advertisement

15 Contoh Akibat Pergaulan Bebas di Kalangan Pelajar dan Remaja


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
15 Contoh Akibat Pergaulan Bebas di Kalangan Pelajar dan Remaja
15 Contoh Akibat Pergaulan Bebas di Kalangan Pelajar dan Remaja

XASXUS.com - Ketika pubertas, remaja pada umumnya akan mengalami beberapa perubahan di dalam dirinya, mulai itu dari segi fisiknya sampai ke segi psikologisnya. Pada saat masa peralihan ini, para remaja biasanya cenderung mempunyai rasa keingintahuan yang sangat tinggi akan suatu hal.

Berbicara mengenai remaja, tentunya tidak akan lepas dari pelajar dan pergaulan bebas. Seperti yang diketahui ketika mengenyam pendidikan di bangku sekolah para pelajar akan mengalami proses kelabilan. Bahkan ketika mengalami proses kelabilan ini, banyak diantaranya yang terjerumus ke dalam pergaulan bebas.

Pergaulan bebas bagi pelajar dan remaja, umumnya mempunyai beberapa akibat yang sangat fatal. Nah berikut ini adalah 15 contoh akibat pergaulan bebas di kalangan pelajar dan remaja.
Daftar Isi

1. Prestasi akademik menurun

Akibat pergaulan bebas yang ke-1 adalah prestasi akademik menurun. Seperti yang diketahui jika pergaulan bebas di kalangan pelajar dan remaja bisa berakibat terhadap bidang akademiknya, dimana seseorang yang sudah terjerumus ke dalam pergaulan bebas cenderung tidak bisa berkonsentrasi ketika para pengajar sedang menerangkan mata pelajarannya.

Hal ini terjadi dikarenakan seseorang yang sudah terjerumus ke dalam pergaulan bebas lebih banyak memikirkan bagaimana caranya bisa bersenang-senang tanpa peduli lagi dengan mata pelajaran, seperti halnya memikirkan ujian, nilai, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, bahkan ilmu yang diperolehnya dari bidang akademik menjadi mudah luntur dan memudar dikarenakan mulai malasnya belajar.

2. Keluar dari sekolah

Akibat pergaulan bebas yang ke-2 adalah keluar dari sekolah. Seperti yang diketahui jika pergaulan bebas di kalangan pelajar dan remaja bisa berakibat terhadap putusnya sekolah, dimana seseorang yang sudah terjerumus ke dalam pergaulan bebas cenderung bertindak seenaknya tanpa memikirkan konsekuensi, sebab bagi mereka setiap tindakan yang dilakukannya adalah hal yang paling benar.

Dari pada akal sehat, pelajar dan remaja yang sudah terjerumus ke dalam pergaulan bebas cenderung lebih mementingkan egonya masing-masing. Hal ini dilakukannya dikarenakan mereka sudah sangat bosan dengan dunia sekolah, mulai dari hukuman kedisiplinan sekolah, kegiatan pembelajaran, dan lain sebagainya, sehingga mereka kebanyakan lebih memilih keluar dari sekolah.

Tidak hanya itu saja, seseorang yang sudah terjerumus ke dalam pergaulan bebas pastinya akan mendapati masalah yang terus menggunung dan belum terselesaikan, misalnya seperti seks bebas yang dapat berakibat terhadap banyak siswi hamil di luar nikah. Jika hal ini terjadi, perasaan malu mungkin yang selalu membayangi sehingga membutuskan untuk keluar dari sekolah, atau justru pihak sekolahlah yang akan mengeluarkannya dikarenakan sudah mencoreng nama baik sekolah.

Bahkan berawal dari sinilah tidak jarang pula pelajar dan remaja yang mengalami kasus ini melakukan kasus aborsi. Hal ini umumnya terjadi dikarenakan beberapa faktor, seperti takutnya akan ketahuan orang tua, belum siapnya mempunyai anak, dan banyaknya hinaan oleh masyarakat sekitar.

Selain itu, pelajar dan remaja yang mengalami hal ini kebanyakan tidak mengetahui dampak dari melakukan aborsi. Seperti yang diketahui jika aborsi dapat memicu kematian, sehingga banyak dari para pelajar dan remaja yang terjerumus pergaulan bebas mengalami kematian.

3. Mengalami masalah tentang kesehatan

Akibat pergaulan bebas yang ke-3 adalah mengalami masalah tentang kesehatan. Seperti yang diketahui jika pergaulan bebas di kalangan pelajar dan remaja bisa berakibat terhadap masalah kesehatan, dimana beberapa diantaranya banyak yang terjangkit oleh penyakit berbahaya, seperti halnya gangguan liver, kanker, dan lain sebagainya yang disebabkan oleh seringnya mengonsumsi alkohol dan obat terlarang

Tidak hanya itu saja, bahkan para pelajar dan remaja yang terjerumus pergaulan bebas bisa terjangkit maupun tertular oleh virus HIV/AIDS dan kanker pada alat reproduksi. Selain itu kondisi penyakit ini pada umumnya banyak menyerang para wanita, sehingga membuatnya beresiko terkena kanker serviks dan rahim, apalagi jika terjadi kepada wanita yang usianya masih dibawah 17 tahun.

Selain itu, wanita yang terjerumus pergaulan bebas juga bisa mengalami beberapa resiko lain, seperti mengalami radang panggul, kemandulan, kerusakan leher rahim, infeksi lapisan rahim, mengalami sobek pada rahim, dan resiko berbagaya lainnya.

4. Tingkat kriminalitas bertambah

Akibat pergaulan bebas yang ke-4 adalah tingkat kriminalitas bertambah. Seperti yang diketahui jika pergaulan bebas di kalangan pelajar dan remaja bisa berakibat pada kriminalitas. Hal ini dikarenakan seseorang yang sudah terjerumus ke dalam pergaulan bebas cenderung memakai obat-obatan terlarang. Karena harganya yang relatif mahal membuat para pelajar dan remaja tersebut bertindak kriminal, seperti mengkorupsi uang SPP, mencuri uang, merampok, dan lain sebagainya.

5. Mengalami gangguan mental

Akibat pergaulan bebas yang ke-5 adalah mengalami gangguan mental. Seperti yang diketahui jika pergaulan bebas di kalangan pelajar dan remaja juga bisa berakibat terhadap gangguan mental. Hal ini dikarenakan seseorang yang sudah terjerumus ke dalam pergaulan bebas psikologisnya cenderung tidak stabil, sehingga membuat para pelajar dan remaja tetap membanggakan pergaulan yang dijalani, padahal apa yang mereka perbuat bertentangan dengan nilai dan norma.

Karena kepribadian menyimpang inilah yang kemudian mendasari degradasi moral pada pelajar dan para remaja, seperti tidak respect lagi kepada orang yang lebih tua, kurangnya rasa empati maupun simpati terhadap orang lain, dan lain sebagainya.

Selain itu, pelajar dan remaja yang mempunyai kepribadian menyimpang ini pada dasarnya juga mengalami krisis kepercayaan diri, dimana ia cenderung suka berada di tempat yang sepi ketimbang mengaktualisasikan diri serta bersosialisasi dengan masyarakat disekitarnya, sehingga hal ini makin memperparah kondisi psikologisnya.

6. Meningkatkan disharmoni dengan keluarga

Akibat pergaulan bebas yang ke-6 adalah meningkatkan disharmoni dengan keluarga. Seperti yang diketahui jika pergaulan bebas di kalangan pelajar dan remaja juga bisa berakibat terhadap kerharmonisan keluarga. Pergaulan bebas ini pada dasarnya disebabkan oleh pola pikirnya yang belum bisa bijaksana serta masih mencari solusi atas masalah tersebut, sehingga mereka cenderung lebih memilih untuk melampiaskan kekesalannya supaya dapat melupakannya.

Jadi hal inilah yang kemudian membuat sebagian besar orang tua cenderung akan memarahi anaknya yang sudah terjerumus pergaulan bebas. Jika sudah seperti ini, maka tentunya komunikasi dengan kelurga akan semakin renggang dan kurang harmonis.

7. Hamil diluar nikah

Akibat pergaulan bebas yang ke-7 adalah hamil diluar nikah. Seperti yang diketahui jika pergaulan bebas di kalangan pelajar dan remaja juga bisa berakibat pada kehamilan diluar nikah. Jadi jika anda adalah orang tua, maka ada baiknya untuk mendidik anak anda dengan baik dan benar, supaya hal ini tidak terjadi pada anak anda.

Selain itu, berikan pula pengertian kepada anak anda mengenai cara menghindari zina bagi remaja dan kaula muda, dimana hal ini dilakukan agar anak tidak ikut terjebak pada zina dan juga maksiat yang pada akhirnya akan menimbulkan hamil diluar nikah tersebut.

8. Dikucilkan

Akibat pergaulan bebas yang ke-8 adalah dikucilkan. Seperti yang diketahui jika pergaulan bebas di kalangan pelajar dan remaja juga bisa berakibat pada pengucilan. Jadi jika anda adalah orang tua dan memang anak anda terjerumus ke dalam pergaulan bebas, maka segerah carai tahu bagaimana cara mengatasi hal ini, supaya anak anda tidak dikucilkan nantinya.

9. Anak menjadi jauh dari orang tua dan liar

Akibat pergaulan bebas yang ke-9 adalah anak menjadi jauh dari orang tua dan liar. Seperti yang diketahui jika pergaulan bebas di kalangan pelajar dan remaja juga bisa berakibat pada menjadi liarnya anak dan jauh dari orang tua. Hal ini terjadi pada umumnya dikarenakan kurangnya perhatian dari orang tua terhadap anaknya. Orang tua yang baik pastinya akan mencegah anaknya di dalam pergaulan bebas.

Selain itu, orang tua yang baik pastinya juga akan menunjukan rasa sayang pada anak, dimana di dalam mendidik anak janganlah terlalu memanjakannya. Akan tetapi jika sebagai orang tua ingin memanjakan anak, maka ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu bagaimana cara memanjakan anak supaya anak tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas dan membuatnya menjadi liar.

10. Kematian

Akibat pergaulan bebas yang ke-10 adalah kematian. Seperti yang diketahui jika pergaulan bebas di kalangan pelajar dan remaja juga bisa berakibat pada kematian. Hal ini terjadi umumnya disebabkan oleh beberapa hal, seperti pemakaian obat-obatan terlarang, minum-minuman yang membahayakan, bahkan yang paling parah adalah pembunuhan.

Meskipun demikian, hal ini juga patut dipahami bahwa pergaulan bebas tidak hanya disebabkan kenakalan semata, akan tetapi juga disebabkan oleh terjadinya broken home, sehingga anak cenderung mudah terjerumus ke dalam pergaulan bebas.

11. Tawuran

Akibat pergaulan bebas yang ke-11 adalah tawuran. Seperti yang diketahui jika pergaulan bebas di kalangan pelajar dan remaja juga bisa berakibat pada terjadinya tawuran. Bahkan perilaku menyimpang ini sudah tidak bisa dilepaskan dari para pelajar yang telah terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Jika hal ini tentunya tidak hanya berdampak pada pelajar atau remaja yang tawuran tersebut, akan tetapi juga berdampak pada citra buruk bagi keluarga dan sekolah.

12. Menanggung malu

Akibat pergaulan bebas yang ke-12 adalah menanggung malu. Seperti yang diketahui jika pergaulan bebas di kalangan pelajar dan remaja juga bisa berakibat pada rasa malu. Bahkan perasaan malu ini juga bisa dirasakan hingga sepanjang hidupnya, dimana seseorang yang sudah terjerumus ke dalam pergaulan bebas akan merasa malu oleh beberapa orang yang ada disekitarnya, seperti orang tua, keluarga dekat, teman-teman, dan lain sebagainya.

13. Ditinggalkan oleh teman-temannya

Akibat pergaulan bebas yang ke-13 adalah ditinggalkan oleh teman-temannya. Seperti yang diketahui jika pergaulan bebas di kalangan pelajar dan remaja juga bisa berakibat pada ditinggalkan teman-temannya, bahkan diantaranya sampai pada tahapan dikucilkan. Hal ini terjadi umumnya dikarenakan keinginan di dalam menjaga jarak supaya tidak tertular dan terjerumus ke dalam pergaulan bebas.

14. Mengalami stress

Akibat pergaulan bebas yang ke-14 adalah mengalami stress. Seperti yang diketahui jika pergaulan bebas di kalangan pelajar dan remaja juga bisa berakibat pada pikiran, dimana seseorang yang sudah terjerumus ke dalam pergaulan bebas cenderung mengalami stress. Hal ini umumnya di disebabkan oleh beberapa faktor, seperti tidak adanya seseorang yang membantunya untuk bangkit, dan lain sebagainya.

15. Kemungkinan besar menjadi LGBT

Akibat pergaulan bebas yang ke-15 adalah kemungkinan besar menjadi LGBT. Seperti yang diketahui jika pergaulan bebas di kalangan pelajar dan remaja juga bisa berakibat pada menjadinya LGBT. Bahkan seseorang yang sudah menjadi LGBT cenderung akan sulit di dalam melanjutkan sekolahnya kelak, hal ini dikarenakan seseorang LGBT sudah dipandang sebagai seorang yang tidak normal.
Suka artikel berjudul 15 Contoh Akibat Pergaulan Bebas di Kalangan Pelajar dan Remaja, Yuk bagikan ke: