyerapan akar menuju ke daun.

Selain itu, batang juga mempunyai fungsi lain sebagai lajur pengangkutan hasil fotosintesis (fotosintat) dari daun menuju ke seluruh bagian tumbuhan. Fungsi sebagai sarana pengangkutan pada batang ini umumnya akan ditunjang oleh jaringan floem dan silem.

2. Fungsi batang untuk penangkapan cahaya matahari

Fungsi batang pada tumbuhan yang ke-2 adalah untuk membantu efisiensi penangkapan cahaya matahari. Seperti yang diketahui jika dalam melakukan fotosintesis, tumbuhan biasanya membutuhkan cahaya matahari di dalam proses pemasakan air dan juga karbondioksida menjadi karbohidrat.

Jumlah penangkapan cahaya matahari yang terjadi tersebut pada umumnya tergantung dari seberapa besar ukuran tumbuhannya. Oleh sebab itulah jika ukuran tumbuhan semakin besar, maka kebutuhan tumbuhan akan cahaya matahari di dalam proses fotosintesis semakin besar pula.

Maka dari itulah fungsi batang dari tumbuhan ini sangat berperan di dalam memperluas tajuk tumbuhan supaya penangkapan cahaya mataharinya bisa berjalan secara lebih efisien dan membuat kebutuhan tumbuhan akan cahaya matahari di dalam berfotosintesis dapat tercukupi.

3. Fungsi batang untuk organ-organ generatif

Fungsi batang pada tumbuhan yang ke-3 adalah sebagai tempat tumbuhnya organ-organ generatif. Seperti yang diketahui jika beberapa batang pada tumbuhan mempunyai fungsi sebagai tempat tumbuhnya organ-organ generatif, terutama pada tumbuhan yang bersifat kauliflori, seperti halnya tumbuhan kakao, belimbing, nangka, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan tumbuhan kauliflori merupakan tumbuh-tumbuhan yang bunganya bisa tumbuh dibagian batang utamanya tanpa mengharuskan bantuan tangkai bunga (pedicellus) atau tangkai induk (pedunculus).

4. Fungsi batang untuk penyerbukan

Fungsi batang pada tumbuhan yang ke-4 adalah untuk membantu efisiensi penyerbukan. Hal ini pada umumnya berkaitan dengan proses perkembangbiakan pada tumbuh-tumbuhan, dimana batang berfungsi di dalam membantu terjadinya efisiensi proses penyerbukan yang di bantu oleh angin atau yang disebut juga anemogami.

Bahkan jika ukurang batang pada tumbuhan semakin tinggi, maka proses terjadinya penyerbukan akan semakin besar pula. Hal ini terjadi disebabkan oleh laju angin yang cepat di daerah yang lebih tinggi sehingga membuat benang sari pada tumbuhan semakin mudah lepas dan juga masuk ke dalam kepala putik.

5. Fungsi batang untuk pemencaran benih

Fungsi batang pada tumbuhan yang ke-5 adalah membantu efisiensi pemencaran benih. Seperti yang diketahui jika salah satu fungsi utama batang pada tumbuhan adalah membantu efisiensi pemencaran benih. Bahkan jika batang pada tumbuhan semakin tinggi, maka kemungkinan besar pemencaran benih akan semakin menyebar dan efisien, terutama di dalam pemencaran benih yang dibantu oleh angin. Tidak hanya itu saja, dimana semakin jauh benih memencar, maka kemungkinan perkembangbiakan tanaman akan semakin baik pula disebabkan oleh kelestarian tumbuhan tersebut kian terjaga.

6. Fungsi batang untuk cadangan makanan

Fungsi batang pada tumbuhan yang ke-6 adalah sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan. Seperti yang diketahui jika beberapa tumbuhan berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan, seperti sagu, tebu, dan lain sebagainya. Tumbuh-tumbuhan ini pada umumnya menyimpan kelebihan fotosintat dibagian batangnya dan berfungsi sebagai cadangan energinya. Fungsi batang ini umumnya juga termasuk ke dalam tumbuhan umbi-umbian atau rimpang, seperti jahe, kencur, bawang merah, dan lain sebagainya.

7. Fungsi batang untuk perbanyakan vegetatif

Fungsi batang pada tumbuhan yang ke-7 adalah sebagai organ perbanyakan vegetatif. Rhizoma, stolon, atau umbi merupakan batang yang telah termodifikasi mampu merambat didalam tanah akan menghasilkan tunas tanaman baru. Begitu juga dengan batang pada tumbuhan singkong yang mampu tumbuh, membentuk tunas dan akar, serta tanaman-tanaman lain yang bisa di perbanyak memakai stek seperti katuk, mawar, tebu, dan lain sebagainya.
Suka artikel berjudul 7 Fungsi Batang Pada Tumbuhan dan Penjelasannya, Yuk bagikan ke: