advertisement

15 Alat Musik Gesek Tradisional dan Modern Beserta Penjelasannya


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
15 Alat Musik Gesek Tradisional dan Modern Berserta Penjelasannya
15 Alat Musik Gesek Tradisional dan Modern Berserta Penjelasannya

XASXUS.com - Alat musik merupakan suatu instrumen yang dibuat atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan musik. Dalam perkembangannya hingga saat ini, terdapat banyak sekali cara di dalam memainkan alat musik, mulai itu dimainkan dengan cara dipukul, dipetik, ditiup, bahkan sampai digesek.

Berbicara mengenai alat musik gesek, tahukah kamu apa saja alat musik gesek yang masih ada hingga saat ini? Nah berikut ini adalah 15 alat musik gesek tradisional dan modern berserta penjelasannya, seperti alat musik gesek betawi, alat musik gesek minangkabau, alat musik gesek dari eropa, dan lain sebagainya.
Daftar Isi

1. Alat Musik Gesek Biola

Alat musik gesek yang ke-1 adalah Biola. Alat musik Biola merupakan salah satu alat musik gesek modern yang sering dimainkan di beberapa pagelaran musik, seperti di pagelaran musik jazz, pagelaran musik pop, pagelaran musik orkestra, pagelaran musik melayu, dan pagelaran musik lainnya.

Secara umum, alat musik gesek modern ini memiliki ciri yaitu mempunyai 4 buah senar nada yang diatur sedemikan rupa sehingga memiliki interval nada yang sempurna ketika dimainkan. Dalam perkembangannya hingga saat ini, para pemain dari alat musik gesek modern berupa Biola ini kebanyakan adalah para wanita atau disebut juga dengan violinist.

2. Alat Musik Gesek Contre Bass

Alat musik gesek yang ke-2 adalah Contre Bass. Alat musik Contre Bass merupakan salah satu alat musik gesek modern yang sering dimainkan di beberapa pagelaran musik, seperti di pagelaran musik jazz, pagelaran musik pop, pagelaran musik orkestra, pagelaran musik bluegrass, pagelaran musik rockabilly, dan pagelaran musik lainnya.

Secara umum, alat musik gesek modern ini memiliki ukuran yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan alat musik gesek Biola. Untuk nadanya sendiri, alat musik gesek modern ini cenderung menghasilkan nada rendah ketika dimainkan dan dapat dimainkan dengan 2 cara, yaitu bisa dengan cara digesek namun juga bisa dimainkan dengan cara dipetik.

3. Alat Musik Gesek Viola

Alat musik gesek yang ke-3 adalah Viola. Alat musik Viola merupakan salah satu alat musik gesek modern yang termasuk ke dalam anggota keluarga alat musik Biola. Secara umum, alat musik gesek modern ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan dengan Biola. Namun yang membedakannya adalah ukuran alat musik gesek viola lebih kecil dan nada yang dihasilkannya pun lebih rendah jika dibandingan dengaan alat musik gesek Biola.

4. Alat Musik Gesek Cello

Alat musik gesek yang ke-4 adalah Cello. Alat musik Cello atau yang dikenal juga dengan nama Violoncello merupakan salah satu alat musik gesek modern yang termasuk ke dalam anggota keluarga alat musik Biola. Secara umum, alat musik gesek modern ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan dengan Biola. Namun yang membedakannya adalah ukuran alat musik Cello ini jauh lebih besar dari alat musik gesek Biola dan lebih kecil dari alat musik double bass.

5. Alat Musik Gesek Rebab

Alat musik gesek yang ke-5 adalah Rebab. Alat musik Rebab merupakan salah satu alat musik gesek tradisional yang sering dimainkan di beberapa pagelaran musik betawi. Menurut sejarahnya, alat musik gesek tradisional ini merupakan salah satu alat musik yang dipercaya berasal dari daerah jazirah Arab. Dalam perkembangnnya hingga saat ini, alat musik gesek Rebab ini kerap dimainkan bersamaan dengan gambang kromong.

6. Alat Musik Gesek Tarawangsa

Alat musik gesek yang ke-6 adalah Tarawangsa. Alat musik Tarawangsa merupakan salah satu alat musik gesek tradisional yang berasal dari kebudayaan masyarakat di Jawa Barat. Secara umum, alat musik gesek tradisional ini mempunyai ciri yaitu memiliki 2 buah dawai yang terbuat dari bahan dasar baja atau besi. Untuk cara memainkannya, alat musik Tarawangsa bisa dibilang mudah dan hampir sama dengan cara memainkan alat musik gesek lainnya, yakni hanya perlu menggesekkan dawai dengan menggunakan senar yang ada di busur.

7. Alat Musik Gesek Tehyan

Alat musik gesek yang ke-7 adalah Tehyan. Alat musik Tehyan merupakan salah satu alat musik gesek tradisional yang berasal dari kebudayaan masyarakat betawi di Jakarta. Dalam perkembangannya hingga saat ini, alat musik gesek ini masih sering dimainkan di beberapa acara pagelaran hiburan rakyat di Jakarta.

8. Alat Musik Gesek Arababu

Alat musik gesek yang ke-8 adalah Arababu. Alat musik Arababu merupakan salah satu alat musik gesek tradisional yang berasal dari kebudayaan masyarakat di Maluku. Secara umum, alat musik gesek tradisional ini mempunyai ciri yaitu mempunyai tabung resonansi yang terbuat dari tempurung kelapa dan pegangannya yang terbuat dari bambu.

9. Alat Musik Gesek Haegeum

Alat musik gesek yang ke-9 adalah Haegeum. Alat musik Haegeum merupakan salah satu alat musik gesek tradisional yang berasal dari kebudayaan masyarakat di Korea. Jika dilihat dari segi bentuknya, alat musik gesek tradisional ini mempunyai bentuk yang mungil. Selain itu, alat musik ini juga termasuk ke dalam jenis rebab yang bentuknya mengadaptasi dari bentuk rebab Cina.

Secara umum, alat musik gesek ini mempunyai ciri yaitu memiliki 2 buah dawai dan dimainkan dengan cara digesek menggunakan busur sama seperti memainkan alat musik gesek pada umumnya. Keunikan dari alat musik ini adalah selain ukurannya yang mungil, cara memainkannya pun unik, yaitu memangku alat musik tersebut dipangkuan pemain.

10. Alat Musik Gesek Erhu

Alat musik gesek yang ke-10 adalah Erhu. Alat musik Erhu merupakan salah satu alat musik gesek tradisional yang berasal dari kebudayaan masyarakat di Tiongkok. Menurut sejarahnya, alat musik gesek tradisional ini sudah ada sejak zaman Dinasti Tang. Dimana pada saat itulah alat musik gesek ini mulai populer di kalangan rakyat etnis minoritas di daerah barat laut dari Tiongkok dan kerap digunakan di dalam acara pagelaran opera tradisional di Tiongkok.

11. Alat Musik Gesek Yangqin

Alat musik gesek yang ke-11 adalah Yangqin. Alat musik Yangqin merupakan salah satu alat musik gesek tradisional yang berasal dari kebudayaan masyarakat di Tiongkok. Dalam pertunjukannya, alat musik gesek tradisional ini mempunyai posisi kunci dalam pagelaran pertunjukan tradisional Cina. Hal ini dikarenakan alat musik gesek ini dapat menghasilkan bunyi yang terbilang lantang dan nyaring.

12. Alat Musik Gesek Keso Keso

Alat musik gesek yang ke-12 adalah Keso Keso. Alat musik Keso Keso merupakan salah satu alat musik gesek tradisional yang berasal dari kebudayaan masyarakat di Provinsi Sulawesi Selatan. Jika dilihat dari segi bentuknya, alat musik gesek ini umumnya hampir sama dengan alat musik gesek tradisional lainnya.

Namun keunikan dari alat musik ini adalah dawai yang dipakai untuk menggesek keso keso terbuat dari rambut kuda. Meskipun dalam memainkan alat musik ini sama seperti cara memainkan alat musik gesek lainnya, akan tetapi membutuhkan keahlian khusus supaya nada yang dihasilkan harmonis dan indah.

13. Alat Musik Gesek Sukong

Alat musik gesek yang ke-13 adalah Sukong. Alat musik Sukong merupakan salah satu alat musik gesek tradisional yang berasal dari kebudayaan masyarakat betawi di Jakarta. Jika dilihat dari segi bentuknya, alat musik gesek tradisional ini mempunyai kesamaan bentuk dengan alat musik rebab. Namun yang membedakannya adalah bunyi atau suara yang dihasilkannya jauh berbeda. Dalam pertunjukan gambang kromong, alat musik gesek tradisional ini umumnya kerap diposisikan sebagai nada bass. Hal ini dikarenakan suara atau bunyi yang dihasilkan terbilang rendah.

14. Alat Musik Gesek Arbab

Alat musik gesek yang ke-14 adalah Arbab. Alat musik Arbab merupakan salah satu alat musik gesek tradisional yang berasal dari kebudayaan masyarakat di Aceh dan kerap dimainkan dibeberapa acara pagelaran hiburan rakyat. Jika dilihat dari segi bentuknya, alat musik gesek tradisional ini mempunyai ciri yaitu mempunyai tabung resonansi yang terbuat dari tempurung kelapa dan dawi gesekknya yang terbuat dari serat rotan atau kayu. Meskipun dalam memainkan alat musik ini sama seperti cara memainkan alat musik gesek lainnya, akan tetapi membutuhkan keahlian khusus supaya nada yang dihasilkan harmonis dan indah.

15. Alat Musik Gesek Rabab

Alat musik gesek yang ke-15 adalah Rabab. Alat musik Rabab merupakan salah satu alat musik gesek tradisional yang berasal dari kebudayaan masyarakat di Sumatera Barat dan kerap dimainkan dibeberapa pagelaran hiburan rakyat untuk menghibur dan memeriahkan suasana. Walaupun alat musik gesek tradisional ini merupakan alat musik adaptasi, namun di Sumatera Barat alat musik Rabab ini diterima sangat baik.
Suka artikel berjudul 15 Alat Musik Gesek Tradisional dan Modern Beserta Penjelasannya, Yuk bagikan ke: