advertisement

10 Buaya Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Yang Pernah Ada


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
10 Buaya Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Yang Pernah Ada
10 Buaya Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Yang Pernah Ada

XASXUS.com - Buaya merupakan salah satu reptil bertubuh besar yang umumnya banyak hidup di air. Berbicara mengenai buaya, tahukah kamu apa saja jenis buaya terbesar di dunia saat ini? Nah berikut ini adalah 10 jenis buaya terbesar di dunia yang masih hidup dan yang pernah ada.
Daftar Isi

10. Buaya Slender-snouted

10 Buaya Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Yang Pernah Ada
Buaya Terbesar di Dunia - Buaya Slender-snouted

Buaya terbesar di dunia yang ke-10 adalah buaya slender-snouted. Buaya slender-snouted atau yang mempunyai nama ilmiah mecistops cataphractus merupakan salah satu jenis buaya terbesar di dunia yang banyak ditemukan di Afrika dan merupakan spesies buaya yang terancam punah.

Buaya yang terkenal dengan gigi yang sangat tajam ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang rata-rata  3.3 meter, dan beratnya yang bisa mencapai 205 kilogram, sehingga membuatnya masuk daftar ke-10 sebagai buaya terbesar di dunia saat ini.

9. Buaya Sepit

10 Buaya Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Yang Pernah Ada
Buaya Terbesar di Dunia - Buaya Sepit

Buaya terbesar di dunia yang ke-9 adalah buaya sepit. Buaya sepit atau mempunyai nama ilmiah Tomistoma schlegelii merupakan salah satu jenis buaya terbesar di dunia yang banyak ditemukan di Semenanjung Malaysia, Pulau Kalimantan, Pulau Sumatra dan Pulau Jawa.

Buaya yang dikenal juga dengan nama buaya Senyulong atau yang dalam bahasa inggrisnya false gharial ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang rata-rata 4 meter, dan beratnya yang bisa mencapai 210 kilogram, sehingga membuatnya masuk daftar ke-9 sebagai buaya terbesar di dunia saat ini.

8. Buaya Rawa

10 Buaya Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Yang Pernah Ada
Buaya Terbesar di Dunia - Buaya Rawa

Buaya terbesar di dunia yang ke-8 adalah buaya rawa. Buaya rawa atau yang mempunyai nama ilmiah crocodylus palustris merupakan salah satu jenis buaya terbesar di dunia yang banyak ditemukan di seluruh anak benua India, dimana buaya ini kebanyakan mendiami danau air tawar, kolam, sungai yang berarus lamban, dan dan rawa-rawa.

Buaya yang memiliki kecepatan sekitar 8 mph dalam jarak pendek dan berburu dengan cara menyergap ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang rata-rata 3,3 meter, dan beratnya yang bisa mencapai 225 kilogram, sehingga membuatnya masuk daftar ke-8 sebagai buaya terbesar di dunia saat ini.

7. Buaya Alligator Amerika

10 Buaya Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Yang Pernah Ada
Buaya Terbesar di Dunia - Buaya Alligator Amerika

Buaya terbesar di dunia yang ke-7 adalah buaya Alligator Amerika. Buaya Alligator Amerika atau yang mempunyai nama ilmiah alligator mississippiensis merupakan salah satu jenis buaya terbesar di dunia yang banyak ditemukan di Amerika Serikat bagian tenggara. Selain itu, buaya Alligator Amerika ini juga merupakan salah satu dari dua spesies hidup di genus Alligator dalam keluarga Alligatoridae.

Buaya yang mempunyai ciri dengan moncongnya yang lebih luas, rahangnya yang tumpang tindih, dan warna yang lebih gelap ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang rata-rata 3.4 meter, dan beratnya yang bisa mencapai 240 kilogram, sehingga membuatnya masuk daftar ke-7 sebagai buaya terbesar di dunia saat ini.

6. Buaya Gharial

10 Buaya Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Yang Pernah Ada
Buaya Terbesar di Dunia - Buaya Gharial

Buaya terbesar di dunia yang ke-6 adalah buaya Gharial. Buaya Gharial atau yang mempunyai nama ilmiah gavialis gangeticus merupakan salah satu jenis buaya terbesar di dunia yang banyak ditemukan di bagian utara anak benua India. Buaya terbesar ini umumnya mempunyai ciri yaitu rahangnya yang sangat panjang dan tipis, tubuhnya berwarna zaitun gelap atau cerah dengan lurik gelap diatasnya dan terlihat seperti bintik-bintik dibagian kepala, tubuh, dan ekor.

Selain itu, spesies buaya yang terancam punah ini juga mempunyai karakteristik dengan panjang rata-rata 4,5 meter dengan beberapa diantaranya yang mencapai 6,25 meter, dan beratnya yang bisa mencapai 250 kilogram, sehingga membuatnya masuk daftar ke-6 sebagai buaya terbesar di dunia saat ini.

5. Buaya Amerika

10 Buaya Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Yang Pernah Ada
Buaya Terbesar di Dunia - Buaya Amerika

Buaya terbesar di dunia yang ke-5 adalah Buaya Amerika. Buaya Amerika atau yang mempunyai nama ilmiah crocodylus acutus merupakan salah satu jenis buaya terbesar di dunia yang banyak ditemukan di kawasan Neotropik, yaitu tepatnya dari Florida selatan, pantai Atlantik, Pasifik Meksiko selatan, hingga ke Amerika Selatan. Selain itu buaya Amerika juga banyak ditemukan di pulau Karibia seperti di Kuba, Jamaika, Hispaniola dan Grand Cayman.

Buaya yang memiliki ciri moncong berbentuk V dan kecepatannya yang luar biasa di dalam air ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjan 4 meter, dan beratnya yang bisa mencapai 335 kilogram, sehingga membuatnya masuk daftar ke-5 sebagai buaya terbesar di dunia saat ini.

4. Buaya Caiman Hitam

10 Buaya Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Yang Pernah Ada
Buaya Terbesar di Dunia - Buaya Caiman Hitam

Buaya terbesar di dunia yang ke-4 adalah buaya caiman hitam. Buaya caiman hitam atau yang mempunyai nama ilmiah melanosuchus niger merupakan salah satu jenis buaya terbesar di dunia yang banyak ditemukan di sepanjang sungai arus lambat, savana musiman dari lembah Amazon, danau, dan beberapa air tawar lainnya di Amerika Selatan.

Reptil terbesar kedua di Neotropical ecozone setelah buaya Orinoco yang sangat terancam punah ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang rata-rata 3,9 meter, dan beratnya yang bisa mencapai 350 kilogram, sehingga membuatnya masuk daftar ke-4 sebagai buaya terbesar di dunia saat ini.

Meskipun demikian, secara ukuran dan beratnya, buaya caiman hitam ini selalu tumpang tindih dengan spesies buaya Amerika. Hal ini dikarenakan dari segi ukuran dan beratnya buaya caiman hitam dan buaya Amerika hampir sama, namun beberapa bukti menunjukan jika buaya caiman hitam ini rata-rata sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan spesies buaya Amerika.

3. Buaya Orinoco

10 Buaya Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Yang Pernah Ada
Buaya Terbesar di Dunia - Buaya Orinoco

Buaya terbesar di dunia yang ke-3 adalah buaya orinoco. Buaya orinoco atau yang mempunyai nama ilmiah crocodylus intermedius merupakan salah satu jenis buaya terbesar di dunia yang banyak ditemukan di lingkungan air tawar di Negara Kolombia dan Venezuela, khususnya di Sungai Orinoco dan anak-anak sungainya.

Buaya yang termasuk ke dalam predator terbesar di Amerika ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjangnya yang mencapai 6,6 meter, namun itu dahulu. Saat ini panjang dari buaya orinoco maksimal 5,2 meter dengan beratnya yang bisa mencapai 380 kilogram, sehingga membuatnya masuk daftar ke-3 sebagai buaya terbesar di dunia saat ini.

Meskipun buaya ini merupakan spesies terbesar, akan tetapi saat ini buaya orinoco termasuk ke dalam spesies buaya yang terancam punah. Hal ini dikarenakan spesies buaya ini pada abad 19 dan 20 diburu secara ekstensif untuk diambil kulitnya.

2. Buaya Nil

10 Buaya Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Yang Pernah Ada
Buaya Terbesar di Dunia - Buaya Nil

Buaya terbesar di dunia yang ke-2 adalah buaya nil. Buaya nil atau yang mempunyai nama ilmiah crocodylus niloticus merupakan salah satu jenis buaya terbesar di dunia yang banyak ditemukan di seluruh sub-Sahara Afrika, dimana buaya ini merupakan predator air tawar terbesar di Afrika.

Buaya yang terkenal akan sifatnya yang sangat agresif ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjangnya yang mencapai 6.1 meter, dan beratnya yang bisa mencapai 1.090 kilogram, sehingga membuatnya masuk daftar ke-2 sebagai buaya terbesar di dunia saat ini sekaligus juga sebagai predator puncak oportunistik.

1. Buaya Muara

10 Buaya Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Yang Pernah Ada
Buaya Terbesar di Dunia - Buaya Muara

Buaya terbesar di dunia yang ke-1 adalah buaya muara. Buaya muara atau yang mempunyai nama ilmiah crocodylus porosus merupakan salah satu jenis buaya terbesar di dunia yang banyak ditemukan di seluruh perairan dataran rendah dan juga di perairan pantai, terutama di daerah tropis seperti Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Australia.

Buaya yang mempunyai ciri mempunyai moncong yang sangat lebar dan moncongnya yang sangat panjang ini umumnya mempunyai karakteristik dengan panjang rata-rata 7,0 meter, dan beratnya yang bisa mencapai 2 ton. Karena ukuran dan beratnya yang sangat luar biasa, membuatnya masuk daftar ke-1 sebagai buaya terbesar di dunia dan sekaligus juga sebagai reptil terbesar di dunia saat ini.
Suka artikel berjudul 10 Buaya Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Yang Pernah Ada, Yuk bagikan ke: