Bunga

16 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Dengan Akurat


A+
A
A-
16 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Dengan Akurat
16 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Dengan Akurat

XASXUS.com - Burung cinta atau yang kerap disebut lovebird ini merupakan salah satu jenis burung kicau yang paling banyak di gemari di Indonesia, hal ini dikarenakan lovebird mempunyai jenis dan juga warna paling banyak. Bahkan tidak sedikit pula dari mereka yang mengembangbiakan jenis burung lovebird ini untuk dijadikan peliharaan atau dijadikan prospek di dalam acara perlombaan.

Dalam mengembangbiakan jenis burung lovebird, tentunya akan melewati proses perjodohan. Namun sebelum memasuki proses perjodohan, pastinya harus memilih pasangan yang akan dijodohkan, yaitu 1 lovebird jantan dan 1 lovebird betina. Bagi seseorang yang sudah sudah berpengalaman, membedakan lovebird jantan dan betina pastinya perkara mudah dan gampang.

Namun bagi pemula, membedakan lovebird jantan dan betina pastinya akan kesulitan dan akan bertanya-tanya bagaimana cara membedakan lovebird jantan dan betina yang benar dan paling akurat. Nah berbicara mengenai cara membedakan lovebird jantan dan betina, berikut ini adalah 16 cara membedakan lovebird jantan dan betina dengan mudah dan akurat, baik itu membedakan secara fisik maupun secara perilakunya.
Daftar Isi

1. Cara membedakan lovebird jantan dan betina dari bentuk paruh

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang ke-1 adalah terlihat dari bentuk paruhnya. Secara umum, baik itu lovebird jantan dan betina dapat dibedakan dari segi bentuk lis pada bagian pangkal paruhnya atau paruh dibagian atasnya. Lovebird jantan umumnya mempunyai bentuk lis paruh yang lebih lancip dan tipis dibagian tengahnya. Sementara lovebird bentina, bentuk lis paruhnya cenderung lebih tebal dan melengkung tidak runcing ditengahnya.

2. Cara membedakan lovebird jantan dan betina dari bentuk badan

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang ke-2 adalah terlihat dari bentuk badannya. Secara umum, baik itu lovebird jantan dan betina dapat dibedakan dari segi bentuk badannya. Untuk lovebird jantan, biasanya cenderung memiliki tubuh yang lebih panjang dan lebih ramping jika dibandingkan dengan lovebird betina. Sementara lovebird betina bentuk badannya cenderung lebih pendek dan bulat.

3. Cara membedakan lovebird jantan dan betina dari bentuk sayap

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang ke-3 adalah terlihat dari bentuk sayapnya. Secara umum, baik itu lovebird jantan dan betina dapat dibedakan dari segi bentuk sayapnya ketika sedang diam. Untuk lovebird jantan, biasanya cenderung memiliki sayap yang saling menyilang dibagian ujungnya.

Sementara lovebird betina bentuk sayapnya cenderung membuka atau kurang menyilang. Meskipun demikian, cara membedakan lovebird jantan dan betina ini bisa di bilang kurang akurat. Hal ini dikarenakan lovebird jantan dan betina terkadang memiliki bentuk ujung sayap yang sama.

4 Cara membedakan lovebird jantan dan betina dari bentuk ekor

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang ke-4 adalah terlihat dari bentuk ekornya. Secara umum, baik itu lovebird jantan dan betina dapat dibedakan dari segi bentuk ekornya. Untuk lovebird jantan, biasanya cenderung memiliki ekor berbentuk runcing atau seperti huruf V.

Sementara lovebird betina bentuk ekornya cenderung lebih besar dengan ujungnya tumpul atau bisa dibilang bentuknya seperti huruf U. Meskipun demikian, cara membedakan lovebird jantan dan betina ini bisa di bilang kurang akurat. Hal ini dikarenakan lovebird jantan dan betina terkadang memiliki bentuk ekor yang hampir sama.

5. Cara membedakan lovebird jantan dan betina dari bentuk kepala

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang ke-5 adalah terlihat dari bentuk kepalanya. Secara umum, baik itu lovebird jantan dan betina dapat dibedakan dari segi bentuk kepalanya. Untuk lovebird jantan, biasanya cenderung memiliki kepala dengan bentuknya rata atau bisa dibilang seperti kotak kotak.

Sementara lovebird betina bentuk kepalanya cenderung lebih bundar dan membulat dibagian atasnya. Meskipun demikian, cara membedakan lovebird jantan dan betina ini bisa di bilang kurang akurat. Hal ini dikarenakan lovebird jantan dan betina terkadang memiliki bentuk kepala yang hampir sama, sehingga sangat tipis sekali perbedaanya.

6. Cara membedakan lovebird jantan dan betina dari cara bertengger

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang ke-6 adalah terlihat dari cara ketika sedang bertengger. Secara umum, baik itu lovebird jantan dan betina dapat dibedakan dari segi cara ketika sedang bertengger. Untuk lovebird jantan, biasanya ketika bertengger rentang kakinya cenderung lebih rapat.

Sementara lovebird betina, ketika betengger rentang kakinya cenderung sedikit membentang atau bisa dibilang lebih melebar jika dibandingkan dengan lovebird jantan. Meskipun demikian, cara membedakan lovebird jantan dan betina ini bisa di bilang kurang akurat. Hal ini dikarenakan rentang kaki lovebird jantan dan betina ketika bertengger terkadang hampir sama.

7. Cara membedakan lovebird jantan dan betina dengan pendulum atau jarum

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang ke-7 adalah terlihat dari gerakan pendulum atau jarum. Secara umum, baik itu lovebird jantan dan betina dapat dibedakan dari segi arah pendulum atau jarum ketika bergerak. Untuk caranya sendiri sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan pendulum dari jarum, cincin emas, atau bandul lainnya yang berbahan logam yang kemudian digantungkan disebuah benang.

Selanjutnya letakan pendulum tersebut tepat diatas kepala atau paruh burung pendulum. Jika pendulum bergerak maju mundur, maka bisa dipastikan lovebird tersebut berjenis kelamin jantan. Namun jika pendulum tersebut bergerak berputar, maka kemungkinan besar lovebird tersebut adalah berjenis kelamin betina. Hal ini terjadi umumnya dikarenakan setiap burung atau makhluk hidup memiliki medan magnet yang berbeda diantara jenis kelamin jantan dan betina.

Kesulitan di dalam membedakan lovebird jantan dan betina dengan cara ini adalah memperhatikan apakah pendulum tersebut bergerak maju mundur atau berputar. Seperti yang diketahui jika lovebird merupakan hewan yang bisa dibilang sangat aktif sehingga gerakan pendulum cenderung tidak sesuai dengan jenis lovebird. Maka dari itu sebelum melakukan cara ini ada baiknya memposisikan kepala lovebird agar tetap diam supaya hasil yang didapatkan bisa lebih akurat.

8. Cara membedakan lovebird jantan dan betina dari bentuk tulang pubis atau supit urang

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang ke-8 adalah terlihat dari bentuk tulang pubis atau supit urangnya. Secara umum, baik itu lovebird jantan dan betina juga dapat dibedakan dari segi bentuk tulang pubis atau supit urangnya. Untuk lovebird jantan, kedua tulang pubis atau supit urangnya biasanya mempunyai jarak yang rapat. Sementara lovebird betina, kedua tulang pubis atau supit urangnya jaraknya cenderung lebih melebar.

9. Cara membedakan lovebird jantan dan betina dari bentuk lubang hidung

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang ke-9 adalah terlihat dari bentuk lubang hidungnya. Secara umum, baik itu lovebird jantan dan betina juga dapat dibedakan dari segi bentuk lubang hidungnya. Untuk lovebird jantan, biasanya cenderung memiliki hidung berbentuk lonjong atau oval. Sementara pada lovebird betina, lubang hidungnya biasanya cenderung berbentuk bulat dan lebih besar.

10. Cara membedakan lovebird jantan dan betina dari bentuk lingkar klep kacamata

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang ke-10 adalah terlihat dari bentuk lingkar klep kacamatanya. Secara umum, baik itu lovebird jantan dan betina juga dapat dibedakan dari segi bentuk klep kacamata. Untuk lovebird jantan, biasanya cenderung memiliki kacamata atau klep berbentuk lonjong. Sementara pada lovebird betina, biasanya cenderung memiliki kacamata atau klep berbentuk bulat.

11. Cara membedakan lovebird jantan dan betina dari anus, kloaka atau pen

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang ke-11 adalah terlihat dari anus, kloaka atau pennya. Cara ini umumnya masih sepaket dengan cara membedakan lovebird jantan dan betina dari segi bentuk tulang pubis atau supit urang. Untuk lovebird jantan, biasanya mempunyai kloaka atau pen yang lebih menonjol. Sementara lovebird betina, biasanya mempunyai kloaka atau pen yang berbentuk oval dan lebih rata.

12. Cara membedakan lovebird jantan dan betina dengan Tes DNA

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang ke-12 adalah terlihat dari hasil tes DNA-nya. Cara ini bisa dibilang merupakan salah satu cara yang paling efektif dan akurat. Bahkan keakuratan dari cara ini bisa mencapai 99 persen. Jadi bagi kamu yang ingin secara pasti mengetahui apakah lovebird tersebut jantan atau betina, maka ada baiknya menggunakan jasa tes DNA.

13. Cara membedakan lovebird jantan dan betina dari perilaku saat birahi

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang ke-13 adalah terlihat dari perilaku saat birahi. Secara umum, baik itu lovebird jantan dan betina juga dapat dibedakan dari segi perilaku saat sedang birahi. Cara ini bisa dibilang cukup efektif di dalam mengetahui perbedaan lovebird jantan dan betina.

Jika saat birahi lovebird tersebut mengepak-ngepakan sayapnya atau biasa disebut dengan ngakapal, maka bisa dipastikan jika lovebird tersebut berjenis kelamin betina. Sementara jika saat biarahi lovebird tersebut lebih sering mengangguk-anggukkan kepalanya, maka bisa dipastikan lovebird tersebut berjenis kelamin jantan.

14. Cara membedakan lovebird jantan dan betina dari perilaku saat membangun sarang

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang ke-14 adalah terlihat dari perilaku saat membangun sarang. Secara umum, baik itu lovebird jantan dan betina juga dapat dibedakan dari segi perilaku saat membangun sarang. Cara ini bisa dibilang cukup efektif di dalam mengetahui perbedaan lovebird jantan dan betina.

Hal ini dikarenakan baik itu lovebird jantan maupun betina mempunyai prilaku yang berbeda. Untuk lovebird jantan, biasanya lebih suka memberikan jerami atau serabut kayu kepada lovebird betina. Sementara lovebird betina pada saat membangun sarang cenderung lebih suka membangun sarang dan mengambil serbuk serabut kayu atau jerami dari lovebird jantan.

15. Cara membedakan lovebird jantan dan betina dari perilaku saat kawin

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang ke-15 adalah terlihat dari perilaku saat kawin. Secara umum, baik itu lovebird jantan dan betina juga dapat dibedakan dari segi perilaku saat kawin. Jika saat kawin lovebird cenderung menaiki lovebird pasangannya, maka lovebird tersebut bisa dipastikan berjenis kelamin jantan. Semetara sebaliknya, maka lovebird tersebut berjenis kelamin betina.

16. Cara membedakan lovebird jantan dan betina dari perilaku saat ngekek

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang ke-16 adalah terlihat dari perilaku saat ngekek. Secara umum, baik itu lovebird jantan dan betina juga dapat dibedakan dari segi perilaku saat ngekek. Untuk lovebird jantan, biasa saat mengekek cenderung lebih pendek dan singkat. Hal ini berbeda dengan lovebird betina, dimana lovebird betina pada saat mengekek cenderung lebih panjang dan sedikit lebih lama.
Halaman :