advertisement

10 Laut Terluas di Dunia Beserta Benua, Negara, dan Letaknya


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
10 Laut Terluas di Dunia Beserta Benua, Negara, dan Letaknya
10 Laut Terluas di Dunia Beserta Benua, Negara, dan Letaknya

XASXUS.com - Laut merupakan sistem perairan samudra berair asin yang saling terhubung di Bumi dan dianggap sebagai satu samudra global atau sebagai beberapa divisi samudra utama. Berbicara mengenai laut, tahukah kamu apa saja laut terluas di dunia? Nah berikut ini adalah 10 laut terluas di dunia beserta benua, negara, dan letaknya.
Daftar Isi

10. Laut Karibia

Laut terluas di dunia ke-10 adalah Laut Karibia. Laut Karibia merupakan salah satu laut terluas di dunia yang terletak bersebelahan dengan Samudra Atlantik dan Teluk Meksiko dibagian tenggara. Laut yang merupakan rumah bagi sekitar 9 persen dari terumbu karang dunia ini umumnya mempunyai karakteristik dengan kedalaman maksimalnya yang mencapai 6.946 meter atau setara 22.788 kaki di palung Cayman, dan luasnya yang mencapai 2.754.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk dalam daftar ke-10 sebagai laut terluas di dunia saat ini

9. Laut China Selatan

Laut terluas di dunia ke-9 adalah Laut China Selatan. Laut China Selatan merupakan salah satu laut terluas di dunia yang terletak di Samudra Pasifik, dimana lautan ini membentang dari Selat Karimata dan Selat Malaka sampai dengan Selat Taiwan

Lautan yang mempunyai potensi strategis yang sangat besar dikarenakan sepertiga kapal di dunia melintasi lautan ini umumnya mempunyai karakteristik dengan kedalaman maksimalnya yang mencapai 5.016 meter atau setara dengan 16.456, dan luasnya yang mencapai 3.500.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk dalam daftar ke-9 sebagai laut terluas di dunia saat ini.

8. Laut Arab

Laut terluas di dunia ke-8 adalah Laut Arab. Laut Arab merupakan salah satu laut terluas di dunia yang terletak di Samudera Hindia utara, tepatnya dibatasi oleh Pakistan dan Iran di utara, Teluk Aden, Selat Guardafui dan Semenanjung Arab di sebelah barat, dan India di sebelah timur oleh.

Laut Arab ini umumnya mempunyai karakteristik dengan kedalaman maksimalnya yang mencapai 4.652 meter, dan luasnya yang mencapai 3,862,000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk dalam daftar ke-8 sebagai laut terluas di dunia saat ini.

7. Laut Karang

Laut terluas di dunia ke-7 adalah Laut Karang. Laut Karang merupakan salah satu laut terluas di dunia yang terletak di Pasifik Selatan, tepatnya di lepas pantai timur laut Australia. Laut yang mempunyai banyak pulau, dan terumbu karang terbesar di dunia ini umumnya mempunyai karakteristik dengan kedalaman maksimalnya yang mencapai 9.140 meter, dan luasnya yang mencapai 4.791.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk dalam daftar ke-7 sebagai laut terluas di dunia saat ini.

6. Laut Filipina

Laut terluas di dunia ke-6 adalah Laut Filipina. Laut Filipina merupakan salah satu laut terluas di dunia yang terletak sebagian di Samudra Pasifik, tepatnya berbatasan langsung dengan Filipina dibagian barat dan Taiwan di barat, Mariana di timur, Jepang di utara, dan Halmahera di selatan.

Laut yang mempunyai relief bawah laut yang sangat kompleks dan beraneka ragam ini umumnya mempunyai karakteristik dengan kedalaman maksimalnya yang mencapai 4.108 meter, dan luasnya yang mencapai 5,695 juta kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk dalam daftar ke-6 sebagai laut terluas di dunia saat ini.

5. Samudra Arktik

Laut terluas di dunia ke-5 adalah Samudra Arktik. Samudra Arktik merupakan salah satu laut terluas di dunia yang terletak belahan utara bumi dan kebanyakan terletak di wilayah Arktik Kutub Utara dan terdiri dari Laut Barents, Tanjung Baffin, Laut Chukchi, Laut Beaufort, Laut Greenland, Laut Siberia Timur, Teluk Hudson, Tanjung Hudson, Laut Laptev, Laut Kara, Laut Putih dan lain sebagainya

Laut yang sebagian wilayahnya tertutup oleh es ini umumnya mempunyai karakteristik dengan kedalaman rata-rata 1.038 meter atau 3.406 kaki dan kedalaman maksimalnya yang mencapai 5.450 meter atau setara dengan 17.880 kaki di Basin Eurasia, dan luasnya yang mencapai 14.056.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk dalam daftar ke-5 sebagai laut terluas di dunia saat ini.

4. Samudra Antartik

Laut terluas di dunia ke-4 adalah Samudra Antartik. Samudra Antartik atau yang dikenal juga dengan Samudra Selatan merupakan salah satu laut terluas di dunia yang terletak diantara 60° lintang selatan hingga bibir pantai benua Antartika, dan melingkupi 360° bujur bumi.

Laut yang mengelilingi benua Antartika ini umumnya mempunyai karakteristik dengan kedalaman maksimalnya yang mencapai 7,236 meter atau setara 23.740 kaki, dan luasnya yang mencapai 20,33 juta kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk dalam daftar ke-4 sebagai laut terluas di dunia saat ini.

3. Samudra Hindia

Laut terluas di dunia ke-3 adalah Samudra Hindia. Samudra Hindia merupakan salah satu laut terluas di dunia yang terletak diantara Jazirah Arabia dan Afrika dibagian barat, Benua Asia dibagian utara, Benua Australia, Antartika dibagian selatan, dan Semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa, Kepulauan Sunda Kecil dibagian timur.

Laut yang mencakup kira-kira 20 persen permukaan air di Bumi ini dan satu-satunya menggunakan nama negara, yaitu India umumnya mempunyai karakteristik dengan kedalaman rata-rata 3.741 meter atau 12.274 kaki dan kedalaman maksimalnya yang mencapai 7.906 meter atau setara 25.938 kaki

Selain itu, laut ini juga mempunyai luas yang mencapai 70,56 juta kilometer persegi, dan terdiri dari berbagai macam lautan, seperti Laut Arab, Laut Andaman, Great Australian Bight, Teluk Bengal, Teluk Oman, Teluk Aden, Teluk Persia, Saluran Mozambique, Selat Malaka, Laut Merah, dan sebagainya, sehingga membuatnya masuk dalam daftar ke-3 sebagai laut terluas di dunia saat ini.

2. Samudra Atlantik

Laut terluas di dunia ke-2 adalah Samudra Atlantik. Samudra Atlantik merupakan salah satu laut terluas di dunia yang terletak diantara Benua Amerika Utara, Benua Amerika Selatan dibagian barat samudera, Benua Eropa dan Benua Afrika dibagian timur samudra.

Laut yang mencakup kira-kira seperlima permukaan Bumi ini umumnya mempunyai karakteristik dengan kedalaman rata-ratanya 3.646 meter atau 11.962 kaki, dan kedalaman maksimalnya yang mencapai 8.486 meter atau setara 27.841 kaki yang berada di Palung Puerto Riko.

Selain itu, laut yang dibatasi oleh berbagai macam teluk dan lautan ini juga mempunyai luas yang mencapai 106.460.000 kilometer persegi, dan luasnya yang beraneka ragam, seperti halnya 2.848 kilometer diantara Negara Brasil dan Liberia sampai sekitar 4.830 kilometer antara Negara Amerika Serikat dan sebelah utara Benua Afrika, sehingga membuatnya masuk dalam daftar ke-2 sebagai laut terluas di dunia saat ini.

1. Samudra Pasifik

Laut terluas di dunia ke-1 adalah Samudra Pasifik. Samudra Pasifik merupakan salah satu laut terluas di dunia yang terletak diantara Benua Asia, Benua Australia di sebelah barat, Benua Amerika di sebelah timur, Benua Antartika di sebelah selatan dan Samudra Arktik di sebelah utara.

Laut yang mencakup kira-kira sepertiga permukaan Bumi ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjangnya yang mencapai 15.500 kilometer, kedalaman maksimalnya yang mencapai 10.924 meter atau setara dengan 35.837 kaki, dan terdiri dari sekitar 25.000 kepulauan yang keseluruhannya terletak di selatan khatulistiwa.

Selain itu, laut yang merupakan pusat badai tropis dan terdiri dari beberapa lautan, seperti Laut Koral, Laut Sulawesi, Laut Jepang, Laut China Timur, Laut Sulu, Laut China Selatan, Laut Tasman dan Laut Kuning ini juga mempunyai luas yang mencapai 179,7 juta kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk dalam daftar ke-1 sebagai laut terluas di dunia saat ini.
Suka artikel berjudul 10 Laut Terluas di Dunia Beserta Benua, Negara, dan Letaknya, Yuk bagikan ke: