advertisement

15 Tanda-Tanda Mau Melahirkan Anak Sudah Dekat


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
15 Tanda-Tanda Mau Melahirkan Anak Sudah Dekat
15 Tanda-Tanda Mau Melahirkan Anak Sudah Dekat

XASXUS.com - Kelahiran merupakan hal yang ditunggu-tunggu bagi wanita hamil, terutama bagi wanita yang telah memasuki kehamilan tua. Ketika kehamilan memasuki usia tua, mengetahui apa saja tanda-tanda melahirkan merupakan hal yang harus diketahui. Hal ini dikarenakan ketika melahirkan membutuhkan berbagai persiapan ekstra, apa lagi jika berencana melahirkan secara normal.

Berbicara mengenai kelahiran, beberapa hari atau seminggu sebelum persalinan umumnya fisik akan memberikan tanda-tanda akan melahirkan. Nah jika kamu belum mengetahui apa saja tanda-tanda akan melahirkan, berikut ini adalah 15 tanda-tanda mau melahirkan, baik itu tanda-tanda mau melahirkan anak perempuan maupun anak laki-laki.
Daftar Isi

1. Tanda-tanda mau melahirkan akan sulit untuk tidur

Tanda-tanda mau melahirkan yang ke-1 adalah sulit untuk tidur. Kesulitan tidur pada wanita mau melahirkan pada umumnya akan terjadi beberapa hari sebelum waktu melahirkan. Hal ini dikarenakan adanya kontraksi yang bersifat halus yang menjadi pertanda jika ibu yang sedang hamil akan segera mengalami pecah ketuban secara mendadak.

2. Tanda-tanda mau melahirkan akan merasakan nyeri di punggung seperti masa pramenstruasi

Tanda-tanda mau melahirkan yang ke-2 adalah akan merasakan nyeri di punggung seperti masa pramenstruasi. Tanda-tanda ini merupakan tanda-tanda yang sering dirasakan oleh wanita mau melahirkan, dimana wanita yang mau melahirkan akan merasakan perut mengeras yang diakibatkan oleh turunnya calon bayi ke arah mulut rahim. Selain itu, tanda-tanda mau melahirkan ini biasanya akan selingi oleh rasa mules yang tentunya akan membuat perut semakin terasa keras.

3. Tanda-tanda mau melahirkan cenderung meningkatnya frekuensi buang air kecil

Tanda-tanda mau melahirkan yang ke-3 adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil. Hal ini dikarenakan wanita yang mau melahirkan akan mengalami bayi turun ke tulang panggul, dimana hal ini akan membuat rahim bersandar lebih sering ke bagian kandung kemih, sehingga menimbulkan frekuensi buang air kecil yang cenderung meningkat.

4. Tanda-tanda mau melahirkan cenderung meningkatnya frekuensi buang air besar

Tanda-tanda mau melahirkan yang ke-4 adalah meningkatnya frekuensi buang air besar. Tidak hanya meningkatnya frekuensi buang air kecil, wanita yang mau melahirkan juga mengalami meningkatnya frekuensi buang air besar. Hal ini dikarenakan wanita yang mau melahirkan akan memproduksi hormon yang memudahkan proses pesalinan, sehingga akan berdampak pada sistem pencernaan.

5 Tanda-tanda mau melahirkan akan mengeluarkan lendir kental bercampur darah dari vagina

Tanda-tanda mau melahirkan yang ke-5 adalah mengeluarkan lendir kental bercampur darah dari vagina. Seperti yang diketahui jika selama masa kehamilan serviks akan ditutupi oleh lendir yang sangat kental. Akan tetapi hal ini akan berubah ketika mau melahirkan, dimana serviks akan mulai membesar dan kemudian membuat jalan lendir tersebut keluar melalui vagina, dimana lendir tersebut bisa berwarna bening, merah muda, ataupun sedikit berdarah.

6. Tanda-tanda mau melahirkan akan merasakan kontraksi palsu

Tanda-tanda mau melahirkan yang ke-6 adalah akan merasakan kontraksi palsu. Kontraksi palsu ini pada umumnya disebut juga dengan Braxton Hicks, dimana bagi wanita yang mau melahirkan akan mengalami pengencangan perut dan datang silih berganti.

Meskipun demikian, kontraksi palsu ini tidak seperti kontraksi asli ketika melahirkan, dimana kontraksi palsu hanya akan berlangsung sekitar 30 sampai 120 detik saja. Selain itu, kontraksi palsu juga bisa hilang ketika berpindah posisi atau relaks.

Tanda-tanda ini pada umumnya akan dirasakan sebelum mengalami kontraksi sungguhan, dimana kontraksi palsu ini berbeda dengan kontraksi sungguhan. Jika kontraksi palsu akan terasa di daerah perut atau panggul, namun kontraksi sungguhan akan terasa dibagian bawah punggung lalu berpindah ke bagian depan perut.

7. Tanda-tanda mau melahirkan akan mengalami perubahan pada serviks

Tanda-tanda mau melahirkan yang ke-7 adalah mengalami perubahan pada serviks. Seperti yang diketahui jika wanita yang mau melahirkan jaringan serviksnya akan melunak dan juga menjadi elastis, dimana perubahan serviks tersebut cenderung membesar sekitar 1-2 cm.

Tanda-tanda membesarnya serviks ini biasanya akan di alami oleh semua wanita yang akan melahirkan, terutama bagi wanita yang sudah pernah melahirkan. Meskipun demikian, perubahan serviks menjadi besar tersebut bukanlah jaminan mau melahirkan bagi wanita yang baru pertama kali mengalami masa-masa ini.

8. Tanda-tanda mau melahirkan akan mengalami pecahnya air ketuban

Tanda-tanda mau melahirkan yang ke-8 adalah mengalami pecahnya air ketuban. Pecahnya air ketuban ini merupakan salah satu tanda-tanda mau melahirkan yang sering terjadi di kebanyakan wanita, dimana wanita yang mau melahirkan akan mengalami kontraksi sebelum air ketuban pecah, namun ada juga yang diawali dengan langsung pecahnya ketuban.

Pada tanda-tanda ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan, dimana jika air ketuban pecah namun tidak mengalami kontraksi, maka hal ini bisa sangat berbahaya dikarenakan bayi akan mudah sekali terserang infeksi. Hal ini terjadi dikarenakan air ketuban yang berfungsi untuk melindungi bayi dari kuman selama berada di kandungan ini sudah habis, sehingga bayi akan rentan terserang infeksi.

Jadi jika mengalami hal ini, ada baiknya untuk langsung datang kerumah sakit, dimana persalinan biasanya akan terjadi kurang lebih sekitar 24 jam sesudah air ketuban pecah.

9. Tanda-tanda mau melahirkan bayi yang ada diperut akan merosot turun

Tanda-tanda mau melahirkan yang ke-9 adalah turunnya bayi yang ada diperut. Wanita yang mau melahirkan sekitar 1-4 minggu biasanya akan mengalami turunnya bayi ke bagian panggul, dimana hal ini terjadi dikarenakan bayi sedang mengatur ulang posisi tubuhnya di dalam mempersiapkan kelahiran. Pada tahapan ini posisi bayi cenderung menekan kandung kemih, sehingga hal ini juga akan menyebabkan seringnya buang air kecil.

10. Tanda-tanda mau melahirkan perut bagian atas terasa kosong

Tanda-tanda mau melahirkan yang ke-10 adalah perut bagian atas terasa kosong. Tanda-tanda mau melahirkan ini merupakan akibat dari point sebelumnya, yaitu turunnya posisi bayi yang berada dibawah dan masuk kearea pinggul, sehingga perut bagian atas akan terasa kosong dan bagian bawah akan lebih berisi atau besar.

11. Tanda-tanda mau melahirkan cenderung mengalami mual dan muntah

Tanda-tanda mau melahirkan yang ke-11 adalah mengalami mual dan muntah. Hal ini terjadi dikarenakan wanita akan memproduksi hormon yang berfungsi untuk memudahkan persalinan yang akan membuat usus semakin lebih sering bergerak, sehingga hal ini bisa menyebabkan rasa mual yang terkadang disertai juga dengan muntah-muntah.

12. Tanda-tanda mau melahirkan berat badan akan mulai mengalami penurunan

Tanda-tanda mau melahirkan yang ke-12 adalah akan mulai mengalami penurunan berat badan. Ketika akan melahirkan, biasanya tubuh akan berhenti mengalami peningkatan berat badan, sehingga sebagai penggantinya berat badan akan mulai stabil dan berkurang. Hal ini merupakan hal yang wajar ketika akan memasuki waktu kelahiran, sehingga tidak perlu cemas dan khawatir.

13. Tanda-tanda mau melahirkan akan mengalami nyeri pada selangkangan

Tanda-tanda mau melahirkan yang ke-13 adalah mengalami nyeri pada selangkangan. Hal ini terjadi dikarenakan adanya tekanan dari kepala bayi yang sudah turun ke area rangka tulang pelvis, sehingga akan membuat selangkangan cenderung sangat nyeri menjelang beberapa jam menuju persalinan.

14. Tanda-tanda mau melahirkan akan mengalami gerakan janin melambat

Tanda-tanda mau melahirkan yang ke-14 adalah gerakan janin melambat. Tanda-tanda mau melahirkan ini pada umumnya dikarenakan bayi sedang posisi tubuhnya dan siap untuk keluar, sehingga beberapa jam menuju persalinan wanita yang mau melahirkan akan mengalami gerakan janinnya melambat.

15. Tanda-tanda mau melahirkan akan mengalami menggigil

Tanda-tanda mau melahirkan yang ke-15 adalah menggigil. Hal ini dikarenakan suhu tubuh pada ibu hamil cenderung meningkat dan bahkan akan terasa menggigil seperti kedinginan ketika waktu melahirkan sudah semakin dekat. Hal ini merupakan hal yang normal dan wajar, dimana hampir semua wanita yang mau melahirkan akan mengalami kondisi seperti ini.
Suka artikel berjudul 15 Tanda-Tanda Mau Melahirkan Anak Sudah Dekat, Yuk bagikan ke: