advertisement

Inilah 10 Jenis Pohon Tertinggi di Dunia Saat Ini


advertisement
advertisement
advertisement
advertisement
Inilah 10 Jenis Pohon Tertinggi di Dunia Saat Ini
Inilah 10 Jenis Pohon Tertinggi di Dunia Saat Ini

XASXUS.com - Pohon merupakan tumbuhan yang berkayu, dan terbagi menjadi dua kelompok tumbuhan, yaitu kelompok pohon berakar tunjang dan kelompok pohon berakar serabut. Berbicara mengenai pohon, tahukah kamu apa saja pohon tertinggi di dunia? Nah berikut ini adalah 10 pohon tertinggi di dunia saat ini.
Daftar Isi

10. Pohon King Stringy

Pohon tertinggi di dunia yang ke-10 adalah Pohon King Stringy. Pohon King Stringy atau yang mempunyai nama ilmiah Eucalyptus obliqua merupakan salah satu pohon tertinggi di dunia yang banyak ditemukan di Tasmania, Negara Australia.

Pohon yang termasuk ke dalam anggota dari kelompok eucalypts stringybark ini umumnya mempunyai karakteristik dengan tingginya yang bisa mencapai 86 meter atau setara dengan 282 kaki, sehingga membuatnya masuk ke dalam daftar ke-10 sebagai pohon tertinggi di dunia saat ini.

9. Pohon Alpine Ash

Pohon tertinggi di dunia yang ke-9 adalah Pohon Alpine Ash. Pohon Alpine Ash atau yang mempunyai nama ilmiah Eucalyptus delegatensis merupakan salah satu pohon tertinggi di dunia yang banyak ditemukan di Tasmania, Negara Australia

Pohon yang termasuk ke dalam anggota dari kelompok eucalypts stringybark ini umumnya mempunyai karakteristik dengan tingginya yang bisa mencapai 87,9 meter atau setara dengan 288 kaki, sehingga membuatnya masuk ke dalam daftar ke- sebagai pohon tertinggi di dunia saat ini.

8. Pohon Blue Gum

Pohon tertinggi di dunia yang ke-8 adalah Pohon Blue Gum. Pohon Blue Gum atau yang mempunyai nama ilmiah Eucalyptus globulus merupakan salah satu pohon tertinggi di dunia yang banyak ditemukan di Tasmania, Negara Australia.

Pohon Blue Gum ini umumnya mempunyai karakteristik dengan tingginya bisa mencapai 90,7 meter atau setara dengan 298 kaki, sehingga membuatnya masuk ke dalam daftar ke-8 sebagai pohon tertinggi di dunia saat ini.

7. Pohon White Knight

Pohon tertinggi di dunia yang ke-7 adalah Pohon White Knight. Pohon White Knight atau yang mempunyai nama ilmiah Eucalyptus viminalis merupakan salah satu pohon tertinggi di dunia yang banyak ditemukan di Evercreech Forest Reserve, Tasmania, Negara Australia.

Pohon yang memiliki ciri kulitnya yang kasar di batang dengan pangkal cabang yang lebih besar ini umumnya mempunyai karakteristik dengan tingginya yang bisa mencapai 91 meter atau setara dengan 299 kaki, sehingga membuatnya masuk ke dalam daftar ke-7 sebagai pohon tertinggi di dunia saat ini.

6. Pohon Meranti Kuning

Pohon tertinggi di dunia yang ke-6 adalah Pohon Meranti Kuning. Pohon Meranti Kuning atau yang mempunyai nama ilmiah shorea faguetiana merupakan salah satu pohon tertinggi di dunia yang banyak ditemukan di Pulau Kalimantan, Semenanjung Malaya, dan Negara Thailand. Pohon Meranti Kuning ini umumnya mempunyai karakteristik dengan tingginya yang bisa mencapai 94,1 meter atau setara dengan 309 kaki, sehingga membuatnya masuk ke dalam daftar ke-6 sebagai pohon tertinggi di dunia saat ini.

5. Pohon Jenderal Sherman

Pohon tertinggi di dunia yang ke-5 adalah pohon jenderal sherman (General Sherman). Pohon jenderal sherman (General Sherman) atau yang mempunyai nama ilmiah sequoiadendron giganteum merupakan salah satu pohon tertinggi di dunia yang banyak ditemukan di barat Sierra Nevada, California, tepatnya di Taman Nasional Sequoia, Kings Canyon, dan Giant Sequoia National Monument.

Pohon yang banyak ditemukan di iklim lembab yang ditandai dengan musim panas yang kering dan musim dingin bersalju ini umumnya mempunyai karakteristik dengan volumenya yang bisa mencapai 1.489 meter kubik, dan tinggi maksimal 94,8 meter, sehingga membuatnya masuk ke dalam daftar ke-5 sebagai pohon tertinggi di dunia saat ini sekaligus juga ke-1 sebagai pohon terbesar di dunia.

4. Pohon Raven's Tower

Pohon tertinggi di dunia yang ke-4 adalah Pohon Raven's Tower. Pohon Raven's Tower atau yang mempunyai nama ilmiah Picea sitchensis merupakan salah satu pohon tertinggi di dunia yang banyak ditemukan di Prairie Creek Redwoods State Park, California, Negara Amerika Serikat.

Pohon yang termasuk ke dalam jenis pohon cemara ini umumnya mempunyai karakteristik dengan tingginya yang bisa mencapai 96,7 meter atau setara dengan 317 kaki, sehingga membuatnya masuk ke dalam daftar ke-4 sebagai pohon tertinggi di dunia saat ini.

3. Pohon Doerner Fir

Pohon tertinggi di dunia yang ke-3 adalah Pohon Doerner Fir. Pohon Doerner Fir atau yang mempunyai nama ilmiah Pseudotsuga menziesii var. Menziesii merupakan salah satu pohon tertinggi di dunia yang banyak ditemukan di Brummit Creek, Coos County, Oregon, Negara Amerika Serikat.

Pohon yang termasuk ke dalam pohon konifer ini umumnya mempunyai karakteristik dengan tingginya yang bisa mencapai 99,7 meter atau setara dengan 327 kaki, sehingga membuatnya masuk ke dalam daftar ke-3 sebagai pohon tertinggi di dunia saat ini.

2. Pohon Centurion

Pohon tertinggi di dunia yang ke-2 adalah Pohon Centurion. Pohon Centurion atau yang mempunyai nama ilmiah eucalyptus regnans merupakan salah satu pohon tertinggi di dunia yang banyak ditemukan di Negara Australia, tepatnya di Tasmania selatan.

Pohon Centurion ini umumnya mempunyai karakteristik dengan volumenya yang bisa mencapai 268 meter kubik, dan tingginya yang bisa mencapai 99,82 meter atau setara dengan 327,5 kaki, sehingga membuatnya masuk ke dalam daftar ke-2 sebagai pohon tertinggi di dunia saat ini.

1. Pohon Hyperion

Pohon tertinggi di dunia yang ke-1 adalah Pohon Hyperion. Pohon Hyperion atau yang mempunyai nama ilmiah Sequoia sempervirens merupakan salah satu pohon tertinggi di dunia yang banyak ditemukan di taman nasional yang terletak di Amerika Serikat, tepatnya Taman Nasional Redwood, di sepanjang pantai California utara.

Pohon yang ditemukan pada tanggal 25 Agustus 2006, oleh naturalis Chris Atkins dan Michael Taylor ini umumnya mempunyai karakteristik dengan tingginya yang bisa mencapai 115,92 meter atau setara dengan 380,3 kaki, sehingga membuatnya masuk ke dalam daftar ke-1 sebagai pohon tertinggi di dunia saat ini.
Suka artikel berjudul Inilah 10 Jenis Pohon Tertinggi di Dunia Saat Ini, Yuk bagikan ke: