advertisement

9 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh Dan Cara Mengolahnya


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
9 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh Dan Cara Mengolahnya
9 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh Dan Cara Mengolahnya

XASXUS.com - Seledri atau yang nama latinnya Apium Graveolens ini merupakan salah satu tumbuh-tubuhan yang kerap di jadikan bumbu masakan, terutama di Indonesia. Tumbuh-tumbuhan ini umumnya mempunyai ciri yaitu tinggi tidak sampai dari 1 meter dengan batangnya yang cukup pendek.

Selain itu, tumbuh-tumbuhan ini juga mempunyai buah yang kecil dengan warnanya yang coklat gelap. Meskipun seledri ini merupakan tumbuh-tumbuhan kecil, akan tetapi seledri ini mempunyai manfaat yang sangat luar biasa, terutama pada bagian daun seledri. Nah jika kamu belum tahu apa saja manfaat daun seledri, berikut ini adalah 9 manfaat daun seledri untuk kesehatan tubuh dan cara mengolahnya.
Daftar Isi

1. Manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi

Manfaat daun seledri yang pertama adalah untuk menurunkan darah tinggi. Seperti yang diketahui jika daun seledri mempunyai kandungan zat flavonoid dan nutrisi yang sangat tinggi yang dipercaya dapat menurunkan darah tinggi, sehingga penggunaan daun seledri ini sangat bermanfaat di dalam menstabilkan tekanan darah dan juga mencegahnya darah kembali naik.

Langkah-langkah cara mengolah daun seledri untuk menurunkan darah tinggi:

  • Siapkan 20 tangkai daun seledri atau secukupnya.
  • Cuci tangkai daun seledri tersebut hingga benar-benar bersih.
  • Haluskanlah tangkai daun seledri tersebut dengan cara dibelender dan ditambahkan sedikit air.
  • Peras dan saringlah tangkai daun seledri yang sudah dihaluskan tersebut.
  • Minumlah hasil air perasan daun seledri tersebut dengan aturan 3 kali dalam sehari, dimana masing-masingnya 2 sdm.

2. Manfaat daun seledri untuk menurunkan kolesterol

Manfaat daun seledri yang kedua adalah untuk menurunkan kolesterol. Seperti yang diketahui jika daun seledri mempunyai beberapa kandungan nutrisi yang dapat memecah kolesterol. Sehingga penggunaan daun seledri ini mampu mencegah terjadinya penumpukan kolesterol dalam jumlah banyak yang dapat menyumbat aliran darah.

3. Manfaat daun seledri untuk mengobati rematik

Manfaat daun seledri yang ketiga adalah untuk mengobati rematik. Seperti yang diketahui jika daun seledri mempunyai beberapa kandungan yang bermanfaat di dalam meredakan rasa nyeri bagi penderita rematik, seperti kandungan vitamin, anti bakteri, anti radang, dan mineral yang sangat lengkap. Selain itu, penggunaan daun seledri ini juga dapat mengurangi zat purin yang ada di dalam persendian, dimana zat purin ini dapat memicu meningkatnya kadar asam urat di dalam tubuh.

4. Manfaat daun seledri untuk mengatasi anemia

Manfaat daun seledri yang keempat adalah untuk mengatasi anemia. Seperti yang diketahui jika daun seledri mempunyai kandungan zat besi yang sangat tinggi sehingga bermanfaat di dalam mencegah dan menyembuhkan anemia, terutama bagi wanita yang sedang dalam masa menstruasi dan juga wanita yang sedang hamil, dimana dimasa-masa itulah wanita rentan terkena anemia, sehingga penggunaan daun seledri ini sangat bermanfaat untuk mengatasi anemia.

5. Manfaat daun seledri untuk ginjal

Manfaat daun seledri yang kelima adalah untuk memperbaiki fungsi ginjal. Seperti yang diketahui jika daun seledri mempunyai kandungan nutrisi yang sangat tinggi sehingga bermanfaat di dalam memperbaiki kinerja ginjal. Sehingga penggunaan daun seledri ini sangat bermanfaat untuk di dalam memperbaiki fungsi ginjal, seperti mempermudah kinerja ginjal di dalam menyaring, mengendalikan, dan juga mengeluarkan zat-zat racun yang ada ditubuh.

6. Manfaat daun seledri untuk mencegah kanker

Manfaat daun seledri yang keenam adalah untuk mencegah kanker. Seperti yang diketahui jika daun seledri mempunyai beberapa kandungan yang sangat bermanfaat di dalam mecegah, memblokir, dan juga menghancurkan aktivitas yang berasal dari sel-sel tidak normal yang menjadi pemicu munculnya sel-sel kanker, seperti kandungan asam fenolat, dan senyawa kumarin fitokimia. Sehingga penggunaan daun seledri ini sangat bermanfaat sekali untuk mencegah terjadinya kanker.

7. Manfaat daun seledri untuk mata

Manfaat daun seledri yang ketujuh adalah untuk mengatasi mata kering. Seperti yang diketahui jika daun seledri mempunyai beberapa kandungan yang sangat bermanfaat di dalam mengatasi mata kering, seperti kandungan nutrisi dan vitamin A yang dapat menyehatkan jaringan retina dan juga kornea mata, sehingga penggunaan daun seledri ini sangat bermanfaat sekali di dalam  mempertahankan ketajaman penglihatan dan juga mencegahnya dari berbagai macam serangan radikal bebas.

8. Manfaat daun seledri untuk mengatasi asma

Manfaat daun seledri yang kedelapan adalah untuk mengatasi asma. Seperti yang diketahui jika daun seledri mempunyai kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat di dalam mengatasi asma, sehingga penggunaan daun seledri ini sangat bermanfaat sekali di dalam menjaga agar asma tidak mudah kambuh ketika sedang berada di lingkungan berdebu maupun berpolusi.

Langkah-langkah cara mengolah daun seledri untuk mengatasi asma:

  • Siapkan 3 tangkai daun seledri atau secukupnya dan 9 daun kapuk atau randu.
  • Cuci kedua bahan tersebut hingga benar-benar bersih.
  • Haluskanlah kedua bahan tersebut dengan cara dibelender dan setengah gelas air, gula aren dan garam secukupnya.
  • Peras dan saringlah beberapa bahan yang dihaluskan tersebut.
  • Minumlah hasil air perasan tersebut sebelum sarapan pagi.

9. Manfaat daun seledri untuk mengatasi obesitas

Manfaat daun seledri yang kesembilan adalah untuk mengatasi obesitas. Seperti yang diketahui jika daun seledri mempunyai kandungan nutrisi yang sangat kaya dan bermanfaat di dalam menekan rasa lapar, sehingga penggunaan daun seledri ini sangat bermanfaat sekali di dalam mengontrol nafsu makan secara berlebihan dan juga dapat membantu seseorang di dalam melakukan program diet.

Nah itulah 9 manfaat daun seledri untuk kesehatan tubuh seperti ginjal, hipertensi, kolestrol, mata, rematik, anemia, asma, kanker, dan obesitas.
Suka artikel berjudul 9 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh Dan Cara Mengolahnya, Yuk bagikan ke: