Bunga

15 Cara Menghindari Narkoba Bagi Remaja dan di Kalangan Pelajar


A+
A
A-
15 Cara Menghindari Narkoba Bagi Remaja dan di Kalangan Pelajar
15 Cara Menghindari Narkoba Bagi Remaja dan di Kalangan Pelajar

XASXUS.com - Narkoba secara umumnya tidak hanya bisa merugikan secara kesehatan, namun juga bisa merugikan secara psikis dan bahkan menyebabkan kematian. Seseorang yang telah kecanduan zat terlarang pada dasarnya tidak bisa berpikir layaknya orang normal. Bahkan seseorang yang telah kecanduan narkoba cenderung bertidak apa saja tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi.

Bagi kamu seorang remaja dan merupakan genarasi bangsa, menghidari narkoba merupakan yang harus dilakukan jika tidak ingin masa depanmu menjadi rusak. Namun tahukah kamu bagaimana cara menghindari narkoba bagi remaja, berikut ini adalah 15 cara menghindari narkoba bagi remaja dan dikalangan pelajar.
Daftar Isi

1. Selektif dalam pergaulan

Cara menghindari narkoba yang ke-1 adalah selektif dalam pergaulan. Cara ini mungkin bisa dibilang cara awal untuk menghindari narkoba. Jadi dalam bergaul, ada baiknya untuk memilih teman-teman yang mempunyai perilaku positif, sehingga secara tidak langsung perilaku kita juga akan terbawa untuk berfikir dan bersikap positif.

Selain itu, hidarilah bergaul dan memilih teman-teman yang mempunyai perilaku negatif. Hal ini dikarenakan secara tidak langsung perilaku kita juga akan terbawa untuk berfikir dan bersikap negatif, sehingga akan mudah terjerumus ke dalam hal-hal yang buruk, salah satunya terjerumus ke dalam zat terlarang tersebut.

2. Hindari dunia malam

Cara menghindari narkoba yang ke-2 adalah menghindari dunia malam. Seperti yang diketahui jika para remaja yang sering main di dunia malam cenderung mudah tergoda untuk melakukan kebiasaan buruk. Hal ini dikarenakan waktu malam bagi para remaja merupakan waktu yang bebas dan tanpa ada yang mengawasi, sehingga membuatnya cenderung berani di dalam mencoba hal-hal ekstrim, seperti minum-minuman, berjudi, dan lain sebagainya. Jadi supaya terhindar dari narkoba, maka ada baiknya untuk menghidari dunia malam.

3. Jangan melawan nasehat orang tua

Cara menghindari narkoba yang ke-3 adalah jangan melawan nasehat orang tua. Setiap orang tua pada dasarnya mengiginkan anaknya mempunyai akhlak mulia. Jadi supaya terhidar dari narkoba, maka ada baiknya untuk selalu mematuhi segala nasehat orang tua dan jangan melawannya.

Namun jika kamu dari awal sudah terbiasa melawan nasehat orangtua, maka kemungkinan besar kamu cenderung sudah mempunyai rasa percaya diri untuk melakukan hal-hal yang tidak baik, sehingga memudahkan kamu terbujuk di dalam melakukan tindakan yang melanggar norma, salah satunya adalah menggunakan zat terlarang.

4. Carilah hobi dan aktivitas positif

Cara menghindari narkoba yang ke-4 adalah mencari hobi dan aktivitas positif. Seperti yang diketahui jika masa remaja merupakan masa dimana seseorang sangat antusias di dalam menyalurkan hobinya. Jadi supaya terhidar dari narkoba, maka ada baiknya untuk mencari kesibukan dalam hal-hal positif, seperti berolahraga, menulis, melukis, dan lain sebagainya.

Selain bisa meningkatkan keterampilan, hal ini dilakukan supaya bisa membatasi pergaulan sehingga tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif. Seperti yang diketahui jika seseorang tidak memiliki kesibukan, maka cenderung mudah diajak melakukan hal-hal negatif, termasuk menggunakan zat terlarang.

5. Jangan takut kehilangan teman

Cara menghindari narkoba yang ke-5 adalah jangan takut kehilangan teman. Seperti yang diketahui jika hal buruk ini biasanya berawal dari ajakan teman. Jadi jika mempunyai teman seperti itu, maka ada baiknya untuk meninggalkannya dan jangan takut kehilangannya. Teman yang baik adalah teman yang mengajak kepada kebenaran dan menghindari perbuatan yang tidak terpuji, termasuk menyalahgunakan zat terlarang tersebut.

6. Selesaikan masalah

Cara menghindari narkoba yang ke-6 adalah menyelesaikan masalah. Seperti yang diketahui jika setiap orang pastinya pernah mempunyai permasalahan di dalam kehidupannya. Jika hal ini terjadi, maka ada baiknya untuk segera menyelesaikannya masalah tersebut secara baik-baik dan jangan sampai lari dengan cara yang terburuk, salah satunya adalah menggunakan zat terlarang tersebut.

7. Bentengi diri dengan agama

Cara menghindari narkoba yang ke-7 adalah membentengi diri dengan agama. Seperti yang diketahui jika seseorang yang telah membentengi diri dengan agama pastinya akan terhindar dari perbuatan tercela dan juga merugikan diri sendiri atau bahkan orang lain, salah satunya terhidar dari narkoba. Berbeda halnya jika seseorang tidak membentengi diri dengan agama pastinya akan terjerumus ke dalam zat terlarang.

8. Ingat masa depan

Cara menghindari narkoba yang ke-8 adalah ingat masa depan. Seperti yang diketahui jika narkoba bisa menghancurkan masa depan, baik itu dalam pendidikan, pekerjaan, kesehatan, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan seseorang yang sudah kecanduan zat terlarang tidak bisa berpikir, sehingga membuatnya tidak bisa berbuat apa-apa.

9. Jangan pernah mencoba

Cara menghindari narkoba yang ke-9 adalah jangan pernah mencoba. Cara ini mungkin bisa dibilang cara awal untuk menghindari narkoba. Seperti yang diketahui jika zat terlarang ini mempunyai efek kecanduan, maka ada baiknya untuk jangan pernah mencobanya.

10. Jadilah anak berbakti pada orang tua

Cara menghindari narkoba yang ke-10 adalah jadilah anak berbakti pada orang tua. Seperti yang diketahui jika orang tua pastinya menginginkan anaknya menjadi seseorang yang sukses dan mempunyai ahklak terpuji. Maka dari itu dengan menjadi anak yang berbakti pada orang tua secara tidak langsung akan menghindari kamu dari zat terlarang tersebut.

11. Nikmati kebersamaan dengan keluarga

Cara menghindari narkoba yang ke-11 adalah menikmati kebersamaan dengan keluarga. Seperti yang diketahui jika zat terlarang ini cenderung mengincar para remaja yang suka berada diluar rumah dan sering terlibat dipergaulan yang salah. Maka dari itulah sering menikmati kebersamaan dengan keluarga pastinya secara tidak langsung akan terhindar dari narkoba.

12. Fokus pada hal-hal positif

Cara menghindari narkoba yang ke-12 adalah fokus pada hal-hal positif. Cara ini mungkin bisa dibilang cara awal untuk menghindari narkoba. Seperti yang diketahui jika seseorang yang selalu menyibukkan atau memberikan manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain dalam hal positif pastinya secara tidak langsung akan terhindar dari narkoba. Jadi ada baiknya untuk menghindari membuang waktu yang percuma, seperti begadang, nongkrong, keluyuran, atau aktivitas lainnya yang tanpa tujuan.

13. Ketahui beragam dampak negatif narkoba

Cara menghindari narkoba yang ke-13 adalah mengetahui sejak dini apa saja dampak negatif narkoba. Seperti yang diketahui jika selama ini narkoba mempunyai beberapa dampak buruk bagi kehidupan, baik itu secara fisik, psikis, dan lain sebagainya. Jadi ada baiknya sejak dini untuk mengetahui apa saja dampak negatif narkoba. Dengan mengetahui hal ini pastinya secara tidak langsung membuat diri kamu terhidar dari narkoba.

14. Berpikir jangka panjang

Cara menghindari narkoba yang ke-14 adalah berpikir jangka panjang. Seperti yang diketahui jika dampak narkoba tidak hanya dalam jangka waktu pendek saja, namun juga bisa dalam jangka waktu lama, seperti akan mengalami sakau atau bahkan menyebabkan kematian. Jadi berpikirlah panjang terlebih dahulu supaya tidak terjerumus ke dalam zat terlarang tersebut.

15. Ingat tentang hukum narkoba

Cara menghindari narkoba yang ke-15 adalah ingat tentang hukum narkoba. Di Indonesia sendiri, hukuman bagi pengguna maupun pengedar zat terlarang bisa dibilang sangat mengerikan dan tergantung dari kondisinya, baik itu berupa hukuman rehabilitasi, penjara, atau bahkan hukuman mati.
Halaman :