advertisement

10 Pohon Terbesar di Dunia Yang Pernah Ada dan Masih Hidup Saat Ini


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
10 Pohon Terbesar di Dunia Yang Pernah Ada dan Masih Hidup Saat Ini
10 Pohon Terbesar di Dunia Yang Pernah Ada dan Masih Hidup Saat Ini

XASXUS.com - Pohon merupakan tumbuhan yang berkayu, dan terbagi menjadi dua kelompok tumbuhan, yaitu kelompok pohon berakar tunjang dan kelompok pohon berakar serabut. Berbicara mengenai pohon, tahukah kamu apa saja pohon terbesar di dunia? Nah berikut ini adalah 10 pohon terbesar di dunia.
Daftar Isi

10. Pohon Woollybutt atau Alpine Ash

Pohon terbesar di dunia ke-10 adalah pohon woollybutt atau alpine ash. Pohon woollybutt atau alpine ash atau yang mempunyai nama ilmiah eucalyptus delegatensis merupakan salah satu pohon terbesar di dunia yang banyak ditemukan di Australia tenggara.

Pohon yang mempunyai ciri batangnya yang lurus dan berwarna abu-abu ini umumnya mempunyai karakteristik dengan tinggi hingga 90 meter, dan volumenya yang bisa mencapai 286 meter kubik, sehingga membuatnya masuk ke dalam daftar ke-10 sebagai pohon terbesar di dunia saat ini.

9. Pohon Gothmog

Pohon terbesar di dunia ke-9 adalah pohon gothmog. Pohon gothmog atau yang mempunyai nama ilmiah eucalyptus obliqua merupakan salah satu pohon terbesar di dunia yang banyak ditemukan di daerah-daerah yang lebih dingin di Australia tenggara.

Pohon yang merupakan jenis pohon kayu asli Australia tenggara ini umumnya mempunyai karakteristik dengan tinggi hingga 98,8 meter, dan volumenya yang bisa mencapai 337 meter kubik, sehingga membuatnya masuk ke dalam daftar ke-9 sebagai pohon terbesar di dunia saat ini.

8. Pohon queets spruce

Pohon terbesar di dunia ke-8 adalah pohon queets spruce. Pohon queets spruce atau yang mempunyai nama ilmiah picea sitchensis merupakan salah satu pohon terbesar di dunia yang banyak ditemukan di pantai barat Amerika Utara, dengan batas barat lautnya di Semenanjung Kenai, Alaska, dan batas tenggara dekat Fort Bragg di California utara.

Pohon yang termasuk ke dalam spesies pohon cemara besar ini umumnya mempunyai karakteristik dengan tinggi hingga 91 meter, dan volumenya yang bisa mencapai 337 meter kubik, sehingga membuatnya masuk ke dalam daftar ke-8 sebagai pohon terbesar di dunia saat ini.

7. Pohon red creek fir

Pohon terbesar di dunia ke-7 adalah pohon red creek fir. Pohon red creek fir atau yang mempunyai nama ilmiah pseudotsuga menziesii merupakan salah satu pohon terbesar di dunia yang banyak ditemukan di provinsi paling barat dari Kanada, yaitu British Columbia.

Pohon yang termasuk ke dalam salah satu konifer tertinggi kedua di dunia ini umumnya mempunyai karakteristik dengan tinggi hingga 120 meter, dan volumenya yang bisa mencapai 349 meter kubik, sehingga membuatnya masuk ke dalam daftar ke-7 sebagai pohon terbesar di dunia saat ini.

6. Pohon Rullah longatyle

Pohon terbesar di dunia ke-6 adalah pohon longatyle. Pohon longatyle atau yang mempunyai nama ilmiah eucalyptus globulus merupakan salah satu pohon terbesar di dunia yang banyak ditemukan di Tasmania dan salah satu pohon yang paling banyak dibudidayakan di Australia.

Pohon yang termasuk ke dalam jenis pohon cemara ini umumnya mempunyai karakteristik dengan tinggi hingga 90,7 meter, dan volumenya yang bisa mencapai 368 meter kubik, sehingga membuatnya masuk ke dalam daftar ke-6 sebagai pohon terbesar di dunia saat ini.

5. Pohon still sorrow

Pohon terbesar di dunia ke-5 adalah pohon still sorrow. Pohon still sorrow atau yang mempunyai nama ilmiah eucalyptus regnans merupakan salah satu pohon terbesar di dunia yang banyak ditemukan di Tasmania dan beberapa negara di bagian Victoria di Australia tenggara.

Pohon yang merupakan salah satu pohon tertinggi di dunia ini umumnya mempunyai karakteristik dengan tinggi hingga 85 meter, dan volumenya yang bisa mencapai 391 meter kubik, sehingga membuatnya masuk ke dalam daftar ke-5 sebagai pohon terbesar di dunia saat ini.

4. Pohon cheewhat giant

Pohon terbesar di dunia ke-4 adalah pohon cheewhat giant. Pohon cheewhat giant atau yang mempunyai nama ilmiah thuja plicata merupakan salah satu pohon terbesar di dunia yang banyak ditemukan di Pacific Northwest, tepatnya di Amerika Utara bagian barat.

Pohon yang termasuk ke dalam salah satu dari dua spesies Thuja asli Amerika Utara ini umumnya mempunyai karakteristik dengan tinggi hingga 71 meter, dan volumenya yang bisa mencapai 449 meter kubik, sehingga membuatnya masuk ke dalam daftar ke-4 sebagai pohon terbesar di dunia saat ini.

3. Pohon tāne mahuta

Pohon terbesar di dunia ke-3 adalah pohon tāne mahuta. Pohon tāne mahuta atau yang mempunyai nama ilmiah agathis australis merupakan salah satu pohon terbesar di dunia yang banyak ditemukan di Hutan Waipoua Wilayah Northland, Selandia Baru.

Pohon yang termasuk ke dalam spesies pohon kauri raksaksa dan merupakan sisa hutan hujan subtropis kuno yang pernah tumbuh di Semenanjung Auckland Utara ini umumnya mempunyai karakteristik dengan tinggi batang 17,8 meter, tinggi pohon 45,2 meter, dan volumenya yang bisa mencapai 516 meter kubik, sehingga membuatnya masuk ke dalam daftar ke-3 sebagai pohon terbesar di dunia saat ini.

2. Pohon grogan's fault

Pohon terbesar di dunia ke-2 adalah pohon grogan's fault. Pohon grogan's fault atau yang mempunyai nama ilmiah sequoia sempervirens merupakan salah satu pohon terbesar di dunia yang banyak ditemukan di Taman Nasional Redwood, Amerika Serikat, tepatnya di sepanjang pantai California utara.

Pohon yang termasuk ke dalam spesies pohon hidup tertinggi di Bumi ini umumnya mempunyai karakteristik dengan tinggi maksimal 115,5 meter, dan volumenya yang bisa mencapai 1.084,5 meter kubik, sehingga membuatnya masuk ke dalam daftar ke-2 sebagai pohon terbesar di dunia saat ini.

1. Pohon Jenderal Sherman

Pohon terbesar di dunia ke-1 adalah pohon jenderal sherman (General Sherman). Pohon jenderal sherman (General Sherman) atau yang mempunyai nama ilmiah sequoiadendron giganteum merupakan salah satu pohon terbesar di dunia yang banyak ditemukan di barat Sierra Nevada, California, tepatnya di Taman Nasional Sequoia, Kings Canyon, dan Giant Sequoia National Monument.

Pohon yang banyak ditemukan di iklim lembab yang ditandai dengan musim panas yang kering dan musim dingin bersalju ini umumnya mempunyai karakteristik dengan tinggi maksimal 94,8 meter, dan volumenya yang bisa mencapai 1.489 meter kubik, sehingga membuatnya masuk ke dalam daftar ke-1 sebagai pohon terbesar di dunia saat ini.
Suka artikel berjudul 10 Pohon Terbesar di Dunia Yang Pernah Ada dan Masih Hidup Saat Ini, Yuk bagikan ke: