Bunga

18 Ciri Ciri Hamil 1 Minggu Setelah Berhubungan


A+
A
A-
18 Ciri Ciri Hamil 1 Minggu Setelah Berhubungan
18 Ciri Ciri Hamil 1 Minggu Setelah Berhubungan

XASXUS.com - Kehamilan merupakan masa dimana seorang wanita membawa embrio atau fetus di dalam tubuhnya. Dalam awal kehamilan, tubuh biasanya akan menunjukan beberapa ciri-ciri kehamilan. Berbicara mengenai awal kehamilan, tahukah kamu apa saja ciri-ciri hamil 1 minggu? nah berikut ini adalah 18 ciri-ciri hamil 1 minggu setelah berhubungan dan terjadinya pembuahan.
Daftar Isi

1. Payudara akan terasa sangat lembut

Ciri-ciri hamil 1 minggu yang ke-1 adalah payudara akan terasa sangat lembut. Perubahan payudara ketika usia kehamilan memasuki 1 minggu pada umumnya dikarenakan meningkatnya hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh, sehingga membuat payudara menjadi sangat lembut. Kondisi ini biasanya hanya akan berlangsung antara 1-2 minggu setelah terjadinya pembuahan.

Selain itu, perubahan payudara menjadi lembut ini sebenarnya juga disebabkan oleh payudara menahan banyak cairan di dalamnya, sehingga payudara terasa jauh lebih berat dan juga sangat sensitif. Jika hal terjadi pada diri anda, maka ada baik untuk mulai merawat payudara anda dengan baik.

2. Mengalami pendarahan ringan

Ciri-ciri hamil 1 minggu yang ke-2 adalah mengalami pendarahan ringan. Pendarahan ringan atau yang disebut juga dengan implantasi ini biasanya akan terjadi sekitar 6 hari sesudah terjadinya pembuahan, dimana pendarahan ringan yang terjadi ketika usia kehamilan memasuki 1 minggu cenderung berwarna lebih cerah dan sangat cair.

Meskipun demikian, kondisi pendarahan ini pada dasarnya ringan dan akan berhenti dalam jangka waktu 24 jam. Akan tetapi jika kondisi pendarahan ini cenderung sangat berat namun tidak ada petunjuk mengenai menstruasi, bisa jadi ini merupakan pertanda keguguran. Jadi ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan.

3. Tubuh mudah lelah

Ciri-ciri hamil 1 minggu yang ke-3 adalah tubuh mudah lelah. Kondisi tubuh yang mudah lelah ketika usia kehamilan memasuki 1 minggu umumnya diakibatkan oleh respon tubuh secara alami, dimana setelah terjadinya pembuahan tubuh akan mengalami peningkatan hormon progesteron di dalam tubuh, sehingga membuat tubuh akan mudah lelah.

Selain itu, kondisi ini biasanya akan disertai oleh beberapa tanda-tanda lain, seperti tubuh terasa bergetar dan jantung yang berdetak sangat cepat. Meskipun demikian, ini merupakan kondisi yang normal dan semua wanita yang usia kehamilannya baru memasuki usia 1 minggu akan mengalami hal seperti ini.

Jadi jika anda mengalami hal ini ada baiknya untuk beristirahat sesuai kebutuhan tubuh supaya bayi tetap mendapatkan banyak oksigen tubuh tumbuh dan berkembang.

4. Sering buang air kecil

Ciri-ciri hamil 1 minggu yang ke-4 adalah sering merasa ingin buang air kecil. Seringnya merasa ingin buang air kecil ini pada umumnya terjadi sesudah usia kehamilam memasuki trimester kedua. Meskipun demikian, ketika usia kehamilan memasuki 1 minggu ternyata juga akan mengalami hal seperti ini.

Kondisi ini pada dasarnya diakibatkan oleh pertumbuhan janin yang membesar dan memberi reaksi tekanan ke bagian kandung kemih, sehingga rasa ingin buang air kecil cenderung meningkat. Jika hal ini terjadi pada anda, maka ada baiknya untuk tidak menahannya supaya tidak terkena infeksi di saluran kemih.

5. Tidak bisa makan

Ciri-ciri hamil 1 minggu yang ke-5 adalah tidak bisa makan. Seperti yang diketahui ketika usia kehamilan sudah memasuki 1 minggu tubuh akan memproduksi hormon progesteron yang sangat tinggi, sehingga akan berdampak terhadap tubuh yang menimbulkan rasa tidak nyaman, salah satunya adalah tidak bisa makan dengan baik.

Kondisi ini pada umumnya disebabkan oleh beberapa hal yang membuat makanan tidak bisa masuk dengan baik, seperti mengalami mual, sembelit, gangguan pencernaan, dan lain sebagainya. Selain itu, adanya indikasi medis yang diakibatkan oleh tingginya HCG juga bisa memberikan dampak yang sama. Jadi jika anda mengalami hal ini, maka ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan supaya bisa ditangani.

6. Suasana hati mudah berubah

Ciri-ciri hamil 1 minggu yang ke-6 adalah suasana hati mudah berubah. Perubahan suasana hati ini pada dasarnya diakibatkan oleh perubahan hormon yang terjadi setelah adanya proses pembuahan, sehingga wajar saja ketika usia kehamilan sudah memasuki 1 minggu suasana hati menjadi mudah marah, sedih atau bahkan menangis.

Meskipun demikian, kondisi perubahan suasana hati ini cenderung aneh dan unik, dimana perasaan mudah marah, sedih atau menangis tersebut tidak disebabkan oleh sebuah masalah. Nah jika hal ini terjadi pada istri anda, maka ada baiknya untuk tidak memancing perasaannya secara berlebihan supaya istri anda tidak mudah terkena stres yang nantinya akan berakibat kepada janin yang dikandungnya.

7. Mengalami sakit kepala

Ciri-ciri hamil 1 minggu yang ke-7 adalah mengalami sakit kepala. Seperti yang diketahui ketika usia kehamilan sudah memasuki 1 minggu tubuh akan memproduksi hormon progesteron yang sangat tinggi, sehingga akan berdampak terhadap tubuh yang menimbulkan rasa tidak nyaman, salah satunya adalah mengalami sakit kepala.

Selain itu, tingginya hormon progesteron juga berdampak pada pembuluh darahnya yang cenderung akan membesar, sehingga berakibat pada aliran darahnya yang menjadi lebih cepat dan dapat membuat tekanan darah menjadi turun. Nah pada kondisi iniliah kebanyakan wanita yang sedang hamil muda akan mengalami pusing atau sakit kepala.

Jika hal ini terjadi pada anda, maka ada baiknya untuk melakukan beberapa perubahan gerakan secara perlahan, seperti berusaha tidak mengkonsumsi makanan maupun minuman yang dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, usahakan pula untuk tetap bisa bergerak aktif.

8. Mengalami pingsan

Ciri-ciri hamil 1 minggu yang ke-8 adalah mengalami pingsan. Mengalami pingsan ketika usia kehamilan sudah memasuki 1 minggu pada umumnya disebabkan oleh terjadinya akumulasi dari beberapa hal yang tidak nyaman, seperti kondisinya yang sangat lemah, sakit kepala, tidak bisa makan dengan baik, tekanan darah yang rendah, dan lain sebagainya. Jika hal ini terjadi pada anda, maka ada baiknya untuk memperbanyak mengkonsumsi air mineral agar tubuh tidak terlalu lemah.

9. Lingkar puting payudara mulai menghitam

Ciri-ciri hamil 1 minggu yang ke-9 adalah lingkar puting payudara mulai menghitam. Menghitamnya lingkar puting payudara ketika usia kehamilan sudah memasuki 1 minggu merupakan tanda alami sebagai bentuk persiapan tubuh untuk dapat menyusui dengan baik. Kondisi ini pada umumnya akan muncul ketika ukuran pada payudara mulai membesar dan terlihat lebih lembut. Jika anda mengalami hal ini, maka ada baiknya untuk memakai bra yang tidak terlalu sakit atau terlalu ketat supaya payudara tetap dalam keadaan nyaman.

10. Susah buang air besar

Ciri-ciri hamil 1 minggu yang ke-10 adalah susah buang air besar. Susah buang air besar atau sembelit pada umumnya akan terjadi ketika usia kehamilan sudah memasuki 1 minggu, dimana kondisi ini disebabkan oleh meningkatnya hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh yang secara tidak langsung berdampak terhadap usus besar di dalam tubuh.

Bahkan janin yang mulai membesar juga akan berdampak pada usus besar sehingga membuat tubuh akan sering mengalami susah buang air besar atau sembelit. Jika hal ini terjadi pada anda, maka ada baiknya untuk mengkonsumsi makanan-makanan berserat tinggi supaya tidak sulit di dalam buang air besar.

11. Suhu tubuh mengalami kenaikan

Ciri-ciri hamil 1 minggu yang ke-11 adalah suhu tubuh mengalami kenaikan. Kenaikan suhu tubuh ini pada umumnya akan terjadi sekitar antara 1-2 minggu sesudah terjadinya pembuahan. Jika anda mengalami hal ini, maka janganlah khawatir, dimana hal ini merupakan kondisi yang normal dan wajar sehingga tidak perlu panik. Kenaikan suhu tubuh ini pada dasarnya akan normal kembali setelah usia kehamilan lebih dari 2 minggu.

12. Tidak ada tanda seperti akan menstruasi

Ciri-ciri hamil 1 minggu yang ke-12 adalah tidak adanya tanda seperti akan menstruasi. Ciri-ciri ini merupakan ciri-ciri hamil 1 minggu yang jelas dan pasti. Seperti yang diketahui jika tidak ada sel-sel darah yang keluar menjadi menstruasi biasanya merupakan pertanda kehamilan. Meskipun demikian, ciri-ciri ini hanya bisa diketahui jika siklus menstruasi teratur dan akan sulit diketahui jika mentruasi cenderung tidak teratur. Jadi jika anda mengalami hal ini, maka ada baiknya untuk tetap melakukan uji kehamilan.

13. Nafsu makan yang berlebihan

Ciri-ciri hamil 1 minggu yang ke-13 adalah nafsu makan yang berlebihan. Meskipun terkadang wanita yang hamil 1 minggu tidak bisa makan dikarenakan beberapa hal, akan tetapi wanita yang hamil muda juga dapat mempunyai keinginan makan secara berlebihan. Bahkan makanan yang diinginnya pun terbilang aneh layaknya sedang ngidam. Walaupun demikian, selagi makanan yang dikonsumsinya tidak memberikan efek negatif bagi perkembangan janin, maka hal tersebut wajar saja.

14. Mulut terasa bau atau seperti rasa logam

Ciri-ciri hamil 1 minggu yang ke-14 adalah mulut terasa bau atau seperti rasa logam. Kondisi ini pada dasarnya disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron dan estrogen yang berdampak kepada rasa logam dibagian mulut. Nah kondisi inilah yang terkadang juga membuat wanita yang sedang hamil 1 minggu mengalami mual, muntah, dan terkandang mengeluarkan banyak air liur. Jika hal ini terjadi pada anda, maka janganlah panik maupun khawatir, sebab kondisi ini akan berakhir ketika sudah memasuki trimester ketiga.

15. Hidung mulai peka terhadap bau

Ciri-ciri hamil 1 minggu yang ke-15 adalah hidung mulai peka terhadap bau. Ketika usia kehamilan sudah memasuki 1 minggu biasanya hidung akan mulai peka terhadap berbagai macam bau-bauan. Bahkan saking pekanya terhadap bau-bauan, kondisi ini dapat menyebabkan wanita yang sedang hamil muda mengalami mual ataupun muntah.

Tidak hanya itu saja, bahkan wanita yang sedang hamil 1 minggu cenderung sangat sensitif ketika menerima makanan yang mengandung racun ataupun bau yang aneh. Meskipun demikian, peka terhadap bau-bauan ini merupakan bentuk perisai supaya tubuh hanya menerima makanan yang sehat dan baik bagi janin.

16. Perut terasa kembung

Ciri-ciri hamil 1 minggu yang ke-16 adalah perut terasa kembung. Kembungnya perut ketika usia kehamilan sudah memasuki 1 minggu pada dasarnya disebabkan oleh meningkatnya hormon dan juga pertumbuhan janin di dalam rahim. Jika hal ini terjadi pada anda, maka ada baiknya untuk selalu menjaga makanan dan minuman yang anda konsumsi serta mengurangi semua jenis makanan yang dapat membuat tubuh menjadi sensitif.

17. Kram perut atau sakit punggung

Ciri-ciri hamil 1 minggu yang ke-17 adalah kram perut atau sakit punggung. Kram perut atau sakit punggung merupakan salah ciri-ciri hamil 1 minggu yang disebabkan oleh adanya pembuahan di dalam rahim. Meskipun demikian, kondisi ini pada umumnya cenderung datang dan hilang bergitu saja. Jika anda mengalami hal ini, maka ada baiknya untuk memperbanyak waktu istirahat dan juga hindari proses memijat dibagian punggung.

18. Perasaan hamil

Ciri-ciri hamil 1 minggu yang ke-18 adalah perasaan hamil. Mungkin ciri-ciri ini bisa dibilang aneh dan tidak rasional, meskipun demikian ikatan kuat antara janin yang sedang tumbuh dengan sang ibu merupakan hal yang tidak boleh dianggap remeh. Walaupun begitu, ada baiknya untuk memeriksakan diri anda ke dokter spesialis kandungan supaya dapat diketahui apakah diri anda sedang hamil atau tidak.
Halaman :