advertisement

14 Cara Mengobati dan Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
14 Cara Mengobati dan Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami
14 Cara Mengobati dan Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

XASXUS.com - Gusi bengkak merupakan salah satu gangguan mulut yang sering terjadi bagi sebagian orang. Dalam beberapa kasus, masalah gangguan mulut ini ukurannya bisa sangat besar, bahkan bisa menutupi gigi dan membuat pipi terlihat lebih menonjol.

Meskipun masalah ini terlihat remeh, akan tetapi pada kenyataannya masalah gusi bengkak ini sangat menyakitkan. Tidak hanya itu, gusi bengkak juga bisa mengganggu aktivitas di dalam makan, seperti mengunyah. Walaupun pada dasarnya gusi tidak berfungsi untuk mengunyah, akan tetapi tetap saja akan merasakan sakit.

Permasalahan gusi bengkak ini pada dasarnya bisa terjadi ke siapa saja dan tanpa pandang bulu. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa penyebab terjadinya gusi bengkak. Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya gusi bengkak.

Menumpuknya karang atau plang pada gigi

Penumpukan karang atau plang pada gigi ini dasarnya disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang sudah tertinggal lama dan tidak segera dibersihkan, sehingga lama-kelamaan sisa makanan tersebut menumpuk dan menyebabkan karang gigi yang mengakibatkan gusi menjadi bengkak. Bahkan kandungan mineral yang terdapat di air liur justru malah membantu sisa makanan tersebut menjadi mengeras, sehingga karang gigi yang terbentuk pun menjadi sedimentasi atau keras.

Gingivitis

Gingivitis ini adalah salah satu penyakit gusi yang diakibatkan oleh menumpuknya plak pada gusi yang terakumulasi dalam jumlah besar dan dalam waktu yang lama, sehingga bisa menyebabkan inflamasi

Gigi yang berlubang

Seperti yang diketahui jika gigi berlubang merupakan penyebab yang sering terjadi di dalam timbulnya gusi bengkak. Hal ini dikarenakan gigi yang berlubang dikarenakan kuman juga mampu merambah sampai ke gusi, sehingga timbulah gusi bengkak.

Terkena virus atau jamur

Virus dan jamur yang masuk ke dalam mulut pada umumnya disebabkan oleh makanan yang masuk ke dalam tubuh anda. Hal ini terjadi dikarenakan kurangnya mengatur makanan, sehingga bukan tidak mungkin lagi jika secara tidak langsung anda sudah memasukkan virus atau jamur ke dalam mulut anda sendiri.

Kesalahan pemasangan aksesori pada gigi

Seperti yang diketahui jika pemasangan aksesori pada gigi bisa berdampak baik maupun buruk, seperti halnya pemasangan behel atau gigi palsu. Jika dalam pemasangan aksesori pada gigi mengalami kesalahan, maka kemungkinan besar bisa menyebabkan gusi bengkak.

Nah jika anda sudah terlanjur mengalami gusi bengkak namun bingung cara mengobatinya, berikut ini adalah 14 cara mengobati gusi bengkak secara alami dan cepat
Daftar Isi

1. Cara mengobati gusi bengkak dengan garam

Cara mengobati gusi bengkak yang ke-1 adalah dengan menggunakan garam. Seperti yang diketahui jika penggunaan garam ini sudah jadi rahasia umum di dalam mengatasi masalah kesehatan pada gigi, sehingga penggunaan garam ini juga dapat dipakai sebagai cara mengobati gusi bengkak secara alami dan cepat.

Hal ini dikarenakan kandungan berupa sodium yang sangat tinggi pada garam mampu membasmi bakteri penyebab plak atau karang gigi. Tidak hanya itu saja, bahkan penggunaan garam ini juga bisa menjadi antiseptic secara alami di dalam mengatasi bau mulut.

Untuk penggunaannya sendiri sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan sekitar 2 sdm garam dan segelas air hangat. Selanjutnya masukanlah garam tersebut ke dalam gelas dan aduk hingga larut. Setelah larut, pakailah air tersebut sebagai obat kumur-kumur setiap kali selesai sikat gigi. Hal ini dilakukan supaya bakteri yang ada pada gigi bisa dibasmi sampai bersih.

2. Cara mengobati gusi bengkak dengan lemon

Cara mengobati gusi bengkak yang ke-2 adalah dengan menggunakan lemon. Seperti yang diketahui jika lemon mempunyai kandungan asam yang dapat berfungsi sebagai alkali alami supaya kadar pH di dalam mulut menjadi seimbang.

Selain itu, lemon juga merupakan antibakteri yang sangat efektif di dalam membasmi bakteri yang disebabkan gigi berlubang. Untuk cara penggunaannya sendiri sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan 1 buah lemon dan segelas air hangat. Selanjutnya peras buah lemon tersebut dan masukan ke dalam gelas yang telah disiapkan sebelumnya. Pakailah air ini sebagai obat kumur-kumur 3 kali sehari supaya bakteri benar-benar hilang.

3. Cara mengobati gusi bengkak dengan jeruk nipis

Cara mengobati gusi bengkak yang ke-3 adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Seperti halnya lemon, dimana jeruk nipis ini juga sangat efektif di dalam membasmi bakteri yang ada di dalam mulut, sehingga kesehatan mulut akan selalu terjaga dan dapat mengobati gusi bengkak.

Untuk cara penggunaannya sendiri sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan 1 buah jeruk nipis dan segelas air hangat. Selanjutnya peras buah jeruk nipis tersebut dan masukan ke dalam gelas yang telah disiapkan sebelumnya. Pakailah air ini sebagai obat kumur-kumur 3 kali sehari supaya bakteri benar-benar hilang.

4. Cara mengobati gusi bengkak dengan belimbing wuluh

Cara mengobati gusi bengkak yang ke-4 adalah dengan menggunakan belimbing wuluh. Seperti yang diketahui jika belimbing wuluh ini mempunyai kandungan antibakteri yang tentunya sangat efektif di dalam membasmi bakteri dalam mulut dan mengobati gusi bengkak.

Untuk cara penggunaannya sendiri sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan 2 buah belimbing wuluh yang belum matang. Selanjutnya tumbuklah 2 biji belimbing wuluh hingga halus dan kemudian oleskan ke bagian gigi gusi yang bengkak.

5. Cara mengobati gusi bengkak dengan daun jambu biji

Cara mengobati gusi bengkak yang ke-5 adalah dengan menggunakan daun jambu biji. Seperti yang diketahui jika daun jambu biji juga mempunyai kandungan antibakteri, antiiflamasi, dan analgesi yang berguna di dalam menjaga kesehatan mulut, sehingga penggunaan daun jambu biji ini sangat efektif di dalam mengempeskan gusi bengkak.

Untuk cara penggunaannya sendiri sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan daun jambu biji secukupnya. Selanjutnya kunyahlah daun jambu biji tersebut, atau rebuslah daun jambu biji dengan menggunakan segelas air. Pakailah air ini sebagai obat kumur-kumur supaya bakteri pada mulut benar-benar hilang.

6. Cara mengobati gusi bengkak dengan bawang merah

Cara mengobati gusi bengkak yang ke-6 adalah dengan menggunakan bawang merah. Seperti yang diketahui jika bawang merah mempunyai kandungan antiseptic secara alami yang efektif di dalam membunuh kuman yang menjadi penyebab gusi bengkak.

Untuk cara penggunaannya sendiri sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan 1 siung bawang merah dan 1 sendok teh garam. Tumbuklah bawang merah dan garam tersebut hingga halus untuk kemudian ditempelkan dibagian gusi yang bengkak atau di tempat gigi yang dirasa sakit.

7. Cara mengobati gusi bengkak dengan bawang putih

Cara mengobati gusi bengkak yang ke-7 adalah dengan menggunakan bawang putih. Seperti halnya bawang merah, dimana bawang putih juga mempunyai kandungan antiseptic secara alami yang efektif di dalam membunuh kuman yang menjadi penyebab gusi bengkak.

Untuk cara penggunaannya sendiri pun sama seperti cara mengobati gusi bengkak dengan bawang merah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan 1 siung bawang putih dan 1 sendok teh garam. Tumbuklah bawang putih dan garam tersebut hingga halus untuk kemudian ditempelkan dibagian gusi yang bengkak atau di tempat gigi yang dirasa sakit.

8. Cara mengobati gusi bengkak dengan asam jawa

Cara mengobati gusi bengkak yang ke-8 adalah dengan menggunakan asam jawa. Seperti yang diketahui jika asam jawa mempunyai kandungan antiseptic alami yang sangat efektif di dalam membunuh kuman yang menjadi penyebab gusi bengkak. Untuk cara penggunaannya sendiri sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan asam jawa secukupnya dan menyangrainya. Selanjutnya tempelkan hasil tumbukan asam jawa tersebut ke bagian gigi yang bengkak.

9. Cara mengobati gusi bengkak dengan cengkeh

Cara mengobati gusi bengkak yang ke-9 adalah dengan menggunakan cengkeh. Seperti yang diketahui jika cengkeh juga sangat efektif di dalam mengobati gusi bengkak. Untuk cara penggunaannya sendiri sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan cengkeh secukupnya dan menumbuknya hingga halus. Selanjutnya tempelkan hasil tumbukan cengkeh tersebut ke bagian gigi yang bengkak.

10. Cara mengobati gusi bengkak dengan merica

Cara mengobati gusi bengkak yang ke-10 adalah dengan menggunakan merica. Seperti yang diketahui jika merica juga mempunyai kandungan antibakteri, antiiflamasi, dan analgesi yang berguna di dalam menjaga kesehatan mulut, sehingga penggunaan merica biji ini sangat efektif di dalam mengempeskan gusi bengkak.

Untuk cara penggunaannya sendiri sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan merica, garam, dan air secukupnya. Selanjutnya campurkan keseluruhan bahan tersebut sampai berbentuk pasta dan kemudian oleskan ke bagian gigi yang dirasa bengkak.

11. Cara mengobati gusi bengkak dengan serai

Cara mengobati gusi bengkak yang ke-11 adalah dengan menggunakan serai. Seperti yang diketahui jika serai juga sangat efektif di dalam mengobati gusi bengkak. Untuk cara penggunaannya sendiri sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan 2 tangkai serai secukupnya dan segelas air. Selanjutnya rebuslah bahan-bahan tersebut dan biarkan airnya sampai berkurang setengahnya. Pakailah air ini sebagai obat kumur-kumur supaya bakteri pada mulut benar-benar hilang.

12. Cara mengobati gusi bengkak dengan jahe

Cara mengobati gusi bengkak yang ke-12 adalah dengan menggunakan jahe. Seperti yang diketahui jika jahe mempunyai kandungan antibakteri yang berguna di dalam menjaga kesehatan mulut, sehingga penggunaan jahe ini sangat efektif di dalam mengempeskan gusi bengkak.

Untuk cara penggunaannya sendiri sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan 1 buah jahe dan alat parut. Selanjutnya parutlah 1 buah jahe tersebut dan peraslah hasil parutan jahe tersebut untuk di ambil airnya. Pakailah air perasan tersebut sebagai obat kumur-kumur supaya bakteri pada mulut benar-benar hilang.

13. Cara mengobati gusi bengkak dengan getah jarak

Cara mengobati gusi bengkak yang ke-13 adalah dengan menggunakan getah jarak. Seperti yang diketahui jika getah jarak mempunyai kandungan antiseptic, antibakteri, dan antibiotik yang sangat tinggi, sehingga penggunaan getah jarak ini sangat efektif di dalam mengempeskan gusi bengkak. Untuk caranya sendiri kamu hanya perlu meneteskan getah jarak tersebut ke bagian gigi yang sakit.

14. Cara mengobati gusi bengkak dengan air kelapa

Cara mengobati gusi bengkak yang ke-14 adalah dengan menggunakan air kelapa. Seperti yang diketahui jika air kelapa jarak mempunyai kandungan antiseptic alami yang sangat efektif di dalam mengobati gusi bengkak. Untuk caranya sendiri sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu berkumur-kumur dengan menggunakan air kelapa alami setiap setelah menggosok gigi.
Suka artikel berjudul 14 Cara Mengobati dan Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami, Yuk bagikan ke: