Bunga

13 Ciri Ciri Ayam Jantan dan Betina Beserta Penjelasannya


A+
A
A-
13 Ciri Ciri Ayam Jantan dan Betina Beserta Penjelasannya
13 Ciri Ciri Ayam Jantan dan Betina Beserta Penjelasannya

XASXUS.com - Ayam merupakan salah satu hewan unggas yang banyak dibudidayakan untuk diambil beberapa bagian dari tubuhnya, seperti telur, daging, dan bulunya. Hewan satu ini pada umumnya cukup mudah beradaptasi, meskipun demikian ayam akan kesulitan beradaptasi jika dilingkungannya sangat minim akan sumber makanan.

Di Indonesia sendiri ayam sangat mudah ditemui, seperti dipeternakan, atau bahkan di halaman kosong maupun di depan halaman rumah-rumah masyarakat. Berbicara mengenai ayam, tahukah kamu apa saja ciri-ciri ayam jantan dan betina? Nah berikut ini adalah 13 ciri-ciri ayam jantan dan betina beserta penjelasannya.
Daftar Isi

1. Hewan omnivora

Ciri-ciri ayam yang ke-1 adalah hewan omnivora. Secara umum, omnivora merupakan spesies yang mempunyai pola makan berupa tumbuh-tumbuhan dan bahan hewani. Jika dilihat dari pengertian tersebut, ayam ternyata juga termasuk hewan omnivora atau bisa dibilang pemakan tumbuh-tumbuhan dan daging, seperti suka memakan jagung, padi, daun, daging kecil, dan lain sebagainya.

2. Hewan unggas

Ciri-ciri ayam yang ke-2 adalah hewan unggas. Secara umum, unggas merupakan sejenis hewan ternak kelompok dari sejenis burung yang biasanya dimanfaatkan telur, daging, dan bulunya. Jika dilihat dari pengertian tersebut, ayam juga termasuk ke dalam hewan unggas. Seperti yang diketahui jika ayam banyak diternakan untuk diambil daging, terlur, bahkan bulunya.

3. Berkembang biak dengan ovipar

Ciri-ciri ayam yang ke-3 adalah berkembang biak dengan ovipar. Secara umum, ovipar merupakan salah satu cara berkembang biak hewan dengan cara bertelur. Jika dilihat dari pengertian tersebut, ayam juga termasuk ke dalam hewan yang berkembang biak dengan cara ovipar, dimana ayam bisa bertelur antara 5-12 butir.

4. Hewan yang mengerami telur

Ciri-ciri ayam yang ke-4 adalah hewan yang mengerami telur. Secara umum, hewan yang bertelur pastinya bisa mengerami telur. Meskipun demekian, ada juga hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur namun tidak bisa mengerami telurnya, seperti halnya itik. Jika dilihat secara umum, ayam termasuk ke dalam hewan yang bisa mengerami telur selama kurang lebih 21 hari sampai telur tersebut menetas.

5. Mempunyai 2 kaki

Ciri-ciri ayam yang ke-5 adalah mempunyai 2 kaki. Ciri-ciri ayam satu ini mungkin bisa dibilang sudah banyak yang mengetahui, dimana ayam mempunyai sepasang kaki yang berukuran kecil atau ramping dan ada sisik dibagian kakinya. Kaki ayam ini pada umumnya berfungsi untuk berjalan dan mengais makanan di tanah, seperti ulat atau semut .

6. Mempunyai corak warna bulu yang beragam

Ciri-ciri ayam yang ke-6 adalah mempunyai corak warna bulu yang beragam. Ciri-ciri ayam satu ini pastinya sudah banyak yang mengetahui, dimana ayam mempunyai banyak warna, seperti warna putih, hitam, cokelat, merah, emas, hijau, dan lain sebagainya.

7. Mempunyai 2 jengger

Ciri-ciri ayam yang ke-7 adalah mempunyai 2 jengger. Secara umum, jengger merupakan pertumbuhan berdaging atau balung yang ada dibagian kepala. Namun tahukah kamu jika ternyata ayam mempunyai 2 jengger. Jengger tersebut pada dasarnya berwarna merah serta terletak di bagian atas kepala dan di bawah lehernya.

8. Mempunyai kuku atau cakar

Ciri-ciri ayam yang ke-8 adalah mempunyai kuku atau cakar. Kuku atau cakar tersebut pada umumnya dipakai ayam untuk mengais tanah dan mencari makan, seperti mencari cacing, semut, dan lain sebagainya.

9. Mempunyai sepasang mata

Ciri-ciri ayam yang ke-9 adalah mempunyai sepasang mata. Secara umum, hewan mempunyai 2 buah mata yang berfungsi untuk melihat. Nah hal ini juga terjadi pada hewan ayam. Meskipun demikian ayam mempunyai sepasang mata yang ukurannya tidak terlalu besar.

10. Mempunyai paruh

Ciri-ciri ayam yang ke-10 adalah mempunyai paruh. Sama seperti hewan unggas lainnya, ayam juga mempunyai paruh yang runcing dan berfungsi untuk mengambil makanan.

11. Mempunyai sayap

Ciri-ciri ayam yang ke-11 adalah mempunyai sayap. Ciri-ciri ayam satu ini pastinya sudah banyak yang mengetahui, dimana ayam mempunyai sayap berukuran yang cukup besar dan digunakan untuk terbang. Meskipun demikian, ayam hanya bisa terbang sangat pendek dan tidak bisa terbang tinggi seperti yang dilakukan oleh burung.

12. Dapat berkokok

Ciri-ciri ayam yang ke-12 adalah dapat berkokok. Baik itu ayam jantan maupun betina pastinya bisa berkokok. Meskipun demikian, suara berkokok dari ayam jantan terdengar jauh lebih keras, lantang, dan lebih sering dibandingkan dengan ayam betina.

13. Mempunyai 2 jenis

Ciri-ciri ayam yang ke-13 adalah mempunyai 2 jenis, yaitu jantan dan betina. Secara umum, candi mempunyai beberapa perbedaan. Nah berikut ini adalah perbedaan ayam jantan dan betina.

Ciri-ciri ayam jantan:
  • Ayam jantan mempunyai jengger yang panjang dan besar dibagian atas kepala.
  • Ayam jantan mempunyai jalu yang runcing dan cukup panjang.
  • Ayam jantan mempunyai tubuh yang lebih tinggi dan besar.
  • Ayam jantan mempunyai ekor yang panjang.
  • Ayam jantan mempunyai suara yang lebih keras dan lantang ketika berkokok.

Ciri-ciri ayam betina:
  • Ayam betina mempunyai jengger yang kecil dibagian atas kepala.
  • Ayam betina mempunyai jalu yang kecil dan bahkan tidak mempunyai jalu sama sekali.
  • Ayam betina mempunyai tubuh yang kecil.
  • Ayam betina mempunyai ekor yang pendek.
  • Ayam betina jarang berkokok.
Halaman :