advertisement

15 Alat Musik Melodis Tradisional Modern Beserta Gambar, Contoh, Fungsi dan Penjelasannya


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
15 Alat Musik Melodis Tradisional Modern Beserta Gambar, Contoh, Fungsi dan Penjelasannya
15 Alat Musik Melodis Tradisional Modern Beserta Gambar, Contoh, Fungsi dan Penjelasannya

XASXUS.com - Menurut pengertiannya, alat musik melodis merupakan alat musik yang biasanya membunyikan melodi pada suatu lagu dan umumnya dimainkan secara bersamaan dengan alat musik lainnya. Berbicara mengenai alat musik melodis, tahukah kamu apa saja alat musik melodis yang masih ada hingga saat ini? Nah berikut ini adalah 15 alat musik melodis tradisional modern beserta nama, contoh, fungsi, cara memainkan, dan penjelasannya.
Daftar Isi

1. Alat Musik Melodis Gitar

Contoh alat musik melodis yang ke-1 adalah Gitar. Alat musik Gitar merupakan salah satu alat musik petik modern yang termasuk ke dalam alat musik melodis. Menurut sejarahnya, gitar ini merupakan alat musik melodis yang berasal dari Spanyol dan dipercaya sudah ada sebelum masehi atau lebih tepatnya ketika dimasa Babilonia.

Secara umum, alat musik melodis berupa Gitar ini terbuat dari bahan dasar kayu dan terbagi ke dalam 2 jenis, yakni gitar akustik dan gitar elektrik. Jika dilihat secara sekilas, kedua jenis gitar tersebut mempunyai perbedaan dan cirinya masing-masing. Untuk gitar akustik umumnya mempunyai ciri yaitu memiliki lubang dibagian tengah tubuhnya dan membuahkan hasil suara atau nada dari getaran-getaran senar gitar yang dimainkan melewati jembatan dan sadel.

Sedangkan pada gitar elektrik mempunyai ciri yaitu memiliki bentuk tubuh yang sangat padat dan tidak ada lubang dibagian tengah gitarnya layaknya jenis gitar akustik. Dalam perkembangannya hinggga saat ini terdapat sekitar 144 kunci atau kord di dalam menghasilkan nada atau bunyi pada alat musik melodis berupa gitar.

Untuk cara memainkannya sendiri pun umumnya berbeda dengan alat musik gitar yang difungsikan sebagai alat musik harmonis. Jika pada alat musik gitar harmonis dimainkan dengan cara menekan sejumlah senar dan menggenjrengnya secara bersamaan, maka alat musik gitar melodis lebih dimainkan dengan cara memetik senarnya satu per satu.

2. Alat Musik Melodis Viola

Contoh alat musik melodis yang ke-2 adalah Viola. Alat musik Viola merupakan salah satu alat musik melodis modern yang termasuk ke dalam anggota keluarga alat musik Biola. Secara umum, alat musik melodis modern ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan dengan Biola.

Namun yang membedakannya adalah ukuran alat musik melodis viola lebih kecil dan nada yang dihasilkannya pun lebih rendah jika dibandingan dengaan alat musik Biola. Selain dapat dimainkan dengan cara melodis, Viola ternyata juga bisa dimainkan dengan cara harmonis, sehingga alat musik ini bisa dikategorikan ke dalam alat musik Harmonis dan alat musik Melodis.

3. Alat Musik Melodis Kecapi

Contoh alat musik melodis yang ke-3 adalah Kecapi. Alat musik Kecapi merupakan salah satu alat musik melodis tradisional yang berasal dari kebudayaan masyarakat sunda di Jawa Barat. Secara umum, alat musik melodis berupa Kecapi ini terbagi ke dalam 2 jenis, yaitu kecapi indung dan kecapi rincik.

Kedua jenis kecapi tersebut pada dasarnya dibedakan berdasarkan fungsinya, dimana kedua alat musik melodis tersebut mempunyai fungsinya masing-masing. Misalnya kecapi indung, dimana jenis kecapi ini difungsikan untuk memimpin iringan musik. Sementara pada jenis kecapi rincik difungsikan sebagai pengiring musik.

Selain itu, nada melodis pada alat musik ini umumnya akan muncul ketika si pemain memetik senarnya secara satu per satu. Jika dilihat secara sekilas, alat musik melodis dari Jawa Barat ini mempunyai 2 bentuk, yaitu kecapi siter dan kecapi parahu.

Untuk kecapi parahu sendiri umumnya mempunyai bentuk menyerupai perahu. Sedangkan bentuk dari kecapi siter cenderung lebih sederhana jika dibandingkan dengan kecapi perahu, yakni berbentuk trapesium rata dengan lubang resonansi di dalamnya.

4. Alat Musik Melodis Sasando

Contoh alat musik melodis yang ke-4 adalah Sasando. Alat musik Sasando merupakan salah satu alat musik melodis tradisional yang berasal dari kebudayaan masyarakat di Nusa Tenggara Timur (NTT), tepatnya di pulau Rote. Menurut sejarahnya, alat musik melodis tradisional ini sudah ada sejak abad ke-7 Masehi.

Jika dilihat secara sekilas, alat musik melodis Sasando ini mempunyai bentuk yang sangat unik, dimana alat musik ini terbuat dari bahan dasar bambu berbentuk tabung panjang dengan bagian tengahnya yang melingkar dari atas ke bawah dan diberi ganjalan-ganjalan atau penyangga.

Selain itu, nada melodis pada alat musik ini umumnya akan muncul ketika si pemain memetik dawai secara satu per satu. Dalam perkembangannya, alat musik melodis berupa Sasando ini bisa dibilang sangat pesat dan sudah menemukan sasando berbentuk elektrik. Menurut fungsinya, Sasando kerap dimainkan sebagai alat musik untuk mengiringi nyanyian, menirukan nyanyian, mengiri tari-tarian, menghibur keluarga yang sedang berduka, dan lain sebagainya.

5. Alat Musik Melodis Seruling

Contoh alat musik melodis yang ke-5 adalah Seruling. Alat musik Seruling atau recorder merupakan salah satu alat musik melodis yang dimainkan dengan cara ditiup. Secara umum, alat musik melodis berupa Suling ini dapat menghasilkan nada nada melodis dari tiap pembukaan lubang pada tubuh seruling.

Untuk dapat menghasilkan nada yang harmoni biasanya membutuhkan keahlian dan latihan secara khusus. Selain itu, konsistensi pernapasan dalam memainkan seruling juga sangat dibutuhkan bagi para pemain seruling, dimana semakin stabil dan konsisten tiupan yang diberikan, maka akan semakin stabil pula bunyi atau suara yang dihasilkan oleh seruling.

6. Alat Musik Melodis Pianika

Contoh alat musik melodis yang ke-6 adalah Pianika. Alat musik Pianika merupakan salah satu alat musik melodis modern yang dimainkan dengan menggunakan jari-jemari tangan. Jika dilihat secara sekilas, alat musik melodis Pianika ini mempunyai bentuk yang sama seperti alat musik Piano.

Namun dalam memainkannya membutuhkan bantuan dorongan udara melalui tiupan dari si pemain melalui pipa yang berada di ujung Pianika. Selain itu, nada melodis pada alat musik ini umumnya akan muncul ketika si pemain memetik tuts pianika secara satu per satu.

7. Alat Musik Melodis Akordeon

Contoh alat musik melodis yang ke-7 adalah Akordeon. Alat musik Akordeon merupakan salah satu alat musik melodis yang diciptakan pada tahun 1822 oleh seniman Berlin bernama Cristian Fred. Secara umum, alat musik melodis berupa Akordeon ini dapat menghasilkan nada melodis melalui penekanan satu tuts pada tubuh arkodeon.

8. Alat Musik Melodis Piano

Contoh alat musik melodis yang ke-8 adalah Piano. Alat musik Piano merupakan salah satu alat musik melodis modern yang dimainkan dengan menggunakan jari-jemari tangan. Secara umum, alat musik Piano ini termasuk ke dalam alat musik Harmonis dan melodis Modern.

Jika tuts pada piano tersebut dimainkan secara satu persatu, maka alat musik piano ini akan menghasilkan nada-nada melodis. Akan tetapi jika tuts pada piano tersebut dimainkan dengan cara menekan 3 nada tertentu secara bersamaan, maka alat musik ini akan mengeluarkan nada-nada harmonis. Dalam perkembangannya, alat musik harmonis Piano ini kerap dimainkan sebagai musik pengiring lagu pop maupun Jazz.

9. Alat Musik Melodis Angklung

Contoh alat musik melodis yang ke-9 adalah Angklung. Alat musik Angklung merupakan salah satu alat musik melodis tradisional yang berasal dari kebudayaan masyarakat sunda di Jawa Barat yang dimainkan denga cara digoyangkan. Secara umum, alat musik melodis berupa Angklung ini terbuat dari pipa-pipa bambu yang dipotong ujung-ujungnya sehingga menyerupai pipa-pipa dalam suatu organ dan diikat secara bersama dalam suatu bingkai.

Sama seperti alat musik pada umumnya, alat musik melodis Angklung ternyata juga mempunyai kunci-kunci nada di dalam memainkannya. Meskipun demikian, alat musik melodis yang terbuat dari bambu ini tidak sembarang dimainkan. Dimana terdapat beberapa teknik dan cara memainkan angklung supaya bunyi yang dihasilkan lebih harmoni, seperti teknik getar panjang, teknik staccato, dan teknik tengkep.

Dalam perkembangannya hingga saat ini, alat musik melodis berupa angklung ini mempunyai beberapa jenis, seperti angklung kanekes, angklung reog, angklung banyuwangi, angklung dog-dog lojor, angklung gubrag, angklung badeng, angklung buncis, angklung sarinande, angklung toel, angklung sri murni, dan lain sebagainya.

10. Alat Musik Melodis Biola

Contoh alat musik melodis yang ke-10 adalah Biola. Alat musik Biola merupakan salah satu alat musik melodis modern yang sering dimainkan di beberapa pagelaran musik, seperti di pagelaran musik jazz, pagelaran musik pop, pagelaran musik orkestra, pagelaran musik melayu, dan pagelaran musik lainnya.

Secara umum, alat musik melodis modern ini memiliki ciri yaitu mempunyai 4 buah senar nada yang diatur sedemikan rupa sehingga memiliki interval nada yang sempurna ketika dimainkan. Selain dapat dimainkan dengan cara melodis, Biola ternyata juga bisa dimainkan dengan cara harmonis, sehingga alat musik ini bisa dikategorikan ke dalam alat musik Harmonis dan alat musik Melodis.

Dalam perkembangannya hingga saat ini, para pemain dari alat musik melodis berupa Biola ini kebanyakan adalah para wanita atau disebut juga dengan violinist.

11. Alat Musik Melodis Harmonika

Contoh alat musik melodis yang ke-11 adalah Harmonika. Alat musik Harmonika merupakan salah satu alat musik melodis modern yang dimainkan dengan cara ditiup dan dihisap. Menurut sejarahnya, alat musik melodis berupa Harmonika ini berasal dari alat musik tradisional Cina bernama 'Sheng' dan telah digunakan sekitar 5000 tahun yang lalu, tepatnya sejak kekaisaran Nyu-kwa.

12. Alat Musik Melodis Calung

Contoh alat musik melodis yang ke-12 adalah Calung. Alat musik Calung merupakan salah satu alat musik melodis tradisional yang berasal dari kebudayaan masyarakat sunda di Jawa Barat. Secara umum, alat musik melodis berupa Calung ini merupakan alat musik purwarupa jenis idiofon yang terbuat dari bahan dasar bambu dan dimainkan dengan cara dipukul dibagian bilah atau ruas (tabung bambu). Nada melodis pada alat musik ini umumnya akan muncul ketika si pemain memukul ruas atau bilang calung secara satu per satu.

13. Alat Musik Melodis Bonang

Contoh alat musik melodis yang ke-13 adalah Bonang. Alat musik Bonang merupakan salah satu alat musik melodis tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul. Secara umum, alat musik melodis berupa Bonang ini terbuat dari bahan dasar campuran logam kuningan besi dan perunggu. Jika dilihat secara sekilas, alat musik melodis Bonang ini terdiri dari 2 jenis, yaitu bonang barung dan bonang penerus.

Kedua jenis bonang tersebut umumnya dibedakan berdasarkan ukurannya, dimana ukuran dari jenis bonang barung cenderung lebih besar dari ukuran jenis bonang penerus. Dalam memainkannya, alat musik melodis Bonang ini biasanya dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan pemukul yang sudah dilapisi oleh karet atau kain. Selain itu, nada melodis pada alat musik ini umumnya akan muncul ketika si pemain memukul 1 nada secara satu per satu.

14. Alat Musik Melodis Talempong

Contoh alat musik melodis yang ke-14 adalah Talempong. Alat musik Talempong merupakan salah satu alat musik melodis tradisional yang berasal dari kebudayaan masyarakat di Minangkabau. Jika dilihat dari segi bentuknya, alat musik berupa Talempong ini mempunyai bentuk yang hampir sama seperti alat musik Bonang dari Jawa. Bahkan dalam cara memainkannya, alat musik ini juga tidak jauh berbeda dengan cara memainkan alat musik bonang, yaitu dimainkan dengan cara dipukul. Nada melodis pada alat musik ini umumnya akan muncul ketika si pemain memukul 1 nada secara satu per satu.

15. Alat Musik Melodis Kolintang

Contoh alat musik melodis yang ke-15 adalah Kolintang. Alat musik Kolintang merupakan salah satu alat musik melodis tradisional yang berasal dari kebudayaan masyarakat Minahasa dan dimainkan dengan cara dipukul. Jika dilihat dari segi bentuknya, alat musik berupa Talempong ini mempunyai bentuk yang terdiri dari baris-baris bilah terbuat dari kayu Waru, kayu Cemapaka, atau kayu Wenuang.

Kolintang masuk ke dalam kategori alat musik melodis dikarenakan bisa menghasilkan nada disetiap pukulan pada bilah-bilahnya. Dalam perkembangannya hingga saat ini, alat musik kolintang ini kerap dimainkan sebagai musik pengiring di dalam acara pagelaran seni tari tradisional.
Suka artikel berjudul 15 Alat Musik Melodis Tradisional Modern Beserta Gambar, Contoh, Fungsi dan Penjelasannya, Yuk bagikan ke: