advertisement

4 Cara Memegang Raket Bulutangkis Beserta Gambar dan Penjelasannya


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
4 Cara Memegang Raket Bulutangkis Beserta Gambar dan Penjelasannya
4 Cara Memegang Raket Bulutangkis Beserta Gambar dan Penjelasannya

XASXUS.com - Dalam olahraga badminton atau bulu tangkis, cara memegang raket yang benar merupakan hal yang sangat penting. Seperti yang diketahui jika seseorang yang memegang raket dengan benar dan sesuai dengan ketentuan, pastinya akan bermain secara maksimal, baik itu saat melakukan netting, smash, dan lain sebagainya.

Meskipun demikian, bagi pemula pastinya akan bertanya-tanya bagaimana cara memegang raket dengan benar. Nah berbicara mengenai cara memegang raket dalam olahraga badminton atau bulu tangkis, berikut ini adalah 4 cara memegang raket bulutangkis beserta gambar dan penjelasannya.

1. Cara Memegang Raket Forehand Grip Badminton

Cara Memegang Raket Forehand Grip Badminton
Gambar cara memegang raket forehand grip badminton

Cara memegang raket yang ke-1 adalah cara memegang raket forehand grip badminton. Cara ini diawali dengan memposisikan raket miring, lalu memegang raket menggunakan jari telunjuk dan ibu jari seperti sedang mengepal. Dalam menggunakan cara memegang raket ini ada baik posisi raket tidak boleh berubah-ubah.

Usahakan pula bentuk tangan ketika memegang raket selalu menyerupai huruf V. Hal lain yang harus diperhatikan ketika menggunakan cara memegang raket forehand grip badminton ini adalah usahakan tubuh tetap rileks dan tidak kaku, sehingga pukulan yang dihasilkan sangat kuat dan tepat sasaran.

2. Cara Memegang Raket Backhand Grip

Cara Memegang Raket Backhand Grip
Gambar cara memegang raket backhand grip

Cara memegang raket yang ke-2 adalah cara memegang raket backhand grip. Cara ini pada umumnya hampir sama dengan cara memegang raket forehand grip badminton. Namun yang membedakannya adalah posisi pegangan pada cara backhand grip ini sedikit masuk ke dalam. Selanjutnya pastikan pegangan tangan berada di raket yang lebar serta pakailah kekuatan pergelangan tangan di dalam melakukan latihan pukulan ke kekiri atau kanan dan belakang ke depan.

3. Cara Memegang Raket American Grip

Cara memegang raket yang ke-3 adalah cara memegang raket teknik american grip. Teknik cara memegang raket ini pada umumnya sangat cocok dipakai ketika akan melakukan smash dan tidak cocok dipakai untuk melakukan netting. Untuk cara memegang raketnya sendiri yaitu ibu jari dengan jari telunjuk menempel ke bagian pegangan raket yang lebar atau luas.

4. Cara Memengang Raket Combination Grip

Cara memegang raket yang ke-4 adalah cara memengang raket teknik combination grip. Cara ini pada umumnya merupakan cara memegang raket dengan beberapa kombinasi teknik, seperti kombinasi antara cara memegang raket forehand grip badminton, cara memegang raket backhand grip, dan cara memegang raket teknik american grip. Teknik ini pada dasarnya digunakan tergantung dari arah datangnya suttlecok, sehingga skill para pemain sangat menentukan teknik ini.
Suka artikel berjudul 4 Cara Memegang Raket Bulutangkis Beserta Gambar dan Penjelasannya, Yuk bagikan ke: