advertisement

20 Karakter, Sifat, dan Kebiasaan Orang Bali Dalam Kehidupan Sehari Hari


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
20 Karakter, Sifat, dan Kebiasaan Orang Bali Dalam Kehidupan Sehari Hari
20 Karakter, Sifat, dan Kebiasaan Orang Bali Dalam Kehidupan Sehari Hari

XASXUS.com - Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang terdiri dari berbagai macam suku. Dimana masing-masing suku di Indonesia mempunyai tradisi dan kebiasannya sendiri dan berbeda dengan suku lainnya. Berbicara mengenai kebiasaan dari suku di Indonesia, tahukah kamu apa saja kebiasaan orang Bali di dalam kehidupannya sehari-hari.

Nah berikut ini adalah 20 karakter, sifat, dan kebiasaan orang Bali di dalam kehidupan sehari-hari.
Daftar Isi

1. Orang Bali mempunyai pribadi yang murah senyum

Sifat, karakter dan kebiasaan orang Bali ke-1 adalah mempunyai pribadi yang murah senyum. Seperti yang diketahui jika orang Indonesia memang terkenal akan ramah tamah dan murah senyum, hal ini juga terjadi di dalam kebiasaan orang Bali, dimana mereka tidak sungkan untuk senyum dengan siapa saja yang mereka temui.

Tidak hanya dilakukan dengan orang yang sudah akrab saja, akan tetapi kebiasaan murah senyum dari orang Bali ini juga dilakukan dengan orang yang belum dikenalnya, seperti halnya melemparkan senyum dengan para turis mancanegara yang sedang berwisata di Bali.

2. Orang Bali akan menganggap tamu adalah raja

Sifat, karakter dan kebiasaan orang Bali ke-2 adalah menganggap tamu adalah raja. Seperti yang diketahui jika kebiasaan orang Bali yang satu ini sudah terbentuk dari zaman dahulu sampai sekarang, dimana mereka akan selalu menganggap tamu yang datang ketempatnya adalah seperti raja yang sudah seharusnya dilayani dengan sepenuh hati.

3. Orang Bali pintar berbahasa Inggris

Sifat, karakter dan kebiasaan orang Bali ke-3 adalah pintar berbahasa Inggris. Kebiasaan orang Bali yang satu ini umumnya dikarenakan Pulau Bali Sendiri memang terkenal akan wisatanya yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari Mancanegara.

Karena hal inilah yang membuat orang Bali khususnya orang Bali yang berada dipesisir bisa berbahasa Inggris, dimana mereka cenderung belajar Bahasa Inggris dengan konsep learning by doing, sehingga membuatnya cepat di dalam berbahasa Inggris.

4. Orang Bali sangat menjunjung tinggi adat dan kebudayaannya

Sifat, karakter dan kebiasaan orang Bali ke-4 adalah sangat menjunjung tinggi adat dan kebudayaannya. Meskipun pulau Bali ini merupakan tempat yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari mancanegara dengan kebudayaan dan sifatnya masing-masing, akan tetapi orang Bali tidak begitu saja terbawa arus dan kemudian melupakan adat kebudayaannya.

Mereka tetap menjunjung tinggi adat dan kebudayaannya, bahkan adat dan kebudayaan dari orang Bali justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, seperti halnya budaya kematian dengan upacara ngaben, budaya pernikahan yang biasa disebut dengan pawiwahan, budaya potong gigi yang biasa disebut dengan mapandes, dan masih banyak lagi.

5. Orang Bali selalu punya kamar kosong untuk tamu menginap

Sifat, karakter dan kebiasaan orang Bali ke-5 adalah selalu punya kamar kosong untuk tamu menginap. Seperti yang diketahui jika orang Bali ini mempunyai karakteristik Belog Polos atau yang artinya adalah mempersilakan orang asing masuk tanpa pertimbangan. Sehingga wajar saja jika orang Bali selalu mempunyai kamar kosong untuk tamu menginap.

6. Orang Bali mempunyai pribadi mudah akrab

Sifat, karakter dan kebiasaan orang Bali ke-6 adalah mempunyai pribadi mudah akrab. Seperti yang diketahui jika ekonomi dari Provinsi Bali sebagian besar berasal dari sektor pariwisata, sehingga wajar saja jika orang Bali bisa bercengkrama dengan siapapun, termasuk bercengkrama dengan para turis.

7. Orang Bali selalu siap menjadi guide

Sifat, karakter dan kebiasaan orang Bali ke-7 adalah selalu siap menjadi guide. Bagi orang bali menjadi guide bisa menjadikan keuntungan tersendiri, dimana mereka akan mendapatkan penghasilan tambahan untuk mencukupi kebutuhannya. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi keuntungan sendiri bagi para turis asing, dimana mereka tidak akan kesulitan disaat sedang mencari destinasi wisata.

8. Orang Bali punya banyak ritual unik

Sifat, karakter dan kebiasaan orang Bali ke-8 adalah punya banyak ritual unik. Seperti yang diketahui jika dalam kehidupannya, orang bali cenderung sangat rigid dan juga terikat dengan norma-norma, baik itu di dalam agama maupun sosial. Nah karena hal inilah yang kemudian membuat orang Bali mempunyai berbagai macam ritual yang sangat unik yang kemudian membuat para turis terkagum-kagum, seperti halnya ritual ngejot atau mesaiban.

9. Orang Bali selalu menjaga alam

Sifat, karakter dan kebiasaan orang Bali ke-9 adalah selalu menjaga alam. Seperti yang diketahui jika orang Bali mempercayai konsep Karma Phala, dimana mereka percaya jika apa yang mereka ditanam, maka mereka pulalah yang akan menuai. Nah karena konsep inilah yang kemudian membuat orang Bali menganggap alam tidak hanya sebagai warisan dari para leluhur yang harus tetap dijaga, namun juga harus selalu dilestarikan.

10. Orang Bali mempunyai nilai seni tinggi

Sifat, karakter dan kebiasaan orang Bali ke-10 adalah mempunyai nilai seni tinggi. Seperti yang diketahui jika orang Bali sangat menyukai seni, hal ini terbukti dengan adanya berbagai macam kesenian yang menjadi pusat konsentrasi eksplorasi kreativitas, seperti halnya dalam bidang tari-tarian, musik, patung, dan lain sebagainya.

11. Orang Bali tidak keluar rumah saat nyepi

Sifat, karakter dan kebiasaan orang Bali ke-11 adalah tidak keluar rumah saat nyepi. Seperti yang diketahui jika saat Nyepi, terutama yang orang Bali yang beragama Hindu, mereka cenderung tidak akan keluar rumah, sehingga membuat seluruh jalanan di Pulau Bali benar-benar sepi seperti tidak ada aktivitas.

12. Orang Bali takut tidur

Sifat, karakter dan kebiasaan orang Bali ke-12 adalah takut tidur. Kebiasaan orang Bali yang satu ini mungkin terbilang unik, namun sebenarnya mereka bukanlah takut tidur, akan tetapi sebenarnya mereka takut jika tiba-tiba tertidur pulas.

13. Orang Bali punya nama yang sama

Sifat, karakter dan kebiasaan orang Bali ke-13 adalah punya nama yang sama. Mungkin sifat dan karakter orang Bali yang satu ini sudah tidak asing lagi, seperti yang diketahui jika orang Bali hampir mempunyai nama sama, terutama dengan nama seperti Ketut, Made, Nyoman, Wayan, dan lain sebagainya.

Namun tahukah kamu ternyata nama-nama tersebut biasa digunakan untuk urutan kelahiranm seperti halnya anak pertama yang dinamakan Wayan, anak kedua yang diberi nama Made, anak ketiga yang diberi nama Nyoman, dan anak keempat yang diberi nama Ketut. Meskipun demikian, ini hanya berlaku bagi para pria Bali dan tidak untuk wanita Bali.

14. Orang Bali ketika dewasa akan melakukan upacara potong gigi

Sifat, karakter dan kebiasaan orang Bali ke-14 adalah ketika dewasa akan melakukan upacara potong gigi. Melakukan upacara potong gigi atau yang dikenal dengan Mepandes atau Matatah ini umumnya sudah menjadi tradisi bagi orang Bali, terutama bagi orang Bali yang beragama Hindu. Tradisi ini umumnya dilakukan untuk menghilangkan sifat buas dari diri seseorang dan hanya dilakukan bagi anak remaja yang sudah menginjak dewasa.

15. Orang Bali selalu membungkus pohon besar dengan kain

Sifat, karakter dan kebiasaan orang Bali ke-15 adalah selalu membungkus pohon besar dengan kain. Kebiasaan orang Bali ini umumnya dikarenakan mereka percaya bahwa dipohon tersebut ada penghuninya yang berasal dari alam lain atau yang lebih dikenal dengan angker. Hal ini dilakukan sebagai penanda jika melintasi pohon tersebut diharuskan untuk tidak melakukan hal yang sembarangan, seperti halnya menebangnya dan lain sebagainya.

16. Orang Bali akan memasang penjor saat galungan dan piodalan

Sifat, karakter dan kebiasaan orang Bali ke-16 adalah memasang penjor saat galungan dan piodalan. Selain dijadikan hiasan dan juga dekorasi di halaman rumah, penjor ternyata mempunyai makna yang sangat sakral, terutama di saat-saat tertentu, seperti halnya saat galungan dan piodalan, dimana seluruh halaman rumah di Bali akan dipenuhi oleh penjor.

17. Orang Bali mempunyai sebutan kata Bli

Sifat, karakter dan kebiasaan orang Bali ke-17 adalah mempunyai sebutan kata Bli. Mungkin kebiasaan memanggil orang Bali dengan sebutan Bli ini sudah tidak asing lagi diteliga, seperti yang diketahui jika kata "Bli" ini mempunyai arti kakak atau sapaan yang lebih akrab lagi. Meskipun demikian, ada baiknya untuk tidak berkomunikasi dengan menyebutnya dengan kata Bli, hal ini dikarenakan orang Bali mempunyai kasta embel-embel seperti Anak Agung, Ida Bagus, Cokorde ataupun Gusti.

18. Orang Bali mempunyai pribadi sopan santun

Sifat, karakter dan kebiasaan orang Bali ke-18 adalah mempunyai pribadi sopan santun. Kebiasaan orang Bali ini umumnya sudah dilakukan sejak zaman dahulu, dimana mereka cenderung sopan santun terhadap seseorang yang lebih tua, termasuk juga dengan kasta yang lebih tinggi.

19. Orang Bali selalu memakai pakaian adat

Sifat, karakter dan kebiasaan orang Bali ke-19 adalah selalu memakai pakaian adat. Kebiasaan orang Bali ini umumnya berbeda dengan suku di Indonesia pada umumnya, dimana orang bali cenderung selalu memakai pakaian adat berbeda dan tergantung dari acaranya, seperti halnya saat upacara ngaben, pernikahan, persembahyangan, ataupun acara pertemuan di balai Banjar.

20. Orang Bali selalu memberikan selendang ke para turis

Sifat, karakter dan kebiasaan orang Bali ke-20 adalah selalu memberikan selendang ke para turis. Kebiasaan orang Bali yang satu ini bukanlah tanpa alasan, dimana mereka akan memberikan selendang sebagai pakaian adat ringan ketika memasuki lokasi yang dianggap sakral, seperti halnya di pura, dan lain sebagainya.
Suka artikel berjudul 20 Karakter, Sifat, dan Kebiasaan Orang Bali Dalam Kehidupan Sehari Hari, Yuk bagikan ke: