advertisement

10 Jenis Kucing Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Pernah Ditemukan


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
10 Jenis Kucing Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Pernah Ditemukan
10 Jenis Kucing Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Pernah Ditemukan

XASXUS.com - Kucing merupakan sejenis mamalia karnivora dari keluarga Felidae dan biasanya merujuk kepada kucing yang sudah dijinakkan, akan tetapi juga dapat merujuk kepada "kucing besar" seperti halnya singa dan juga harimau. Berbicara mengenai kucing, tahukan kamu apa saja kucing terbesar di dunia? Nah berikut ini adalah 10 kucing terbesar di dunia
Daftar Isi

10. Karakal (Caracal caracal)

10 Jenis Kucing Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Pernah Ditemukan
Kucing Terbesar di Dunia - Karakal (Caracal caracal)

Kucing terbesar di dunia ke-10 adalah karakal. Karakal atau yang mempunyai nama ilmiah Caracal caracal merupakan salah satu kucing terbesar di dunia yang banyak ditemukan di Asia Barat, Asia Selatan, dan Afrika. Karakal mempunyai ciri tubuhnya yang ramping dan berotot dengan kakinya yang panjang serta ekornya yang pendek, dimana karakal mempunyai panjang 60-90 centimeter dengan panjang ekornya yang mencapai 30 centimeter.

Karakal umumnya mempuyai karakteristik dengan warna bulunya yang bervariasi, yaitu antara merah anggur, abu-abu, ataupun berwarna pasir. Selain itu, karakal juga mempunyai berat maksimal hingga 19 kilogram atau setara dengan 42 pon, sehingga membuatnya masuk daftar ke-10 sebagai kucing terbesar di dunia yang masih hidup dan pernah ditemukan.

9. Macan dahan (Neofelis nebulosa)

10 Jenis Kucing Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Pernah Ditemukan
Kucing Terbesar di Dunia - Macan dahan (Neofelis nebulosa)

Kucing terbesar di dunia ke-9 adalah macan dahan. Macan dahan atau yang mempunyai nama ilmiah Neofelis nebulosa merupakan salah satu kucing terbesar di dunia yang banyak ditemukan di hutan dataran rendah dan pegunungan di Republik Rakyat Tiongkok, Asia Tenggara, India, dan Semenanjung Melayu.

Macan dahan mempunyai ciri bulunya yang berwarna kelabu kecoklatan dengan corak berbentuk seperti awan dan bintik hitam dibagian tubuhnya dengan telapak kakinya yang besar serta ekornya panjang yang dipadukan dengan corak garis dan bintik hitam.

Selain itu, macan dahan umumnya juga mempuyai karakteristik dengan panjangnya yang mencapai 108 centimeter dengan panjangnya yang mencapai 91 centimeter dan tingginya yaitu sekitar 55 centimeter. Untuk beratnya sendiri, macan dahan biasanya mempunyai berat maksimal hingga 23 kilogram atau setara dengan 51 pon, sehingga membuatnya masuk daftar ke-9 sebagai kucing terbesar di dunia yang masih hidup dan pernah ditemukan.

8. Lynx Eurasia (Lynx lynx)

10 Jenis Kucing Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Pernah Ditemukan
Kucing Terbesar di Dunia - Lynx Eurasia (Lynx lynx)

Kucing terbesar di dunia ke-8 adalah lynx eurasia. Lynx eurasia atau yang mempunyai nama ilmiah Lynx lynx merupakan salah satu kucing terbesar di dunia yang banyak ditemukan di hutan Siberia Eropa, Asia Selatan, dan Asia Timur.

Kucing terbesar dari empat spesies lynx lainnya ini mempunyai ciri telinganya yang berjumbai, ekornya yang pendek dengan ujungnya yang berwarna hitam, serta kakinya yang sangat kuat dan relatif panjang dengan cengkramannya yang sangat kuat.

Selain itu, lynx eurasia ini umumnya juga mempunyai karakteristik dengan panjang 80-130 centimeter, tinggi saat berdiri 60-75 centimeter, dan berat maksimalnya yang mencapai 45 kilogram atau setara dengan 99 pon, sehingga membuatnya masuk daftar ke-8 sebagai kucing terbesar di dunia yang masih hidup dan pernah ditemukan.

7. Citah (Acinonyx jubatus)

10 Jenis Kucing Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Pernah Ditemukan
Kucing Terbesar di Dunia - Citah (Acinonyx jubatus)

Kucing terbesar di dunia ke-7 adalah citah. Citah atau yang mempunyai nama ilmiah Acinonyx jubatus merupakan salah satu kucing terbesar di dunia yang banyak ditemukan di Afrika Sub-Sahara dan Iran Utara. Citah merupakan hewan tercepat di dunia yang kecepatannya dapat melebihi kecepatan beberapa mobil balap, dimana kecepatannya bisa mencapai 100 km perjam.

Kucing yang mengandalkan kecepatan dalam berburu mangsanya ini umumnya mempunyai karakteristik dengan bulunya yang berwarna coklat kekuningan atau berwarna putih keabu-abuan dengan ditutupi hampir 2.000 titik hitam. Selain itu, citah juga mempunyai berat maksimal hingga 72 kilogram atau setara dengan 159 pon, sehingga membuatnya masuk daftar ke-7 sebagai kucing terbesar di dunia yang masih hidup dan pernah ditemukan.

6. Macan tutul salju (Uncia uncia)

10 Jenis Kucing Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Pernah Ditemukan
Kucing Terbesar di Dunia - Macan tutul salju (Uncia uncia)

Kucing terbesar di dunia ke-6 adalah macan tutul salju. Macan tutul salju atau yang mempunyai nama ilmiah Uncia uncia merupakan salah satu kucing terbesar di dunia yang banyak ditemukan di Asia Tengah, yaitu dari Afganistan sampai Tibet bagian timur.

Macan tutul salju umumnya mempunyai ciri tubuhnya yang gempal, berkaki pendek, dan bulunya yang tebal berwarna putih keabu-abuan dengan bintik-bintiknya yang berwarna hitam kecoklatan. Keunikan dari macan tutul ini adalah tidak bisa mengaum atau mendengkur seperti halnya spesies macan lainnya.

Hewan yang merupakan satu-satunya spesies di dalam marga tunggal Uncia sejak awal 1930-an ini mempunyai panjang tubuhnya maksimal 130 centimeter dengan panjang ekor sekitar 105 centimeter, dan beratnya yang mencapai 75 kilogram atau setara 165 pon, sehingga membuatnya masuk daftar ke-6 sebagai kucing terbesar di dunia yang masih hidup dan pernah ditemukan.

5. Macan tutul (Panthera pardus)

10 Jenis Kucing Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Pernah Ditemukan
Kucing Terbesar di Dunia - Macan tutul (Panthera pardus)

Kucing terbesar di dunia ke-5 adalah macan tutul. Macan tutul atau yang mempunyai nama ilmiah Panthera pardus merupakan salah satu kucing terbesar di dunia yang banyak ditemukan di benua Asia dan Afrika. Kucing yang tergolong penyendiri dan menghindari satu sama lain ini umumnya lebih aktif di dalam hari dan dapat berlari hingga kecepatan 58 kilometer per jam

Kucing yang mempunya ciri tubuhnya yang berotot dengan tungkai yang relatif pendek dan kepala yang lebar ini mempunyai panjang maksimal 190 centimeter, tinggi mencapai 70 centimeter dan beratnya yang bisa mencapai 90 kilogram atau setara dengan 198 pon, sehingga membuatnya masuk daftar ke-5 sebagai kucing terbesar di dunia yang masih hidup dan pernah ditemukan.

4. Singa gunung (Puma concolor)

10 Jenis Kucing Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Pernah Ditemukan
Kucing Terbesar di Dunia - Singa gunung (Puma concolor)

Kucing terbesar di dunia ke-4 adalah singa gunung. Singa gunung atau yang mempunyai nama ilmiah Puma concolor merupakan salah satu kucing terbesar di dunia yang banyak ditemukan di Argentina Selatan dan Chili sampai Alaska Tenggara.

Kucing yang mempunyai ciri tubuhnya yang ramping dan gerakannya yang lincah ini merupakan predator penyergap yang mengejar mangsanya dengan cepat. Selain itu, singa gunung juga mempunyai karakteristik dengan tingginya yang mencapai 90 centimeter, panjang maksimalnya 2.75 meter, dan beratnya yang bisa mencapai 100 kilogram atau setara dengan 220 pon, sehingga membuatnya masuk daftar ke-4 sebagai kucing terbesar di dunia yang masih hidup dan pernah ditemukan.

3. Jaguar (Panthera onca)

10 Jenis Kucing Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Pernah Ditemukan
Kucing Terbesar di Dunia - Jaguar (Panthera onca)

Kucing terbesar di dunia ke-3 adalah jaguar. Jaguar atau yang mempunyai nama ilmiah Panthera onca merupakan salah satu kucing terbesar di dunia yang banyak ditemukan di wilayah Meksiko utara, melintasi Amerika Tengah sampai ke Paraguay, Argentina utara dan selatan.

Kucing yang mempunyai gigitan sangat luar bisa kuat ini umumnya mempunyai karakteristik dengan tinggi mencapai 70 centimeter, panjang maksimalnya 1.85 meter, dan beratnya yang bisa mencapai 158 kilogram, sehingga membuatnya masuk daftar ke-3 sebagai kucing terbesar di dunia yang masih hidup dan pernah ditemukan.

2. Singa (Panthera leo)

10 Jenis Kucing Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Pernah Ditemukan
Kucing Terbesar di Dunia - Singa (Panthera leo)

Kucing terbesar di dunia ke-2 adalah singa. Singa atau yang mempunyai nama ilmiah Panthera leo merupakan salah satu kucing terbesar di dunia yang banyak ditemukan di Afrika Sub-Sahara. Hewan yang termasuk ke dalam keluarga felidae atau jenis kucing ini umumnya hidup berkelompok, dimana biasanya dalam 1 kelompok terdiri seekor singa jantan dan banyak singa betina.

Kucing yang mempunyai sebutan raja hutan ini mempunyai karakteristik dengan panjangnya yang mencapai 330 centimeter dengan ekornya yang mencapai 105 centimeter. Selain itu, berat maksimal dari singa ini umumnya bisa mencapai 250 kilogram, sehingga membuatnya masuk daftar ke-2 sebagai kucing terbesar di dunia yang masih hidup dan pernah ditemukan.

1. Harimau Siberia (Panthera tigris)

10 Jenis Kucing Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Pernah Ditemukan
Kucing Terbesar di Dunia - Harimau Siberia (Panthera tigris)

Kucing terbesar di dunia ke-1 adalah harimau siberia. Harimau Siberia atau yang mempunyai nama ilmiah Panthera tigris merupakan salah satu kucing terbesar di dunia yang banyak ditemukan di wilayah Amur di Timur Jauh. Harimau siberia umumnya mempunyai ciri yaitu tubuhnya yang berwarna kemerahan karatan dengan garis-garis melintang hitam yang sempit.

Hewan yang terancam punah ini mempunyai panjang maksimal 309 centimeter dengan ekornya yang mencapai 101 centimeter. Selain itu, harimau siberia juga mempunyai berat maksimal hingga 423 kilogram atau setara dengan 932 pon, sehingga membuatnya masuk daftar ke-1 sebagai kucing terbesar di dunia yang masih hidup dan pernah ditemukan.
Suka artikel berjudul 10 Jenis Kucing Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Pernah Ditemukan, Yuk bagikan ke: