advertisement

14 Alat Musik Maluku Beserta Gambar, Nama, Cara Memainkan, dan Penjelasannya


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
14 Alat Musik Maluku Beserta Gambar, Nama, Cara Memainkan, dan Penjelasannya
14 Alat Musik Maluku Beserta Gambar, Nama, Cara Memainkan, dan Penjelasannya

XASXUS.com - Sejak dahulu, masyarakat Maluku memang sudah terkenal akan kecintaannya terhadap nilai seni yang sangat tinggi, terutama dalam hal bidang seni musik. Bahkan jika dirunut lebih jauh lagi, kecintaan masyarakat Maluku terhadap seni musik juga bisa dibuktikan dengan adanya beraneka ragam alat musik tradisional yang sering dimainkannya hingga saat ini.

Namun tahukah kamu apa saja alat musik tradisional Maluku tersebut? Nah berikut ini adalah 14 alat musik Maluku beserta nama, cara memainkan, jenis, dan penjelasannya.
Daftar Isi

1. Alat Musik Maluku Arababu

Nama alat musik Maluku yang ke-1 adalah Arababu. Alat musik Arababu merupakan salah satu alat musik Maluku yang dimainkan dengan cara digesek menggunakan serat rotan atau serat tumbuhan. Jika dilihat dari segi bentuknya, alat musik Maluku berupa Arababu ini mempunyai bentuk yang hampir sama seperti alat musik tradisional bernama Rebab. Untuk bahan dasar pembuatannya sendiri, alat musik Maluku ini terbuat dari bahan dasar tempurung kelapa, kayu dan kulit hewan.

2. Alat Musik Maluku Tahuri

Nama alat musik Maluku yang ke-2 adalah Tahuri. Alat musik Tahuri merupakan salah satu alat musik Maluku yang dimainkan dengan cara ditiup. Dalam perkembangannya, alat musik Maluku berupa Tahuri ini tidak hanya dapat ditemukan di Maluku saja, di Papua juga mengenal alat musik berupa Tahuri ini namun dengan penyebutan nama yang berbeda, yaitu Triton. Jika dilihat secara sekilas, alat musik Maluku ini terbuat dari bahan dasar kulit kerang.

3. Alat Musik Maluku Tifa

Nama alat musik Maluku yang ke-3 adalah Tifa. Alat musik Tifa merupakan salah satu alat musik Maluku yang dimainkan dengan cara di pukul. Secara umum, alat musik Maluku berupa Tifa ini termasuk ke dalam alat musik ritmis tradisional dengan bentuknya yang beraneka ragam, mulai itu dari yang bundar melebar sampai dengan ukuran ramping memanjang. Dalam perkembangannya, Tifa ini tidak hanya dapat ditemukan di Maluku saja, namun juga bisa ditemukan di Papua.

Meskipun mempunyai bentuk dan nama yang sama, ternyata terdapat beberapa perbedaan pada alat musik Tifa dari Maluku ini dengan alat musik Tifa dari Papua, salah satunya terletak pada motif yang ada disekeliling badan Tifa. Dimana alat musik Tifa dari Maluku ini cenderung tidak mempunyai motif atau polos, sedangkan alat musik tifa dari Papua disekeliling badannya dipenuhi dengan ukiran motif khas Papua

4. Alat Musik Maluku Totobuang

Nama alat musik Maluku yang ke-4 adalah Totobuang. Alat musik Totobuang merupakan salah satu alat musik Maluku yang dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan alat pukul kayu berlapis bahan karet. Jika dilihat secara sekilas, alat musik Maluku berupa Totobuang ini mempunyai bentuk seperti gong kecil dan terdiri dari sekitar 12-14 buah, dimana masing-masing gongnya dapat menghasilkan nada yang berbeda satu sama lain.

Dalam perkembangannya hingga saat ini, alat musik Maluku Totobuang ini kerap dimainkan secara bersama-sama dengan alat musik tradisional Maluku lainnya, seperti bersama dengan Tifa dan alat musik tradisional lainnya yang difungsikan sebagai alat musik pengiring dari lagu atau tari tradisional.

5. Alat Musik Maluku Jukulele

Nama alat musik Maluku yang ke-5 adalah Jukulele. Alat musik Jukulele merupakan salah satu alat musik Maluku yang dimainkan dengan cara dipetik. Jika dilihat secara sekilas, alat musik maluku ini terbuat dari bahan dasar seperti tempurung kelapa, kulit rusa, sampai kayu.

Menurut beberapa sumber, alat musik Maluku berupa Jukulele ini adalah alat musik tradisional Maluku yang mengadaptasi dari bentuk alat musik bernama Ukulele, dimana peniruan atau proses adaptasi tersebut terjadi saat bangsa Portugis singgah di wilayah Maluku.

6. Alat Musik Maluku Rumba

Nama alat musik Maluku yang ke-6 adalah Rumba. Alat musik Rumba merupakan salah satu alat musik Maluku yang dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan. Jika dilihat secara sekilas, alat musik Maluku berupa Rumba ini terbuat dari bahan dasar batok kelapa yang diisi dengan kerikil atau pasir dan pegangannya yang terbuat dari kayu. Menurut sejarahnya, alat musik Maluku ini berasal dari kebudayaan Cuba yang dibawa langsung oleh para bangsa portugis ketika menjajah tanah Maluku.

7. Alat Musik Maluku Gong

Nama alat musik Maluku yang ke-7 adalah Gong. Alat musik Gong merupakan salah satu alat musik Maluku yang dimainkan dengan cara dipukul. Jika dilihat secara sekilas, alat musik Maluku berupa Gong ini mempunyai motif dua naga dan bermaknakan kekuatan. Menurut sejarahnya, persebaran alat musik Maluku Gong tersebut berawal dari pemberian cindera mata dari pedagang tanah jawa kepada raja Maluku.

8. Alat Musik Maluku Idiokordo

Nama alat musik Maluku yang ke-8 adalah Idiokordo. Alat musik Idiokordo merupakan salah satu alat musik Maluku yang dimainkan dengan cara dipetik. Jika dilihat secara sekilas, alat musik Maluku berupa Idiokordo ini mempunyai bentuk yang hampir sama seperti alat musik siter dan dipenuhi oleh beragam motif ukiran. Dalam perkembangannya, alat musik Maluku Idiokordo ini kerap dimainkan di dalam tarian tradisional sebagai musik pengiring.

9. Alat Musik Maluku Suling Melintang

Nama alat musik Maluku yang ke-9 adalah Suling Melintang. Alat musik Suling Melintang merupakan salah satu alat musik Maluku yang dimainkan dengan cara ditiup. Jika dilihat secara sekilas, alat musik Maluku ini terbuat dari bahan dasar bambu dan dilengkapi dengan 7 buah lubang, yaitu 6 buah lubang nada dan 1 buah lubang tiup.

Menurut beberapa sumber, alat musik Maluku ini merupakan alat musik yang diadaptasi dari kebudayaan dunia barat yang populer di Maluku. Dalam perkembangannya, alat musik Suling Melintang ini kerap dimainkan sebagai pengiring di dalam penyambutan tamu besar.

10. Alat Musik Maluku Suling Paruh

Nama alat musik Maluku yang ke-10 adalah Suling Paruh. Alat musik Suling Paruh merupakan salah satu alat musik Maluku yang dimainkan dengan cara ditiup. Jika dilihat secara sekilas, alat musik Maluku ini terbuat dari bahan dasar bambu dengan ujungnya yang disumbat oleh kayu.

Dalam perkembangannya, alat musik Suling Paruh ini kerap dimainkan untuk mengiringi musik Sawat. Secara umum, alat musik Maluku ini mempunyai suara atau bunyi yang sangat khas dan jarang ditemukan pada karakter suara suling lainnya.

11. Alat Musik Maluku Hawaian

Nama alat musik Maluku yang ke-11 adalah Hawaian. Alat musik Hawaian merupakan salah satu alat musik Maluku yang dimainkan dengan cara dipetik dengan menggunakan benda kecil sejenis kerang. Menurut beberapa sumber, alat musik Maluku ini sudah ada sejak pada abad ke-16. Jika dilihat secara sekilas, alat musik Maluku Hawaian ini mempunyai kemiripan dengan alat musik gitar serta terbuat dari bahan dasar logam dan kayu.

12. Alat Musik Maluku Bambu Hitada

Nama alat musik Maluku yang ke-12 adalah Bambu Hitada. Alat musik Bambu Hitada merupakan salah satu alat musik Maluku yang dimainkan dengan cara dihatamkan bagian bawahnya ke tanah sampai menghasilkan bunyi. Jika dilihat secara sekilas, alat musik Maluku Bambu Hitada ini terbuat dari sepotong bambu besar dan dimainkan secara bersamaan lebih dari tiga orang yang masing-masingnya membawa Bambu Hitada.

13. Alat Musik Maluku Cikir

Nama alat musik Maluku yang ke-13 adalah Cikir. Alat musik Cikir merupakan salah satu alat musik Maluku yang dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan. Jika dilihat secara sekilas, alat musik Maluku berupa Cikir ini terbuat dari bahan dasar tempurung kecil yang diisi dengan biji-bijian keras atau batu. Meskipun alat musik Maluku ini tidak bernada atau termasuk ke dalam alat musik ritmis, namun alat musik ini kerap dimainkan sebagai pelengkap dalam sebuah musik pengiring dan juga difungsikan sebagai pengatur tempo lagu.

14. Alat Musik Maluku Juk

Nama alat musik Maluku yang ke-14 adalah Juk. Alat musik Juk merupakan salah satu alat musik Maluku yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut beberapa sumber, alat musik Maluku berupa Juk ini adalah gitar buatan sendiri yang terbuat dari bahan dasar triplek dan kayu. Dalam perkembangannya, alat musik ini kerap dimainkan di dalam pertunjukan kesenian bambu hitada sebagai musik pengiring bersama dengan alat musik Maluku lainnya.
Suka artikel berjudul 14 Alat Musik Maluku Beserta Gambar, Nama, Cara Memainkan, dan Penjelasannya, Yuk bagikan ke: