Bunga

8 Langkah Langkah Metode Ilmiah Secara Berurutan dan Penjelasannya


A+
A
A-
8 Langkah Langkah Metode Ilmiah Secara Berurutan dan Penjelasannya
8 Langkah Langkah Metode Ilmiah Secara Berurutan dan Penjelasannya

XASXUS.com - Metode ilmiah atau proses ilmiah merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis. Dalam melakukan metode ilmiah umumnya terdapat beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan. Namun tahukah kamu apa saja langkah langkah metode ilmiah tersebut? nah berikut ini adalah 8 langkah langkah metode ilmiah secara berurutan dan penjelasannya.
Daftar Isi

1. Merumuskan Masalah

Langkah langkah metode ilmiah yang ke-1 adalah merumuskan masalah. Menurut kajian ilmiah, masalah bisa di definisikan sebagai sesuatu hal yang harus diteliti terlebih dahulu guna memperoleh jawaban dari suatu pertanyaan, dimana masalah harus dirumuskan terlebih dahulu ke dalam bentuk pertanyaan ilmiah yang sifatnya terbuka dan memungkinkan untuk adanya jawaban yang beragam. Merumuskan masalah ini pada dasarnya harus mencari jawabannya melalui beberapa eksperimen.

2. Menemukan Hipotesis

Langkah langkah metode ilmiah yang ke-2 adalah menemukan hipotesis. Setelah berhasil merumuskan masalah, maka langkah selanjutnya adalah hipotesis, yaitu mengajukan jawaban sementara dari pertanyaan, dimana dalam melakukan hipotesis haruslah dan diajukan berdasarkan bukti atau fakta.

3. Menetapkan Variabel Penelitian

Langkah langkah metode ilmiah yang ke-3 adalah menetapkan variabel penelitian. Langkah-langkah menetapkan variabel percobaan ini merupakan faktor yang bisa mempengaruhi hasil dari penelitian, dimana terdapat 3 jenis variabel yang bisa digunakan, seperti jenis variabel bebas, jenis variabel terikat atau bergantung dan jenis variabel tetap.

Untuk jenis variabel bebas sendiri merupakan jenis variabel yang sengaja diubah guna melihat pengaruhnya terhadap hasil percobaan. Sementara jenis variabel terikat atau bergantung merupakan jenis variabel yang diamati atau diukur sebagai hasil percobaan. Sedangkan jenis variabel tetap merupakan jenis variabel yang tidak diubah.

4. Menetapkan Prosedur Kerja

Langkah langkah metode ilmiah yang ke-4 adalah menetapkan prosedur kerja. Prosedur kerja merupakan langkah-langkah kerja yang dilakukan secara terperinci dan runtut, dimana di dalam prosedur kerja ini terdapat urutan langkah-langkah yang dibuat secara ringkas namun bisa menggambarkan secara tepat tentang pekerjaan yang harus dilakukan, sehingga data tersebut akan memudahkan di dalam proses pengerjaannya. Dalam menetapkan prosedur kerja, langkah-lagkah tersebut ada baiknya di buat di dalam bentuk diagram alir.

5. Mengumpulkan Data

Langkah langkah metode ilmiah yang ke-5 adalah mengumpulkan data. Dalam mengumpulkan data, setiap gejala yang terjadi ketika melakukan percobaan haruslah selalu dicatat, sehingga data yang diperoleh akan jauh lebih akurat dan bisa dipertanggung jawabkan. Selanjutnya dalam mengumpulkan data, sebaiknya menyiapkan tabel data pengamatan sebelum melakukan percobaan supaya memudahkan di dalam menganalisis dan juga mengumpulkan hasil percobaan.

6. Mengolah dan Menganalisis Data

Langkah langkah metode ilmiah yang ke-6 adalah mengolah dan menganalisis data. Dalam mengolah dan menganalisis data, penggunaan tabel dan grafik merupakan cara yang sangat bermanfaat sekali, dimana tabel dan grafik sangat membantu di dalam menyusun dan juga menganalisis setiap data yang di peroleh. Jadi penggunaan tabel dan grafik dalam mengolah dan menganalisis data bisa digunakan di dalam menampilkan bagaimana jenis variabel terikat berubah menjadi respon terhadap perubahan jenis variabel bebas.

7. Membuat Kesimpulan

Langkah langkah metode ilmiah yang ke-7 adalah membuat kesimpulan. Menurut pengertiannya, kesimpulan adalah sebuah pernyataan yang merangkum apa saja yang telah dilakukan di dalam proses kegiatan penelitian. Nah dalam membuat kesimpulan ini, hasil analisis data pastinya akan menghasilkan suatu pola atau kecenderungan yang bisa dijadikan sebagai landasan di dalam menarik sebuah kesimpulan, dimana dalam menyusun kesimpulan diharuskan mengambil keputusan apakah data yang dikumpulkan tersebut mendukung hipotesis atau tidak. Selain itu, dalam mengambil kesimpulan diharuskan juga untuk mengulangi penelitian hingga beberapa kali supaya kesimpulan yang dihasilkan benar-benar akurat.

8. Mengkomunikasikan Hasil Penelitian

Langkah langkah metode ilmiah yang ke-8 adalah mengkomunikasikan hasil penelitian. Setelah membuat kesimpulan, maka langkah selanjutnya adalah mengkomunikasikan hasil penelitian. Mengapa harus mengkomunikasikan penelitian? hal dikarenakan hasil penelitian yang di dapatkan harus di sosialisasi supaya pihak lain dapat mengetahui hasil penelitian. Dalam mengomunikasikan suatu hasil penelitian umumnya ada 2 cara, yakni penelitian dapat dikomunikasikan melalui tertulis dan penelitian dapat dikomunikasikan melalui lisan.
Halaman :