advertisement

10 Provinsi Termuda di Indonesia Beserta Ibu Kota, dan Tanggal Terbentuknya


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
10 Provinsi Termuda di Indonesia Beserta Ibu Kota, dan Tanggal Terbentuknya
10 Provinsi Termuda di Indonesia Beserta Ibu Kota, dan Tanggal Terbentuknya

XASXUS.com - Provinsi merupakan suatu satuan teritorial yang kerap dijadikan nama dari sebuah wilayah administratif pemerintahan yang berada dibawah wilayah negara atau negara bagian. Indonesia sendiri, saat ini terdiri dari 34 Provinsi, namun tahukah kamu apa saja provinsi termuda di Indonesia saat ini? Nah berikut ini adalah 10 provinsi termuda di Indonesia beserta ibu kota, dan tanggal terbentuknya.
Daftar Isi

10. Provinsi Bengkulu, Provinsi Termuda di Indonesia

Provinsi termuda di Indonesia yang ke-8 adalah Provinsi Bengkulu. Provinsi Bengkulu merupakan salah satu provinsi termuda di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera dan beribukotakan Kota Bengkulu. Provinsi ini dibentuk pada tanggal 18 November 1968, sehingga membuatnya masuk ke daftar ke-8 sebagai Provinsi termuda di Indonesia sekaligus juga menjadi Provinsi ke-25 di Indonesia.

9. Provinsi Papua, Provinsi Termuda di Indonesia

Provinsi termuda di Indonesia yang ke-7 adalah Provinsi Papua. Provinsi Papua merupakan salah satu provinsi termuda di Indonesia yang terletak di Pulau Papua dan beribukotakan Jayapura. Provinsi ini dibentuk pada tanggal 10 September 1969, sehingga membuatnya masuk ke daftar ke-9 sebagai Provinsi termuda di Indonesia sekaligus juga menjadi Provinsi ke-26 di Indonesia.

8. Provinsi Maluku Utara, Provinsi Termuda di Indonesia

Provinsi termuda di Indonesia yang ke-8 adalah Provinsi Maluku Utara. Provinsi Maluku Utara merupakan salah satu provinsi termuda di Indonesia yang terletak di Pulau Maluku dan beribukotakan Sofifi. Provinsi yang merupakan hasil pemekaran dari Provinsi Maluku ini dibentuk pada tanggal 4 Oktober 1999 berdasarkan hukum UU RI No. 6 Tahun 2003 dan UU RI No. 46 Tahun 1999, sehingga membuatnya masuk ke daftar ke-8 sebagai Provinsi termuda di Indonesia sekaligus juga menjadi Provinsi ke-27 di Indonesia.

7. Provinsi Papua Barat, Provinsi Termuda di Indonesia

Provinsi termuda di Indonesia yang ke-7 adalah Provinsi Papua Barat. Provinsi Papua Barat merupakan salah satu provinsi termuda di Indonesia yang terletak di Pulau Papua dan beribukotakan Manokwari. Provinsi yang merupakan hasil pemekaran dari Provinsi Papua ini dibentuk pada tanggal 4 Oktober 1999 dan berdasarkan hukum UU No. 45 Tahun 2000, sehingga membuatnya masuk ke daftar ke-7 sebagai Provinsi termuda di Indonesia sekaligus juga menjadi Provinsi ke-28 di Indonesia.

6. Provinsi Banten, Provinsi Termuda di Indonesia

Provinsi termuda di Indonesia yang ke-6 adalah Provinsi Banten. Provinsi Banten merupakan salah satu provinsi termuda di Indonesia yang terletak di Pulau Jawa dan beribukotakan Serang. Provinsi yang merupakan hasil pemekaran dari Provinsi Jawa Barat ini dibentuk pada tanggal 17 Oktober 2000 dan berdasarkan hukum UU No. 23 Tahun 2000, sehingga membuatnya masuk ke daftar ke-6 sebagai Provinsi termuda di Indonesia sekaligus juga menjadi Provinsi ke-29 di Indonesia.

5. Provinsi Kep. Bangka Belitung, Provinsi Termuda di Indonesia

Provinsi termuda di Indonesia yang ke-5 adalah Provinsi Kep. Bangka Belitung. Provinsi Kep. Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi termuda di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera dan beribukotakan Pangkalpinang. Provinsi yang merupakan hasil pemekaran dari Provinsi Sumatera Selatan ini dibentuk pada tanggal  21 November 2000 dan berdasarkan hukum UU No. 27 Tahun 2000, sehingga membuatnya masuk ke daftar ke-5 sebagai Provinsi termuda di Indonesia sekaligus juga menjadi Provinsi ke-30 di Indonesia.

4. Provinsi Gorontalo, Provinsi Termuda di Indonesia

Provinsi termuda di Indonesia yang ke-4 adalah Provinsi Gorontalo. Provinsi Gorontalo merupakan salah satu provinsi termuda di Indonesia yang terletak di Pulau Sulawesi dan beribukotakan Kota Gorontalo. Provinsi yang merupakan hasil pemekaran dari Provinsi Sulawesi Utara ini dibentuk pada tanggal 22 Desember 2000 dan berdasarkan hukum UU No. 38 Tahun 2000, sehingga membuatnya masuk ke daftar ke-4 sebagai Provinsi termuda di Indonesia sekaligus juga menjadi Provinsi ke-31 di Indonesia.

3. Provinsi Kep. Riau, Provinsi Termuda di Indonesia

Provinsi termuda di Indonesia yang ke-3 adalah Provinsi Kep. Riau. Provinsi Kep. Riau merupakan salah satu provinsi termuda di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera dan beribukotakan Tanjungpinang. Provinsi yang merupakan hasil pemekaran dari Provinsi Riau ini dibentuk pada tanggal 25 Oktober 2002 dan berdasarkan hukum UU No. 25 Tahun 2002, sehingga membuatnya masuk ke daftar ke-3 sebagai Provinsi termuda di Indonesia sekaligus juga menjadi Provinsi ke-32 di Indonesia.

2. Provinsi Sulawesi Barat, Provinsi Termuda di Indonesia

Provinsi termuda di Indonesia yang ke-2 adalah Provinsi Sulawesi Barat. Provinsi Sulawesi Barat merupakan salah satu provinsi termuda di Indonesia yang terletak di Pulau Sulawesi dan beribukotakan Mamuju. Provinsi yang merupakan hasil pemekaran dari Provinsi Sulawesi Selatan ini dibentuk pada tanggal 5 Oktober 2004 dan berdasarkan hukum UU No. 26 Tahun 2004, sehingga membuatnya masuk ke daftar ke-2 sebagai Provinsi termuda di Indonesia sekaligus juga menjadi Provinsi ke-33 di Indonesia.

1. Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Termuda di Indonesia

Provinsi termuda di Indonesia yang ke-1 adalah Provinsi Kalimantan Barat. Provinsi Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi termuda di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimatan dan beribukotakan Tanjung Selor. Provinsi yang merupakan hasil pemekaran dari Provinsi Kalimantan Utara ini dibentuk pada tanggal 25 Oktober 2012 dan berdasarkan hukum UU No. 20 Tahun 2012, sehingga membuatnya masuk ke daftar ke-1 sebagai Provinsi termuda di Indonesia sekaligus juga menjadi Provinsi ke-34 di Indonesia.
Suka artikel berjudul 10 Provinsi Termuda di Indonesia Beserta Ibu Kota, dan Tanggal Terbentuknya, Yuk bagikan ke: