advertisement

30 Pulau Terbesar di Dunia Beserta Luas, Benua, dan Negara


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
30 Pulau Terbesar di Dunia Beserta Luas, Benua, dan Negara
30 Pulau Terbesar di Dunia Beserta Luas, Benua, dan Negara

XASXUS.com - Pulau merupakan sebidang tanah yang lebih kecil dari benua dan lebih besar dari karang serta dikelilingi oleh air. Berbicara mengenai pulau, tahukah kamu apa saja pulau terbesar di dunia saat ini? Nah berikut ini adalah 30 pulau terbesar di dunia beserta luas, benua, dan negara.
Daftar Isi

30. Pulau Alexander, Benua Antartika

Pulau terbesar di dunia yang ke-30 adalah Pulau Alexander. Pulau Alexander merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Antartika, dimana pulau ini mempunyai luas hingga 43.200 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-30 sebagai pulau terbesar di dunia.

29. Pulau Isla Grande de Tierra del Fuego, Negara Argentina dan Chile, Benua Amerika Selatan

Pulau terbesar di dunia yang ke-29 adalah Pulau Isla Grande de Tierra del Fuego. Pulau Isla Grande de Tierra del Fuego merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Amerika Selatan. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Argentina dan Chile ini mempunyai luas hingga 47.992 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-29 sebagai pulau terbesar di dunia.

28. Pulau Severny, Negara Rusia, Benua Eropa

Pulau terbesar di dunia yang ke-28 adalah Pulau Severny. Pulau Severny merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Eropa. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Rusia ini mempunyai luas hingga 48.904 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-28 sebagai pulau terbesar di dunia.

27. Pulau Devon, Negara Kanada, Benua Amerika Utara

Pulau terbesar di dunia yang ke-27 adalah Pulau Devon. Pulau Devon merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Amerika Utara. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Kanada ini mempunyai luas hingga 55.247 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-27 sebagai pulau terbesar di dunia.

26. Pulau Tasmania, Negara Australia, Benua Australia

Pulau terbesar di dunia yang ke-26 adalah Pulau Tasmania. Pulau Tasmania merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Australia. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Australia ini mempunyai luas hingga 60.637 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-26 sebagai pulau terbesar di dunia.

25. Pulau Sri Lanka, Negara Asia, Benua Sri Lanka

Pulau terbesar di dunia yang ke-25 adalah Pulau Sri Lanka. Pulau Sri Lanka merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Asia. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Sri Lanka ini mempunyai luas hingga 65.268 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-25 sebagai pulau terbesar di dunia.

24. Pulau Banks, Negara Kanada, Benua Amerika Utara

Pulau terbesar di dunia yang ke-24 adalah Pulau Banks. Pulau Banks merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Amerika Utara. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Kanada ini mempunyai luas hingga 70.028 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-24 sebagai pulau terbesar di dunia.

23. Pulau Hispaniola, Negara Haiti dan Dominika, Benua Amerika Utara

Pulau terbesar di dunia yang ke-23 adalah Pulau Hispaniola. Pulau Hispaniola merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Amerika Utara. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Haiti dan Dominika ini mempunyai luas hingga 74.700 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-23 sebagai pulau terbesar di dunia.

22. Pulau Sakhalin, Negara Rusia, Benua Eropa

Pulau terbesar di dunia yang ke-22 adalah Pulau Sakhalin. Pulau Sakhalin merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Eropa. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Rusia ini mempunyai luas hingga 76.400 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-22 sebagai pulau terbesar di dunia.

21. Pulau Hokkaido, Negara Jepang, Benua Asia

Pulau terbesar di dunia yang ke-21 adalah Pulau Hokkaido. Pulau Hokkaido merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Asia. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Jepang ini mempunyai luas hingga 78.073 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-21 sebagai pulau terbesar di dunia.

20. Pulau Irlandia, Negara Irlandia dan Inggris, Benua Eropa

Pulau terbesar di dunia yang ke-20 adalah Pulau Irlandia. Pulau Irlandia merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Eropa. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Irlandia dan Inggris ini mempunyai luas hingga 84.406 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-20 sebagai pulau terbesar di dunia.

19. Pulau Mindanao, Negara Filipina, Benua Asia

Pulau terbesar di dunia yang ke-19 adalah Pulau Mindanao. Pulau Mindanao merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Asia. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Filipina ini mempunyai luas hingga 94.630 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-19 sebagai pulau terbesar di dunia.

18. Pulau Islandia, Negara Islandia, Benua Eropa

Pulau terbesar di dunia yang ke-18 adalah Pulau Islandia. Pulau Islandia merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Eropa. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Islandia ini mempunyai luas hingga 102.828 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-18 sebagai pulau terbesar di dunia.

17. Pulau Luzon, Negara Filipina, Benua Asia

Pulau terbesar di dunia yang ke-17 adalah Pulau Luzon. Pulau Luzon merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Asia. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Filipina ini mempunyai luas hingga 104.688 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-17 sebagai pulau terbesar di dunia.

16. Pulau Kuba, Negara Kuba, Benua Amerika Utara

Pulau terbesar di dunia yang ke-16 adalah Pulau Kuba. Pulau Kuba merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Amerika Utara. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Kuba ini mempunyai luas hingga 105.007 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-16 sebagai pulau terbesar di dunia.

15. Pulau Newfoundland, Negara Kanada, Benua Amerika Utara

Pulau terbesar di dunia yang ke-15 adalah Pulau Newfoundland. Pulau Newfoundland merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Amerika Utara. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Kanada ini mempunyai luas hingga 108.860 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-15 sebagai pulau terbesar di dunia.

14. Pulau Utara, Negara Selandia Baru, Benua Oseania

Pulau terbesar di dunia yang ke-14 adalah Pulau Utara. Pulau Utara merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Oseania. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Selandia Baru ini mempunyai luas hingga 114.050 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-14 sebagai pulau terbesar di dunia.

13. Pulau Jawa, Negara Indonesia, Benua Asia

Pulau terbesar di dunia yang ke-13 adalah Pulau Jawa. Pulau Jawa merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Asia. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Indonesia ini mempunyai luas hingga 126.700 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-13 sebagai pulau terbesar di dunia.

12. Pulau Selatan, Negara Selandia Baru, Benua Oseania

Pulau terbesar di dunia yang ke-12 adalah Pulau Selatan. Pulau Selatan merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Oseania. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Selandia Baru ini mempunyai luas hingga 150.737 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-12 sebagai pulau terbesar di dunia.

11. Pulau Sulawesi, Negara Indonesia, Benua Asia

Pulau terbesar di dunia yang ke-11 adalah Pulau Sulawesi. Pulau Sulawesi merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Asia. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Indonesia ini mempunyai luas hingga 174.600 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-11 sebagai pulau terbesar di dunia.

10. Pulau Ellesmere, Negara Kanada, Benua Amerika Utara

Pulau terbesar di dunia yang ke-10 adalah Pulau Ellesmere. Pulau Ellesmere merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Amerika Utara. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Kanada ini mempunyai luas hingga 196.236 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-10 sebagai pulau terbesar di dunia.

9. Pulau Victoria, Negara Kanada, Benua Amerika Utara

Pulau terbesar di dunia yang ke-9 adalah Pulau Victoria. Pulau Victoria merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Amerika Utara. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Kanada ini mempunyai luas hingga 217.291 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-9 sebagai pulau terbesar di dunia.

8. Pulau Britania Raya, Negara Inggris, Benua Eropa

Pulau terbesar di dunia yang ke-8 adalah Pulau Britania Raya. Pulau Britania Raya merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Eropa. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Inggris ini mempunyai luas hingga 219.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-8 sebagai pulau terbesar di dunia.

7. Pulau Honshu, Negara Jepang, Benua Asia

Pulau terbesar di dunia yang ke-7 adalah Pulau Honshu. Pulau Honshu merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Asia. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Jepang ini mempunyai luas hingga 227.414 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-7 sebagai pulau terbesar di dunia.

6. Pulau Sumatera, Negara Indonesia, Benua Asia

Pulau terbesar di dunia yang ke-6 adalah Pulau Sumatera. Pulau Sumatera merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Asia. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Indonesia ini mempunyai luas hingga 473.481 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-6 sebagai pulau terbesar di dunia.

5. Pulau Baffin, Negara Kanada, Benua Amerika Utara

Pulau terbesar di dunia yang ke-5 adalah Pulau Baffin. Pulau Baffin merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Amerika Utara. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Kanada ini mempunyai luas hingga 507.451 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-5 sebagai pulau terbesar di dunia.

4. Pulau Madagaskar, Negara Madagaskar, Benua Afrika

Pulau terbesar di dunia yang ke-4 adalah Pulau Madagaskar. Pulau Madagaskar merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Afrika. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Madagaskar ini mempunyai luas hingga 587.041 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-4 sebagai pulau terbesar di dunia.

3. Pulau Kalimantan, Negara Brunei, Indonesia dan Malaysia, Benua Asia

Pulau terbesar di dunia yang ke-3 adalah Pulau Kalimantan. Pulau Kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Asia. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Brunei, Indonesia dan Malaysia ini mempunyai luas hingga 743.330 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-3 sebagai pulau terbesar di dunia.

2. Pulau Papua, Negara Papua Nugini dan Indonesia, Benua Asia

Pulau terbesar di dunia yang ke-2 adalah Pulau Papua. Pulau Papua merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Asia. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Papua Nugini dan Indonesia ini mempunyai luas hingga 785.753 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-2 sebagai pulau terbesar di dunia sekaligus juga pulau terbesar di Indonesia.

1. Pulau Greenland, Negara Denmark, Benua Eropa

Pulau terbesar di dunia yang ke-1 adalah Pulau Greenland. Pulau Greenland merupakan salah satu pulau terbesar di dunia yang terletak di Benua Eropa. Pulau yang tepatnya terdapat di Negara Denmark ini mempunyai luas hingga 2.175.600 kilometer persegi, sehingga membuatnya berada di urutan ke-1 sebagai pulau terbesar di dunia.
Suka artikel berjudul 30 Pulau Terbesar di Dunia Beserta Luas, Benua, dan Negara, Yuk bagikan ke: