advertisement

10 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Anak Dan Orang Dewasa Dengan Cepat


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
10 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Anak Dan Orang Dewasa Dengan Cepat
10 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Anak Dan Orang Dewasa Dengan Cepat

XASXUS.com - Dalam kehidupan, setiap orang pastinya pernah mengalami sakit batuk, baik itu batuk ringan maupun batuk berat. Seseorang yang mengalami batuk ringan umumnya diakibatkan oleh beberapa faktor, salah satunya disebabkan oleh alergi, seperti alergi debu, alergi binatang, dan lain sebagainya.

Lain halnya jika mengalami batuk berat yang ditandai dengan batuk terus-menerus tanpa henti, dimana hal ini bisa jadi pertanda bahwa adanya penyakit yang hinggap dan berkembang di tubuh tanpa disadari, seperti gejala ISPA, gejala TBC, gejala bronkitis, atau penyakit paru-paru lainnya.

Faktanya, banyak sekali orang yang meremehkan ketika sakit batuk. Padahal hal ini merupakan pertanda dari tubuh bahwa kondisinya dalam keadaan tidak beres atau sakit. Selain itu, sebagian dari kita pastinya juga pernah mengalami batuk berdahak, yaitu cairan kental yang berwarna hijau kekuning kuningan mirip seperti ingus dan berasal dari dalam paru-paru yang disebabkan oleh adanya infeksi.

Dalam berbagai kasus, batuk berdahak dapat dikeluarkan dengan mudah, namun ada pula yang sulit dikeluarkan sehingga menyebabkan pernapasan menjadi terganggu. Karena sifatnya yang mengganggu, banyak dari kita yang mencari tahu bagaimana cara mengeluarkan dahak. Nah berbicara mengenai cara mengeluarkan dahak, berikut ini adalah 10 cara mengeluarkan dahak, seperti cara mengeluarkan dahak pada anak, cara mengeluarkan dahak pada orang dewasa, dan lain sebagainya.
Daftar Isi

1. Cara mengeluarkan dahak dengan air putih

Cara mengeluarkan dahak yang ke-1 adalah dengan memperbanyak minum air putih. Seperti yang diketahui jika dahak yang susah dikeluarkan biasanya disebabkan oleh teksturnya yang terlalu kental. Jadi supaya dahak dapat encer dan tidak kental, maka cobalah untuk memperbanyak minum air putih. Hal ini dikarenakan air putih dapat menggantikan cairan yang keluar yang disebabkan oleh seringnya mengeluarkan dahak.

2. Cara mengeluarkan dahak dengan bawang putih

Cara mengeluarkan dahak yang ke-2 adalah dengan mengkonsumsi bawang putih. Seperti yang diketahui jika bawang putih mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya adalah untuk mengeluarkan dahak. Hal ini dikarenakan bawang putih mempunyai kandungan anti bakteri dan anti jamur yang sangat bermanfaat di dalam membasmi bakteri penyebab dahak. Untuk caranya sendiri pun sangat mudah, dimana kamu hanya cukup memakan atau mengunyah bawang putih secara langsung.

3. Cara mengeluarkan dahak dengan daun mint

Cara mengeluarkan dahak yang ke-3 adalah dengan menggunakan daun mint. Seperti yang diketahui jika daun mint mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya adalah untuk melegakan tenggorokan. Karena manfaatnya yang dapat melegakan tenggorokan, penggunaan daun mint ini juga bisa digunakan dalam mengeluarkan dahak. Untuk caranya sendiri pun sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun mint yang sudah dicuci bersih, selanjutnya diseduh untuk kemudian diminum secara rutin.

4. Cara mengeluarkan dahak dengan campuran air hangat dan minyak kayu putih

Cara mengeluarkan dahak yang ke-4 adalah dengan menghirup uap air hangat yang telah dicampur dengan minyak kayu putih. Untuk caranya sendiri pun sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan air panas secukupnya dan meneteskan miyak kayu putih beberapa tetesan ke dalam air panas tersebut. Selanjutnya hiruplah campuran air hangat dan minyak kayu putih tersebut hingga dahak mencair dan keluar.

5. Cara mengeluarkan dahak dengan uap air hangat

Cara mengeluarkan dahak yang ke-5 adalah dengan menghirup uap air hangat. Hampir sama seperti point sebelumnya, namun tidak menggunakan campuran minyak kayu putih. Hal ini dikarenakan uap air hangat juga dapat membantu di dalam mencairkan lendir yang ada di dalam paru-paru sehingga dapat membantu mengeluarkan dahak. Untuk caranya sendiri pun sangat mudah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan air hangat secukupnya untuk kemudian dihirup. Pastikan dalam menghirup untuk tidak terlalu dekat supaya kulit hidung tidak melepuh.

6. Cara mengeluarkan dahak dengan minuman hangat

Cara mengeluarkan dahak yang ke-6 adalah dengan memperbanyak minum-minuman hangat. Seperti yang diketahui jika dahak yang susah dikeluarkan biasanya disebabkan oleh teksturnya yang terlalu kental dan mengendap di tenggorokan. Jadi supaya dahak dapat encer dan tidak kental, maka cobalah untuk minum-minuman hangat, seperti wedang jahe hangat, air teh hangat, mint tea hangat, lemon tea hangat, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan minum-minuman tersebut mempunyai kandungan antiseptik dan dekongestan alami untuk memudahkan dahak keluar.

7. Cara mengeluarkan dahak dengan campuran madu dan jahe

Cara mengeluarkan dahak yang ke-7 adalah dengan menggunakan campuran madu dan jahe. Seperti yang diketahui jika jahe merupakan rempah-rempah yang sejak zaman dahulu dipercaya mampu mengurangi batuk dan mengeluarkan dahak. Untuk caranya sendiri pun sangat mudah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan jahe 100 gram dan madu secukupnya. Selanjutnya parutlah jahe dan peraslah untuk diambil airnya. Kemudian campurkan air jahe tersebut dengan madu secukupnya untuk diminum minimal 2 kali sehari supaya dahak yang mengendap di tenggorokan dapat segera keluar.

8. Cara mengeluarkan dahak dengan air garam

Cara mengeluarkan dahak yang ke-8 adalah dengan kumur-kumur menggunakan air garam. Seperti yang diketahui jika garam mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Selain kerap digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan gigi, ternyata garam juga sangat efektif di dalam mengeluarkan dahak. Hal ini dikarenakan garam punyai kandungan sodium yang sangat tinggi sehingga dapat embasmi bakteri penyebab dahak.

Untuk caranya sendiri pun sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan segelas air hangat dan kemudian masukan garam sekitar 2 sendok teh. Aduklah hingga garam tersebut larut untuk kemudian digunakan kumur-kumur hingga pangkal lidah dengan cara menengadahkan kepala supaya bisa membasmi bakteri penyebab dahak.

9. Cara mengeluarkan dahak dengan kunyit

Cara mengeluarkan dahak yang ke-9 adalah dengan menggunakan kunyit. Seperti yang diketahui jika kunyit mempunyai berbagai macam kandungan yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya dapat membasmi kuman dan bakteri penyebab batuk berdahak, dimana fungsi utamanya adalah mengencerkan dahak yang mengendap ditenggorokan sehingga dahak mudah untuk dikeluarkan.

Untuk caranya sendiri pun sangat mudah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan kunyit secukupnya untuk kemudian diparut dan diperas airnya. Selanjutnya seduhlah dengan segelas air hangat untuk kemudian diminum secara rutin minimal 2 kali sehari supaya dahak yang mengendap di tenggorokan dapat segera keluar.

10. Cara mengeluarkan dahak dengan lada

Cara mengeluarkan dahak yang ke-10 adalah dengan menggunakan lada. Seperti yang diketahui jika lada merupakan salah satu rempah-rempah yang dipercaya mampu mengeluarkan dahak. Untuk caranya sendiri pun sangat mudah, dimana kamu hanya perlu menyeduh lada sebanyak setengah sendok teh dengan segelas air hangat. Supaya rasa yang dihasilkan tidak pedas, kamu bisa mencampurkannya dengan madu. Minumlah air lada tersebut secara rutin hingga dahak keluar.
Suka artikel berjudul 10 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Anak Dan Orang Dewasa Dengan Cepat, Yuk bagikan ke: