advertisement

24 Gurun Terluas di Dunia Beserta Benua, Negara, dan Letaknya


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
24 Gurun Terluas di Dunia Beserta Benua, Negara, dan Letaknya
24 Gurun Terluas di Dunia Beserta Benua, Negara, dan Letaknya

XASXUS.com - Gurun atau yang dikenal dengan padang pasir merupakan suatu daerah yang menerima curah hujan yang cenderung sedikit, dimana curah hujannya kurang dari 250 mm per tahun, sehingga gurun dianggap memiliki kemampuan kecil untuk mendukung kelangsungan kehidupan.

Berbicara mengenai gurun, tahukah kamu apa saja gurun terluas di dunia? Nah berikut ini adalah 24 daftar urutan gurun terluas di dunia dari yang terkecil hingga yang terluas.
Daftar Isi

24. Gurun Loot-e Loot

Gurun terluas di dunia yang ke-24 adalah Gurun Loot-e Loot. Gurun Loot-e Loot merupakan salah satu gurun terluas di dunia yang terletak di Negara Iran. Gurun yang termasuk ke dalam tipe subtropis ini umumnya mempunyai karakteristik dengan luasnya yang mencapai 52.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk daftar ke-24 sebagai gurun terluas di dunia.

23. Gurun Dasht-e Kavir

Gurun terluas di dunia yang ke-23 adalah Gurun Dasht-e Kavir. Gurun Dasht-e Kavir merupakan salah satu gurun terluas di dunia yang terletak di Negara Iran. Gurun yang termasuk ke dalam tipe subtropis ini umumnya mempunyai karakteristik dengan luasnya yang mencapai 77.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk daftar ke-23 sebagai gurun terluas di dunia.

22. Gurun Namib

Gurun terluas di dunia yang ke-22 adalah Gurun Namib. Gurun Namib merupakan salah satu gurun terluas di dunia yang terletak di Afrika Selatan, tepatnya di Negara Angola dan Namibia. Gurun yang termasuk ke dalam tipe pesisir sejuk ini umumnya mempunyai karakteristik dengan luasnya yang mencapai 81.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk daftar ke-22 sebagai gurun terluas di dunia.

21. Gurun Mojave

Gurun terluas di dunia yang ke-21 adalah Gurun Mojave. Gurun Mojave merupakan salah satu gurun terluas di dunia yang terletak di Negara Amerika Serikat. Gurun yang termasuk ke dalam tipe subtropis ini umumnya mempunyai karakteristik dengan luasnya yang mencapai 124.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk daftar ke-21 sebagai gurun terluas di dunia.

20. Gurun Atacama

Gurun terluas di dunia yang ke-20 adalah Gurun Atacama. Gurun Atacama merupakan salah satu gurun terluas di dunia yang terletak di Amerika Selatan, tepatnya di Negara Chili dan Peru. Gurun yang termasuk ke dalam tipe pesisir sejuk ini umumnya mempunyai karakteristik dengan luasnya yang mencapai 140.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk daftar ke-20 sebagai gurun terluas di dunia.

19. Gurun Registan

Gurun terluas di dunia yang ke-19 adalah Gurun Registan. Gurun Registan merupakan salah satu gurun terluas di dunia yang terletak di Benua Asia, tepatnya di Negara Afganistan. Gurun yang termasuk ke dalam tipe subtropis ini umumnya mempunyai karakteristik dengan luasnya yang mencapai 146.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk daftar ke-19 sebagai gurun terluas di dunia.

18. Gurun Dasht-e Margo

Gurun terluas di dunia yang ke-18 adalah Gurun Dasht-e Margo. Gurun Dasht-e Margo merupakan salah satu gurun terluas di dunia yang terletak di Benua Asia, tepatnya di Negara Afganistan. Gurun yang termasuk ke dalam tipe subtropis ini umumnya mempunyai karakteristik dengan luasnya yang mencapai 150.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk daftar ke-18 sebagai gurun terluas di dunia.

17. Gurun Thar

Gurun terluas di dunia yang ke-17 adalah Gurun Thar. Gurun Thar merupakan salah satu gurun terluas di dunia yang terletak di Asia Selatan, tepatnya di Negara India dan Pakistan. Gurun yang termasuk ke dalam tipe subtropis ini umumnya mempunyai karakteristik dengan luasnya yang mencapai 200.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk daftar ke-17 sebagai gurun terluas di dunia.

16. Gurun Taklamakan

Gurun terluas di dunia yang ke-16 adalah Gurun Taklamakan. Gurun Taklamakan merupakan salah satu gurun terluas di dunia yang terletak di Benua Asia, tepatnya di Negara Cina. Gurun yang termasuk ke dalam tipe musim dingin ini umumnya mempunyai karakteristik dengan luasnya yang mencapai 270.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk daftar ke-16 sebagai gurun terluas di dunia.

15. Gurun Kyzylkum

Gurun terluas di dunia yang ke-15 adalah Gurun Kyzylkum. Gurun Kyzylkum merupakan salah satu gurun terluas di dunia yang terletak di Asia Tengah, tepatnya di Negara Kazakhstan, Turkmenistan, dan Uzbekistan. Gurun yang termasuk ke dalam tipe musim dingin ini umumnya mempunyai karakteristik dengan luasnya yang mencapai 300.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk daftar ke-15 sebagai gurun terluas di dunia.

14. Gurun Sonora

Gurun terluas di dunia yang ke-14 adalah Gurun Sonora. Gurun Sonora merupakan salah satu gurun terluas di dunia yang terletak di Benua Amerika Utara, tepatnya di Negara Meksiko dan Amerika Serikat. Gurun yang termasuk ke dalam tipe subtropis ini umumnya mempunyai karakteristik dengan luasnya yang mencapai 310.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk daftar ke-14 sebagai gurun terluas di dunia.

13. Gurun Dataran Tinggi Colorado

Gurun terluas di dunia yang ke-13 adalah Gurun Dataran Tinggi Colorado. Gurun Dataran Tinggi Colorado merupakan salah satu gurun terluas di dunia yang terletak di Negara Amerika Serikat. Gurun yang termasuk ke dalam tipe musim dingin ini umumnya mempunyai karakteristik dengan luasnya yang mencapai 337.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk daftar ke-13 sebagai gurun terluas di dunia.

12. Gurun Karakum

Gurun terluas di dunia yang ke-12 adalah Gurun Karakum. Gurun Karakum merupakan salah satu gurun terluas di dunia yang terletak di Negara Turkmenistan. Gurun yang termasuk ke dalam tipe musim dingin ini umumnya mempunyai karakteristik dengan luasnya yang mencapai 350.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk daftar ke-12 sebagai gurun terluas di dunia.

11. Gurun Chihuahuan

Gurun terluas di dunia yang ke-11 adalah Gurun Chihuahuan. Gurun Chihuahuan merupakan salah satu gurun terluas di dunia yang terletak di Benua Amerika Utara, tepatnya di Negara Meksiko dan Amerika Serikat. Gurun yang termasuk ke dalam tipe subtropis ini umumnya mempunyai karakteristik dengan luasnya yang mencapai 450.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk daftar ke-11 sebagai gurun terluas di dunia.

10. Gurun Great Basin

Gurun terluas di dunia yang ke-10 adalah Gurun Great Basin. Gurun Great Basin merupakan salah satu gurun terluas di dunia yang terletak di Negara Amerika Serikat. Gurun yang termasuk ke dalam tipe musim dingin ini umumnya mempunyai karakteristik dengan luasnya yang mencapai 492.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk daftar ke-10 sebagai gurun terluas di dunia.

9. Gurun Suriah

Gurun terluas di dunia yang ke-9 adalah Gurun Suriah. Gurun Suriah merupakan salah satu gurun terluas di dunia yang terletak di Benua Asia, tepatnya di Negara Irak, Yordania, dan Suriah. Gurun yang termasuk ke dalam tipe subtropis ini umumnya mempunyai karakteristik dengan luasnya yang mencapai 520.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk daftar ke-9 sebagai gurun terluas di dunia.

8. Gurun Patagonian

Gurun terluas di dunia yang ke-8 adalah Gurun Patagonian. Gurun Patagonian merupakan salah satu gurun terluas di dunia yang terletak di Benua Amerika Selatan, tepatnya di Negara Argentina dan Chile. Gurun yang termasuk ke dalam tipe musim dingin ini umumnya mempunyai karakteristik dengan luasnya yang mencapai 620.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk daftar ke-8 sebagai gurun terluas di dunia.

7. Gurun Kalahari

Gurun terluas di dunia yang ke-7 adalah Gurun Kalahari. Gurun Kalahari merupakan salah satu gurun terluas di dunia yang terletak di Benua Afrika, tepatnya di Negara Angola, Botswana, Namibia, dan Afrika Selatan. Gurun yang termasuk ke dalam tipe subtropis ini umumnya mempunyai karakteristik dengan luasnya yang mencapai 900.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk daftar ke-7 sebagai gurun terluas di dunia.

6. Gurun Gobi

Gurun terluas di dunia yang ke-6 adalah Gurun Gobi. Gurun Gobi merupakan salah satu gurun terluas di dunia yang terletak di Benua Asia, tepatnya di Negara Cina dan Mongolia. Gurun yang termasuk ke dalam tipe musim dingin ini umumnya mempunyai karakteristik dengan luasnya yang mencapai 1.295.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk daftar ke-6 sebagai gurun terluas di dunia.

5. Gurun Arabia

Gurun terluas di dunia yang ke-5 adalah Gurun Arabia. Gurun Arabia merupakan salah satu gurun terluas di dunia yang terletak di Benua Asia, tepatnya di Negara Yordania, Irak, Oman, Kuwait, Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab dan Yaman. Gurun yang termasuk ke dalam tipe subtropis ini umumnya mempunyai karakteristik dengan luasnya yang mencapai 2.330.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk daftar ke-5 sebagai gurun terluas di dunia.

4. Gurun Australia

Gurun terluas di dunia yang ke-4 adalah Gurun Australia. Gurun Australia merupakan salah satu gurun terluas di dunia yang terletak di Benua Australia. Gurun yang termasuk ke dalam tipe subtropis ini umumnya mempunyai karakteristik dengan luasnya yang mencapai 2.700.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk daftar ke-4 sebagai gurun terluas di dunia.

3. Gurun Sahara

Gurun terluas di dunia yang ke-3 adalah Gurun Sahara. Gurun Sahara merupakan salah satu gurun terluas di dunia yang terletak di Benua Afrika, tepatnya di Negara Chad, Aljazair, Eritrea, Mesir, Mali, Libya, Maroko, Mauritania, Sudan, Niger, dan Tunisia. Gurun yang termasuk ke dalam tipe subtropis ini umumnya mempunyai karakteristik dengan luasnya yang mencapai 9.000.000 lebih kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk daftar ke-3 sebagai gurun terluas di dunia.

2. Gurun Arktik

Gurun terluas di dunia yang ke-2 adalah Gurun Arktik. Gurun Arktik merupakan salah satu gurun terluas di dunia yang terletak di Alaska, Finlandia, Kanada, Islandia, Greenland, Norwegia, Rusia, dan Swedia. Gurun yang termasuk ke dalam tipe gurun kutub ini umumnya mempunyai karakteristik dengan luasnya yang mencapai 13.985.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk daftar ke-2 sebagai gurun terluas di dunia.

1. Gurun Antartika

Gurun terluas di dunia yang ke-1 adalah Gurun Antartika. Gurun Antartika merupakan salah satu gurun terluas di dunia yang terletak di Benua Antartika. Gurun yang termasuk ke dalam tipe gurun kutub ini umumnya mempunyai karakteristik dengan luasnya yang mencapai 14.000.000 kilometer persegi, sehingga membuatnya masuk daftar ke-1 sebagai gurun terluas di dunia.
Suka artikel berjudul 24 Gurun Terluas di Dunia Beserta Benua, Negara, dan Letaknya, Yuk bagikan ke: