advertisement

11 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi, Anak-Anak, dan Orang Dewasa Dengan Cepat


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
11 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi, Anak-Anak, dan Orang Dewasa Dengan Cepat
11 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi, Anak-Anak, dan Orang Dewasa Dengan Cepat

XASXUS.com - Ketika sedang memasuki musim penghujan, flu dan pilek merupakan penyakit yang sering dialami oleh semua orang. Bahkan pada saat sedang mengalami flu dan pilek, hidung tersumbat merupakan hal juga sering di alami. Jika hal ini terjadi tentunya akan sangat mengganggu pernapasan kita.

Hidung tersumbat pada umumnya tidak hanya di alami oleh orang dewasa saja, akan tetapi juga bisa di alami oleh anak-anak maupun bayi. Bagi orang dewasa, hidung tersumbat mungkin bisa diatasi dengan sendirinya. Akan tetapi jika hal ini terjadi terhadap anak-anak ataupun bayi, tentunya sebagai orang tua akan kebingungan dan khawatir.

Seperti yang diketahui jika hidung tersumbat ini pada umumnya diakibatkan oleh tertahannya cairan hidung atau ingus yang kemudian mengendap di hidung, sehingga mengakibatkan susahnya di dalam bernapas. Dalam mengatasi hidung tersumbat pada dasarnya bisa menggunakan obat-obatan yang bisa dibeli di apotek. Akan tetapi jika terus menerus minum obat tentunya tidak baik bagi tubuh.

Untuk cara mengatasinya, ternyata terdapat beberapa cara lain yang tentunya efektif dan tidak berbahaya bagi tubuh. Nah berikut ini adalah 11 cara mengatasi hidung tersumbat, baik itu cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi, anak-anak, dan orang dewasa.
Daftar Isi

1. Cara mengatasi hidung tersumbat dengan minum minuman hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat yang ke-1 adalah dengan memperbanyak minum minuman hangat. Seperti yang diketahui jika minum minuman hangat terbukti sangat ampuh membuat lendir yang ada di dalam hidung menjadi lebih encer, sehingga cairan yang ada di dalam hidung tersebut akan mudah keluar dan hidung tersumbat yang anda alami akan teratasi.

Dalam melakukan cara ini, anda bisa menggunakan jenis air minuman apa saja, seperti halnya menggunakan jahe hangat, teh hangat, mint tea hangat, lemon tea hangat, ataupun hanya berupa air mineral saja. Selain itu kamu juga bisa menggunakan air yang mengandung antiseptik dan dekongestan alami supaya lebih memudahkan pernapasan anda.

2. Cara mengatasi hidung tersumbat dengan uap air hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat yang ke-2 adalah dengan menghirup uap yang berasal dari air hangat. Tidak hanya minum minuman hangat, ternyata dengan menghirup uap yang berasal dari air hangat juga sangat efektif di dalam mengatasi hidung tersumbat.

Hal ini dikarenakan hangatnya uap yang berasal dari air hangat tersebut mampu membuat lendir yang ada di dalam hidung menjadi lebih encer, sehingga cairan yang ada di dalam hidung tersebut akan mudah keluar dan hidung tersumbat yang anda alami akan teratasi.

Untuk caranya pun sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan air yang sudah mendidih untuk kemudian menghirup uapnya. Dalam menghirupnya, pastikan tidak terlalu dekat. Hal lakukan untuk menghidari hidung anda menjadi melepuh.

3. Cara mengatasi hidung tersumbat dengan uap air hangat dan minyak kayu putih

Cara mengatasi hidung tersumbat yang ke-3 adalah dengan menghirup uap yang berasal dari air hangat yang telah dicampur dengan minyak kayu putih. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika air hangat sangat efektif di dalam mengatasi hidung tersumbat. Namun tahukah kamu dengan menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air yang telah mendidih tersebut membuat cara mengatasi hidung tersumbat ini semakin efektif dan ampuh.

4. Cara mengatasi hidung tersumbat dengan mengompres hidung

Cara mengatasi hidung tersumbat yang ke-4 adalah dengan mengompres hidung menggunakan air hangat. Mengompres hidung ternyata juga sangat efektif di dalam membuat lendir hidung menjadi lebih encer. Bahkan cara ini juga bisa digunakan di dalam mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

Untuk caranya sendiri sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan handuk kecil atau sapu tangan dan air hangat. Selanjutnya celupkan handuk kecil atau sapu tangan ke dalam air hangat lalu letakkanlah ke bagian hidung yang tersumbat.

5. Cara mengatasi hidung tersumbat dengan membuang cairan hidung (ingus)

Cara mengatasi hidung tersumbat yang ke-5 adalah dengan membuang cairan hidung atau yang sering dikenal juga sebutan ingus. Seperti yang diketahui jika ingus merupakan faktor utama tersumbatnya hidung. Jadi jika anda merasa ada cairan hidung atau ingus di dalam hidung anda, maka segeralah keluarkan ingus tersebut supaya tidak menyumbat jalannya pernapasan.

Namun jika anda melakukan cara ini pada bayi atau anak-anak, maka buanglah cairan hidung atau ingus tersebut memakai alat penghisap cairan hidung atau yang dikenal juga dengan nama aspirator, dimana anda bisa membelinya di apotek-apotek terdekat.

6. Cara mengatasi hidung tersumbat dengan menghangatkan badan

Cara mengatasi hidung tersumbat yang ke-6 adalah dengan menghangatkan badan. Mungkin cara ini terbilang sepele dan tidak masuk akal, akan tetapi cara mengatasi hidung tersumbat ini juga sangat efektif di dalam membuat cairan hidung menjadi encer. Untuk caranya sendiripun bisa dengan menutupi tubuh anda dengan selimut ataupun mandi dengan menggunakan air hangat.

7. Cara mengatasi hidung tersumbat dengan mengonsumsi bawang putih

Cara mengatasi hidung tersumbat yang ke-7 adalah dengan mengonsumsi bawang putih. Seperti yang diketahui jika bawang putih mempunyai peran sebagai agen anti-jamur dan anti-bakteri yang mampu di dalam memberangus bakteri penyebab hidung tersumbat, sehingga dengan mengonsumsi bawang putih juga sangat efektif di dalam mengatasi hidung tersumbat.

8. Cara mengatasi hidung tersumbat dengan mengonsumsi makanan pedas

Cara mengatasi hidung tersumbat yang ke-8 adalah dengan mengonsumsi makanan pedas. Cara ini mungkin cara yang sering digunakan, selain mudah cara mengatasi hidung tersumbat dengan mengonsumsi makanan pedas ini juga sangat menyenangkan, terutama bagi para pecinta makanan pedas.

Hal ini dikarenakan rasa pedas pada makanan mampu membuat lendir yang ada di dalam hidung atau ingus menjadi lebih encer, sehingga cairan yang ada di dalam hidung tersebut akan mudah keluar dan hidung tersumbat yang anda alami akan teratasi.

9. Cara mengatasi hidung tersumbat dengan memberikan bantal tambahan ketika tidur

Cara mengatasi hidung tersumbat yang ke-9 adalah dengan memberikan bantal tambahan ketika tidur. Seperti yang diketahui jika hidung tersumbat sering muncul ketika hendak tidur atau bahkan saat sedang tidur. Nah jika anda mengalami hal ini, maka cobalah memberikan bantal tambahan, sehingga kepala anda akan tetap terjaga miring dan pernapasan anda dapat terbantu.

10. Cara mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan

Cara mengatasi hidung tersumbat yang ke-10 adalah dengan memijat hidung secara ringan. Selain mudah, ternyata cara ini juga sangat efektif di dalam mengatasi hidung tersumbat. Untuk caranya sendiri cukup dengan memijat bagian atas hidung memakai telunjuk dan jempol dengan gerakan memutar sampai hidung terasa lega.

11. Cara mengatasi hidung tersumbat dengan semprotan saline

Cara mengatasi hidung tersumbat yang ke-11 adalah dengan semprotan saline. Seperti yang diketahui jika larutan saline mampu membuat lendir yang ada di dalam hidung menjadi lebih encer, dimana semprotan saline bisa anda beli di apotek terdekat.
Suka artikel berjudul 11 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi, Anak-Anak, dan Orang Dewasa Dengan Cepat, Yuk bagikan ke: