advertisement

16 Ciri-Ciri Kucing Hamil dan Akan Melahirkan


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
16 Ciri-Ciri Kucing Hamil dan Akan Melahirkan
16 Ciri-Ciri Kucing Hamil dan Akan Melahirkan

XASXUS.com - Bagi para pemilik kucing, khususnya bagi yang memiliki kucing betina pastinya akan bertanya-tanya tentang apa saja ciri-ciri kucing hamil. Hal ini pada umunnya sangat wajar, apalagi jika kalian ada seorang pecinta kucing dan menginginkan kucing banyak.

Namun tahukah kamu jika kucing ternyata mempunyai beberapa ciri-ciri hamil, baik itu ciri-ciri hamil dari segi fisik maupun dari segi prilaku. Nah bericara mengenai ciri-ciri kucing hamil, berikut ini adalah 16 ciri-ciri kucing hamil dan akan melahirkan.

1. Puting susu memerah dan membesar

Ciri-ciri kucing hamil yang ke-1 adalah puting susu memerah dan membesar. Kucing yang sudah hamil biasanya akan mengalami susu memerah dan membesar atau yang sering disebut dengan pinking up yang biasa terjadi diantara hari ke-15 atau dihari ke-18. Ciri-ciri susu memerah dan membesar tersebut merupakan pertanda jika kucing tersebut tengah mempersiapkan dirinya untuk menyusui jika bayinya ketika sudah lahir nanti.

2. Punggung kucing melengkung

Ciri-ciri kucing hamil yang ke-2 adalah punggung kucing melengkung. Secara umum, kucing mempunyai punggung yang nampak terlihat datar dan biasa. Namun ketika kucing tersebut sedang hamil, biasanya punggungnya akan terlihat sedikit melengkung, sehingga membuatnya seperti keledai berukuran kecil.

3. Perutnya membulat

Ciri-ciri kucing hamil yang ke-3 adalah perutnya membulat. Jika kucing perutnya nampak berbeda dan sedikit membulat atau menggembung, maka kemungkinan besar kucing tersebut sedang hamil. Dalam memeriksa perut kucing, ada baiknya untuk berhati-hati dan jangan sampai menekan perutnya terlalu keras. Hal ini dilakukan untuk menjaga kandungan kucing supaya tidak keguguran. Namun akan lebih baik lagi jika kucing tersebut dibawa ke dokter hewan untuk memastikan apakah kucing tersebut hamil atau tidak.

4. Bulunya mudah rontok

Ciri-ciri kucing hamil yang ke-4 adalah bulunya mudah rontok. Jika kucing bulunya nampak lebih tipis dibandingkan seperti biasanya, maka kemungkinan besar kucing tersebut sedang hamil. Hal ini terjadi dikarenakan kucing yang sedang hamil akan memproduksi hormon tertentu yang mempengaruhi produksi minyak di lapisan kulitnya, sehingga membuatnya mengalami kerontokan dibulunya. Meskipun demikian, kerontokan bulu tersebut akan setelah 1-2 minggu.

5. Nafsu makan meningkat

Ciri-ciri kucing hamil yang ke-5 adalah nafsu makan meningkat. Jika kucing terlihat semakin sering makan, maka kemungkinan besar kucing tersebut sedang hamil. Hal ini umumnya terjadi ketika usia kehamilan kucing sudah memasuki usia 3 minggu sejak kehamilan, dimana seringnya makan tersebut dilakukannya untuk memenuhi nutrisinya.

6. Morning sickness

Ciri-ciri kucing hamil yang ke-6 adalah mengalami morning sickness. Jika kucing terlihat mual dan malas makan, maka kemungkinan besar kucing tersebut sedang hamil. Meskipun demikian, morning sickness ini hanya akan terjadi disaat awal kehamilan.

7. Muntah

Ciri-ciri kucing hamil yang ke-7 adalah muntah. Ciri-ciri ini pada umumnya masih berkaitan dengan morning sickness, dimana muntah yang terjadi pada kucing biasanya disebabkan oleh dampak dari morning sickness. Jika hal ini benar-benar terjadi, maka ada baiknya untuk membawa kucing tersebut ke dokter hewan untuk memastikan apakah kucing tersebut hamil atau tidak. Selain itu, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti bisa saja kucing muntah dikarenakan keracunan makanan, dan lain sebagainya.

8. Lebih pendiam

Ciri-ciri kucing hamil yang ke-8 adalah lebih pendiam. Jika sebelumnya kucing terlihat lincah, ceria, dan suka bermain namun tiba-tiba menjadi lebih pendiam dan tenang, maka hal tersebut bisa jadi meruapakn pertanda bahwa si kucing sedang hamil.

9. Lebih banyak tidur

Ciri-ciri kucing hamil yang ke-9 adalah lebih banyak tidur. Ciri-ciri ini pada umumnya masih berkaitan dengan point sebelumnya, dimana jika sebelumnya kucing terlihat tidak malas-malasan namun tiba-tiba menjadi suka tidur, maka kemungkinan besar kucing tersebut sedang hamil. Jika hal ini terjadi, maka ada baiknya untuk tidak mengganggunya.

10. Lebih suka mencari perhatian

Ciri-ciri kucing hamil yang ke-10 adalah lebih suka mencari perhatian. Seperti yang diketahui jika kucing pada dasarnya merupakan mahluk yang sangat manja. Namun jika kucing tersebut jauh lebih manja dari sebelumnya, maka kemungkinan besar kucing tersebut sedang hamil. Kucing yang sedang hamil tersebut biasanya cenderung akan sering minta belaian dari si pemiliknya atau mendekat ke arah si pemilik hanya sekedar untuk bersantai.

11. Berhentinya siklus birahi

Ciri-ciri kucing hamil yang ke-11 adalah berhentinya siklus birahi. Sebelum hamil, kucing biasanya cenderung mempunyai siklus birahi dan akan terjadi diwaktu-waktu tertentu saja. Namun jika siklus birahi tersebut secara tiba-tiba berhenti, maka kemungkinan besar kucing tersebut sedang hamil.

12. Bersikap defensive

Ciri-ciri kucing hamil yang ke-12 adalah bersikap defensive. Walaupun ketika hamil terkadang kucing bersikap manja dan suka mencari perhatian, namun ternyata kucing yang sedang hamil juga bisa berubah sikap menjadi lebih protektif atau bisa dibilang menjadi galak. Hal ini umumnya dilakukan sebagai bentuk kasih sayang ibu kucing kepada calon bayinya.

13. Nomaden atau berpindah-pindah

Ciri-ciri kucing hamil yang ke-13 adalah nomaden atau berpindah-pindah. Jika sebelumnya kucing terlihat tidur ditempat yang sama namun tiba-tiba berpinda-pindah untuk mencari tempat yang nyaman untuknya, maka kemungkinan besar kucing tersebut sedang hamil. Hal ini biasa dilakukan untuk mencari tempat yang paling nyaman untuk mempersiapkan kelahiran calon bayinya.

14. Mulai mencari sarang

Ciri-ciri kucing hamil yang ke-14 adalah mulai mencari sarang. Ciri-ciri ini pada umumnya masih berkaitan dengan point sebelumnya, dimana kucing yang sedang hamil cenderung mulai mencari sarang atau tempat yang nyaman untuk mempersiapkan kelahiran calon bayinya. Selain itu, kucing yang sedang hamil biasanya juga akan mencari tempat yang hangat dan tenang sebagai tempat dia melahirkan dan menghabiskan hari-hari pertama dengan bayinya.

15. Keluar air susu

Ciri-ciri kucing hamil yang ke-15 adalah keluar air susu. Ciri-ciri ini bisa dibilang sebuah pertanda jika kucing tersebut sedang hamil tua. Seperti yang diketahui jika keluarnya air susu dari puting kucing merupakan salah pertanda jika kucing tersebut benar-benar sedang hamil dan diperkirakan akan melahirkan sekitar 2-3 minggu ke depan.

16. Hasil USG menunjukkan hasil yang positif

Ciri-ciri kucing hamil yang ke-16 adalah hasil USG menunjukkan hasil yang positif. Seperti yang diketahui jika kehamilan pada kucing akan lebih akurat jika dibawa ke dokter hewan untuk menjalani pemeriksaan dan melakukan USG. Tindakan ini biasanya hanya dapat dilakukan jika usia kandungan dari kucing tersebut sudah memasuki usia 3 minggu.
Suka artikel berjudul 16 Ciri-Ciri Kucing Hamil dan Akan Melahirkan, Yuk bagikan ke: