advertisement

14 Alat Musik Sunda Jawa Barat Beserta Gambar, Nama, Sejarah, Fungsi, dan Penjelasannya


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
14 Alat Musik Sunda Jawa Barat Beserta Gambar, Nama, Sejarah, Fungsi, dan Penjelasannya
14 Alat Musik Sunda Jawa Barat Beserta Gambar, Nama, Sejarah, Fungsi, dan Penjelasannya

XASXUS.com - Suku sunda merupakan salah satu suku di Indonesia yang banyak tersebar di Jawa Barat. Dalam kebudayaannya, masyarakat suku sunda di Jawa Barat bisa dibilang sudah cukup tua. Hal tersebut terlihat dari jejak peninggalannya yang masih ada hingga saat ini, seperti pakaian adat, rumah adat, senjata tradisional, sampai alat musik tradisionalnya.

Berbicara mengenai alat musik sunda Jawa Barat, tahukah kamu apa saja alat musik sunda Jawa Barat tersebut? Nah berikut ini adalah 14 alat musik sunda Jawa Barat beserta nama, sejarah, fungsi, dan penjelasannya.
Daftar Isi

1. Alat Musik Sunda Gong

Nama alat musik sunda Jawa Barat yang ke-1 adalah Gong. Alat musik Gong merupakan salah satu alat musik sunda Jawa Barat yang dimainkan dengan cara dipukul. Secara umum, alat musik sunda berupa Gong ini merupakan alat musik pukul yang terbuat dari bahan dasar campuran logam kuningan dengan bentuknya yang besar seperti kuali masak, dan diposisikan digantung.

Dalam memainkannya, alat musik Jawa Gong ini biasanya dimainkan dengan cara dipukul dibagian yang menonjol. Selain itu, dalam pementasannya alat musik Jawa Gong hanya dimainkan di akhir tembang. Tidak hanya itu saja, dalam perkembangannya hingga saat ini tidak jarang pula alat musik jawa Gong ini difungsikan sebagai tanda pembukaan suatu acara atau untuk mengawali suatu kegiatan.

2. Alat Musik Sunda Angklung

Nama alat musik sunda Jawa Barat yang ke-2 adalah Angklung. Alat musik Angklung merupakan salah satu alat musik sunda Jawa Barat yang dimainkan denga cara digoyangkan. Secara umum, alat musik sunda berupa Angklung ini terbuat dari pipa-pipa bambu yang dipotong ujung-ujungnya sehingga menyerupai pipa-pipa dalam suatu organ dan diikat secara bersama dalam suatu bingkai.

Sama seperti alat musik pada umumnya, alat musik sunda Angklung ternyata juga mempunyai kunci-kunci nada di dalam memainkannya. Meskipun demikian, alat musik sunda yang terbuat dari bambu ini tidak sembarang dimainkan. Dimana terdapat beberapa teknik dan cara memainkan angklung supaya bunyi yang dihasilkan lebih harmoni, seperti teknik getar panjang, teknik staccato, dan teknik tengkep.

Dalam perkembangannya hingga saat ini, alat musik sunda berupa angklung ini mempunyai beberapa jenis, seperti angklung kanekes, angklung reog, angklung banyuwangi, angklung dog-dog lojor, angklung gubrag, angklung badeng, angklung buncis, angklung sarinande, angklung toel, angklung sri murni, dan lain sebagainya.

3. Alat Musik Sunda Kecapi

Nama alat musik sunda Jawa Barat yang ke-3 adalah Kecapi. Alat musik Kecapi merupakan salah satu alat musik sunda Jawa Barat yang dimainkan dengan cara dipetik. Secara umum, alat musik sunda berupa Kecapi ini terbagi ke dalam 2 jenis, yaitu kecapi indung dan kecapi rincik.

Kedua jenis kecapi tersebut pada dasarnya dibedakan berdasarkan fungsinya, dimana kedua alat musik sunda tersebut mempunyai fungsinya masing-masing. Misalnya kecapi indung, dimana jenis kecapi ini difungsikan untuk memimpin iringan musik. Sementara pada jenis kecapi rincik difungsikan sebagai pengiring musik.

Jika dilihat secara sekilas, alat musik sunda Jawa Barat ini mempunyai 2 bentuk, yaitu kecapi siter dan kecapi parahu. Untuk kecapi parahu sendiri umumnya mempunyai bentuk menyerupai perahu. Sedangkan bentuk dari kecapi siter cenderung lebih sederhana jika dibandingkan dengan kecapi perahu, yakni berbentuk trapesium rata dengan lubang resonansi di dalamnya.

4. Alat Musik Sunda Rebab

Nama alat musik sunda Jawa Barat yang ke-4 adalah Rebab. Alat musik Rebab merupakan salah satu alat musik sunda Jawa Barat yang dimainkan dengan cara digesek. Secara umum, alat musik sunda berupa Rebab ini terbuat dari bahan dasar kayu, kawat dan kulit dengan bahan tambahan berupa pelitur dan kain. Selain itu, cara memainkan Rebab sendiri biasanya terdiri dari ngeset kawat (menggeset kawat), dan nangkep kawat (menekan kawat).

5. Alat Musik Sunda Arumba

Nama alat musik sunda Jawa Barat yang ke- adalah Arumba. Alat musik Arumba merupakan salah satu alat musik sunda Jawa Barat yang terbuat dari bahan dasar bambu dan termasuk ke dalam ensemble musik. Menurut sejarahnya, alat musik sunda berupa Arumba ini lahir sekitar tahun 1960-an di Jawa Barat.

6. Alat Musik Sunda Kulanter

Nama alat musik sunda Jawa Barat yang ke-6 adalah Kulanter. Alat musik Kulanter merupakan salah satu alat musik sunda Jawa Barat yang dari segi bentuknya mirip seperti alat musik kendang. Meskipun demikian, ukuran pada alat musik sunda berupa Kulanter ini cenderung lebih kecil dibandingkan dengan kendang.

Dalam perkembangannya hingga saat ini, banyak yang menyebut Kulanter ini dengan sebutan Kutiplak dan Kutipung. Walaupun mempunyai nama berbeda, namun pada dasarnya sama. Lebih jelasnya adalah Kutipung merupakan alat musik sunda berupa Kulanter yang ditepak dengan posisi tidur. Sedangkan Kutiplak sendiri merupakan alat musik Kulanter yang ditepak dengan posisi berdiri.

7. Alat Musik Sunda Calung

Nama alat musik sunda Jawa Barat yang ke-7 adalah Calung. Alat musik Calung merupakan salah satu alat musik sunda Jawa Barat yang dimainkan dengan cara dipukul dibagian bilah atau ruas (tabung bambu). Secara umum, alat musik sunda berupa Calung ini merupakan alat musik purwarupa jenis idiofon yang terbuat dari bahan dasar bambu.

8. Alat Musik Sunda Karinding

Nama alat musik sunda Jawa Barat yang ke-8 adalah Karinding. Alat musik Karinding merupakan salah satu alat musik sunda Jawa Barat yang dimainkan dengan cara ditiup. Secara umum, alat musik sunda berupa Karinding ini difungsikan sebagai  alat buat mengusir hama di sawah. Dalam perkembangannya hingga saat ini, terdapat tempat yang biasa membuat karinding, seperti di lingkung Citamiang, Pasirmukti, (Tasikmalaya), Lewo Malangbong, (Garut), dan Cikalongkulon (Cianjur).

9. Alat Musik Sunda Tarawangsa

Nama alat musik sunda Jawa Barat yang ke-9 adalah Tarawangsa. Alat musik Tarawangsa merupakan salah satu alat musik sunda Jawa Barat yang dimainkan dengan cara digesek, namun bisa juga dengan cara dipetik. Menurut sejarahnya, alat musik sunda berupa Tarawangsa ini sudah ada jauh lebih tua dibandingkan dengan alat musik rebab. Secara umum, alat musik sunda berupa Tarawangsa ini mempunyai ciri yaitu mempunyai 7 dawai dan bentuknya yang menyerupai kecapi atau Jentreng.

10. Alat Musik Sunda Jentreng

Nama alat musik sunda Jawa Barat yang ke-10 adalah Jentreng. Alat musik Jentreng merupakan salah satu alat musik sunda Jawa Barat yang dimainkan dengan cara dipetik dan di-toel (disentuh) dengan jari kiri-kanan. Jika dilihat secara sekilas, alat musik sunda berupa Jentreng ini hampir sama seperti alat musik tarawangsa dan kecapi. Secara umum, alat musik sunda Jentreng ini mempunyai ciri yaitu mempunyai 7 dawai dan terbuat dari bahan dasar kayu nangka.

11. Alat Musik Sunda Celempung

Nama alat musik sunda Jawa Barat yang ke-11 adalah Celempung. Alat musik Celempung merupakan salah satu alat musik sunda Jawa Barat yang dimainkan dengan cara dipukul. Secara umum, alat musik sunda berupa Celempung ini terbuat dari bahan dasar bambu dan berbentuk bulat. Dalam perkembangannya, alat musik Celempung ini difungsikan sebagai pengatur irama lagu dan kerap ditampilkan dibeberapa acara hajatan, seperti khitanan, pernikahan, dan lain sebagainya.

12. Alat Musik Sunda Suling

Nama alat musik sunda Jawa Barat yang ke-12 adalah Suling. Alat musik Suling merupakan salah satu alat musik sunda Jawa Barat yang dimainkan dengan cara ditiup. Secara umum, alat musik sunda berupa Suling ini terbuat dari bahan dasar ruas bambu wuluh dengan bunyi atau nadanya yang sangat khas dan mendayu-dayu.

Untuk dapat menghasilkan nada yang harmoni biasanya membutuhkan keahlian dan latihan secara khusus. Selain itu, konsistensi pernapasan dalam memainkan suling juga sangat dibutuhkan bagi para pemain suling, dimana semakin stabil dan konsisten tiupan yang diberikan, maka akan semakin stabil pula bunyi atau suara yang dihasilkan oleh suling.

13. Alat Musik Sunda Gamelan

Nama alat musik sunda Jawa Barat yang ke-13 adalah Gamelan. Alat musik Gamelan merupakan salah satu alat musik sunda Jawa Barat yang termasuk ke dalam ensembel musik. Dalam bahasa jawa, kata gamel pada alat musik gamelan mempunyai arti memukul. Secara umum, alat musik sunda ini difungskikan sebagai pengiring tari-tarian, updacara adat, dan pagelaran seni lainnya.

14. Alat Musik Sunda Jengglong

Nama alat musik sunda Jawa Barat yang ke-14 adalah Jengglong. Alat musik Jengglong merupakan salah satu alat musik sunda Jawa Barat yang dimainkan dengan cara dipukul. Secara umum, alat musik sunda berupa Jengglong ini mempunyai ciri yaitu berbentuk bilah-bilah dan terletak berderet diatas ruang suara atau resonator. Menurut beberapa sumber, alat musik Jengglong ini masih termasuk ke dalam keluarga bonang, saron dan gong.
Suka artikel berjudul 14 Alat Musik Sunda Jawa Barat Beserta Gambar, Nama, Sejarah, Fungsi, dan Penjelasannya, Yuk bagikan ke: