advertisement

35 Urutan Danau Terbesar di Dunia Beserta Luas, dan Letaknya


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
35 Urutan Danau Terbesar di Dunia Beserta Luas, dan Letaknya
35 Urutan Danau Terbesar di Dunia Beserta Luas, dan Letaknya

XASXUS.com - Danau merupakan cekungan besar yang ada dipermukaan bumi yang umumnya digenangi oleh air tawar ataupun air asin yang seluruh cekungannya dikelilingi oleh daratan. Berbicara mengenai danau, tahukah kamu apa saja danau terbesar di dunia? bahkan diantaranya mempunyai luas yang jauh lebih besar dari sebuah negara. Nah berikut ini adalah 35 danau terbesar di dunia.
Daftar Isi

35. Danau Kyoga

Danau terbesar di dunia ke-35 adalah Danau Kyoga. Danau Kyoga merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Uganda. Danau Kyoga ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 80 kilometer, kedalaman maksimun 9 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 4.403 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-35.

34. Danau Great Salt Lake

Danau terbesar di dunia ke-34 adalah Danau Great Salt Lake. Danau Great Salt Lake merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Amerika Serika. Danau Great Salt Lake ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 121 kilometer, kedalaman maksimun 121 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 4.662 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-34.

33. Danau Manitoba

Danau terbesar di dunia ke-33 adalah Danau Manitoba. Danau Manitoba merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Kanada. Danau Manitoba ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 225 kilometer, kedalaman maksimun 7 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 4.706 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-33.

32. Danau Nipigon

Danau terbesar di dunia ke-32 adalah Danau Nipigon. Danau Nipigon merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Kanada. Danau Nipigon ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 116 kilometer, dan luas permukaannya yang mencapai 4.843 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-32.

31. Danau Nettilling

Danau terbesar di dunia ke-31 adalah Danau Nettilling. Danau Nettilling merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di ujung selatan Pulau Baffin, Nunavut, Kanada. Danau Nettilling ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 113 kilometer, dan luas permukaannya yang mencapai 5.051 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-31.

30. Danau Mobutu Sese Seko

Danau terbesar di dunia ke-30 adalah Danau Mobutu Sese Seko. Danau Mobutu Sese Seko merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Uganda. Danau Mobutu Sese Seko ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 161 kilometer, kedalaman maksimun 55 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 5.299 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-30.

29. Danau Winnipegosis

Danau terbesar di dunia ke-29 adalah Danau Winnipegosis. Danau Winnipegosis merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Kanada. Danau Winnipegosis ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 245 kilometer, kedalaman maksimun 18 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 5.403 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-29.

28. Danau Vänern

Danau terbesar di dunia ke-28 adalah Danau Vänern. Danau Vänern merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Swedia. Danau Vänern ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 140 kilometer, kedalaman maksimun 98 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 5.545 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-28.

27. Danau Torrens

Danau terbesar di dunia ke-27 adalah Danau Torrens. Danau Torrens merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Australia, tepatnya terletak di Australia Selatan. Danau Torrens ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 209 kilometer, dan luas permukaannya yang mencapai 5.698 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-27.

26. Danau Urmia

Danau terbesar di dunia ke-26 adalah Danau Urmia. Danau Urmia merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Iran. Danau Urmia ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 130 kilometer, kedalaman maksimun 15 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 6.001 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-26.

25. Danau Issyk Kul

Danau terbesar di dunia ke-25 adalah Danau Issyk Kul. Danau Issyk Kul merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Kirgistan. Danau Issyk Kul ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 182 kilometer, kedalaman maksimun 700 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 6.200 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-25.

24. Danau Eyre

Danau terbesar di dunia ke-24 adalah Danau Eyre. Danau Eyre merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Afrika Selatan. Danau Eyre ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 209, dan luas permukaannya yang mencapai 6.216 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-24.

23. Danau Reindeer

Danau terbesar di dunia ke-23 adalah Danau Reindeer. Danau Reindeer merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Kanada. Danau Reindeer ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 245 kilometer, dan luas permukaannya yang mencapai 6.330 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-23.

22. Danau Rudolf

Danau terbesar di dunia ke-22 adalah Danau Rudolf. Danau Rudolf merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Kenya. Danau Rudolf ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 248 kilometer, dan luas permukaannya yang mencapai 6.405 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-22.

21. Danau Athabaska

Danau terbesar di dunia ke-21 adalah Danau Athabaska. Danau Athabaska merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Kanada. Danau Athabaska ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 335 kilometer, kedalaman maksimun 124 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 7.920 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-21.

20. Danau Nikaragua

Danau terbesar di dunia ke-20 adalah Danau Nikaragua. Danau Nikaragua merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Nikaragua. Danau Nikaragua ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 177 kilometer, kedalaman maksimun 70 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 8.001 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-20.

19. Danau Titicaca

Danau terbesar di dunia ke-19 adalah Danau Titicaca. Danau Titicaca merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Bolivia. Danau Titicaca ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 177 kilometer, kedalaman maksimun 370 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 8.135 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-19.

18. Danau Onega

Danau terbesar di dunia ke-18 adalah Danau Onega. Danau Onega merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Rusia. Danau Onega ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 248 kilometer, kedalaman maksimun 110 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 9.891 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-18.

17. Danau Ladoga

Danau terbesar di dunia ke-17 adalah Danau Ladoga. Danau Ladoga merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Rusia. Danau Ladoga ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 200 kilometer, kedalaman maksimun 225 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 18.130 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-17.

16. Danau Balkhash

Danau terbesar di dunia ke-16 adalah Danau Balkhash. Danau Balkhash merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Kazakhstan. Danau Balkhash ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 605 kilometer, kedalaman maksimun 27 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 18.428 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-16.

15. Danau Ontario

Danau terbesar di dunia ke-15 adalah Danau Ontario. Danau Ontario merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di perbatasan Negara Kanada dan Amerika Serikat. Danau Ontario ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 311 kilometer, kedalaman maksimun 237 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 19.477 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-15.

14. Danau Winnipeg

Danau terbesar di dunia ke-14 adalah Danau Winnipeg. Danau Winnipeg merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Kanada. Danau Winnipeg ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 425 kilometer, kedalaman maksimun 62 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 23.553 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-14.

13. Danau Erie

Danau terbesar di dunia ke-13 adalah Danau Erie. Danau Erie merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Amerika Serikat dan Kanada. Danau Erie ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 388 kilometer, kedalaman maksimun 64 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 25.719 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-13.

12. Danau Chad

Danau terbesar di dunia ke-12 adalah Danau Chad. Danau Chad merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Chad,  Niger, dan Nigeria. Danau Chad ini umumnya mempunyai karakteristik dengan kedalaman maksimun 7 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 25.760 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-12.

11. Danau Great Slave

Danau terbesar di dunia ke-11 adalah Danau Great Slave. Danau Great Slave merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Kanada. Danau Great Slave ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 480 kilometer, kedalaman maksimun 614 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 28.930 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-11.

10. Danau Nyasa

Danau terbesar di dunia ke-10 adalah Danau Nyasa. Danau Nyasa merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Malawi,  Mozambik, dan Tanzania. Danau Nyasa ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 579 kilometer, kedalaman maksimun 706 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 30.044 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-10.

9. Danau Great Bear

Danau terbesar di dunia ke-9 adalah Danau Bear. Danau Bear merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Kanada. Danau Bear ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 373 kilometer, kedalaman maksimun 82 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 31.080 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-9.

8. Danau Baikal

Danau terbesar di dunia ke-8 adalah Danau Baikal. Danau Baikal merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Rusia. Danau Baikal ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 636 kilometer, kedalaman maksimun 1.741 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 31.500 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-8.

7. Danau Tanganyika

Danau terbesar di dunia ke-7 adalah Danau Tanganyika. Danau Tanganyika merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Tanzania dan Republik Kongo. Danau Tanganyika ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 676 kilometer, kedalaman maksimun 1.435 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 32.893 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-7.

6. Danau Aral

Danau terbesar di dunia ke-6 adalah Danau Aral. Danau Aral merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Kazakhstan dan Uzbekistan. Danau Aral ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 397 kilometer, kedalaman maksimun 229 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 59.596 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-6.

5. Danau Michigan

Danau terbesar di dunia ke-5 adalah Danau Michigan. Danau Michigan merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Amerika Serikat. Danau Michigan ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 517 kilometer, kedalaman maksimun 281 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 58.016 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-5.

4. Danau Huron

Danau terbesar di dunia ke-4 adalah Danau Huron. Danau Huron merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Amerika Serikat dan Kanada. Danau Huron ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 397 kilometer, kedalaman maksimun 229 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 59.596 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-4.

3. Danau Victoria

Danau terbesar di dunia ke-3 adalah Danau Victoria. Danau Victoria merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Tanzania dan Uganda. Danau Victoria ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 322 kilometer, kedalaman maksimun 82 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 69.485 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-3.

2. Danau Superior

Danau terbesar di dunia ke-2 adalah Danau Superior. Danau Superior merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Amerika Serikat dan Kanada. Danau Superior ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 616 kilometer, kedalaman maksimun 406 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 82.414 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-2.

1. Danau Kaspia (Laut Kaspia)

Danau terbesar di dunia ke-1 adalah Danau Kaspia (Laut Kaspia). Danau Kaspia atau yang disebut juga dengan Laut Kaspia merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang letak geografisnya berada di Negara Azerbaijan, Rusia, Kazakhstan, Turkmenistan, dan Iran. Danau Danau Kaspia ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang 1.199 kilometer, kedalaman maksimun 946 meter, dan luas permukaannya yang mencapai 394.299 kilometer persegi, sehingga membuatnya menjadi danau terbesar di dunia urutan ke-1.
Suka artikel berjudul 35 Urutan Danau Terbesar di Dunia Beserta Luas, dan Letaknya, Yuk bagikan ke: