advertisement

10 Urutan Jembatan Terpanjang di Indonesia Saat Ini


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
10 Urutan Jembatan Terpanjang di Indonesia Saat Ini
10 Urutan Jembatan Terpanjang di Indonesia Saat Ini

XASXUS.com - Jembatan merupakan struktur yang dibuat untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti sungai, rel kereta api ataupun jalan raya. Berbicara mengenai jembatan, tahukah kamu apa saja jembatan terpanjang di Indonesia? Nah berikut ini adalah 10 jembatan terpanjang di Indonesia saat ini.
Daftar Isi

10. Jembatan Barelang

10 Urutan Jembatan Terpanjang di Indonesia Saat Ini
Jembatan Terpanjang di Indonesia - Jembatan Barelang

Jembatan terpanjang di Indonesia yang ke-10 adalah Jembatan Barelang. Jembatan Barelang atau yang mempunyai nama resmi Jembatan Tengku Fisabilillah merupakan salah satu jembatan terpanjang di Indonesia yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau, tepatnya berada di Kota Batam.

Jembatan yang menghubungkan antara Pulau Batam dengan Pulau Tonton ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjangnya yang mencapai 642 meter, sehingga membuatnya masuk daftar ke-10 sebagai jembatan terpanjang di Indonesia saat ini yang diresmikan pada tahun 1998.

9. Jembatan Kutai Kartanegara (Mahakam II)

10 Urutan Jembatan Terpanjang di Indonesia Saat Ini
Jembatan Terpanjang di Indonesia - Jembatan Kutai Kartanegara (Mahakam II)

Jembatan terpanjang di Indonesia yang ke-9 adalah Jembatan Kutai Kartanegara (Mahakam II). Jembatan Kutai Kartanegara (Mahakam II) atau yang mempunyai nama resmi Jembatan Kutai Kartanegara ing Martadipura merupakan salah satu jembatan terpanjang di Indonesia yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya berada di Kutai Kartanegara.

Jembatan yang terbentang di atas Sungai Mahakam ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjangnya yang mencapai 710 meter, sehingga membuatnya masuk daftar ke-9 sebagai jembatan terpanjang di Indonesia saat ini yang diresmikan pada tahun 2001.

8. Jembatan Rumpiang

10 Urutan Jembatan Terpanjang di Indonesia Saat Ini
Jembatan Terpanjang di Indonesia - Jembatan Rumpiang

Jembatan terpanjang di Indonesia yang ke-8 adalah Jembatan Rumpiang. Jembatan Rumpiang atau yang mempunyai nama resmi merupakan salah satu jembatan terpanjang di Indonesia yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan, tepatnya berada di kota Banjarmasin dan kota Muarabahan.

Jembatan yang terbentang di atas Sungai Barito ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjangnya yang mencapai 753 meter, sehingga membuatnya masuk daftar ke-8 sebagai jembatan terpanjang di Indonesia saat ini yang diresmikan pada April 2008.

7. Jembatan Mahakam Ulu

10 Urutan Jembatan Terpanjang di Indonesia Saat Ini
Jembatan Terpanjang di Indonesia - Jembatan Mahakam Ulu

Jembatan terpanjang di Indonesia yang ke-7 adalah Jembatan Mahakam Ulu. Jembatan Mahakam Ulu atau yang disingkat Mahulu merupakan salah satu jembatan terpanjang di Indonesia yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya berada di Kota Samarinda.

Jembatan yang terbentang di atas Sungai Mahakam ini umumnya mempunyai karakteristik dengan lebar 11 meter, dan panjangnya yang mencapai 789 meter, sehingga membuatnya masuk daftar ke-7 sebagai jembatan terpanjang di Indonesia saat ini yang diresmikan pada bulan Juli 2009.

6. Jembatan Barito

10 Urutan Jembatan Terpanjang di Indonesia Saat Ini
Jembatan Terpanjang di Indonesia - Jembatan Barito

Jembatan terpanjang di Indonesia yang ke-6 adalah Jembatan Barito. Jembatan Barito merupakan salah satu jembatan terpanjang di Indonesia yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan, tepatnya berada di Kabupaten Barito Kuala dan berjarak 15 km dari Kota Banjarmasin.

Jembatan yang terbentang di atas Sungai Barito ini umumnya mempunyai karakteristik dengan lebar 10,37 meter, dan panjangnya yang mencapai 1.082 meter, sehingga membuatnya masuk daftar ke-6 sebagai jembatan terpanjang di Indonesia saat ini yang diresmikan pada bulan april 1997.

5. Jembatan Ampera

10 Urutan Jembatan Terpanjang di Indonesia Saat Ini
Jembatan Terpanjang di Indonesia - Jembatan Ampera

Jembatan terpanjang di Indonesia yang ke-5 adalah Jembatan Ampera. Jembatan Ampera merupakan salah satu jembatan terpanjang di Indonesia yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan, tepatnya berada di Kota Palembang.

Jembatan yang terbentang di atas Sungai Musi ini umumnya mempunyai karakteristik dengan jarak antara menara 75 meter, tinggi menara 63 meter dari permukaan tanah, lebar 22 meter, dan panjangnya yang mencapai 1.117 meter, sehingga membuatnya masuk daftar ke-5 sebagai jembatan terpanjang di Indonesia saat ini yang diresmikan pada September 1965.

4. Jembatan Merah Putih

10 Urutan Jembatan Terpanjang di Indonesia Saat Ini
Jembatan Terpanjang di Indonesia - Jembatan Merah Putih

Jembatan terpanjang di Indonesia yang ke-4 adalah Jembatan Merah Putih. Jembatan Merah Putih merupakan salah satu jembatan terpanjang di Indonesia yang terletak di Provinsi Maluku, tepatnya berada di Kota Ambon. Jembatan yang terbentang di atas teluk dalam Pulau Ambon ini diresmikan pada tahun 2016.

Selain itu Jembatan Merah Putih umumnya juga mempunyai karakteristik dengan lebar 22.5 meter, dan panjangnya yang mencapai 1.140 meter, sehingga membuatnya masuk daftar ke-4 sebagai jembatan terpanjang di Indonesia saat ini dan terpanjang ke-1 di Indonesia bagian timur.

3. Jembatan Siak

10 Urutan Jembatan Terpanjang di Indonesia Saat Ini
Jembatan Terpanjang di Indonesia - Jembatan Siak

Jembatan terpanjang di Indonesia yang ke-3 adalah Jembatan Siak. Jembatan Siak atau yang mempunyai nama resmi Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah merupakan salah satu jembatan terpanjang di Indonesia yang terletak di Provinsi Riau, tepatnya berada di Kabupaten Siak.

Jembatan yang terbentang di atas sungai Siak ini umumnya mempunyai karakteristik dengan lebar 16.95 meter, dan panjangnya yang mencapai 1.196 meter, sehingga membuatnya masuk daftar ke-3 sebagai jembatan terpanjang di Indonesia saat ini yang diresmikan pada tahun 2007.

2. Jembatan Pasupati

10 Urutan Jembatan Terpanjang di Indonesia Saat Ini
Jembatan Terpanjang di Indonesia - Jembatan Pasupati

Jembatan terpanjang di Indonesia yang ke-2 adalah Jembatan Pasupati. Jembatan Pasupati merupakan salah satu jembatan terpanjang di Indonesia yang terletak di Provinsi Jawa Barat, tepatnya berada di Kota Bandung.

Jembatan jembatan yang menghubungkan bagian utara dengan bagian timur Kota Bandung melewati lembah Cikapundung ini umumnya mempunyai karakteristik dengan lebar 21.53 meter, dan panjangnya yang mencapai 2.147 meter, sehingga membuatnya masuk daftar ke-2 sebagai jembatan terpanjang di Indonesia saat ini yang diresmikan bulan Juni 2005.

1. Jembatan Suramadu

10 Urutan Jembatan Terpanjang di Indonesia Saat Ini
Jembatan Terpanjang di Indonesia - Jembatan Suramadu

Jembatan terpanjang di Indonesia yang ke-1 adalah Jembatan Suramadu. Jembatan Suramadu atau yang mempunyai nama resmi Jembatan Nasional Suramadu merupakan salah satu jembatan terpanjang di Indonesia yang terletak di Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di antara Kota Surabaya dan Pulau Madura.

Jembatan yang terbentang di atas selat Madura ini umumnya mempunyai karakteristik dengan lebar 30 meter, dan panjangnya yang mencapai 5.438 meter, sehingga membuatnya masuk daftar ke-1 sebagai jembatan terpanjang di Indonesia saat ini yang diresmikan pada bulan juni tahun 2009.
Suka artikel berjudul 10 Urutan Jembatan Terpanjang di Indonesia Saat Ini, Yuk bagikan ke: