advertisement

18 Karakter, Sifat, dan Kebiasaan Orang Sunda Dalam Kehidupan Sehari Hari


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
18 Karakter, Sifat, dan Kebiasaan Orang Sunda Dalam Kehidupan Sehari Hari
18 Karakter, Sifat, dan Kebiasaan Orang Sunda Dalam Kehidupan Sehari Hari

XASXUS.com - Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang terdiri dari berbagai macam suku. Dimana masing-masing suku di Indonesia mempunyai tradisi dan kebiasannya sendiri dan berbeda dengan suku lainnya. Nah berbicara mengenai kebiasaan dari suku di Indonesia, tahukah kamu apa saja kebiasaan orang sunda di dalam kehidupannya sehari-hari. Nah berikut ini adalah 18 karakter, sifat, dan kebiasaan orang sunda di dalam kehidupan sehari-hari.
Daftar Isi

1. Orang sunda mempunyai pribadi yang ramah

Karakter, sifat, dan kebiasaan orang sunda yang ke-1 adalah pribadi yang ramah. Seperti yang diketahui jika orang sunda sangat memegang filosofi "Soméah Hade ka Sémah", dimana artinya adalah "ramah, bersikap baik, menjaga, menjamu, dan juga membahagiakan setiap orang atau tamunya", sehingga wajar saja jika orang sunda terkenal akan keramahannya.

2. Orang sunda mempunyai pribadi yang sopan

Karakter, sifat, dan kebiasaan orang sunda yang ke-2 adalah pribadi yang sopan. Hal ini dikarenakan orang sunda sangat menjunjung tinggi akan nilai-nilai kebersamaan dan juga kesopanan, sehingga orang sunda cenderung mempunyai karakter dan kebiasaan yang sopan, terutama dengan orang yang lebih tua darinya.

3. Orang sunda murah senyum

Karakter, sifat, dan kebiasaan orang sunda yang ke-3 adalah murah senyum. Seperti yang diketahui jika orang sunda ternyata merupakan pribadi yang murah senyum dengan siapa saja, baik itu dengan orang yang belum dikenalnya maupun yang sudah dikenalnya.

4. Orang sunda cenderung lucu dan humoris

Karakter, sifat, dan kebiasaan orang sunda yang ke-4 adalah lucu dan humoris. Bahkan ternyata kebiasaan melucu dan humoris ini sudah ada sejak dahulu. Hal ini terbukti dengan berbagai macam banyolan atau bodoran yang ada di dongeng-dongeng sunda, wayang golek, ceramah jujun, lawakan ohang, dan lain sebagainya.

5. Orang sunda tidak bisa membedakan huruf F dan P

Karakter, sifat, dan kebiasaan orang sunda yang ke-5 adalah tidak bisa membedakan huruf F dan P. Hal ini wajar saja, sebab sejak zaman dahulu orang sunda ternyata tidak mengenal huruf F dan V. Seperti yang diketahui jika huruf-huruf tersebut ternyata tidak terdapat di dalam aksara sunda (Kaganga) di zaman dahulu.

Sehingga kebiasaan tidak mengenal F dan V inilah yang kemudian secara turun temurun menjadi kebiasaan orang sunda dan membuatnya tidak bisa membedakan huruf F dan P. Misalnya menyebutkan kata "Fitnah", maka orang sunda akan menyebutnya dengan kata "Pitnah". Meskipun begitu, ternyata tidak semua orang sunda demikian, hanya sebagian orang sunda sajalah yang masih tidak bisa membedakan huruf F dan P.

6. Logat orang sunda sangat khas

Karakter, sifat, dan kebiasaan orang sunda yang ke-6 adalah logatnya yang sangat khas. Sama halnya di daerah lainnya di Indonesia, dimana orang sunda di Jawa Barat juga mempunyai logatnya sangat khas di dalam berbicara. Bahkan saat berbicara menggunakan bahasa Indonesia, orang sunda tidak akan lepas dari logatnya yang bergelombang.

7. Orang sunda tidak suka merantau

Karakter, sifat, dan kebiasaan orang sunda yang ke-7 adalah tidak suka merantau. Hal ini wajar saja, sebab mayoritas orang sunda yang tinggal di Bandung merasa nyaman bertempat tinggal diwilayahnya sendiri. Seperti yang diketahui jika tempat tinggal orang sunda berada dipusat keramaian, yaitu di Bandung yang merupakan kota terbesar ke-4.

Meskipun demikian, tidak semua orang sunda tidak suka merantau. Bahkan beberapa diantaranya juga ada yang merantau untuk tujuan yang berbagai macam, seperti bertujuan untuk pendidikan, dan lain sebagainya.

8. Orang sunda mempunyai nama yang unik dan sama

Karakter, sifat, dan kebiasaan orang sunda yang ke-8 adalah mempunyai nama yang unik dan sama. Bagi kamu orang sunda mungkin ini sudah tidak asing lagi, namun bagi orang yang belum mengetahuinya hal ini terlihat sangat unik.

Seperti yang diketahui jika orang sunda dalam memberikan nama terhadap anak cenderung sama, terutama orang tua zaman dahulu atau yang dalam bahasa sunda kolot baheula. Dimana mereka cenderung suka memberi nama seperti Asep, Jajang, Aceng, Cecep, Encep, Kokom, Elis, Dede, Enjang, Sri, Ujang, Ade, Aam, Eneng, Euis, dan lain sebagainya.

Bahkan ditempat pendidikannya, seperti saat belajar di SD, SMP, SMA, dalam 1 kelas pasti minimal ada sekitar 3 orang yang mempunyai nama asep, seperti halnya Asep Guntur lah, Asep Tomang lah, dan asep lainnya. Yang unik lainnya disini adalah setiap guru terkadang menggati nama akhirannya menjadi angka, misalnya Asep 1, Asep 2, Asep 3 dan lain sebagainya.

9. Orang sunda dilarang menikah dengan orang jawa

Karakter, sifat, dan kebiasaan orang sunda yang ke-9 adalah dilarang menikah dengan orang jawa. Larangan ini umumnya sudah ada sejak zaman dahulu kala, hal ini dikarenakan jika menikah dengan orang jawa ditakutkan akan kualat.

Meskipun demikian ini hanyalah mitos yang berkembang dimasyarakat sunda. Karena pada dasarnya saat ini banyak diantaranya orang sunda yang menikah dengan orang jawa, dan sebaliknya orang jawa yang menikah dengan orang sunda.

Awal mula dari mitos ini banyak yang mengaitkan dengan adanya dendam saat perang bubat dan ada pula yang mengaitkan antara karakter orang sunda dengan orang jawa yang saling bertolak belakang, sehingga jika disatukan mereka akan selalu mengalami permasalahan dan juga bakalan tidak langgeng.

10. Orang sunda katanya cantik dan tampan

Karakter, sifat, dan kebiasaan orang sunda yang ke-10 adalah mempunyai parah yang cantik dan tampan. Ini merupakan hal yang sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Bahkan tanah sunda sendiri sudah terkenal akan istilah mojang priangan yang menggambarkan kecantikan dari wanita sunda.

11. Orang sunda mempunyai tekstur muka dan kulitnya yang sangat khas

Karakter, sifat, dan kebiasaan orang sunda yang ke-11 adalah tekstur muka dan kulitnya yang sangat khas. Jadi selain logat bicaranya yang sangat khas, ternyata orang sunda juga mempunyai tekstur muka dan kulit yang khas, sehingga membuatnya mudah dikenali bahwa asli orang sunda.

12. Kehidupan orang sunda selalu dibawa santai

Karakter, sifat, dan kebiasaan orang sunda yang ke-12 adalah kehidupannya selalu dibawa santai dan tidak ribet. Seperti yang diketahui jika orang sunda umumnya diwakili oleh karakter sosok kabayan, dimana kabayan sendiri digambarkan sebagai sosok yang pemalas dan santai, namun mempunyai banyak akal. Jadi meskipun kabayan ini merupakan tokoh fiktif, akan tetapi sosoknya yang melegenda dikalangan masyarakat sunda membuatnya dijadikan cerminan kehidupan bagi orang sunda.

13. Orang sunda cenderung kreatif dan inovatif

Karakter, sifat, dan kebiasaan orang sunda yang ke-13 adalah kreatif dan inovatif. Mungkin karakter dan kebiasaan orang sunda yang satu ini sudah tidak asing lagi diteliga. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya karya yang sangat kreatif dan juga inovatif dari anak-anak muda di Bandung, seperti halnya kreatif di dalam bidang seni, kuliner, maupun dalam bidang fashion.

14. Orang sunda suka lalapan dan sambel

Karakter, sifat, dan kebiasaan orang sunda yang ke-14 adalah suka lalapan dan sambel. Hal ini terbukti dengan selalu disediakannya lalapan dan juga sambal disetiap berkunjung ke rumah orang sunda ataupun restoran sunda.

15. Orang sunda kalau marah kayak lagi bercanda

Karakter, sifat, dan kebiasaan orang sunda yang ke-15 adalah kalau marah kayak lagi bercanda. Hal ini terjadi dikarenakan tekstur muka dan logat orang sunda ketika marah seperti halnya sedang mengobrol dan tidak terlihat seperti sedang marah.

16. Dalam berbica orang sunda selalu memakai imbuhan Mah, Da, Atuh, Euy, Sok

Karakter, sifat, dan kebiasaan orang sunda yang ke-16 adalah selalu memakai imbuhan Mah, Da, Atuh, Euy, Sok dalam berbicara. Sepertinya kata imbuhan ini memang tidak bisa dipisahkan oleh orang sunda. Bahkan ketika berbicara menggunakan bahasa Indonesia, imbuhan Mah, Da, Atuh, Euy, Sok ini akan tetap muncul.

17. Orang sunda agamis dan rajin shalat

Karakter, sifat, dan kebiasaan orang sunda yang ke-17 adalah agamis dan rajin shalat. Seperti yang diketahui jika orang sunda ternyata juga merupakan sosok yang agamis dan juga rajin shalat, hal ini terbukti dengan banyaknya pondok pesantren yang bertebaran di Provinsi Jawa Barat.

18. Orang sunda suka Persib Bandung (Bobotoh)

Karakter, sifat, dan kebiasaan orang sunda yang ke-18 adalah suka Persib Bandung. Seperti yang diketahui jika Persib merupakan klub sepak bola Indonesia yang dahulu para pemainnya banyak dihuni oleh orang sunda, sehingga Persib sudah mendarah daging bagi orang sunda sejak zaman dahulu. Bahkan ketika tim Persib sudah menjadi lebih modern dan para pemainnya cenderung banyak dihuni oleh orang luar, kecintaan akan tim Persib tidak pernah luntur.
Suka artikel berjudul 18 Karakter, Sifat, dan Kebiasaan Orang Sunda Dalam Kehidupan Sehari Hari, Yuk bagikan ke: