advertisement

18 Kebiasaan Orang Jawa (Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur) Dalam Kehidupan Sehari-hari


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
18 Kebiasaan Orang Jawa (Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur) Dalam Kehidupan Sehari-hari
18 Kebiasaan Orang Jawa (Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur) Dalam Kehidupan Sehari-hari

XASXUS.com - Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang terdiri dari berbagai macam suku. Dimana masing-masing suku di Indonesia mempunyai tradisi dan kebiasannya sendiri dan berbeda dengan suku lainnya. Nah berbicara mengenai kebiasaan dari suku di Indonesia, tahukah kamu apa saja kebiasaan orang jawa di dalam kehidupannya sehari-hari. Nah berikut ini adalah 18 kebiasaan orang jawa di dalam kehidupan sehari-hari.
Daftar Isi

1. Kebiasan orang jawa cenderung sebagai pribadi yang suka menyapa

Kebiasaan orang jawa yang ke-1 adalah cenderung sebagai pribadi yang suka menyapa. Ini merupakan kebiasaan orang jawa yang banyak dijumpai, baik itu masyarakat yang berada di Pulau Jawa maupun masyarakat suku Jawa yang yang berada di luar pulau Jawa. Dimana setiap kali berpapasan dengan orang jawa mereka akan cenderung menyapa, baik itu sapaan berupa omongan maupun senyuman.

2. Kebiasan orang jawa cenderung sebagai pribadi pemalu

Kebiasaan orang jawa yang ke-2 adalah cenderung sebagai pribadi yang pemalu. Ini merupakan kebiasaan orang jawa yang banyak dijumpai, dimana meskipun orang jawa cenderung sebagai pribadi yang suka menyapa, akan tetapi pada dasarnya mereka merupakan orang yang pemalu. Hal ini terbukti jika orang jawa jarang sekali memulai percakapan ketika berada dilingkungan baru.

3. Kebiasan orang jawa cenderung sebagai pribadi yang menyenangkan

Kebiasaan orang jawa yang ke-3 adalah cenderung sebagai pribadi yang menyenangkan. Ini merupakan kebiasaan orang jawa yang banyak dijumpai, dimana meskipun orang jawa cenderung sebagai pribadi yang pemalu ketika berada dilingkungan baru, akan tetapi pada dasarnya mereka merupakan orang yang sangat menyenangkan ketika diajak mengobrol.

4. Kebiasan orang jawa cenderung pandai di dalam menjaga etika dan sopan santun

Kebiasaan orang jawa yang ke-4 adalah cenderung pandai di dalam menjaga etika dan sopan santun. Ini merupakan kebiasaan orang jawa yang banyak dijumpai, dimana orang jawa cenderung sangat sopan baik itu terhadap sesamanya maupun terhadap orang yang lebih tua darinya.

Hal ini terbukti ketika orang jawa berjalan melewati orang yang umurnya jauh lebih tua darinya, dimana mereka cenderung selalu merundukan badan untuk menghormati seseorang yang dilewatinya. Kebiasaan merundukan badan ini merupakan kebiasaan orang jawa yang sudah sangat melekat, dimana kebiasaan ini adalah sebagai bentuk penghormatan, tata krama, dan sopan santun dari masyarakat suku jawa. 

5. Kebiasan orang jawa cenderung sebagai pribadi yang pekerja keras

Kebiasaan orang jawa yang ke-5 adalah cenderung sebagai pribadi yang pekerja keras. Jika dilihat dari lingkup perusahaan, mayoritas orang jawa cenderung sebagai para pekerja terbaik. Hal ini wajar saja dikarenakan orang jawa umumnya cenderung sebagai pribadi yang tidak pernah mengeluh, disiplin, dan berdedikasi tinggi terhadap apa yang dipikulnya.

6. Kebiasan orang jawa cenderung tidak boros

Kebiasaan orang jawa yang ke-6 adalah cenderung sebagai pribadi yang tidak boros. Hal ini terbukti jika pada saat mendapatkan gaji bulanan, mereka cenderung sangat jarang di dalam memboroskan uang hanya untuk membeli keperluan yang dirasa tidak diperlukan, dimana mereka lebih suka untuk mengirimkan uang kepada orang tua ataupun sanak saudara yang berada dikampung.

7. Kebiasan orang jawa cenderung suka menambung

Kebiasaan orang jawa yang ke-7 adalah cenderung sebagai pribadi yang suka menambung. Jadi selain tidak suka boros, orang jawa ternyata juga mempunyai kebiasaan menabung. Hal ini terbukti jika pada saat mendapatkan gaji bulanan, mereka lebih suka menabung ketimbang memboroskan uang hanya untuk membeli keperluan yang dirasa tidak diperlukan.

8. Kebiasan orang jawa kehidupannya cenderung mengalir seperti air

Kebiasaan orang jawa yang ke-8 adalah kehidupannya kehidupannya cenderung mengalir seperti air. Seperti yang diketahui jika masyarakat menganut sebuah filosofi yaitu hidup mengalir seperti air, dimana artinya adalah dalam kehidupannya orang jawa hidup seolah-olah tanpa beban dan tanggungan.

Hal ini dikarenakan mereka paham bahwa hidup yang terpenting adalah dapat makan, menghidupi keluarga, dan yang paling penting adalah ibadah, sehingga dalam kehidupannya orang jawa cenderung mengalir saja seperti air dan tidak memikirkan hal-hal lainnya.

9. Kebiasan orang jawa cenderung sebagai pribadi yang menerima apa adanya

Kebiasaan orang jawa yang ke-9 adalah cenderung sebagai pribadi yang menerima apa adanya. Hal ini terlihat ketika sedang menjalani sebuah hubungan dengan orang jawa, dimana mereka cenderung sebagai pribadi yang menerima pasangannya dalam keadaan apapun, asalkan merasa cocok dan saling menyukai.

10. Kebiasan orang jawa cenderung suka mengalah, kalem, dan menghindari konflik

Kebiasaan orang jawa yang ke-10 adalah cenderung suka mengalah, kalem, dan menghindari konflik. Hal ini terbukti ketika berumah tangga, dimana mereka cenderung akan mengalah, baik itu untuk pasangannya maupun untuk anaknya sendiri. Jadi dapat dibilang orang jawa merupakan orang yang tepat untuk dijadikan teman hidup.

11. Kebiasan orang jawa cenderung sebagai pribadi yang mudah bergaul

Kebiasaan orang jawa yang ke-11 adalah cenderung sebagai pribadi yang mudah bergaul. Seperti yang diketahui bahwa orang jawa umumnya mempunyai sifat luwes, dimana mereka cenderung mudah berbaur dengan siapa saja walaupun terkadang mereka agak sedikit pemalu dan sungkan. Hal ini wajar saja, karena mereka merupakan orang sopan dan ramah sehingga membuatnya senang bergaul.

12. Kebiasan orang jawa gaya dan tutur bahasanya sopan

Kebiasaan orang jawa yang ke-12 adalah gaya dan tutur bahasanya sopan. Seperti yang diketahui bahwa dalam strata bahasanya, bahasa Jawa terbagi ke dalam beberapa strata, seperti halus, sedang, dan kasar. Nah hal inilah yang membuat kebiasaan tutur bahasa dari orang jawa cenderung sopan, terutama di daerah Solo, Yogyakarta, dan Semarang yang sudah terkenal akan kelembutan dan kehalusan di dalam tutur berbicaranya.

Meskipun demikian, tidak semua bahasa yang digunakan dalam orang jawa cenderung lembut, dimana beberapa wilayah di Jawa tepatnya orang jawa yang tinggal dibagian timur (Jawa Timur) bahasa yang digunakan cenderung sedikit kasar dan keras.

13. Kebiasan orang jawa dalam kehidupannya cenderung mempertahankan tradisi dan budaya

Kebiasaan orang jawa yang ke-13 adalah cenderung mempertahankan tradisi dan budaya di dalam kehidupannya. Seperti yang diketahui jika orang jawa sampai saat ini masih banyak yang memegang erat tradisi-tradisi yang berawal dari para leluhur. Hal ini terlihat dengan masih adanya berbagai macam tradisi yang sering dilakukan oleh masyarakat Jawa, khususnya seperti di wilayah Yogyakarta, Solo, dan lain sebagainya.

14. Kebiasan orang jawa suka makan menggunakan tangan

Kebiasaan orang jawa yang ke-14 adalah suka makan menggunakan tangan. Kebiasaan orang jawa satu ini mungkin sudah umum bagi kamu yang mempunyai kerabat orang Jawa. Namun tahukah kamu ternyata kebiasaan makan menggunakan tangan atau yang istilahnya puluk atau muluk ini merupakan kebiasaan yang sudah dilakukan sejak lama. Hal ini dikarenakan bagi orang jawa makan menggunakan tangan dirasa jauh lebih nikmat, apalagi jika sambil duduk lesehan.

15. Kebiasan orang jawa cenderung sebagai pribadi yang arif dan ramah

Kebiasaan orang jawa yang ke-15 adalah cenderung sebagai pribadi yang arif dan ramah. Meskipun sudah memasuki era modern saat ini, ternyata orang jawa tetap menjunjung tinggi nilai kearifan. Meskipun demikian, hanya sebagian orang jawa sajalah yang sampai saat ini masih tetap menjunjung nilai-nilai ini. Hal ini dikarenakan sebagian orang jawa sudah tergerus oleh kepribadian yang tidak menyenangkan, terutama orang jawa yang tinggal diperkotaan. Sungguh miris...

16. Kebiasan orang jawa cenderung banyak melarang

Kebiasaan orang jawa yang ke-16 adalah cenderung banyak melarang. Jika kalian orang jawa pasti pernah mendengar kata larangan "ora ilok" ini. Ungkapan ini memang sering terucap jika menasihati atau melarang seseorang. Misalnya seperti "Ora ilok mangan karo ngomong", dimana artinya adalah "Tidak baik makan sambil berbicara", hal ini dikarenakan seseorang yang makan sambil berbicara kemungkinan akan mengalami tersedak.

17. Kebiasan orang jawa cenderung suka menolong

Kebiasaan orang jawa yang ke-17 adalah cenderung suka menolong. Ini merupakan kebiasaan orang jawa yang sering dijumpai, dimana mereka mempunyai filosofi berupa "Mangan ora mangan sing penting ngumpul" atau yang dalam bahasa Indonesia artinya "makan tidak makan yang penting kumpul". Filosofi ini umumnya bisa dimaknai secara luas, seperti orang yang suka berkumpul, gotong royong, dan bahkan saling tolong-menolong.

18. Kebiasan orang jawa cenderung mempunyai logat yang sangat khas

Kebiasaan orang jawa yang ke-18 adalah cenderung mempunyai logat yang sangat khas. Ini merupakan kebiasaan orang jawa yang sering dijumpai, seperti di Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, dan lain sebagainya. Bahkan setiap daerah mempunyai logat khasnya masing-masing, seperti halnya di Cilacap, Banyumas, Purwokerto, Banjarnegara, dan Purbalingga yang terkenal dengan logatnya yaitu ngapak.
Suka artikel berjudul 18 Kebiasaan Orang Jawa (Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur) Dalam Kehidupan Sehari-hari, Yuk bagikan ke: