Bunga

29 Negara Terkaya di Dunia Saat Ini Berdasarkan Pendapatan Perkapita


A+
A
A-
29 Negara Terkaya di Dunia Saat Ini Berdasarkan Pendapatan Perkapita
29 Negara Terkaya di Dunia Saat Ini Berdasarkan Pendapatan Perkapita

XASXUS.com - Dari hampir sekitar 200 negara di dunia, pastinya sebagian besar diantaranya dapat pendapatan miliaran dolar Amerika Serikat (AS). Namun, pertanyaannya adalah, negara mana sajakah yang dapat menempati posisi teratas sebagai negara terkaya di dunia?

Dalam menentukan negara terkaya di dunia, peringkat kekayaan dari sebuah negara cenderung melihat dan menilai (PDB) perkapita berdasarkan paritas daya beli. Seperti yang diketahui jika PDB atau paritas daya beli dari suatu negara digunakan untuk menentukan produktivitas ekonomi dan juga standar hidup.

Nah dengan demikian, negara mana sajakah yang dalam setahun perkapita PDB atau paritas daya belinya cenderung tinggi, berikut ini adalah 29 negara terkaya di dunia.
Daftar Isi

29. Prancis

Negara terkaya di dunia yang ke 29 adalah Prancis. Negara Prancis merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Eropa, tepatnya terletak di Eropa Barat.

Negara yang beribukotakan Paris ini berada di peringkat 29 negara terkaya di dunia. Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Prancis dapat mencapai USD 45.473 pertahun.

28. Inggris

Negara terkaya di dunia yang ke 28 adalah Inggris. Negara Inggris merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Eropa, tepatnya berbatasan langsung dengan Skotlandia di sebelah utara dan Wales di sebelah barat.

Negara yang beribukotakan London ini berada di peringkat 28 negara terkaya di dunia. Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Inggris dapat mencapai USD 45.565 pertahun.

27. Oman

Negara terkaya di dunia yang ke 27 adalah Oman. Negara Oman atau yang mempunyai nama resmi Kesultanan Oman ini merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Asia, tepatnya terletak di Asia Barat Daya di pesisir tenggara Jazirah Arab.

Negara yang beribukotakan Muskat ini berada di peringkat 27 negara terkaya di dunia. Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Oman dapat mencapai USD 45.723 pertahun.

26. Finlandia

Negara terkaya di dunia yang ke 26 adalah Finlandia. Negara Finlandia merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Eropa, tepatnya berbatasan langsung dengan Swedia di barat, Norwegia di utara, dan Rusia di timur.

Negara yang beribukotakan Helsinki ini berada di peringkat 26 negara terkaya di dunia. Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Finlandia dapat mencapai USD 46.342 pertahun.

25. Belgia

Negara terkaya di dunia yang ke 25 adalah Belgia. Negara Belgia atau yang mempunyai nama resmi Kerajaan Belgia ini merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Eropa, tepatnya terletak di bagian barat benua Eropa.

Negara yang beribukotakan Brussels ini berada di peringkat 25 negara terkaya di dunia. Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Belgia dapat mencapai USD 48.258 pertahun.

24. Kanada

Negara terkaya di dunia yang ke 24 adalah Kanada. Negara Kanada atau yang dikenal dengan Dominion of Canada ini merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Amerika, tepatnya berada di Amerika Utara.

Negara yang beribukotakan Ottawa ini berada di peringkat 24 negara terkaya di dunia. Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Kanada dapat mencapai USD 49.775 pertahun.

23. Bahrain

Negara terkaya di dunia yang ke 23 adalah Bahrain. Negara Bahrain atau yang mempunyai nama resmi Kerajaan Bahrain ini merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Asia, tepatnya berada dekat pesisir barat Teluk Persia di Timur Tengah.

Negara yang beribukotakan Manama ini berada di peringkat 23 negara terkaya di dunia. Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Bahrain dapat mencapai USD 50.102 pertahun.

22. Denmark

Negara terkaya di dunia yang ke 22 adalah Denmark. Negara Denmark merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Eropa, tepatnya terletak di sebelah barat daya dari Swedia dan selatan dari Norwegia.

Negara yang beribukotakan Kopenhagen ini berada di peringkat 22 negara terkaya di dunia. Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Denmark dapat mencapai USD 51.643 pertahun.

21. Austria

Negara terkaya di dunia yang ke 21 adalah Austria. Negara Austria atau yang mempunyai nama resmi Republik Austria ini merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Eropa, tepatnya berada di Eropa Tengah serta berbatasan langsung dengan Jerman dan Ceko.

Negara yang beribukotakan Wina ini berada di peringkat 21 negara terkaya di dunia. Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Austria dapat mencapai USD 51.936 pertahun.

20. Australia

Negara terkaya di dunia yang ke 20 adalah Australia. Negara Australia atau yang mempunyai nama resmi Persemakmuran Australia ini merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Australia.

Negara yang beribukotakan Canberra ini berada di peringkat 20 negara terkaya di dunia. Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Australia dapat mencapai USD 52.190 pertahun.

19. Taiwan

Negara terkaya di dunia yang ke 19 adalah Taiwan. Negara Taiwan merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Asia, tepatnya berada di Asia Timur.

Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Taiwan dapat mencapai USD 52.304 pertahun, sehingga menempatkannya ke dalam peringkat 19 negara terkaya di dunia.

18. Jerman

Negara terkaya di dunia yang ke 18 adalah Jerman. Negara Jerman atau yang mempunyai nama resmi Republik Federal Jerman ini merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Eropa, tepatnya berada di Eropa bagian tengah.

Negara yang beribukotakan Berlin ini berada di peringkat 18 negara terkaya di dunia. Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Jerman dapat mencapai USD 52.801 pertahun.

17. Swedia

Negara terkaya di dunia yang ke 17 adalah Swedia. Negara Swedia atau yang mempunyai nama resmi Kerajaan Swedia ini merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Eropa, tepatnya berbatasan dengan Norwegia di barat dan Finlandia di timur laut.

Negara yang beribukotakan Stockholm ini berada di peringkat 17 negara terkaya di dunia. Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Swedia dapat mencapai USD 53.077 pertahun.

16. Islandia

Negara terkaya di dunia yang ke 16 adalah Islandia. Negara Islandia atau yang disebut juga island ini merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Eropa, tepatnya terletak di sebelah barat laut Eropa dan sebelah utara Samudera Atlantik.

Negara yang beribukotakan Reykjavík ini berada di peringkat 16 negara terkaya di dunia. Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Islandia dapat mencapai USD 54.121 pertahun.

15. Arab Saudi

Negara terkaya di dunia yang ke 15 adalah Arab Saudi. Negara Arab Saudi atau yang dikenal dengan Kerajaan Arab Saudi ini merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Asia, tepatnya berbatasan langsung dengan Yordania, Irak, Kuwait, Qatar, dan lain sebagainya.

Negara yang beribukotakan Riyadh ini berada di peringkat 15 negara terkaya di dunia. Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Arab Saudi dapat mencapai USD 55.859 pertahun.

14. Belanda

Negara terkaya di dunia yang ke 14 adalah Belanda. Negara Belanda merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Eropa, tepatnya berbatasan dengan Laut Utara di utara, dan barat, Belgia di selatan, dan Jerman di timur.

Negara yang beribukotakan Amsterdam ini berada di peringkat 14 negara terkaya di dunia. Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Belanda dapat mencapai USD 56.435 pertahun.

13. San Marino

Negara terkaya di dunia yang ke 13 adalah San Marino. Negara San Marino merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Eropa, tepatnya berada di Italia, berbatasan langsung dengan provinsi Emilia-Romagna dan Marche.

Negara yang beribukotakan Kota San Marino ini berada di peringkat 13 negara terkaya di dunia. Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara San Marino dapat mencapai USD 61.169 pertahun.

12. Amerika Serikat

Negara terkaya di dunia yang ke 12 adalah Amerika Serikat. Negara Amerika Serikat atau yang disingkat dengan AS ini merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Amerika, tepatnya dibagian tengah Amerika Utara.

Negara yang beribukotakan Washington, D.C. ini berada di peringkat 12 negara terkaya di dunia. Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Amerika Serikat dapat mencapai USD 62.152 pertahun.

11. Swiss

Negara terkaya di dunia yang ke 11 adalah Swiss. Negara Swiss merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Eropa, tepatnya berbatasan langsung dengan negara Jerman, Perancis, Italia, dan Austria.

Negara yang beribukotakan Bern ini berada di peringkat 11 negara terkaya di dunia. Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Swiss dapat mencapai USD 63.379 pertahun.

10. Hong Kong

Negara terkaya di dunia yang ke 10 adalah Hong Kong. Negara Hong Kong merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada dibagian tenggara Tiongkok di Pearl River Estuari dan Laut Tiongkok Selatan.

Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Hong Kong dapat mencapai USD 64.533 pertahun, sehingga menempatkannya ke dalam peringkat 10 negara terkaya di dunia.

9. Kuwait

Negara terkaya di dunia yang ke 9 adalah Kuwait. Negara Kuwait merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Asia, tepatnya berbatasan langsung dengan Arab Saudi di sebelah selatan dan Irak di sebelah utara.

Negara yang beribukotakan Kota Kuwait ini berada di peringkat 9 negara terkaya di dunia. Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Kuwait dapat mencapai USD 66.673 pertahun.

8. Uni Emirat Arab

Negara terkaya di dunia yang ke 8 adalah Uni Emirat Arab. Negara Uni Emirat Arab atau yang disingkat UEA ini merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Asia, tepatnya berdekatan dengan negara Oman dan Arab Saudi.

Negara yang beribukotakan Abu Dhabi ini berada di peringkat 8 negara terkaya di dunia. Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Uni Emirat Arab dapat mencapai USD 68.662 pertahun.

7. Norwegia

Negara terkaya di dunia yang ke 7 adalah Norwegia. Negara Norwegia merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Eropa, tepatnya berbatasan langsung dengan negara Swedia, Finlandia, dan Rusia.

Negara yang beribukotakan Oslo ini berada di peringkat 7 negara terkaya di dunia. Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Norwegia dapat mencapai USD 74.065 pertahun.

6. Brunei Darussalam

Negara terkaya di dunia yang ke 6 adalah Brunei. Negara Brunei atau yang mempunyai nama resmi Negara Brunei Darussalam ini merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di Asia Tenggara, tepatnya berada di pantai utara pulau Kalimantan.

Negara yang beribukotakan Bandar Seri Begawan ini berada di peringkat 6 negara terkaya di dunia. Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Brunei Darussalam dapat mencapai USD 79.726 pertahun.

5. Irlandia

Negara terkaya di dunia yang ke 5 adalah Irlandia. Negara Irlandia atau yang mempunyai nama resmi Republik Irlandia ini merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Eropa, tepatnya berada di bagian barat laut Eropa.

Negara yang beribukotakan Dublin ini berada di peringkat 5 negara terkaya di dunia. Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Irlandia dapat mencapai USD 79.924 pertahun.

4. Singapura

Negara terkaya di dunia yang ke 4 adalah Singapura. Negara Singapura merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Asia, tepatnya berada di Asia Tenggara serta berdekatan dengan negara Malaysia dan Indonesia.

Negara Singapura berada di peringkat 4 negara terkaya di dunia. Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Singapura dapat mencapai USD 98.014 pertahun.

3. Luksemburg

Negara terkaya di dunia yang ke 3 adalah Luksemburg. Negara Luksemburg atau yang mempunyai nama resmi Keharyapatihan Luksemburg ini merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di Benua Eropa, tepatnya berdekatan dengan negara Prancis, Belgia, dan Jerman.

Negara yang beribukotakan Kota Luksemburg ini berada di peringkat 3 negara terkaya di dunia. Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Luksemburg dapat mencapai USD 110.870 pertahun.

2. Makau

Negara terkaya di dunia yang ke 2 adalah Makau. Negara Makau merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di 70 km sebelah barat daya Hong Kong dan 145 km dari Guangzhou.

Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Makau dapat mencapai USD 122.489 pertahun, sehingga menempatkannya ke dalam peringkat 2 negara terkaya di dunia.

1. Qatar

Negara terkaya di dunia yang ke 1 adalah Qatar. Negara Qatar merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang letak geografisnya berada di Asia Barat, tepatnya berada di semenanjung kecil Jazirah Arab.

Negara beribukotakan Doha ini merupakan negara paling kaya di dunia diantara negara-negara lainnya, sehingga menempatkannya ke dalam peringkat 1 negara terkaya di dunia dan juga negara terkaya di Asia. Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita dari negara Qatar dapat mencapai USD 128.702 pertahun.
Halaman :