advertisement

11 Ciri-Ciri Wanita Mandul Secara Fisik Sebelum Menikah dan Setelah Menikah


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
11 Ciri-Ciri Wanita Mandul Secara Fisik Sebelum Menikah dan Setelah Menikah
11 Ciri-Ciri Wanita Mandul Secara Fisik Sebelum Menikah dan Setelah Menikah

XASXUS.com - Semua pasangan yang telah menikah pada umunya pasti menginginkan buah hati. Walaupun demikian, untuk mewujudkan keinginan tersebut tentunya akan sulit jika salah satu dari pasangan mandul, apa lagi jika hal tersebut terjadi pada wanita. Berbicara mengenai mandul, tahukah kamu apa saja ciri-ciri wanita mandul? berikut ini adalah 11 ciri-ciri wanita mandul sebelum menikah dan setelah menikah.
Daftar Isi

1. Ciri-ciri wanita mandul cenderung mempunyai berat badan kurang

Ciri-ciri wanita mandul yang ke-1 adalah wanita yang mempunyai berat badan kurang. Seperti yang diketahui jika seorang wanita mandul pada umumnya sering mengalami masalah hormon, sehingga hal tersebut berimbas terhadap kondisi fisiknya.

Selain itu, masalah hormon yang sering di alami oleh wanita mandul biasanya dikarenakan oleh beberapa aktivitas keras yang dapat merusak sistem hormon dan juga penyerapan nutrisi dalam tubuh, seperti halnya berolahraga secara berlebihan. Hal ini dikarenakan seseorang melakukan diet tanpa lemak, berat badannya cenderung menurun dengan sangat cepat, sehingga hal ini memicu kacaunya sistem hormon dan juga membuat wanita menjadi tidak subur.

2. Ciri-ciri wanita mandul menstruasinya cenderung berat

Ciri-ciri wanita mandul yang ke-2 adalah wanita yang menstruasinya berat. Dalam hal ini banyak yang salah kaprah, dimana wanita yang sedang mengalami kelebihan darah ketika menstruasi bukanlah pertanda kesuburan, melainkan pertanda kemandulan dari seorang wanita.

Istilah pendarahan berat ketika menstruasi ini merupakan salah satu gangguan menstruasi yang terjadi diakibatkan oleh beberapa masalah, seperti adanya hormon yang tidak seimbang, penebalan pada dinding rahim, dan kondisi psikis, seperti hal stres yang berlebihan.

Tidak hanya itu saja, pendarahan berat ketika menstruasi juga dapat diakibatkan oleh tidak adanya progesteron di dalam tubuh. Seperti yang diketahui jika progesteron merupakan salah satu pemicu ovarium menghasilkan sel telur. Jika hal ini terjadi, maka ovarium tidak dapat menghasilkan sel telur, sehingga hal juga sebagai pertanda jika reproduksi tidak mengalami ovulasi yang normal.

3. Ciri-ciri wanita mandul menstruasinya cenderung tidak teratur

Ciri-ciri wanita mandul yang ke-3 adalah wanita yang menstruasinya tidak teratur. Wanita mandul pada umumnya mempunyai menstruasi yang tidak teratur, dimana menstruasi ini bisa datang dengan cepat dan singkat, namun juga bisa datang di periode berikutnya dengan pendarahan yang berat.

Tidak hanya itu saja, bahkan diwaktu lain, wanita mandul juga bisa tidak menstruasi sama sekali. Hal ini merupakan sebuah pertanda jika tubuh sedang tidak mengalami ovulasi sama sekali, sehingga tidak ada sel telur. Masalah ini mungkin masalah yang sangat berat bagi wanita, namun hal ini bisa diatasi dengan penanganan yang baik.

4. Ciri-ciri wanita mandul tiba-tiba menstruasinya tidak datang

Ciri-ciri wanita mandul yang ke-4 adalah wanita yang menstruasinya tiba-tiba tidak datang. Tidak mengalami menstruasi ketika monopause mungkin merupakan hal yang wajar dan normal. Akan tetapi jika hal ini terjadi dengan wanita yang masih masuk usia subur, maka hal ini merupakan hal yang tidak normal. Jika hal ini tejadi, maka bisa dipastikan jika adanya masalah yang sangat serius pada hormon dan juga kemungkinan adanya masalah penyakit pada reproduksi wanita.

5. Ciri-ciri wanita mandul menstruasinya cenderung sangat sakit

Ciri-ciri wanita mandul yang ke-5 adalah wanita yang menstruasinya sangat sakit. Ketika menstruasi pada dasarnya wanita akan mengalami rasa sakit, akan tetapi hal ini merupakan hal normal. Meskipun demikian, bagi beberapa wanita rasa sakit tersebut juga bisa jadi adanya indikasi yang tidak normal dikarenakan kemandulan.

Rasa sakit ketika menstruasi pada wanita mandul pada umumnya dikarenakan adanya masalah hormon dan juga adanya penyakit di ovarium atau indung telur. Apalagi ketika menstruasi disertai oleh beberapa gejala lain, seperti darah menggumpal, darah yang lebih banyak, sakit saat buang air kecil, ada darah saat buang air kecil, dan rektum yang sakit, maka ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan secara detail ke dokter spesialis.

6. Ciri-ciri wanita mandul tiba-tiba berjerawat parah

Ciri-ciri wanita mandul yang ke-6 adalah wanita yang tiba-tiba berjerawat parah. Meskipun jerawat pada wanita merupakan hal yang normal dan wajar, akan tetapi jerawat yang parah pada wanita bisa karenakan adanya masalah yang serius pada hormon.

Jerawat parah pada umumnya dapat mengalami PCOS, yaitu dimana tubuh akan memproduksi hormon androgen yang sangat banyak. Seperti yang diketahui jika hormon tersebut merupakan hormon yang seharusnya ada pada pria. Jika hal ini terjadi, tentunya akan mengganggu kesuburan pada wanita. Tidak hanya itu saja, produksi hormon androgen yang sangat tinggi pada wanita juga dapat menyebabkan beberapa masalah lain, seperti halnya ovulasi yang tidak teratur, dan menstruasi yang tidak normal.

7. Ciri-ciri wanita mandul mempunyai banyak rambut pada tubuhnya

Ciri-ciri wanita mandul yang ke-7 adalah wanita yang mempunyai banyak rambut pada tubuhnya. Rambut pada wanita normalnya jauh lebih sedikit ketimbang rambut pada pria. Akan tetapi saat produksi androgen pada wanita cenderung sangat tinggi, maka hal ini bisa berdampak pada tumbuhnya rambut halus yang sangat banyak.

Rambut-rambut halus tersebut pada umumnya akan banyak ditemukan seperti di wajah, bagian atas bibir, ketiak, pergelangan tangan, dada dan perut. Jika hal ini terjadi maka ada baiknya untuk segera diobati dan jika dibiarkan maka androgen pada wanita bisa sangat tinggi.

8. Ciri-ciri wanita mandul cenderung mengalami kerontokan rambut

Ciri-ciri wanita mandul yang ke-8 adalah wanita yang rambutnya mengalami kerontokan. Kerontokan yang terjadi pada wanita bisa jadi pertanda yang sangat serius, dimana hal ini bisa jadi diakibatkan oleh beberapa penyebab, seperti kelenjar tiroid yang tidak normal, anemia, adana penyakit autoimun, dan produksi androgen yang tinggi.

9. Ciri-ciri wanita mandul cenderung mempunyai nafsu seksual yang rendah

Ciri-ciri wanita mandul yang ke-9 adalah wanita yang nafsu seksualnya rendah. Hal ini terjadi dikarenakan wanita mandul tidak mempunyai dorongan hubungan intim yang normal seperti hal wanita normal pada umumnya, dimana hal ini bisa jadi dikarenakan oleh depresi atau stres. Selain itu, tidak adanya dorongan hubungan intim pada wanita juga bisa dikarenakan mempunyai gangguan terhadap sistem reproduksi yang biasanya bisa menimbulkan rasa sakit setelah berhubungan intim.

10. Ciri-ciri wanita mandul berat badannya cenderung naik dengan cepat

Ciri-ciri wanita mandul yang ke-10 adalah wanita yang berat badannya naik dengan cepat. Wanita yang secara tiba-tiba mengalami kenaikan berat badan secara tiba-tiba berlebihan bisa jadi dikarenakan PCOS yang dapat membuat kadar androgen dan produksi insulin menjadi sangat tinggi.

Seperti yang diketahui jika gangguan sistem hormon tersebut sangat berat bagi tubuh dan dapat membuat tubuh pada wanita mempunyai metabolisme yang lebih berat, sehingga membuat tubuh pada wanita cenderung lebih cepat gemuk ketimbang wanita pada umumnya.

11. Ciri-ciri wanita mandul cenderung ketidakmampuan hamil setelah menikah

Ciri-ciri wanita mandul yang ke-11 adalah ketidakmampuan hamil setelah menikah. Meskipun tidak ada ciri-ciri pasti mengenai wanita dinyatakan mandul, akan tetapi hal tersebut bisa terlihat pada wanita yang sudah menikah lama.

Dimana seseorang yang sudah lama menikah dan tidak memakai alat kontrasepsi apapun namun tidak kunjung hamil, maka bisa dipastikan jika hal tersebut merupakan tanda kemandulan. Meskipun demikian, ada baiknya melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan hasil yang tepat.
Suka artikel berjudul 11 Ciri-Ciri Wanita Mandul Secara Fisik Sebelum Menikah dan Setelah Menikah, Yuk bagikan ke: