advertisement

8 Ciri-Ciri Planet - Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
8 Ciri-Ciri Planet - Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus
8 Ciri-Ciri Planet - Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus

XASXUS.com - Tata Surya merupakan sekumpulan benda langit yang terdiri dari sebuah bintang utama yang disebut dengan Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya, dimana objek-objek pada tata surya tersebut terdiri dari 8 buah planet dengan orbit berbentuk elips, seperti planet merkurius, venus, bumi, mars, jupiter, saturnus, uranus, dan neptunus.

Berbicara mengenai planet, tahukah kamu apa saja ciri-ciri ke-8 planet tersebut? Nah berikut ini adalah 8 ciri-ciri planet, mulai itu dari ciri-ciri planet merkurius, ciri-ciri planet venus, ciri-ciri planet bumi, ciri-ciri planet mars, ciri-ciri planet jupiter, ciri-ciri planet saturnus, ciri-ciri planet uranus, dan ciri-ciri planet neptunus.
Daftar Isi

1. Ciri-Ciri Planet Merkurius

8 Ciri-Ciri Planet - Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus
Ciri-Ciri Planet Merkurius

Ciri-ciri planet yang ke-1 adalah planet merkurius. Planet merkurius merupakan salah satu planet yang paling dekat dengan matahari, dimana jarak antara planet merkurius dengan matahari hanya berjarak sekitar 0,39 SA. Selain itu, planet merkurius juga mempunyai masa revolusinya selama 88 hari dengan masa rotasinya yaitu selama 59 hari.

Karena letaknya yang berdekatan dengan matahari, planet merkurius mempunyai suhu yang sangat ekstrim, dimana ketika disiang hari, planet ini mempunyai suhu hingga 4270 derajat celcius, sementara ketika dimalam hari, planet ini mempunyai suhu hingga -1700 derajat celcius.

Tidak hanya itu saja, tingat eksentrisitas pada planet merkurius juga sangat besar, yaitu sekitar 0,206. Hal ini terjadi diakibatkan jarak planet merkurius dengan matahari sangatlah berdekatan, dimana jarak terdekatnya bisa mencapai 22 juta kilometer, sementara jarak terjauhnya adalah sekitar 57,9 juta kilometer.

Ciri lain dari planet merkurius adalah tidak mempunyai atmosfir seperti di bumi, sehingga planet ini mempunyai langit berwarna hitam. Bahkan planet merkurius juga tidak mempunyai satelit, hal ini dikarenakan letak planet merkurius dengan matahari sangatlah dekat, sehingga menimbulkan gaya gravitasinya yang cenderung lebih tinggi dengan matahari ketimbang dengan planet merkurius itu sendiri.

Hingga saat ini, penelitian tentang planet merkurius ini sendiri masihlah sangat terbatas, hal ini dikarenakan letak planet merkurius dengan matahari sangatlah dekat, bahkan paling dekat diantara planet-planet lainnya. Akan tetapi banyak para ilmuwan tetap berusaha di dalam mendapatkan informasi lebih lanjut tentang planet ini.

2. Ciri-Ciri Planet Venus

8 Ciri-Ciri Planet - Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus
Ciri-Ciri Planet Venus

Ciri-ciri planet yang ke-2 adalah planet venus. Planet venus atau yang dikenal juga dengan sebutan bintang kejora atau yang orang jawa menyebutnya lintang panjer lor ini merupakan salah satu planet yang letaknya terdekat kedua dengan matahari, dimana jarak planet ini dengan matahari hanya sekitar 0,72 SA.

Bentuk orbit dari planet venus ini umumnya hampir berbentuk bulat, hal ini dikarenakan tingkat eksetrisitas dari planet ini adalah sekitar 0,007. Karena dari segi ukuran, bentuk, dan komposisinya yang hampir sama dengan planet bumi, membuat planet venus ini kerap disebut sebagai saudara dari planet bumi.

Selain itu, planet ini juga mempunyai suhu yang sangat ekstrim, dimana ketika disiang hari, planet ini mempunyai suhu hingga 4800 derajat celcius. Tingginya suhu yang terjadi pada planet venus ini diakibatkan terdapatnya gas rumah kaca yang menyelimuti planet venus.

3. Ciri-Ciri Planet Bumi

8 Ciri-Ciri Planet - Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus
Ciri-Ciri Planet Bumi

Ciri-ciri planet yang ke-3 adalah planet bumi. Planet bumi merupakan salah satu planet yang letaknya terdekat ketiga dengan matahari, dimana jarak planet ini dengan matahari hanya sekitar 1 SA atau berkisar 150 juta km dan diketahui menjadi satu-satunya planet yang bisa ditinggali oleh makhluk hidup.

Planet bumi umumnya mempunyai ciri yaitu bentuk orbitnya yang hampir berbentuk lingkaran, hal ini dikarenakan planet ini mempunyai tingkat eksentrisitas planet bumi sebesar 0,017. Selain itu, planet bumi juga mempunyai lapisan atmosfer dengan sedemikian rupa sehingga membuat suhu dip planet ini stabil, dimana ketika disiang hari suhu pada planet ini tidak terlalu panas dan ketika di malam hari suhu pada planet ini tidak terlalu dingin.

Tidak hanya itu saja, planet bumi juga mempunyai masa rotasi bumi selama 23 jam 59 menit dan masa revolusinya yang selama 365,3 hari. Selain itu, planet bumi ini juga mempunyai tingkat kerapatan sekitar 5,52 gram, sehingga membuatnya menjadi planet yang paling padat diantara planet lainnya yang ada di dalam tata surya. Bahkan planet bumi juga mempunyai satelit yang sangat setia di dalam mengelilingi bumi, yakni bulan.

4. Ciri-Ciri Planet Mars

8 Ciri-Ciri Planet - Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus
Ciri-Ciri Planet Mars

Ciri-ciri planet yang ke-4 adalah planet mars. Planet mars merupakan salah satu planet yang letaknya terdekat keempat dengan matahari, dimana jarak planet ini dengan matahari hanya sekitar 1,52 SA atau berkisar 228 juta kilometer, dimana planet ini mempunyai tingkat eksentrisitasnya yang sebesar 0,0093 dan berputar mengelilingi matahari selama 687 hari lamanya.

Planet mars atau yang sering disebut juga dengan planet merah ini juga mempunyai ciri yaitu penampakannya yang bewarna merah keorange-an dan mempunyai 2 satelit, yakni Phobos dan Deimos. Selain itu, planet ini juga mempunyai atmosfer yang sangat tipis, sehingga membuat planet ini mempunyai beberapa palung yang sangat dalam yang diakibatkan oleh terjadinya benturan dengan benda langit lainnya. Tidak hanya itu saja, planet ini juga mempunyai gunung tertinggi diantara semua planet di tata surya, yakni bernama gunung Olympus mons. Planet mars ini umumnya

5. Ciri-Ciri Planet Jupiter

8 Ciri-Ciri Planet - Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus
Ciri-Ciri Planet Jupiter

Ciri-ciri planet yang ke-5 adalah planet jupiter. Planet jupiter merupakan salah satu planet yang letaknya terdekat kelima dengan matahari, dimana jarak planet ini dengan matahari berkisar 5,2 SA. Planet jupiter ini merupakan planet tersebar diantara planet lainnya yang ada didalam tata surya yang seluruh berbahan bakunya berasal dari gas.

Nama dari planet ini pada dasarnya diambil dari salah satu nama dewa yang ada didalam mitologi zaman romawi kuno, dimana planet ini merupakan planet tercerah ke-3 sesudah planet venus, dan mars. Selain itu, planet jupiter ini juga mempunyai ciri kala revolusinya yang mengelilingi matahari selama 11,86 tahun, tingkat rotasinya yang hanya selama 9 jam 50 menit, dan tingkat ekstensitritasnya yang sebesar 0,048. Planet ini umumnya mempunyai sekitar 17 satelit, akan tetapi planet ini hanya mempunyai 4 buah satelit saja yang berukuran besar, seperti bernama Europe, IO, Ganimede dan calisto.

6. Ciri-Ciri Planet Saturnus

8 Ciri-Ciri Planet - Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus
Ciri-Ciri Planet Saturnus

Ciri-ciri planet yang ke-6 adalah planet saturnus. Planet saturnus merupakan salah satu planet yang letaknya terdekat keenam dengan matahari, dimana jarak planet ini dengan matahari berkisar 1433,5 juta kilometer dengan masa revolusinya selama 29,42 tahun serta rotasinya yang selama 10 jam 40 menit. Selain itu, planet yang sangat terkenal akan cincinnya yang terdiri dari batu dan bongkahan es ini pada umumnya sama seperti planet jupiter, dimana seluruh bahan penyusunnya sebagian besar berupa gas hydrogen dan helium.

Keunikan dari planet ini adalah adanya angin yang berputar dengan sangat cepat di dalamnya dan tidak pernah berhenti, dimana angin tersebut mempunyai kecepatan hingga 1.100 kilometer per jam. Sama seperti beberapa planet di tata surya lainnya, planet ini juga mempunyai satelit, dimana planet saturnus ini mempunyai planet sekitar 18 buah. Selain itu, planet saturnus mempunyai suhu berkisar 140 derajat celcius.

7. Ciri-Ciri Planet Uranus

8 Ciri-Ciri Planet - Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus
Ciri-Ciri Planet Uranus

Ciri-ciri planet yang ke-7 adalah planet uranus. Planet uranus merupakan salah satu planet yang letaknya terdekat ketujuh dengan matahari, dimana jarak planet ini dengan matahari berkisar 2.872 miliar kilometer dengan masa revolusinya yang sangat lama, yakni selama 84 tahun.

Planet yang namanya diambil dari salah satu nama dewi di mitologi romawi kuno dewi urania ini mempunyai suhu yang sangat dingin, hal ini dikarenakan jaraknya yang jauh dengan matahari. Selain itu, planet uranus juga juga mempunyai masa rotasinya selama 17 jam 14 menit dengan suhu rata-ratanya yaitu -140 derajat celcius.

Sama halnya dengan planet saturnus, dimana planet uranus juga mempunyai cincin yang mengitasi planet. Meskipun demikian, cincin pada planet uranus tidak sebesar seperti cincin pada planet saturnus. Jika dilihat dari jauh, planet uranus ini mempunyai karakteristik berwana hijau kebiruan, dimana hal ini dikarenakan atmosfer pada planet ini terbentuk dari gas metana yang sangat tebal.

8. Ciri-Ciri Planet Neptunus

8 Ciri-Ciri Planet - Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus
Ciri-Ciri Planet Neptunus

Ciri-ciri planet yang ke-8 adalah planet neptunus. Planet neptunus merupakan salah satu planet yang letaknya terdekat kedelapan dengan matahari, dimana jarak planet ini dengan matahari berkisar 4.500 miliar kilometer dengan rotasinya selama 16 jam 6 menit dan masa revolusinya yang sangat lama, yakni selama 164,8 tahun. Hal ini dikarenakan jarak antara planet neptunus dengan matahari sangat jauh.

Sama halnya seperti planet berukuran besar lainnya, dimana planet neptunus seluruh bahan penyusunnya berupa gas hydrogen, helium dan metana dengan suhu rata-ratanya yaitu -233 derajat celcius. Selain itu, planet neptunus ini sering disebut juga dengan planet pembuat ulah, hal ini dikarenakan planet neptunus kerap kali keluar dari jalur orbitnya. Tidak hanya itu saja, planet neptunus juga sama seperti beberapa planet di tata surya lainnya, dimana planet ini juga dilengkapi oleh satelit sekitar 14 buah dengan cicin yang ukurannya tidak terlalu besar.
Suka artikel berjudul 8 Ciri-Ciri Planet - Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus, Yuk bagikan ke: