advertisement

6 Kapal Terbesar Di Dunia Sepanjang Masa dan Yang Pernah Ada


advertisement
advertisement
advertisement
6 Kapal Terbesar Di Dunia Sepanjang Masa dan Yang Pernah Ada
6 Kapal Terbesar Di Dunia Sepanjang Masa dan Yang Pernah Ada

XASXUS.com - Kapal merupakan alat transportasi laut yang umumnya dipakai untuk berpergian antar pulau mapun antar negara, baik itu mengantar penumpang maupun mengantar barang. Berbicara mengenai kapal, namun tahukah kamu ternyata di dunia ini terdapat kapal yang ukurannya sangat besar dan berbeda dari kapal pada umumnya.

Nah berikut ini adalah 6 kapat terbesar di dunia dan merupakan terbesar sepanjang masa.
Daftar Isi

1. Batillus

6 Kapal Terbesar Di Dunia Sepanjang Masa dan Yang Pernah Ada
Kapal terbesar di dunia - Batillus

Kapal terbesar di dunia yang pertama adalah Batillus. Kapal Batillus merupakan salah satu kapal terbesar di dunia dan merupakan kapal supertanker kelas 4 yang dibuat oleh Chantiers de l'Atlantique di Saint-Nazaire, yaitu salah satu cabang perusahaan minyak Shell asal Prancis.

Kapal Batillus dibuat pada tahun 1970-an dengan beratnya yang mencapai 555.000 ton dan panjangnya yang mencapai 414 meter. Kapal Batillus bersama dengan beberapa saudaranya seperti kapal Pierre Guillaumat, Bellamya, dan Prairial, termasuk kapal terbesar di dunia, dimana ukurannya mampu mengungguli kapal Seawise Giant.

Jadi meskipun keempat kapal dari kelas Batillus ini mempunyai ukuran yang jauh lebih besar pada kapal pada umumnya dengan beratnya yang mencapai 555.000 ton, akan tetapi kapal Batillus ini mampu mengarungi lautan dengan kecepatan 16-17 knot.

2. Emma Maersk

6 Kapal Terbesar Di Dunia Sepanjang Masa dan Yang Pernah Ada
Kapal terbesar di dunia - Emma Maersk

Kapal terbesar di dunia yang kedua adalah Emma Maersk. Kapal Emma Maersk merupakan salah satu kapal terbesar di dunia yang berfungsi sebagai kapal kontainer, dimana kapal ini merupakan kapal terbesar di dunia yang dimiliki oleh A. P. Moller-Maersk Group.

Kapal Emma Maersk ini sendiri umumnya mampu membawa sekitar 14.770 TEU (twenty-foot equivalent unit) atau setara 11.000 kontainer dengan panjangnya yang mencapai 397,71 meter, dimana kapal ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2006 dan menjadikannya kapal kontainer terbesar di dunia.

3. Pierre Guillaumat

6 Kapal Terbesar Di Dunia Sepanjang Masa dan Yang Pernah Ada
Kapal terbesar di dunia - Pierre Guillaumat

Kapal terbesar di dunia yang ketiga adalah Pierre Guillaumat. Kapal Pierre Guillaumat merupakan salah satu kapal terbesar di dunia dan merupakan kapal supertanker yang dibangun oleh Chantiers de l'Atlantique di Saint-Nazaire pada tahun 1977, dimana nama dari kapal ini diambil dari nama politisi Perancis dan juga sekaligus pendiri industri minyak Elf Aquitaine.

Kapal Pierre Guillaumat ini hanya beroperasi selama 6 tahun, hal ini dikarenakan turunnya permintaan dan juga profitnya yag minim. Karena termasuk ke dalam kapal terbesar di dunia dan rancangannya yang berbeda, membuatnya hanya bisa berlabuh dibeberapa pelabuhan saja. Tidak hanya itu saja, bahkan kapal ini juga tidak bisa melewati Terusan Panama ataupun terusan Suez.

Kapal Pierre Guillaumat umumnya mempunyai panjang hingga 414,22 meter dengan beratnya yang mencapai 555 ribu ton. Jadi meskipun kapal ini tergolong besar dan berat, akan tetapi kapal Pierre Guillaumat ini mampu mengarungi lautan dengan kecepatan 16 knot.

4. Cruise Ship Queen Mary II

6 Kapal Terbesar Di Dunia Sepanjang Masa dan Yang Pernah Ada
Kapal terbesar di dunia - Cruise Ship Queen Mary II

Kapal terbesar di dunia yang keempat adalah Cruise Ship Queen Mary II. Kapal Cruise Ship Queen Mary II merupakan salah satu kapal terbesar di dunia serta merupakan kapal pesiar termewah dan juga terbesar di dunia. Kapal ini merupakan kapal pesiar terbesar di dunia yang beroperasi di bawah bendera Cunard Line, yakni pemilik kapal pesiar.

Dalam pembangunannya, Kapal Cruise Ship Queen Mary II ini menghabiskan dana sekitar 900 Juta US dollar, sehingga membuatnya sebagai kapal pesiar termahal sepanjang masa, sehingga tidak heran jika kapal ini menawarkan kemewahan yang sangat wah.

5. Berge Stahl

6 Kapal Terbesar Di Dunia Sepanjang Masa dan Yang Pernah Ada
Kapal terbesar di dunia - Berge Stahl

Kapal terbesar di dunia yang kelima adalah Berge Stahl. Kapal Berge Stahl merupakan salah satu kapal terbesar di dunia yang dibangun ditahun 1986 oleh Hyundai Heavy Industries. Saat ini kapal Berge Stahl berada dinaungan perusahaan Singapaura BW group.

Karena termasuk ke dalam kapal terbesar di dunia dan rancangannya yang berbeda, membuat kapal Berge Stahl ini hanya bisa berlabuh di 2 pelabuhan saja, yakni di Europort dekat Rotterdam di Belanda dan Maritimode Ponda Da Madeira Di Brazil.

6. Super Tanker Knock Nevis

6 Kapal Terbesar Di Dunia Sepanjang Masa dan Yang Pernah Ada
Kapal terbesar di dunia - Super Tanker Knock Nevis

Kapal terbesar di dunia yang keenam adalah Super Tanker Knock Nevis. Kapal Super Tanker Knock Nevis merupakan salah satu kapal terbesar di dunia dan merupakan kapal supertanker terbesar di dunia, dimana kapal ini mempunyai panjang 485 meter atau setara 1503 kaki.

Karena termasuk ke dalam kapal terbesar di dunia dan rancangannya yang berbeda, membuat kapal Super Tanker Knock Nevis ini hanya bisa berlabuh dibeberapa pelabuhan saja. Tidak hanya itu saja, bahkan kapal ini juga tidak bisa melewati Terusan Panama ataupun terusan Suez.
Suka artikel berjudul 6 Kapal Terbesar Di Dunia Sepanjang Masa dan Yang Pernah Ada , Yuk bagikan ke: