advertisement

7 Urutan Benua Terbesar dan Terluas di Dunia


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
7 Urutan Benua Terbesar dan Terluas di Dunia
7 Urutan Benua Terbesar dan Terluas di Dunia

XASXUS.com - Benua atau kontinen merupakan sebuah daratan sangat luas yang berada di permukaan bumi, dimana benua diidentifikasi lebih berdasarkan konvensi (kesepakatan) dari pada kriteria-kriteria baku. Di dunia saat ini, ada 7 wilayah yang umum dianggap sebagai benua, namun tahukah kamu apa saja benua terbesar dan terluas di dunia? Nah berikut ini adalah 7 urutan benua terbesar dan terluas di dunia dari yang terkecil hingga terbesar.
Daftar Isi

7. Benua Australia

7 Urutan Benua Terbesar dan Terluas di Dunia
Benua Terbesar dan Terluas di Dunia - Benua Australia

Benua terbesar dan terluas di dunia yang ke-7 adalah Benua Australia. Benua Australia merupakan salah satu benua terbesar dan terluas di dunia yang terletak di selatan Indonesia, dimana benua Australia ini dibagi menjadi beberapa kawasan, seperti kawasan Queensland, New South Wales, Tasmania, Australia Selatan, Australia Barat, Victoria, Teritorial Utara, dan Teritorial Ibu Kota Australia.

Selain itu, benua yang mencakup sekitar 6,03% dari total daratan di bumi ini umumnya mempunyai luas 9,008,598 kilometer persegi dengan populasinya yang mencapai 36.304.997 atau setara dengan 0,50% penduduk di dunia, sehingga membuatnya berada di urutan ke-7 sebagai benua terbesar dan terluas di dunia dan merupakan benua terkecil di dunia.

6. Benua Eropa

7 Urutan Benua Terbesar dan Terluas di Dunia
Benua Terbesar dan Terluas di Dunia - Benua Eropa

Benua terbesar dan terluas di dunia yang ke-6 adalah Benua Eropa. Benua Eropa merupakan salah satu benua terbesar dan terluas di dunia yang terletak di utara berbatasan dengan berbatasan dengan benua Asia dan juga benua Afrika, dimana benua Eropa ini dibagi menjadi beberapa kawasan, seperti kawasan Eropa Barat, Eropa Tengah, Eropa Timur, dan Eropa Selatan.

Selain itu, benua yang mencakup sekitar 6,82% dari total daratan di bumi ini umumnya mempunyai luas 10,189,745 kilometer persegi dengan populasinya yang mencapai 605.148.242 atau setara dengan 8,41% penduduk di dunia, sehingga membuatnya berada di urutan ke-6 sebagai benua terbesar dan terluas di dunia.

5. Benua Antartika

7 Urutan Benua Terbesar dan Terluas di Dunia
Benua Terbesar dan Terluas di Dunia - Benua Antartika

Benua terbesar dan terluas di dunia yang ke-5 adalah Benua Antartika. Benua Antartika merupakan salah satu benua terbesar dan terluas di dunia yang terletak di Lingkar Antarktika dan dikelilingi oleh Samudra Atlantik, Samudra Pasifik, dan Samudra Hindia.

Benua yang mencakup sekitar 9.19% dari total daratan di bumi ini umumnya mempunyai luas 13,729,854 kilometer persegi dengan populasinya yang mencapai 4,490 atau setara dengan 0,01% penduduk di dunia, sehingga membuatnya berada di urutan ke-5 sebagai benua terbesar dan terluas di dunia.

4. Benua Amerika Selatan

7 Urutan Benua Terbesar dan Terluas di Dunia
Benua Terbesar dan Terluas di Dunia - Benua Amerika Selatan

Benua terbesar dan terluas di dunia yang ke-4 adalah Benua Amerika Selatan. Benua Amerika Selatan merupakan salah satu benua terbesar dan terluas di dunia yang terletak di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik yang tersambung langsung dengan Benua Amerika Utara melalui Tanah Genting Panama.

Benua yang mencakup sekitar 11.94% dari total daratan di bumi ini umumnya mempunyai luas 17.844.711 kilometer persegi dengan populasinya yang mencapai 403,464,140 atau setara dengan 5,61% penduduk di dunia, sehingga membuatnya berada di urutan ke-4 sebagai benua terbesar dan terluas di dunia.

3. Benua Amerika Utara

7 Urutan Benua Terbesar dan Terluas di Dunia
Benua Terbesar dan Terluas di Dunia - Benua Amerika Utara

Benua terbesar dan terluas di dunia yang ke-3 adalah Benua Amerika Utara. Benua Amerika Utara merupakan salah satu benua terbesar dan terluas di dunia yang terletak di utara berbatasan dengan Lautan Arktik, di sebelah selatan dengan Laut Karibia, di sebelah timur dengan Samudra Atlantik Utara, dan di sebelah barat dengan Samudra Pasifik Utara, dimana benua Amerika Utara ini dibagi menjadi beberapa kawasan, seperti kawasan Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia.

Selain itu, benua yang mencakup sekitar 16.39% dari total daratan di bumi ini umumnya mempunyai luas 24.496.933 kilometer persegi dengan populasinya yang mencapai 563,485,525 atau setara dengan 7,83% penduduk di dunia, sehingga membuatnya berada di urutan ke-3 sebagai benua terbesar dan terluas di dunia.

2. Benua Afrika

7 Urutan Benua Terbesar dan Terluas di Dunia
Benua Terbesar dan Terluas di Dunia - Benua Afrika

Benua terbesar dan terluas di dunia yang ke-2 adalah Benua Afrika. Benua Afrika merupakan salah satu benua terbesar dan terluas di dunia yang terletak di sebelah selatan benua Eropa dan berbatasan dengan benua Asia, dimana benua Afrika ini dibagi menjadi beberapa kawasan, seperti kawasan Afrika Tengah, Afrika Timur, Afrika Barat, Afrika Selatan, dan Afrika Utara.

Selain itu, benua yang mencakup sekitar 20.32% dari total daratan di bumi ini umumnya mempunyai luas 30.375.489 kilometer persegi dengan populasinya yang mencapai 1.125.307.147 atau setara dengan 15,64% penduduk di dunia, sehingga membuatnya berada di urutan ke-2 sebagai benua terbesar dan terluas di dunia.

1. Benua Asia

7 Urutan Benua Terbesar dan Terluas di Dunia
Benua Terbesar dan Terluas di Dunia - Benua Asia

Benua terbesar dan terluas di dunia yang ke-1 adalah Benua Asia. Benua Asia merupakan salah satu benua terbesar dan terluas di dunia yang terletak di bagian utara garis khatulistiwa di belahan bumi bagian timur, dimana benua Asia ini dibagi menjadi beberapa kawasan, seperti kawasan Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Utara, Asia Selatan, Asia Barat, dan Asia Tengah.

Selain itu, benua yang mencakup sekitar 29.32% dari total daratan di bumi ini umumnya mempunyai luas 43.826,647 kilometer persegi dengan populasinya yang mencapai 4.460.032.418 atau setara dengan 62,00% penduduk di dunia, sehingga membuatnya berada di urutan ke-1 sebagai benua terbesar dan terluas di dunia.
Suka artikel berjudul 7 Urutan Benua Terbesar dan Terluas di Dunia, Yuk bagikan ke: