advertisement

7 Fungsi Akar Pada Tumbuhan Dan Penjelasannya


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
7 Fungsi Akar Pada Tumbuhan Dan Penjelasannya
7 Fungsi Akar Pada Tumbuhan Dan Penjelasannya

XASXUS.com - Secara umum, tumbuh-tumbuhan mempunyai 3 organ vital yang berperanan bagi kelangsungan metabolismenya. Ketiga organ tersebut diantaranya adalah batang, daun, dan akar. Berbicara mengenai akar, tahukah kamu apa fungsi akar bagi tumbuhan? Nah berikut ini adalah 7 fungsi akar pada tumbuh-tumbuhan.
Daftar Isi

1. Fungsi akar untuk penopang tumbuh tegaknya tanaman

Fungsi akar pada tumbuhan yang ke-1 adalah sebagai organ penopang tumbuh tegaknya tanaman. Seperti yang diketahui jika akar mempunyai beberapa ciri, seperti mampu menembus tanah, mengait tanah, dan memanjang. Bahkan jika akar semakin memanjang dan membesar, maka fungsi utamanya yaitu sebagai penopang tumbuh tegaknya tanaman akan semakin kuat dan mampu menahaan terpaan angin yang menghantamnya.

2. Fungsi akar untuk penyerapan air dan hara

Fungsi akar pada tumbuhan yang ke-2 adalah sebagai organ penyerap air dan nutrisi tanah. Fungsi penyerapan ini pada umumnya hanya akan dilakukan oleh rambut akar. Hal ini dikarenakan rambut akar yang ada di tumbuhan dapat menyerap nutrisi organik maupun anorganik di dalam larutan dengan gradien konsentrasi tertentu. Jadi keberadaan air di dalam tanah sangat menunjang akan fungsi maupun kemampuan akar pada tumbuhan. Bahkan jika tanah dengan kondisi titik layu permanen, maka secara otomatis fungsi akan sebagai organ penyerap air dan nutrisi tanah akan terhambat.

3. Fungsi akar untuk penyimpanan cadangan makanan

Fungsi akar pada tumbuhan yang ke-3 adalah sebagai penyimpanan cadangan makanan berupa karbohidrat dan air. Bahkan beberapa tumbuhan mempunyai kemampuan di dalam menyimpan cadangan makanan, seperti halnya ubi jalar, wortel, singkong, bengkoang, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, ada pula akar pada tumbuhan yang mampu menyimpan air dalam jumlah yang besar, seperti halnya akar-akar yang ada pada tanaman gurun atau higrofit, dimana akar pada tanaman tersebut mampu menyimpan lebih dari 70 kilogram air dalam jaringannya.

4. Fungsi akar pada proses fotosintesis

Fungsi akar pada tumbuhan yang ke-4 adalah untuk melakukan fotosintesis. Dalam melakukan fotosintesis umumnya tidak hanya dilakukan oleh daun saja. Namun ada juga beberapa tumbuhan yang akarnya mengandung klorofil, sehingga bisa melakukan aktivitas metabolisme ini, seperti akar pohon bakau dan anggrek epifit yang mengubah karbondioksida dan air menjadi karbohidrat.

5. Fungsi akar untuk respirasi

Fungsi akar pada tumbuhan yang ke-5 adalah sebagai alat respirasi. Fungsi akar pada tumbuhan satu ini umumnya hanya ditemukan dibeberapa tumbuhan saja, seperti pada akar tanaman bakau, akar tanaman beringin, dan tumbuhan lainnya yang habitatnya tergenang air atau hidrofit. Akar yang mempunyai fungsi ini umumnya disebut juga dengan pneumatophores, dimana struktur sel dan jaringan penyusun akarnya memungkinkan untuk terjadinya difusi udara.

6. Fungsi akar untuk gerakan tanaman

Fungsi akar pada tumbuhan yang ke-6 adalah untuk membantu gerakan tanaman. Seperti yang diketahui jika akar mempunyai mekanisme gerak tropisme, seperti hidrotropisme, kemotropisme, tigmotropisme, fototropisme, dan geotropisme yang membantu tanaman di dalam menemukan air dan hara dalam tanah. Fungsi akar pada tumbuhan ini umumnya akan menunjang metabolisme tanaman di dalam melakukan proses fotosintesis.

7. Fungsi akar untuk reproduksi

Fungsi akar pada tumbuhan yang ke-7 adalah sebagai organ reproduksi. Fungsi akar satu ini umumnya hanya terjadi dibeberapa tumbuhan saja dan melalui perbanyakan vegetatif rhizoma dan stolon, melakukan duplikasi, tanaman memperbanyak dirinya, dan berkembang biak. Tidak hanya itu saja, fungsi dari akar ini juga dimiliki oleh tumbuhan dengan akar berbonggol, seperti bengkoang, dan ubi jalar.
Suka artikel berjudul 7 Fungsi Akar Pada Tumbuhan Dan Penjelasannya, Yuk bagikan ke: