advertisement

8 Cara Memainkan Angklung Dengan Benar Dan Penjelasannya


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
8 Cara Memainkan Angklung Dengan Benar Dan Penjelasannya
8 Cara Memainkan Angklung Dengan Benar Dan Penjelasannya

XASXUS.com - Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia yang dimainkan dengan cara digetarkan. Sama seperti alat musik pada umumnya, alat musik angklung ternyata juga mempunyai kunci-kunci nada di dalam memainkannya. Meskipun demikian, alat musik yang terbuat dari bambu ini tidak sembarang dimainkan. Dimana terdapat beberapa teknik dan cara memainkan angklung supaya bunyi yang dihasilkan lebih harmoni.

Alat musik angklung pada umumnya mempunyai beberapa jenis, seperti angklung kanekes, angklung reog, angklung banyuwangi, angklung dog-dog lojor, angklung gubrag, angklung badeng, angklung buncis, angklung sarinande, angklung toel, angklung sri murni, dan lain sebagainya.

Namun berbicara mengenai angklung, tahukah kamu bagaimana cara memainkan alat musik angklung dengan benar dan menghasilkan bunyi yang harmoni? Nah berikut ini adalah 8 cara memainkan angklung dengan benar beserta penjelasannya.
Daftar Isi

1. Mengatur posisi angklung

Cara memainkan angklung yang ke-1 adalah mengatur posisi angklung. Seperti yang diketahui jika posisi angklung sangat berpengaruh di dalam memainkan angklung. Untuk caranya sendiri pun sangat mudah, dimana kamu hanya perlu memposisikan tabung paling tinggi pada alat musik angklung dibagian kanan tubuh. Sementara tabung berukuran paling kecil berada dibagian kiri tubuh. Selanjutnya pastikan posisi alat musik angklung tersebut berada lurus dan tidak miring, hal ini dilakukan supaya memudahkan para pemain di dalam memainkan angklung.

2. Mengatur posisi tangan

Cara memainkan angklung yang ke-2 adalah mengatur posisi tangan. Setelah posisi angklung dirasa benar dan seperti yang dijelaskan sebelumnya, maka langkah selanjutnya adalah memposisikan tangan di dalam memainkan angklung. Untuk caranya sendiri sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu memposisikan tangan kiri dengan cara memegang bagian simpul atas angklung. Sementara tangan kanan diposisikan dengan cara memegang bagian bawah angklung. Dalam memposisikan tangan, pastikan kedua tangan tetap dalam keadaan lurus.

3. Menggetarkan angklung

Cara memainkan angklung yang ke-3 adalah menggetarkan angklung. Jika posisi angklung dan tangan benar, maka langkah selanjutnya adalah menggetarkan angklung. Untuk cara menggetarkannya pun tidak sembarangan, dimana tangan kanan bertugas menggetarkan angklung.

Sementara tangan kiri hanya diam saja dan tidak menggetarkannya seperti yang dilakukan tangan kanan. Selanjutnya tangan kanan digerak-gerakan dari arah kanan ke kiri secara berulang-ulang supaya menghasilkan bunyi yang diinginkan. Selain itu lakukan gerakan menggetarkan tersebut dengan cepat dari pergelangan tangan kanan.

4. Memegang angklung lebih dari satu

Cara memainkan angklung yang ke-4 adalah memegang angklung lebih dari satu. Cara memainkan angklung ini umumnya hanya dilakukan jika kamu memainkan angklung lebih dari 1 buah. Dalam memegang angklung lebih dari satu ini, pastikan posisikan angklung paling besar berada lebih dekat dengan badan. Akan tetapi jika ukuran angklung tersebut sangat besar, maka ada baiknya memposisikannya lebih masuk ke dalam lengan supaya lebih mudah di dalam memainkannya.

Namun jika sebaliknya yaitu ukuran angklung lebih kecil, maka ada baiknya cukup memegangnya dan mengatur jarak antara kedua alat musik angklung tersebut. Hal ini dilakukan supaya kedua angklung tersebut tidak saling bersinggungan ketika sedang dimainkan.

5. Cara memainkan angklung dengan teknik kurulung

Cara memainkan angklung yang ke-5 adalah memainkan angklung dengan teknik kurulung. Teknik ini merupakan teknik cara memainkan angklung yang paling sering dipakai dikarenakan mudah dan simpel. Untuk caranya sendiri kamu hanya perlu mengerak-gerakan angklung dari arah kanan ke kiri secara berulang-ulang dan disesuaikan dengan lama bunyi yang diinginkan.

6. Cara memainkan angklung dengan teknik getaran panjang

Cara memainkan angklung yang ke-6 adalah memainkan angklung dengan teknik getaran panjang. Nah jika sebelumnya posisi angklung, posisi tangan, dan cara menggetarkan angklung dirasa sudah sudah benar, maka langkah selanjutnya adalah memainkan angklung dengan menggunakan beberapa teknik, salah satunya adalah dengan teknik getaran panjang. Teknik ini umumnya hanya dipakai ketika kamu ingin memainkan nada panjang atau nada yang saling sambung menyambung dan tidak akan terputus-putus pada angklung.

7. Cara memainkan angklung dengan teknik staccato

Cara memainkan angklung yang ke-7 adalah memainkan angklung dengan teknik staccato. Teknik ini merupakan kebalikan dari teknik getaran panjang, dimana teknik ini hanya dipakai ketika kamu ingin memainkan nada pendek. Untuk caranya sendiri pun sangatlah mudah, yaitu dengan cara diketok dan tidak digetarkan. Namun untuk menghasilkan bunyi yang sesuai, pastikan dalam melakukan teknik ini posisi angklung harus berada sedikit miring dan tabung dasar bagian kanan dipukulkan ke tangan kanan.

8. Cara memainkan angklung dengan teknik tengkep

Cara memainkan angklung yang ke-8 adalah memainkan angklung dengan teknik tengkep. Teknik ini pada umumnya dilakukan bagi kamu yang ingin suara yang dihasilkan oleh alat musik angklung lebih halus. Untuk caranya sendiri pun sangat mudah, dimana kamu hanya perlu menahan dan menutup tabung kecil, sehingga tidak ikut berbunyi.
Suka artikel berjudul 8 Cara Memainkan Angklung Dengan Benar Dan Penjelasannya, Yuk bagikan ke: