advertisement

10 Ular Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup Sampai Sekarang


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
10 Ular Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup Sampai Sekarang
10 Ular Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup Sampai Sekarang

XASXUS.com - Ular merupakan reptilia tak berkaki yang bertubuh panjang serta mempunyai sisik seperti halnya kadal dan sama-sama digolongkan ke dalam reptil bersisik. Berbicara mengenai ular, tahukah kamu apa saja ular terbesar di dunia? Nah berikut ini adalah 10 ular terbesar di dunia yang masih hidup sampai sekarang.
Daftar Isi

10. Ular Sanca Irian (Apodora papuana)

10 Ular Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup Sampai Sekarang
Ular Terbesar di Dunia - Ular Sanca Irian (Apodora papuana)

Ular terbesar di dunia yang ke-10 adalah ular Sanca Irian. Ular Sanca Irian atau yang mempunyai nama ilmiah Apodora papuana merupakan salah satu ular terbesar di dunia yang banyak ditemukan hampir di seluruh Papua. Ular Sanca Irian ini umumnya mempunyai karakteristik dengan beratnya yang mencapai 22,5 kilogram, dan panjangnya yang mencapai 5 meter, sehingga membuatnya berada di daftar ke-10 sebagai ular terbesar di dunia.

9. Ular Anakonda dark spotted (Eunectes deschauenseei)

10 Ular Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup Sampai Sekarang
Ular Terbesar di Dunia - Ular Anakonda dark spotted (Eunectes deschauenseei)

Ular terbesar di dunia yang ke-9 adalah ular Anakonda dark spotted. Ular Anakonda dark spotted atau yang mempunyai nama ilmiah Eunectes deschauenseei merupakan salah satu ular terbesar di dunia yang banyak ditemukan di Amerika Selatan di timur laut Brasil, Guyana, dan pesisir Guyana Prancis. Ular Anakonda dark spotted ini umumnya mempunyai karakteristik dengan beratnya yang mencapai 30 kilogram, dan panjangnya yang mencapai 3 meter, sehingga membuatnya berada di daftar ke-9 sebagai ular terbesar di dunia.

8. Ular Anakonda kuning (Eunectes notaeus)

10 Ular Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup Sampai Sekarang
Ular Terbesar di Dunia - Ular Anakonda kuning (Eunectes notaeus)

Ular terbesar di dunia yang ke-8 adalah ular Anakonda kuning. Ular Anakonda kuning atau yang mempunyai nama ilmiah Eunectes notaeus merupakan salah satu ular terbesar di dunia yang banyak ditemukan di Paraguay, Brasil, Argentina dan Bolivia. Ular endemik Amerika Selatan ini umumnya mempunyai karakteristik dengan beratnya yang mencapai 40 kilogram, dan panjangnya yang mencapai 4,6 meter, sehingga membuatnya berada di daftar ke-8 sebagai ular terbesar di dunia.

7. Ular Boa pembelit (Boa constrictor)

10 Ular Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup Sampai Sekarang
Ular Terbesar di Dunia - Ular Boa pembelit (Boa constrictor)

Ular terbesar di dunia yang ke-7 adalah ular Boa pembelit. Ular Boa pembelit atau yang mempunyai nama ilmiah Boa constrictor merupakan salah satu ular terbesar di dunia yang banyak ditemukan di hutan hujan Amerika Selatan khususnya di Kepulauan Karibia. Ular yang mempunyai motif sangat khas dibagian kulitnya ini umumnya mempunyai karakteristik dengan beratnya yang mencapai 45 kilogram, dan panjangnya yang mencapai 4,3 meter, sehingga membuatnya berada di daftar ke-7 sebagai ular terbesar di dunia.

6. Ular Sanca patola (Morelia amethistina)

10 Ular Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup Sampai Sekarang
Ular Terbesar di Dunia - Ular Sanca patola (Morelia amethistina)

Ular terbesar di dunia yang ke-6 adalah ular Sanca patola. Ular Sanca patola atau yang mempunyai nama ilmiah Morelia amethistina merupakan salah satu ular terbesar di dunia yang banyak ditemukan di Asia dan Australia. Ular yang mempunyai kulit berkilau warna-warni ini umumnya mempunyai karakteristik dengan beratnya yang mencapai 91 kilogram, dan panjangnya yang mencapai 8 meter, sehingga membuatnya berada di daftar ke-6 sebagai ular terbesar di dunia.

5. Ular Sanca India (Python molurus)

10 Ular Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup Sampai Sekarang
Ular Terbesar di Dunia - Ular Sanca India (Python molurus)

Ular terbesar di dunia yang ke-5 adalah ular Sanca India. Ular Sanca India atau yang mempunyai nama ilmiah Python molurus merupakan salah satu ular terbesar di dunia yang banyak ditemukan di area tropis di Asia Selatan. Ular yang mempunyai warna kulit lebih cerah ini umumnya mempunyai karakteristik dengan beratnya yang mencapai 91 kilogram, dan panjangnya yang mencapai 6,4 meter, sehingga membuatnya berada di daftar ke-5 sebagai ular terbesar di dunia.

4. Ular African Rock Python (Python Sebae)

10 Ular Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup Sampai Sekarang
Ular Terbesar di Dunia - Ular African Rock Python (Python Sebae)

Ular terbesar di dunia yang ke-4 adalah ular African Rock Python. Ular African Rock Python atau yang mempunyai nama ilmiah Python Sebae merupakan salah satu ular terbesar di dunia yang banyak ditemukan di Afrika. Ular African Rock Python ini umumnya mempunyai karakteristik dengan beratnya yang mencapai 113 kilogram, dan panjangnya yang mencapai 7,5 meter, sehingga membuatnya berada di daftar ke-4 sebagai ular terbesar di dunia dan ke-1 sebagai ular terbesar di Afrika.

3. Ular Sanca kembang (Python reticulatus)

10 Ular Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup Sampai Sekarang
Ular Terbesar di Dunia - Ular Sanca kembang (Python reticulatus)

Ular terbesar di dunia yang ke-3 adalah ular Sanca kembang. Ular Sanca kembang atau yang mempunyai nama ilmiah Python reticulatus merupakan salah satu ular terbesar di dunia yang banyak tersebar di hutan-hutan Asia Tenggara.

Ular yang mempunyai pola lingkaran-lingkaran besar berbentuk jala dengan warnanya yang tersusun dari warna-warna hitam, kecoklatan, kuning dan putih di sepanjang sisi dorsal tubuhnya ini umumnya mempunyai karakteristik dengan beratnya yang mencapai 158 kilogram, dan panjangnya yang mencapai 10 meter, sehingga membuatnya berada di daftar ke-3 sebagai ular terbesar di dunia dan terpanjang di Amerika Selatan.

2. Ular Sanca bodo (Python bivittatus)

10 Ular Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup Sampai Sekarang
Ular Terbesar di Dunia - Ular Sanca bodo (Python bivittatus)

Ular terbesar di dunia yang ke-2 adalah ular sanca bodo. Ular sanca bodo atau yang mempunyai nama ilmiah Python bivittatus merupakan salah satu ular terbesar di dunia yang banyak ditemukan di beberapa daerah tropis dan subtropis di Kawasan Asia Tenggara.

Ular yang mempunyai ciri berwarna dasar coklat muda atau kuning atau karamel dengan bercaknya yang tidak beraturan berwarna coklat tua ini umumnya mempunyai karakteristik dengan beratnya yang mencapai 182 kilogram, dan panjangnya yang mencapai 6 meter, sehingga membuatnya berada di daftar ke-2 sebagai ular terbesar di dunia.

1. Ular Anakonda hijau (Eunectes murinus)

10 Ular Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup Sampai Sekarang
Ular Terbesar di Dunia - Ular Anakonda hijau (Eunectes murinus)

Ular terbesar di dunia yang ke-1 adalah ular anakonda hijau. Ular anakonda hijau atau yang mempunyai nama ilmiah Eunectes murinus merupakan salah satu ular terbesar di dunia yang banyak ditemukan di hutan hujan, Amerika Selatan dan hidup di perairan seperti sungai dan rawa-rawa.

Ular yang mempunyai ciri berwarna hijau kecokelatan dengan bercak-bercak bundaran hitam besar di punggungnya ini umumnya mempunyai karakteristik dengan beratnya yang mencapai 227 kilogram, dan panjangnya yang mencapai 8,8 meter, sehingga membuatnya berada di daftar ke-1 sebagai ular terbesar di dunia.
Suka artikel berjudul 10 Ular Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup Sampai Sekarang, Yuk bagikan ke: