advertisement

4 Cara Menjodohkan Lovebird Dengan Mudah, Ampuh, dan Efektif


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
4 Cara Menjodohkan Lovebird Dengan Mudah, Ampuh, dan Efektif
4 Cara Menjodohkan Lovebird Dengan Mudah, Ampuh, dan Efektif

XASXUS.com - Burung cinta atau yang kerap disebut lovebird ini merupakan salah satu jenis burung kicau yang paling banyak di gemari di Indonesia, hal ini dikarenakan lovebird mempunyai jenis dan juga warna paling banyak. Bahkan tidak sedikit pula dari mereka yang mengembangbiakan jenis burung lovebird ini untuk dijadikan peliharaan atau dijadikan prospek di dalam acara perlombaan.

Dalam mengembangbiakan jenis burung lovebird, tentunya akan melewati proses perjodohan. Bagi seseorang yang sudah sudah berpengalaman, menjodohkan lovebird mungkin perkara mudah dan gampang. Namun bagi pemula, pastinya akan bertanya-tanya bagaimana cara menjodohkan lovebird yang baik dan benar. Nah berikut ini adalah 4 cara menjodohkan lovebird secara mudah, ampuh, dan efektif.

1. Cara menjodohkan lovebird secara koloni

Cara menjodohkan lovebird yang ke-1 adalah cara koloni. Cara menjodohkan lovebird satu ini bisa dibilang cara yang paling ampuh, mudah, dan cepat. Dikatakan koloni, sebab cara menjodohkan lovebird ini mengharuskan menaruh beberapa pasangan ke dalam satu kandang berukuran besar. Bahkan jika pasangan lovebird yang ditaruh semakin banyak, maka akan lebih baik lagi.

Dalam mencari jodohnya, lovebird yang sudah ditaruh dikandang besar tersebut akan memilih pasangannya masing-masing. Jadi bisa dibilang menjodohkan dengan cara ini membuat semua lovebird akan mempunyai pasangan dan tidak akan ada salah satu lovebird yang terlewat. Misalnya jika dalam satu kandang berukuran besar terdapat 10 pasangan lovebird (10 ekor lovebird betina dan 10 ekor lovebird jantan), maka semua lovebird tersebut akan mendapatkan pasangannya.

2. Cara menjodohkan lovebird dengan mendekatkan kedua kandang lovebird jantan dan betina

Cara menjodohkan lovebird yang ke-2 adalah dengan mendekatkan kedua kandang lovebird jantan dan betina. Cara ini bisa dibilang sangat cocok bagi kamu yang hanya mempunyai sepasang lovebird kelamin jantan dan betina. Namun sebelum menjodohkan, pastikan umur lovebird sudah mapan atau dewasa.

Selain itu, perhatikan terlebih dahulu apakah lovebird yang akan dijodohkan sudah birahi atau belum. Jika sudah, maka menjodohkan kedua lovebird ini bisa dibilang gampang. Namun jika belum birahi, maka kemungkinan besar akan susah. maka dari itu ada baik menunggu lovebird birahi dengan cara dimandikan dan diberi makanan berupa sayur kangkung setiap hari selama seminggu.

Jika tidak ada kangkung, kamu juga bisa memberikannya toge. Meskipun demikian, sebaiknya memberikan makanan yang disukainya. Apabila lovebird lebih suka kangkung, maka rutinlah memberikan kangkung yang telah dipotong-potong. Tetapi jika lovebird lebih suka toge, maka rutinlah memberikan toge.

Setelah hal ini dilakukan setiap hari dan selama seminggu, maka langkah selanjutnya adalah menempelkan kedua kadanganya. Biarkan kedua kandang tersebut secara berdempetan selama 3-4 hari lamanya. dan tergantung dari lovebirdnya. Seperti yang diketahui jika masing-masing lovebird mempunyai rentang waktu yang berbeda-beda dan tergantung dari birahi atau tidaknya lovebird, dimana ada yang prosesnya cepat dan bahkan ada juga yang tidak berjodoh.

Pada hari kedua, cobalah perhatika kedua lovebird tersebut. Jika tidurnya saling menempel dan berdekatan dipinggir kandang, maka bisa dipastikan jika kedua lovebird tersebut sudah berjodoh. Bahkan jika keduanya sudah terlihat saling bermain dipinggir kandang, maka bisa dipastikan 100% lovebird sudah berjodoh. Selanjutnya taruhlah kedua burung tersebut ke dalam satu kandang ternak yang kotak.

3. Cara menjodohkan lovebird dengan memasukan langsung ke dalam kandang ternak

Cara menjodohkan lovebird yang ke-3 adalah dengan memasukan lovebird langsung ke dalam kandang ternak. Cara ini bisa dibilang cara menjodohkan lovebird yang jarang digunakan. Hal ini dikarenakan lovebird yang akan dijodohkan dan baru dimasukan ke dalam kandang cenderung akan saling menjauhkan diri. Kemungkinan besar hal ini terjadi bisa dikarenakan lovebird satunya, atau kandang barunya sehingga bisa dibilang lovebird susah beradaptasi.

Namun jika tetap ingin menggunakan cara ini, cobalah masukan kedua lovebird ke dalam satu kandang dan amati pada hari ketiga atau lebih. Apabila kedua lovebird tersebut terlihat saling mendekat apalagi jika lovebird jantan sudah meloloh atau ketika tidur sudah saling menempel, maka kemungkinan besar lovebird tersebut sudah berjodoh.

4. Cara menjodohkan lovebird beda umur

Cara menjodohkan lovebird yang ke-4 adalah dengan cara menjodohkan lovebird beda umur. Cara ini bisa dibilang cara yang jarang dilakukan dikarenakan hasil yang didapatka kurang bagus, sehingga sangat tidak disarankan. Secara umum, lovebird sangat cocok dijodohkan ketika usianya sudah memasuki sekiatar 9-10 bulan atau idealnya adalah 12 bulan dikarenakan lovebird sedang dalam reproduksi yang bagus.
Suka artikel berjudul 4 Cara Menjodohkan Lovebird Dengan Mudah, Ampuh, dan Efektif, Yuk bagikan ke: