advertisement

5 Kerajaan Hindu Tertua di Indonesia Beserta Letak dan Penjelasannya


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
5 Kerajaan Hindu Tertua di Indonesia Beserta Letak dan Penjelasannya
5 Kerajaan Hindu Tertua di Indonesia Beserta Letak dan Penjelasannya

XASXUS.com - Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat kaya akan sejarah, termasuk kerajaan-kerajaannya yang zaman dahulu banyak tersebar di Indonesia, baik itu kerajaan bercorak Budha, Hindu, maupun Islam. Namun tahukah kamu apa saja kerajaan hindu tertua di Indonesia? Nah berikut ini adalah 5 kerajaan hindu tertua di Indonesia.
Daftar Isi

1. Kerajaan Kutai

Kerajaan hindu tertua di Indonesia ke-1 adalah Kerajaan Kutai. Kerajaan Kutai atau yang dikenal juga dengan Kutai Martadipura merupakan salah satu kerajaan hindu tertua di Indonesia dan merupakan kerajaan hindu pertama di indonesia yang terdapat di hulu sungai Mahakam, Muara Kaman, Provinsi Kalimantan Timur.

Nama kutai dari kerajaan hindu ini diberikan berdasarkan prasasti yang menunjukkan eksistensi dari kerajaan tersebut oleh para ahli. Menurut sejarahnya, kerajaan hindu tertua di Indonesia ini sudah berdiri sejak abad ke-4 dan sudah dipimpin oleh sekitar 20 raja, seperti Maharaja Kudungga (pendiri), Maharaja Asmawarman, Maharaja Mulawarman, dan lain sebagainya.

2. Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan hindu tertua di Indonesia ke-2 adalah Kerajaan Tarumanegara. Kerajaan Tarumanegara atau yang dikenal juga dengan Kerajaan Taruma merupakan salah satu kerajaan hindu tertua di Indonesia yang pernah berkuasa di wilayah barat pulau Jawa.

Nama tarumanagara pada kerajaan ini berasal dari 2 kata, yaitu taruma dan nagara, dimana kata taruma sendiri berasal dari kata tarum yang merupakan nama sungai yang membelah Provinsi Jawa Barat, yakni sungai Citarum. Sedangkan kata nagara artinya adalah kerajaan.

Selain itu, menurut sejarahnya kerajaan hindu tertua di Indonesia ini sudah berdiri sejak abad ke-4 sampai ke-7 dan sudah dipimpin oleh sekitar 12 raja, seperti Raja Jayasingawarman (358-382), Raja Dharmayawarman (382-395), Raja Purnawarman (395-434), dan lain sebagainya.

3. Kerajaan Mataram Kuno

Kerajaan hindu tertua di Indonesia ke-3 adalah Kerajaan Mataram Kuno. Kerajaan Mataram Kuno atau yang disebut juga Kerajaan Medang ini merupakan salah satu kerajaan hindu tertua di Indonesia yang berkuasa di Jawa Tengah sejak pada abad ke-8 dan kemudian pada abad ke-10 kerajaan ini berpindah ke Jawa Timur.

Kerajaan Mataram Kuno menurut sejarahnya sudah di pimpin oleh sekitar 16 raja, seperti Raja Sanjaya sebagai pendiri, Raja Rakai Panangkaran, Raja Rakai Panunggalan alias Dharanindra, dan lain sebagainya hingga raja terakhir yaitu Raja Dharmawangsa Teguh.

Selain itu, Kerajaan Mataram Kuno juga meninggalkan banyak candi baik itu yang bercorak Hindu maupun Buddha, seperti halnya Candi Plaosan, Candi Kalasan, Candi Sewu, Candi Prambanan, Candi Pawon, Candi Mendut, Candi Sari, Candi Kedulan, Candi Sambisari, Candi Ijo, Candi Morangan, Candi Sojiwan, Candi Barong, Candi Borobudur, dan lain sebagainya.

4. Kerajaan Kediri

Kerajaan hindu tertua di Indonesia ke-4 adalah Kerajaan Kediri. Kerajaan Kediri atau yang dikenal juga dengan Kerajaan Kadiri ini merupakan salah satu kerajaan hindu tertua di Indonesia yang terdapat di Jawa Timur, dimana kerajaan ini berdiri sejak tahun 1042 sampai 1222 dan berpusat di kota Daha atau yang saat ini dikenal dengan Kota Kediri.

Menurut sejarahnya kerajaan hindu tertua di Indonesia ini sudah dipimpin oleh sekitar beberapa raja, seperti Sri Jayawarsa, Sri Bameswara, Prabu Jayabaya, Sri Sarwaswera, Sri Aryeswara, Sri Gandra, Sri Kameswara, dan Sri Kertajaya. Selain itu, kerajaan ini juga meninggalkan banyak candi baik itu bercorak hindu maupun budha, seperti Candi Penataran, Candi Tondowongso, Candi Gurah, Candi Mirigambar, Candi Tuban, Prasasti Kamulan, Prasasti Galunggung, dan lain sebagainya.

5. Kerajaan Singosari

Kerajaan hindu tertua di Indonesia ke-5 adalah Kerajaan Singosari. Kerajaan Singosari atau yang sering disebut juga dengan Kerajaan Singasari atau Singhasari ini merupakan salah satu kerajaan hindu tertua di Indonesia yang terdapat di Jawa Timur, dimana kerajaan ini didirikan oleh Ken Arok pada tahun 1222.

Meskipun kerajaan ini mempunyai nama Kerajaan Singosari, akan tetapi nama resmi dari kerajaan ini adalah Kerajaan Tumapel dengan ibukotanya yaitu Kutaraja. Selain itu, menurut sejarahnya kerajaan ini sudah di pimpin oleh sekitar beberapa raja, seperti menurut versi Pararaton, raja Kerajaan Singosari diawali oleh Ken Arok alias Rajasa Sang Amurwabhumi (1222-1247), Anusapati (1247-1249), Tohjaya (1249-1250), Ranggawuni alias Wisnuwardhana (1250-1272), dan Kertanagara (1272-1292).

Sementara menurut versi Nagarakretagama, raja Kerajaan Singosari diawali oleh Rangga Rajasa Sang Girinathaputra (1222-1227), Anusapati (1227-1248), Wisnuwardhana (1248-1254), dan Kertanagara (1254-1292). Selain itu, Kerajaan Singosari juga meninggalkan banyak candi baik itu yang bercorak Hindu maupun Buddha, seperti halnya Candi Singosari, Candi Jago, Candi Sumberawan, Candi Jawi, Candi Kidal, dan lain sebagainya.
Suka artikel berjudul 5 Kerajaan Hindu Tertua di Indonesia Beserta Letak dan Penjelasannya, Yuk bagikan ke: