advertisement

10 Sungai Terpanjang di Indonesia Beserta Panjang, Provinsi, dan Letaknya


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
10 Sungai Terpanjang di Indonesia Beserta Panjang, Provinsi, dan Letaknya
10 Sungai Terpanjang di Indonesia Beserta Panjang, Provinsi, dan Letaknya

XASXUS.com - Sungai merupakan aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara). Berbicara mengenai sungai, tahukah kamu apa saja sungai terpanjang di Indonesia? Nah berikut ini adalah 10 sungai terpanjang di Indonesia beserta panjang, provinsi, dan letaknya.
Daftar Isi

10. Sungai Seruyan, Kalimantan Tengah, Indonesia

Sungai terpanjang di Indonesia yang ke-10 adalah Sungai Seruyan. Sungai Seruyan ini merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah, tepatnya berada di Kabupaten Seruyan. Sungai Seruyan umumnya mempunyai karakteristik dengan kedalaman rata-rata 6 meter, lebar rata-rata adalah 300 meter, dan panjangnya yang mencapai 350 kilometer, sehingga membuatnya berada di daftar ke-10 sebagai sungai terpanjang di Indonesia.

9. Sungai Indragiri, Riau, Indonesia

Sungai terpanjang di Indonesia yang ke-9 adalah Sungai Indragiri. Sungai Indragiri ini merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera Provinsi Riau, tepatnya berada di kabupaten Kuantan Singingi. Sungai Indragiri umumnya mempunyai karakteristik dengan panjangnya yang mencapai 500 kilometer, sehingga membuatnya berada di daftar ke-9 sebagai sungai terpanjang di Indonesia.

8. Sungai Digul, Papua, Indonesia

Sungai terpanjang di Indonesia yang ke-8 adalah Sungai Digul. Sungai Digul ini merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia yang terletak di Papua. Sungai Digul umumnya mempunyai karakteristik dengan panjangnya yang mencapai 525 kilometer, sehingga membuatnya berada di daftar ke-8 sebagai sungai terpanjang di Indonesia.

7. Sungai Bengawan Solo, Jawa Tengah dan Jawa Timur, Indonesia

Sungai terpanjang di Indonesia yang ke-7 adalah Sungai Bengawan Solo. Sungai Bengawan Solo ini merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia yang terletak di Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Jawa Timur. Sungai Bengawan Solo umumnya mempunyai karakteristik dengan panjangnya yang mencapai 548 kilometer, sehingga membuatnya berada di daftar ke-7 sebagai sungai terpanjang di Indonesia.

6. Sungai Mamberamo, Papua, Indonesia

Sungai terpanjang di Indonesia yang ke-6 adalah Sungai Mamberamo. Sungai Mamberamo ini merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia yang terletak di Provinsi Papua. Sungai Mamberamo umumnya mempunyai karakteristik dengan panjangnya yang mencapai 670 kilometer, sehingga membuatnya berada di daftar ke-6 sebagai sungai terpanjang di Indonesia.

5. Sungai Musi, Sumatera Selatan, Indonesia

Sungai terpanjang di Indonesia yang ke-5 adalah Sungai Musi. Sungai Musi ini merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan. Sungai Musi umumnya mempunyai karakteristik dengan panjangnya yang mencapai 750 kilometer, sehingga membuatnya berada di daftar ke-5 sebagai sungai terpanjang di Indonesia dan ke-2 sebagai sungai terpanjang di Pulau Sumatera.

4. Sungai Batanghari, Sumatera Barat, Indonesia

Sungai terpanjang di Indonesia yang ke-4 adalah Sungai Batanghari. Sungai Batanghari ini merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia yang terletak di Provinsi Sumatera Barat, tepatnya berada di Kabupaten Solok. Sungai Batanghari umumnya mempunyai karakteristik dengan panjangnya yang mencapai 800 kilometer, sehingga membuatnya berada di daftar ke-4 sebagai sungai terpanjang di Indonesia dan ke-1 sebagai sungai terpanjang di Pulau Sumatera.

3. Sungai Barito, Kalimantan Tengah, Indonesia

Sungai terpanjang di Indonesia yang ke-3 adalah Sungai Barito. Sungai Barito ini merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah, tepatnya berada di Kabupaten Barito. Sungai Barito umumnya mempunyai karakteristik dengan panjangnya yang mencapai 909 kilometer, sehingga membuatnya berada di daftar ke-3 sebagai sungai terpanjang di Indonesia.

2. Sungai Mahakam, Kalimantan Timur, Indonesia

Sungai terpanjang di Indonesia yang ke-2 adalah Sungai Mahakam. Sungai Mahakam ini merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya berada di antara Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara, dan Kota Samarinda. Sungai Mahakam umumnya mempunyai karakteristik dengan panjangnya yang mencapai 920 kilometer, sehingga membuatnya berada di daftar ke-2 sebagai sungai terpanjang di Indonesia.

1. Sungai Kapuas, Kalimantan Barat, Indonesia

Sungai terpanjang di Indonesia yang ke-1 adalah Sungai Kapuas. Sungai Kapuas ini merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat. Sungai Kapuas umumnya mempunyai karakteristik dengan panjangnya yang mencapai 1.143 kilometer, sehingga membuatnya berada di daftar ke-1 sebagai sungai terpanjang di Indonesia.
Suka artikel berjudul 10 Sungai Terpanjang di Indonesia Beserta Panjang, Provinsi, dan Letaknya, Yuk bagikan ke: