advertisement

12 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya


advertisement
advertisement
advertisement
12 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya
12 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

XASXUS.com - Daun kelor merupakan salah satu tanaman yang sudah terkenal akan kaya manfaatnya. Bahkan saking kaya manfaatnya, beberapa ilmuan menyebut tanaman ini adalah pohon ajaib. Menurut beberapa penelitian, bagian-bagian pada tanaman kelor ini mempunyai banyak manfaat, mulai itu dari batang, buah, bahkan bijinya sekalipun.

WHO atau organisasi kesehatan dunia pun juga turut menyarankan supaya bayi dan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan untuk mengkomsumsi daun kelor. Hal ini dikarenakan daun kelor mempunyai kandungan zat-zat yang sangat bermanfaat, diantaranya adalah:
  • Vitamin C yang 7 kali lipat lebih banyak dari pada jeruk.
  • Vitamin A yang 4 kali lipat lebih banyak dari pada wortel.
  • Potasium yang 3 kali lipat lebih banyak dari pada pisang.
  • Protein yang 2 kali lipat lebih banyak dari pada susu.
  • Kalsium yang 4 kali lipat lebih banyak dari pada susu.

Nah jika kamu belum tahu apa saja manfaat daun kelor, berikut ini adalah 12 manfaat daun kelor untuk kesehatan dan cara mengolahnya.
Daftar Isi

1. Manfaat daun kelor untuk menjaga berat badan

Manfaat daun kelor yang pertama adalah untuk menjaga berat badan. Seperti yang diketahui jika daun kelor mempunyai kandungan polyphenol yang sangat tinggi dan befungsi sebagai antioksidan. Jadi racun yang ada di dalam tubuh dapat terdetoksifikasi dan juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga penggunaan daun kelor ini sangat bermanfaat di dalam menangani masalah pencernaan dan juga dapat dipakai untuk menurunkan berat badan.

2. Manfaat daun kelor untuk menyehatkan kulit

Manfaat daun kelor yang kedua adalah untuk menyehatkan kulit. Seperti yang diketahui jika daun kelor mempunyai kandungan antioksidan dan vitamin C yang sangat bermanfaat di dalam menghaluskan kulit dan juga mencegah timbulnya jerawat di wajah.

3. Manfaat daun kelor untuk menguatkan rambut

Manfaat daun kelor yang ketiga adalah untuk menguatkan rambut. Seperti yang diketahui jika daun kelor mempunyai kandungan nutrisi yang sangat kaya, sehingga penggunaan daun kelor ini sangat bermanfaat di dalam membuat rambut menjadi kuat.

4. Manfaat daun kelor untuk melembabkan rambut

Manfaat daun kelor yang keempat adalah melembabkan rambut. Sama seperti point sebelumnya dimana daun kelor mempunyai kandungan nutrisi yang sangat kaya, sehingga penggunaan daun kelor ini sangat bermanfaat di dalam melembabkan rambut, mengkilap, dan pastinya menjadi sehat.

5. Manfaat daun kelor untuk menghilangkan flek wajah

Manfaat daun kelor yang kelima adalah untuk menghilangkan flek wajah. Seperti yang diketahui jika daun kelor mempunyai beberapa kandungan yang sangat bermanfaat bagi wajah, seperti kandungan zat besi, seng, tembaga, mangan, silika, dan magnesium. Sehingga penggunaan daun kelor ini sangat bermanfaat sekali di dalam menghilangkan flek wajah sekaligus juga dapat dijadikan sebagai pelembab alami.

Selain itu, penggunaan daun kelor ini juga dapat berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan juga berfungsi untuk membersihkan kulit. Bahkan kandungan yang ada pada daun kelor ini ada lebih dari sekitar 30 zat antioksidan yang sangat bermanfaat di dalam kesehatan kulit. Karena banyaknya manfaat daun kelor untuk kencantikan, sehingga membuatnya menjadi bahan utama di dalam pembuatan kosmetik.

Untuk cara mengolahnya sendiri cukuplah mudah, dimana kamu hanya perlu mengambil beberapa lembar daun kelor secukupnya dan masih muda. Setelah itu tumbuklah daun kelor tersebut hingga sangat halus dan kemudian jadikanlah sebagai bedak di wajah.

6. Manfaat daun kelor untuk menghambat efek penuaan

Manfaat daun kelor yang keenam adalah untuk menghambat efek penuaan. Hal ini dikarenakan menurut beberapa studi jika suplementasi terhadap daun kelor dan bayam dapat menimbulkan efek peningkatan yang sangat signifikan terhadap senyawa antioksidan, seperti yang diketahui jika senyawa antioksidan sangat berperan penting di dalam memperlambat efek penuaan.

7. Manfaat daun kelor untuk mengobati rematik

Manfaat daun kelor yang ketujuh adalah untuk mengobati rematik, dimana penggunaan daun kelor ini dapat mengurangi rasa sakit dan penumpukan asam urat yang terjadi pada sendi. Tidak hanya itu saja, bahkan daun kelor juga dapat bermanfaat di dalam mengatasi nyeri, pegal linu, dan lain sebagainya.

8. Manfaat daun kelor untuk mengatasi alergi

Manfaat daun kelor yang kedelapan adalah untuk mengatasi alergi. Untuk cara mengolahnya sendiri cukuplah mudah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan 3 gagang daun kelor, 1 siung bawang, pulasari secukupnya, dan 3 gelas air. Setelah itu rebuslah semua bahan tersebut hingga mendidih sampai tersisa 2 gelas. Lalu saringlah dan kemudian diminum secara rutin setiap hari.

9. Manfaat daun kelor untuk mengobati cacingan

Manfaat daun kelor yang kesembilan adalah untuk mengobati cacingan, dimana kamu bisa memanfaatkan daun kelor ini untuk mengobati anak anda yang sedang mengalami cacingan. Untuk cara mengolahnya sendiri cukuplah mudah, dimana kamu hanya perlu menyiapkan 3 gagang daun kelor, 1 sampai 2 batang mineran, dan 1 gagang daun cabai. Setelah itu rebuslah semua bahan tersebut hingga mendidih sampai tersisa 1 gelas. Lalu saringlah dan kemudian diminum secara rutin setiap hari.

10. Manfaat daun kelor untuk menurunkan kolesterol

Manfaat daun kelor yang kesepuluh adalah untuk menurunkan kolesterol. Seperti yang diketahui jika daun kelor mempunyai beberapa kandungan nutrisi yang dapat memecah kolesterol. Sehingga penggunaan daun kelor ini mampu mencegah terjadinya penumpukan kolesterol dalam jumlah banyak yang dapat menyumbat aliran darah.

11. Manfaat daun kelor untuk menurunkan tekanan darah

Manfaat daun kelor yang kesebelas adalah untuk menurunkan tekanan darah. Seperti yang diketahui jika daun kelor mempunyai kandungan zat hiocarbamate glikosida, nitrile, dan glikosida minyak mustard yang dipercaya dapat menurunkan darah tinggi, sehingga penggunaan daun kelor ini sangat bermanfaat di dalam menurunkan tekanan darah dan juga mencegahnya darah kembali naik.

12. Manfaat daun kelor untuk meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat daun kelor yang kedua belas adalah untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Seperti yang diketahui jika daun kelor mempunyai kandungan anti inflamasi yang sangat bermanfaat di dalam mencegah dan mengobati sakit maag, infeksi, keluhan pencernaan, dan kerusakan ginjal. Tidak hanya itu saja, penggunaan daun kelor juga bisa membantu meningkatkan fungsi hati, mengatasi penyakit sembelit, batu ginjal, diare, dan infeksi saluran kemih.

Nah itulah 12 manfaat daun kelor untuk kesehatan dan cara mengolahnya.
Suka artikel berjudul 12 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya, Yuk bagikan ke: