advertisement

8 Ciri-Ciri Negara Maju Beserta Contoh Dan Penjelasannya


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
8 Ciri-Ciri Negara Maju Berserta Contoh Dan Penjelasannya
8 Ciri-Ciri Negara Maju Berserta Contoh Dan Penjelasannya

XASXUS.com - Negara Maju merupakan istilah secara khusus yang disematkan kepada negara yang memiliki standar hidup tinggi disektor teknologi dan ekonomi yang merata, sehingga bisa disimpulkan jika negara maju ini adalah negara yang rakyatnya memiliki kualitas hidup tinggi.

Berbicara mengenai negara maju, tahukah kamu apa ciri-ciri negara maju? Nah berikut ini adalah 8 ciri-ciri negara maju beserta contoh negaranya.
Daftar Isi

1. Ciri-ciri negara maju berdasarkan angka pengangguran

Ciri-ciri negara maju yang ke-1 adalah angka pengangguran yang rendah. Ciri-ciri negara maju ini merupakan ciri-ciri sepesifik dari negara maju. Seperti yang diketahui, jika lapangan kerja dan wirausaha dari suatu negara masih terhitung rendah, maka negara tersebut tidak akan dapat berjalan secara maksimal.

Meskipun demikian, pengangguran friksional adalah jenis pengangguran yang biasa terjadi di negara maju, dimana penggangguran ini terjadi diakibatkan adanya peralihan tenaga kerja dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya. Namun anehnya, para pengagguran yang ada di negara maju malah mendapatkan jaminan sosial dari pihak pemerintah.

2. Ciri-ciri negara maju berdasarkan sistem pendidikan

Ciri-ciri negara maju yang ke-2 adalah mempunyai sistem pendidikan bertaraf internasional. Seperti yang diketahui jika semua negara maju yang ada di dunia saat ini rata-rata sudah bisa membaca dan juga menulis dengan lancar, dimana hal ini dikarenakan adanya peran pemerintah dari negara maju di dalam memberikan jaminan berupa pendidikan dasar kepada seluruh rakyatnya.

Tidak hanya itu saja, bahkan fasilitas pendidikan yang diberikan oleh pemerintah dari negara maju tergolong lengkap, sehingga tidak heran jika sistem pendidikan yang sering dipakai di negara maju adalah mempunyai kecakapan sosial dan juga kemandirian para peserta didik di dalam mengembangkan potensinya.

3. Ciri-ciri negara maju berdasarkan laju pertumbuhan penduduknya

Ciri-ciri negara maju yang ke-3 adalah laju pertumbuhan para penduduknya rendah. Seperti yang diketahui jika angka kelahiran dan kematian bayi dari suatu negara merupakan salah satu faktor pendukung jika negara tersebut bisa dikatakan sebagai negara maju. Bahkan hal ini juga di dukung dengan tingginya tingkat kesadaran dari rakyat di negara maju tentang penundaan usia nikah, keluarga berencana, dan kemajuan teknologi fasilitas kesehatan.

4. Ciri-ciri negara maju berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologinya

Ciri-ciri negara maju yang ke-4 adalah sangat pesat dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi. Seperti yang diketahui jika pemerintah dari negara maju cenderung akan mendukung para ilmuwannya dengan cara memberikan berbagai macam fasilitas terbaik untuk menunjang proses observasi yang mereka lakukan.

Beberapa fasilitas yang umumnya diberikan adalah seperti fasilitas laboratorium lengkap dengan gaji standar tinggi. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penunjang semangat untuk para ilmuwan supaya mereka dapat melakukan berbagai macam inovasi dengan baik dan benar, sehingga hasil yang didapatkan dari inovasi tersebut akan diterapkan di berbagai macam bidang, seperti halnya bidang produksi, kedokteran, militer, pengembangan ilmu pengetahuan dan bahkan teknologi ruang angkasa.

5. Ciri-ciri negara maju berdasarkan perekonomiannya

Ciri-ciri negara maju yang ke-5 adalah perekonomian utamanya berasal dari sektor industri dan jasa. Seperti yang diketahui jika industri di negara maju rata-rata memproduksi barang yang mempunyai nilai jual sangat mahal, seperti halnya memproduksi mobil, pesawat terbang, elektronik, sampai alat-alat berat lainnya. Sementara dalam hal bidang jasa pada sebuah negara maju, terdapat 4 profesi yang umumnya banyak di geluti, seperti halnya dalam bidang hiburan, pendidikan, konsultan, dan jasa keuangan.

6. Ciri-ciri negara maju berdasarkan kualitas hidup rakyatnya

Ciri-ciri negara maju yang ke-6 adalah cenderung menghargai waktu dan menjunjung tinggi kesetaraan gender. Seperti yang diketahui jika masyarakat dari negara maju umumnya mempunyai sikap positif, seperti jujur, disiplin, professional, dan bertanggung jawab di dalam menyelesaikan pekerjaan. Dengan adanya sikap positif tersebut, diharapkan mereka bisa mengoptimalkan sumber daya yang ada secara maksimal di dalam menjalankan pembangunan.

7. Ciri-ciri negara maju berdasarkan angka harapan hidup

Ciri-ciri negara maju yang ke-7 adalah tingginya angka harapan hidup. Hal ini dikarenakan negara maju mempunyai teknologi di bidang kesehatan yang sudah sangat canggih. Tidak hanya itu saja, bahkan tingkat kesadaran tentang pentingnya kesehatan dari para penduduk di negara maju sangat tinggi, sehingga wajar saja jika angka harapan hidup di negara maju tergolong tinggi.

8. Ciri-ciri negara maju berdasarkan pendapatan perkapita

Ciri-ciri negara maju yang ke-8 adalah tingkat pendapatan perkapita yang tinggi. Seperti yang diketahui jika rata-rata negara maju yang ada di dunia saat ini sekotor pendapatan perkapitanya sangat besar. Bahkan menurut data dari bank dunia, negara maju sudah bisa dianggap maju jika sektor pendapatan perkapitanya diatas 10,726 US Dollar per tahun, sehingga hal ini merupakan tolak ukur dari suatu negara maju.

Contoh Negara Maju di Dunia

1. Hong Kong

Negara Hong Kong merupakan salah satu negara maju di dunia yang letak geografisnya berada dibagian tenggara Tiongkok di Pearl River Estuari dan Laut Tiongkok Selatan. Negara ini umumnya mempunyai pendapatan perkapitanya yang dapat mencapai USD 64.533 pertahun.

2. Kuwait

Negara Kuwait merupakan salah satu negara maju di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Asia, tepatnya berbatasan langsung dengan Arab Saudi di sebelah selatan dan Irak di sebelah utara. Negara yang beribukotakan Kota Kuwait ini pendapatan perkapitanya dapat mencapai USD 66.673 pertahun.

3. Uni Emirat Arab

Negara Uni Emirat Arab atau yang disingkat UEA ini merupakan salah satu negara maju di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Asia, tepatnya berdekatan dengan negara Oman dan Arab Saudi. Negara yang beribukotakan Abu Dhabi ini pendapatan perkapitanya dapat mencapai USD 68.662 pertahun.

4. Norwegia

Negara Norwegia merupakan salah satu negara maju di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Eropa, tepatnya berbatasan langsung dengan negara Swedia, Finlandia, dan Rusia. Negara yang beribukotakan Oslo ini pendapatan perkapitanya dapat mencapai USD 74.065 pertahun.

5. Brunei Darussalam

Negara Brunei atau yang mempunyai nama resmi Negara Brunei Darussalam ini merupakan salah satu negara maju di dunia yang letak geografisnya berada di Asia Tenggara, tepatnya berada di pantai utara pulau Kalimantan. Negara yang beribukotakan Bandar Seri Begawan ini pendapatan perkapitanya dapat mencapai USD 79.726 pertahun.

6. Irlandia

Negara Irlandia atau yang mempunyai nama resmi Republik Irlandia ini merupakan salah satu negara maju di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Eropa, tepatnya berada di bagian barat laut Eropa. Negara yang beribukotakan Dublin inipendapatan perkapitanya dapat mencapai USD 79.924 pertahun.

7. Singapura

Negara Singapura merupakan salah satu negara maju di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Asia, tepatnya berada di Asia Tenggara serta berdekatan dengan negara Malaysia dan Indonesia. Negara Singapura ini pendapatan perkapita dapat mencapai USD 98.014 pertahun.

8. Luksemburg

Negara Luksemburg atau yang mempunyai nama resmi Keharyapatihan Luksemburg ini merupakan salah satu negara maju di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Eropa, tepatnya berdekatan dengan negara Prancis, Belgia, dan Jerman. Negara yang beribukotakan Kota Luksemburg ini pendapatan perkapitanya dapat mencapai USD 110.870 pertahun.

9. Makau

Negara Makau merupakan salah satu negara maju di dunia yang letak geografisnya berada di 70 km sebelah barat daya Hong Kong dan 145 km dari Guangzhou. Negara ini mempunyai pendapatan perkapita yangdapat mencapai USD 122.489 pertahun

10. Qatar

Negara Qatar merupakan salah satu negara maju di dunia yang letak geografisnya berada di Asia Barat, tepatnya berada di semenanjung kecil Jazirah Arab. Negara beribukotakan Doha ini merupakan negara paling kaya di dunia diantara negara-negara lainnya dengan pendapatan perkapitanya yang dapat mencapai USD 128.702 pertahun.
Suka artikel berjudul 8 Ciri-Ciri Negara Maju Beserta Contoh Dan Penjelasannya, Yuk bagikan ke: