advertisement

10 Contoh Hewan Amfibi Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
10 Contoh Hewan Amfibi Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya
10 Contoh Hewan Amfibi Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya

XASXUS.com - Hewan amfibi merupakan jenis hewan yang umumnya hidup di 2 alam, dimana hewan amfibi bisa hidup di darat maupun di air dengan perkembangan metamorfosa yang sempurna. Hewan amfibi pada umumnya mempunyai beberapa ciri-ciri, seperti bertulang belakang, berdarah dingin, memiliki 3 ruang pada jantung, memiliki peredaran darah tertutup, dilengkapi dengan selaput atau kuku yang bisa dipakai untuk berenang didalam air, dan lain sebagainya.

Berbicara mengenai hewan amfibi, tahukah kamu apa saja hewan amfibi yang ada di dunia saat ini? Nah berikut ini adalah 10 hewan amfibi beserta dengan gambar dan ciri-cirinya.
Daftar Isi

1. Kodok

10 Contoh Hewan Amfibi Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya
Gambar Hewan Amfibi Kodok

Contoh hewan amfibi yang ke-1 adalah kodok. Kodok merupakan salah satu hewan amfibi yang banyak ditemukan di seluruh dunia, terutama di daerah tropis yang berhawa panas. Hewan amfibi ini pada umumnya mempunyai beberapa ciri-ciri, seperti kaki belakangnya yang pendek, kulitnya yang kasar dan berbintil-bintil, kerap kali kering, serta kurang pandai melompat jauh. Selain itu, kodok juga merupakan hewan amfibi yang berkembang biak dengan cara bertelur.

2. Katak

10 Contoh Hewan Amfibi Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya
Gambar Hewan Amfibi Katak

Contoh hewan amfibi yang ke-2 adalah katak. Katak merupakan salah satu hewan amfibi yang banyak ditemukan di seluruh dunia, terutama di daerah tropis yang berhawa panas. Hewan amfibi ini pada umumnya mempunyai beberapa ciri-ciri, seperti berwarna hijau atau merah kecokelat-cokelatan, berkulit licin, pandai melompat, pandai berenang, kaki belakang lebih panjang, dan pemakan serangga yang hidup di air tawar atau di daratan. Selain itu, katak juga merupakan hewan amfibi yang berkembang biak dengan cara bertelur.

3. Salamander

10 Contoh Hewan Amfibi Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya
Gambar Hewan Amfibi Salamander

Contoh hewan amfibi yang ke-3 adalah salamander. Salamander merupakan salah satu hewan amfibi yang secara penampilannya mirip sekali dengan kadal, dimana salamander ini digolongkan ke dalam Urodela. Hewan amfibi ini pada umumnya mempunyai beberapa ciri-ciri, seperti tubuhnya yang ramping, ekornya yang panjang, dan hidungnya pendek.

Selain itu, salamander juga mempunyai beberapa ciri lain, seperti jari-jarinya yang unik, dimana hewan amfibi ini mempunyai 4 jari dibagian kaki depan dan 5 jari dibagian kaki belakang mereka. Hewan salamander ini umumnya mempunyai kulit yang cenderung lembab sehingga membuatnya lebih menyukai tempat yang berada di dekat air ataupun ditempat yang terlindung, seperti di tanah lembap.

Beberapa spesies dari hewan salamander ini biasanya akan tinggal di air sepanjang hidup mereka. Akan tetapi sebagian dari mereka tinggal di air hanya untuk sementara. Namun sebagian lagi dari mereka akan tinggal di darat pada saat sudah dewasa.

4. Sesilia atau Apoda

10 Contoh Hewan Amfibi Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya
Gambar Hewan Amfibi Sesilia atau Apoda

Contoh hewan amfibi yang ke-4 adalah sesilia. Sesilia atau yang mempunyai nama lain apoda atau Gymnophiona merupakan salah satu hewan amfibi yang banyak ditemukan di dalam tanah yang gembur dan berada di dekat sungai atau rawa-rawa, sehingga hewan ini jarang sekali didapati oleh manusia.

Hewan yang tergolong langka ini umumnya mempunyai beberapa ciri-ciri, seperti kulitnya yang lembut dan berwarna gelap tidak mengkilap, tidak mempunyai kaki, kloakanya dekat ujung badan, bentuk tubuhnya yang mirip dengan cacing besar atau ular, dan kulitnya yang mempunyai banyak lipatan berbentuk cincin. Selain itu, Sesilia juga merupakan hewan amfibi yang berkembang biak dengan cara bertelur.

5. Axolotl

10 Contoh Hewan Amfibi Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya
Gambar Hewan Amfibi Axolotl

Contoh hewan amfibi yang ke-5 adalah axolotl. Axolotl atau yang mempunyai nama latin ambystoma mexicanum merupakan salah satu hewan amfibi yang banyak ditemukan di beberapa danau, seperti danau Danau Xochimilco di bawah Ciudad de Mexico.

Hewan yang dikenal juga dengan nama salamander meksiko ini pada umumnya mempunyai beberapa ciri-ciri, seperti kepalanya yang lebar, memiliki jari-jari yang panjang dan tipis, memiliki gigi vestigial yang hampir tidak terlihat, serta sirip ekor dan insang eksternal yang memanjang dari belakang kepala ke ventilasi. Selain itu, Axolotl juga merupakan hewan amfibi yang berkembang biak dengan cara bertelur.

6. Common Mudpuppy

10 Contoh Hewan Amfibi Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya
Gambar Hewan Amfibi Common Mudpuppy

Contoh hewan amfibi yang ke-6 adalah Common Mudpuppy. Common Mudpuppy atau yang mempunyai nama latin necturus maculosus merupakan salah satu hewan amfibi yang banyak ditemukan di beberapa danau, sungai, dan kolam di bagian timur Amerika Utara.

Hewan amfibi ini umumnya mempunyai beberapa ciri-ciri, seperti kulitnya berwarna coklat berkarat, memiliki bintik-bintik biru kehitaman, insang eksternalnya menyerupai bulu burung unta dan ukurannya yang lebih kecil, sehingga membuatnya mirip seperti hewan axolotl. Selain itu, Common Mudpuppy juga merupakan hewan amfibi yang berkembang biak dengan cara bertelur.

7. Neuse River Waterdog

10 Contoh Hewan Amfibi Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya
Gambar Hewan Amfibi Neuse River Waterdog

Contoh hewan amfibi yang ke-7 adalah Neuse River Waterdog. Neuse River Waterdog atau yang mempunyai nama latin necturus lewisi merupakan salah satu hewan amfibi yang banyak ditemukan di dua sungai di Carolina Utara. Hewan amfibi ini umumnya mempunyai beberapa ciri-ciri, seperti memiliki sisi punggung berkarat-coklat dengan banyak bintik-bintik hitam kebiruan besar, sisi perutnya berwarna coklat gelap ke abu-abu, setiap kaki belakangnya mempunyai 4 jari kaki, moncong dikompresi di bagian dorsal, serta insangnya yang berwarna merah kusam dan lebat.

8. Katak Bertanduk Surinam

10 Contoh Hewan Amfibi Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya
Gambar Hewan Amfibi Katak Bertanduk Surinam

Contoh hewan amfibi yang ke-8 adalah katak bertanduk Surinam. Katak bertanduk Surinam atau yang mempunyai nama latin ceratophrys cornuta merupakan salah satu hewan amfibi yang banyak ditemukan di bagian utara Amerika Selatan. Hewan amfibi ini umumnya mempunyai beberapa ciri-ciri, seperti mulut yang sangat lebar, dan memiliki proyeksi seperti tanduk di atas matanya. Selain itu, katak bertanduk Surinam juga merupakan hewan amfibi yang berkembang biak dengan cara bertelur.

9. Olm

10 Contoh Hewan Amfibi Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya
Gambar Hewan Amfibi Olm

Contoh hewan amfibi yang ke-9 adalah Olm. Olm atau yang mempunyai nama latin proteus anguinus merupakan salah satu hewan amfibi yang banyak ditemukan di Eropa, dimana hewan ini adalah salamander akuatik dalam keluarga Proteidae.

Hewan amfibi ini umumnya mempunyai beberapa ciri-ciri, seperti tubuhnya yang seperti ular, ekornya relatif pendek, dan tubuhnya ditutupi oleh lapisan tipis kulit yang mengandung sangat sedikit pigmen riboflavin, sehingga membuatnya berwarna putih kekuningan atau merah jambu. Selain itu, Olm juga merupakan hewan amfibi yang berkembang biak dengan cara bertelur.

10. Katak Ungu

10 Contoh Hewan Amfibi Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya
Gambar Hewan Amfibi Katak Ungu

Contoh hewan amfibi yang ke-10 adalah katak ungu. Katak ungu atau yang mempunyai nama latin nasikabatrachus sahyadrensis merupakan salah satu hewan amfibi yang banyak ditemukan di Ghats Barat, Negara India. Hewan amfibi ini umumnya mempunyai beberapa ciri-ciri, seperti bentuk tubuhnya relatif bulat, lengan dan kakinya melebar dalam bentuk tubuh anoda standar, kepalanya yang kecil, serta moncongnya yang runcing.
Suka artikel berjudul 10 Contoh Hewan Amfibi Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya, Yuk bagikan ke: