advertisement

5 Cara Membuat Nasi Uduk Sederhana dan Spesial


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
5 Cara Membuat Nasi Uduk Sederhana dan Spesial
5 Cara Membuat Nasi Uduk Sederhana dan Spesial

XASXUS.com - Nasi uduk merupakan salah satu variasi dari nasi biasa yang dapat dibilang mempunyai banyak penggemar. Hal ini dikarenakan selain rasanya yang gurih dan khas, nasi uduk juga mempunyai harga yang relatif murah dan terjangkau. Bahkan beberapa warung di Indonesia, nasi unduk ini hanya dibanderol dengan harga berkisar 5000 rupiah.

Jika dilihat secara sekilas, nasi uduk memang tampak seperti nasi biasa pada umumnya. Namun jika lihat dari segi pembuatan dan cita rasanya, ternyata nasi uduk ini jauh berbeda dengan nasi biasa. Misalnya saja cara pembuatannya, dimana jika nasi biasa menggunakan air dalam pembuatannya, maka pada nasi uduk ini pembuatannya dengan cara dimasak menggunakan air santan kental dan dicampurkan berbagai macam rempah-rempah yang berguna menambah kesedapan.

Bagi beberapa orang, nasi uduk ini kerap kali disamakan dengan nasi kuning. Namun tahukah kamu jika kedua variasi nasi ini berbeda, baik dari segi waranya dan cara penyajiannya. Dimana nasi uduk mempunyai warna seperti nasi biasa, sementara nasi kuning mempunyai warna sesuai dengan namanya, yaitu berwarna kuning. Sedangkan untuk penyajiannya sendiri, nasi kuning identik dengan menggunakan tumpeng, sementara nasi uduk tidak perlu susah-susah membuat tumpeng layaknya nasi kuning.

Menurut beberapa sumber, nasi uduk ini merupakan salah satu makanan yang berasal dari betawi. Jika dilihat dari segi penyajiannya, nasi uduk ini umumnya sama seperti saudaranya nasi kuning, yaitu disajikan dengan beberapa lauk dan sayuran pelengkap untuk menambah cita rasa, seperti telur, tempe orek, ayam goreng, tahu tempe teri kering, jeroan, urap-urap, empal, dan masih banyak lagi. Namun yang tidak boleh ketinggalan adalah kerupuk dan sambal.

Bagi beberapa orang, membuat nasi uduk sendiri di rumah mungkin terdengar suatu hal yang ribet. Namun tahukah kamu ternyata membuat nasi uduk itu sangatlah mudah dan tidak ribet. Nah bagi kamu yang sedang mencari tahu bagaimana cara membuat nasi uduk sederhana, mudah, dan spesial, simaklah beberapa langkah-langkah cara membuat nasi uduk dibawah ini.

Bahan-bahan untuk membuat nasi uduk:
  • 300 gram beras
  • 450 ml santan kelapa
  • 2 batang serai(memarkan)
  • 2 butir cengkeh
  • 2 cm kayu manis
  • 1 sendok teh garam
  • 2 lembar daun salam

Bahan-bahan untuk lauk pauk nasi uduk:
  • Sambal telur utuh
  • orek tempe
  • Tempe goreng tepung
  • Sambal tomat
  • Krupuk
  • Bawang goreng

Langkah-langkah cara membuat nasi uduk:
  1. Siapkan priuk atau panci tuang santan, serai, daun salam, kayu manis dan garam, masukan juga beras yang sudah di cuci bersih aduk-aduk sampai rata.
  2. Rebus dengan api sedang sambil terus di aduk agar tidak gosong, jika santan sudah menyusut sampai habis matikan api.
  3. Siapkan panci pengukus isi air di bawah pembatas, masukan adonan beras tadi lalu kukus sampai matang.
  4. Siapkan piring bersih, letakan nasi uduk ke atas piring, tambahkan sambal telur, sambal tomat, orek tempe, krupuk,tempe goreng.
  5. Terakhir taburi bawang goreng dan nasi uduk yang lezat siap di nikmati.

Demikianlah cara membuat nasi uduk yang mudah dan gak ribet, jangan ragu untuk mencobanya sendri di rumah.
Suka artikel berjudul 5 Cara Membuat Nasi Uduk Sederhana dan Spesial, Yuk bagikan ke: