advertisement

10 Ciri-Ciri Mahkluk Hidup Beserta Contoh dan Penjelasannya


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
10 Ciri-Ciri Mahkluk Hidup Beserta Contoh dan Penjelasannya
10 Ciri-Ciri Mahkluk Hidup Beserta Contoh dan Penjelasannya

XASXUS.com - Makhluk hidup merupakan suatu organisme yang dapat mempertahankan dirinya dari berbagai perubahan lingkungan dan juga bisa berkembangbiak untuk melestarikan jenisnya, dimana mahkluk hidup umumnya terdiri dari 3, yaitu manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan.

Berbicara mengenai mahkluk hidup, tahukah kamu apa saja ciri-ciri mahkluk hidup? Nah berikut ini adalah ciri-ciri mahkluk hidup beserta contoh dan penjelasannya.
Daftar Isi

1. Respirasi atau bernapas

Ciri-ciri mahkluk hidup yang ke-1 adalah respirasi atau bernapas. Respirasi atau bernapas merupakan suatu proses masuknya udara ke dalam alat pernapasan dalam bentuk kandungan oksigen dan kemudian dikeluarkan dalam bentuk kandungan berupa karbondioksida atau uap air.

Setiap mahkluk hidup umumnya memiliki alat dan cara bernapasnya masing-masing, seperti halnya manusia, unggas, dan mamalia yang bernapas menggunakan paru-paru, sedangkan ikan bernapas menggunakan insang, serta tumbuh-tumbuhan bernapas menggunakan alat pernapasan berupa lentisel dan stomata yang ada dibagian batang dan daunnya.

2. Bergerak

Ciri-ciri mahkluk hidup yang ke-2 adalah bergerak. Bergerak merupakan suatu perpindahan posisi sebagian tubuh ataupun seluruh tubuh mahkluk hidup yang diakibatkan adanya sebuah rangsangan. Semua mahkluk hidupnya umumnya akan bergerak, baik itu manusia, hewan, ataupun tumbuh-tubuhan.

Seperti halnya manusia yang bergerak berjalan, burung bergerak terbang, ikan yang bergerak berenang, dan lain sebagainya. Sementara gerak yang terjadi pada tumbuh-tumbuhan umumnya cenderung hanya terjadi dibagian tertentu saja, seperti gerak daun pada putri malu, gerak batang tumbuhan menuju datangnya cahaya, dan lain sebagainya.

3. Iritabitas atau peka terhadap rangsang

Ciri-ciri mahkluk hidup yang ke-3 adalah Iritabitas atau peka terhadap rangsang. Iritabitas atau peka terhadap rangsang umumnya juga dimiliki oleh semua mahkluk hidup, dimana setiap mahkluk hidup memiliki kemampuan berbeda-beda di dalam menanggapi rangsang. Kepekaan rangsang ini biasanya akan menunjukan jika di dalam tubuh mahkluk hidup tersebut sedang terjadi proses pengaturan.

4. Memerlukan makan atau nutrisi

Ciri-ciri mahkluk hidup yang ke-4 adalah memerlukan makan atau nutrisi. Memerlukan makan atau nutrisi bagi mahkluk hidup merupakan hal yang dilakukan untuk mempertahankan hidupnya. Seperti yang diketahui jika makanan merupakan sumber energi bagi mahkluk hidup supaya bisa melakukan proses kehidupan.

Dalam mendapatkan makan atau nutrisi pun mahkluk hidup juga memiliki caranya masing-masing, seperti halnya manusia dan hewan yang mendapatkan makanannya dari mahkluk hidup lain, sementara mahkluk hidup seperti tumbuh-tumbuhan mendapatkan makanannya dengan cara proses fotosintesis.

5. Tumbuh dan berkembang

Ciri-ciri mahkluk hidup yang ke-5 adalah tumbuh dan berkembang. Pertumbuhan adalah suatu proses bertambahnya jumlah dan juga berat sel kering pada mahkluk hidup yang bersifat irreversible atau tidak bisa kembali seperti semula, dimana proses ini akan terjadi oleh semua mahkluk hidup.

Seperti halnya manusia dan hewan yang dalam pertumbuhannya akan bertambah berat badan dan juga tingginya, sementara untuk tumbuh-tumbuhan akan bertambah panjang ukuran batangnya. Tidak hanya itu saja, dalam pertumbuhannya mahkluk hidup juga akan mengalami perkembangan, seperti halnya manusia yang akan mengalami proses menuju dewasa dan juga akan mengalami penyempurnaan struktur serta fungsi disetiap organ tubuhnya.

6. Melakukan metabolisme

Ciri-ciri mahkluk hidup yang ke-6 adalah melakukan metabolisme. Setiap mahkluk hidup tentunya juga akan melakukan metabolisme, dimana metabolisme merupakan suatu reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh mahkluk hidup. Reaksi-reaksi tersebut umumnya bisa berupa penyusunan ataupun penguaraian terhadap zat-zat tertentu supaya bisa diserap oleh tubuh.

7. Ekskresi atau mengeluarkan zat sisa

Ciri-ciri mahkluk hidup yang ke-7 adalah ekskresi atau mengeluarkan zat sisa. Ekskresi atau mengeluarkan zat sisa juga merupakan ciri-ciri mahkluk hidup, dimana setiap mahkluk hidup akan mengalami proses mengeluarkan zat sisa. Hal ini dikarenakan jika kadar zat sisa yang tinggi pada tubuh tidak dikeluarkan, maka akan berdampak berbahaya bagi tubuh dan kemudian akan menjadi racun dalam tubuh.

Seperti halnya yang terjadi pada manusia, dimana proses mengeluarkan zat sisa ini misalnya seperti kulit akan mengeluarkan keringat, paru-paru yang merupakan alat pernapasan akan mengeluarkan karbondioksida dan uap air, ginjal mengeluarkan urin, dan lain sebagainya. Sementara pada tumbuh-tubuhan, mengeluarkan zat sisa ini misalnya seperti mengeluarkan zat sisa melalui stomata.

8. Reproduksi atau berkembang biak

Ciri-ciri mahkluk hidup yang ke-8 adalah berkembang biak. Berkembang biak merupakan ciri-ciri mahkluk hidup, dimana setiap mahkluk hidup akan mempertahankan kelangsungan hidupnya dengan cara bereproduksi atau berkembang biak. Setiap mahkluk hidup umumnya mempunyai cara berkembang biaknya masing, seperti halnya berkembang biak atau bereproduksi dengan cara tak kawin atau vegetative dan berkembang biak dengan cara kawin atau generative.

9. Adaptasi atau menyesuaikan diri

Ciri-ciri mahkluk hidup yang ke-9 adalah adaptasi atau menyesuaikan diri. Adaptasi atau menyesuaikan diri umumnya dilakukan mahkluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Seperti yang diketahui jika mahkluk hidup bisa beradaptasi dengan sangat baik, maka mahkluk hidupnya bisa bertahan lebih lama serta populasinya yang akan terus bertambah banyak. Namu jika sebaliknya, maka mahkluk hidup bisa akan punah.

10. Regulasi

Ciri-ciri mahkluk hidup yang ke-10 adalah regulasi. Setiap mahkluk hidup umumnya akan melakukan regulasi, dimana regulai ini merupakan suatu proses pengaturan keserasian didalam tubuh organisme yang diatur oleh hormon dan juga syaraf.
Suka artikel berjudul 10 Ciri-Ciri Mahkluk Hidup Beserta Contoh dan Penjelasannya, Yuk bagikan ke: