advertisement

10 Jenis Anjing Terbesar di Dunia Saat Ini


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
10 Jenis Anjing Terbesar di Dunia Saat Ini
10 Jenis Anjing Terbesar di Dunia Saat Ini

XASXUS.com - Anjing merupakan mamalia yang telah mengalami domestikasi dari serigala sejak 15.000 tahun yang lalu atau mungkin sudah sejak 100.000 tahun yang lalu berdasarkan bukti genetik berupa penemuan fosil dan tes DNA. Berbicara mengenai anjing, tahukah kamu apa saja jenis anjing terbesar di dunia? Nah berikut ini adalah 10 jenis anjing terbesar di dunia.
Daftar Isi

10. Anjing Mastiff Prancis

10 Jenis Anjing Terbesar di Dunia Saat Ini
Anjing Terbesar di Dunia - Anjing Mastiff Prancis

Jenis anjing terbesar di dunia yang ke-10 adalah Anjing Mastiff Prancis. Anjing Mastiff Prancis atau yang mempunyai nama lain Dogue de Bordeaux merupakan salah satu jenis anjing terbesar di dunia yang berasal dari Perancis. Anjing Mastiff Prancis ini umumnya mempunyai masa hidupnya antara 10-12 tahun.

Selain itu, anjing yang terkenal akan kekuatannya dan tubuhnya yang sangat berotot ini juga mempunyai karakteristik dengan tingginya yang mencapai 76 centimeter, dan beratnya yang bisa mencapai 66 kilogram, sehingga membuatnya masuk daftar ke-10 sebagai jenis anjing terbesar di dunia saat ini.

9. Anjing Gembala Kangal

10 Jenis Anjing Terbesar di Dunia Saat Ini
Anjing Terbesar di Dunia - Anjing Gembala Kangal

Jenis anjing terbesar di dunia yang ke-9 adalah Anjing Gembala Kangal. Anjing Gembala Kangal merupakan salah satu jenis anjing terbesar di dunia yang berasal dari provinsi Sivas di Turki. Meskipun mempunyai nama gembala, akan tetapi anjing Gembala Kangal ini bukanlah anjing yang khusus digunakan untuk gembala, akan tetapi anjing ini hidup bersama dengan domba, dan secara aktif menangkis pemangsa dari semua ukuran.

Selain itu, anjing yang terkenal akan ukuran tubuhnya yang besar ini umumnya juga mempunyai karakteristik dengan tingginya yang mencapai 81 centimeter, dan beratnya yang mencapai 66 kilogram, sehingga membuatnya masuk daftar ke-9 sebagai jenis anjing terbesar di dunia saat ini.

8. Anjing Gembala Anatolia

10 Jenis Anjing Terbesar di Dunia Saat Ini
Anjing Terbesar di Dunia - Anjing Gembala Anatolia

Jenis anjing terbesar di dunia yang ke-8 adalah Anjing Gembala Anatolia. Anjing Gembala Anatolia merupakan salah satu jenis anjing terbesar di dunia yang berasal dari Anatolia (Turki tengah). Anjing yang terkenal akan tubuhnya yang besar dan sangat kuat umumnya mempunyai masa hidupnya antara 13-15 tahun.

Selain itu, anjing yang khusus digunakan di dalam menjaga domba dari para predator, seperti serigala, beruang, dan bahkan cheetah ini juga mempunyai karakteristik dengan tinggi 92 centimeter, dan beratnya yang bisa mencapai 68 kilogram, sehingga membuatnya masuk daftar ke-8 sebagai jenis anjing terbesar di dunia saat ini.

7. Anjing Tibetan Mastiff

10 Jenis Anjing Terbesar di Dunia Saat Ini
Anjing Terbesar di Dunia - Anjing Tibetan Mastiff

Jenis anjing terbesar di dunia yang ke-7 adalah Anjing Tibetan Mastiff. Anjing Tibetan Mastiff merupakan salah satu jenis anjing terbesar di dunia yang berasal dari budaya nomaden Tibet, Cina, India, Mongolia, dan Nepal dan digunakan oleh suku-suku lokal Tibet untuk melindungi domba dari serangan serigala, macan tutul, beruang, mustelida besar, harimau, dan lain sebagainya.

Selain itu, anjing yang terkenal akan ukuran tubuhnya yang besar ini umumnya juga mempunyai karakteristik dengan tingginya yang mencapai 84 centimeter, dan beratnya yang mencapai 72 kilogram, sehingga membuatnya masuk daftar ke-7 sebagai jenis anjing terbesar di dunia saat ini.

6. Anjing Leonberger

10 Jenis Anjing Terbesar di Dunia Saat Ini
Anjing Terbesar di Dunia - Anjing Leonberger

Jenis anjing terbesar di dunia yang ke-6 adalah Anjing Leonberger. Anjing Leonberger merupakan salah satu jenis anjing terbesar di dunia yang berasal dari dari kota Leonberg di Baden-Württemberg. Anjing yang terkenal akan ukuran tubuhnya yang besar ini umumnya mempunyai karakteristik dengan tingginya yang mencapai 80 centimeter, dan beratnya yang mencapai 77 kilogram, sehingga membuatnya masuk daftar ke-6 sebagai jenis anjing terbesar di dunia saat ini.

5. Anjing Landseer

10 Jenis Anjing Terbesar di Dunia Saat Ini
Anjing Terbesar di Dunia - Anjing Landseer

Jenis anjing terbesar di dunia yang ke-5 adalah Anjing Landseer. Anjing Landseer merupakan salah satu jenis anjing terbesar di dunia yang berasal dari Swiss, Jerman, Kanada, dan Newfoundland. Anjing yang terkenal akan tubuhnya yang besar ini umumnya mempunyai karakteristik dengan tingginya yang mencapai 76 centimeter, dan beratnya yang mencapai 82 kilogram, sehingga membuatnya masuk daftar ke-5 sebagai jenis anjing terbesar di dunia saat ini.

4. Anjing Great Dane

10 Jenis Anjing Terbesar di Dunia Saat Ini
Anjing Terbesar di Dunia - Anjing Great Dane

Jenis anjing terbesar di dunia yang ke-4 adalah Anjing Great Dane. Anjing Great Dane merupakan salah satu jenis anjing terbesar di dunia yang berasal dari Jerman. Anjing yang masa hidupnya 8 sampai 10 tahun ini umumnya mempunyai tinggi hingga 91 centimeter.

Bahkan pada tahun 2014 seekor anjung Great Dane bernama Zeus mempunyai tinggi hingga 111,8 centimeter. Selain itu, Anjing yang terkenal akan ukurannya yang sangat besar ini juga mempunyai karakteristik dengan beratnya yang mencapai 90 kilogram, sehingga membuatnya masuk daftar ke-4 sebagai jenis anjing terbesar di dunia saat ini.

3. Anjing St. Bernard

10 Jenis Anjing Terbesar di Dunia Saat Ini
Anjing Terbesar di Dunia - Anjing St. Bernard

Jenis anjing terbesar di dunia yang ke-3 adalah Anjing St. Bernard. Anjing St. Bernard merupakan salah satu jenis anjing terbesar di dunia yang berasal dari Swiss, Italia, dan Perancis. Hal ini dikarenakan jenis anjing ini dibesarkan di perbatasan antara ketiga negara tersebut.

Anjing yang termasuk ke dalam anjing penjaga ini umumnya mempunyai karakteristik dengan ukuran tubuhnya yang besar, dan ekornya yang panjang serta menggantung rendah. Selain itu, anjing St. Bernard juga mempunyai tinggi mencapai 90 centimeter, dan beratnya yang bisa mencapai 73 hingga 117 kilogram, sehingga membuatnya masuk daftar ke-3 sebagai jenis anjing terbesar di dunia saat ini.

2. Anjing Newfoundland

10 Jenis Anjing Terbesar di Dunia Saat Ini
Anjing Terbesar di Dunia - Anjing Newfoundland

Jenis anjing terbesar di dunia yang ke-2 adalah Anjing Newfoundland. Anjing Newfoundland merupakan salah satu jenis anjing terbesar di dunia yang berasal dari Newfoundland dan Labrador, Negara Kanada. Anjing yang mempunyai masa hidup antara 8 sampai 10 tahun ini umumnya mempunyai karakter yang cenderung jinak dan tenang meskipun tubuhnya terlihat besar.

Selain itu, anjing yang termasuk ke dalam anjing pekerja ini juga mempunyai karakteristik dengan panjangnya yang mencapai 183 centimeter dari hidung ke ekor dan beratnya yang mencapai 118 kilogram, sehingga membuatnya masuk daftar ke-2 sebagai jenis anjing terbesar di dunia saat ini.

1. Anjing Mastiff Inggris

10 Jenis Anjing Terbesar di Dunia Saat Ini
Anjing Terbesar di Dunia - Anjing Mastiff Inggris

Jenis anjing terbesar di dunia yang ke-1 adalah Anjing Mastiff Inggris. Anjing Mastiff Inggris merupakan salah satu jenis anjing terbesar di dunia yang berasal dari Inggris. Anjing yang mempunyai masa hidup antara 7 sampai 12 tahun ini umumnya mempunyai ciri wajahnya yang seperti menggunakan topeng hitam, dan ukuran tubuhnya yang besar. Meskipun demikian, anjing ini mempunyai karakter yang cenderung lembut dan penuh kasih.

Selain itu, jenis anjing Mastiff Inggris ini juga mempunyai karakteristik tingginya mencapai 64 hingga 91 centimeter, dan beratnya yang dapat mencapai 50 hingga 156 kilogram, sehingga membuatnya masuk daftar ke-1 sebagai jenis anjing terbesar di dunia saat ini.
Suka artikel berjudul 10 Jenis Anjing Terbesar di Dunia Saat Ini, Yuk bagikan ke: