advertisement

8 Manfaat Buat Sirsak Untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya


advertisement
advertisement
advertisement
8 Manfaat Buat Sirsak Untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya
8 Manfaat Buat Sirsak Untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya

XASXUS.com - Buah sirsak merupakan salah satu jenis buah mempunyai rasa sedikit asam dengan dagingnya yang kenyal dan sangat menyegarkan. Buah uang mempunyai ciri berwarna hijau dengan bentuknya yang menyerupai jantung dan berduri ini memang sangat digemari oleh masyarakat indonesia. Bahkan tidak jarang buah sirsak ini dijadikan makanan penutup.

Meskipun demikian, tahukah kamu jika buah sirsak mempunyai berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti dapat menyembuhkan kanker, membunuh parasit, membersihkan saluran pencernaan, membantu menyembuhkan nyeri, meredakan saluran pernapasan, menghilangkan stres, kesehatan kulit, dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nah berikut ini adalah 8 penjelasan manfaat buat sirsak untuk kesehatan cara pengolahannya.
Daftar Isi

1. Manfaat buah sirsak untuk membunuh parasit

Manfaat buah sirsak yang pertama adalah untuk membunuh parasit. Seperti yang diketahui jika buah sirsak mempunyai banyak manfaat. Bahkan di Amerika Selatan dan Amerika Latin sendiri buah sirsak sudah lama populer dijadikan bahan baku dalam pengobatan tradisional. Hal ini dikarenakan buah sirsak mampu melindungi tubuh dari infeksi parasit dikarenakan mempunyai kandungan vitamin C, antibakteri, dan antiparasit.

2. Manfaat buah sirsak untuk membersihkan saluran pencernaan

Manfaat buah sirsak yang kedua adalah untuk membersihkan saluran pencernaan. Seperti yang diketahui jika buah sirsak mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh, dimana daun dan dagingnya bisa dipakai untuk membersihkan usus sehingga sistem gastrointestinal pada tubuh menjadi lancar. Hal ini dikarenakan buah sirsak bisa menstimulasi hormon diuretik.

Selain itu, kandungan vitamin C yang ada pada buah sirsak juga bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga tidak heran jika buah sirsak kerap digunakan du dalam mengobati penyakit disentri, dan kudis. Tidak hanya itu saja, bahkan alkaloid dan kuinolon yang termasuk ke dalam bebera komponen anti peradangan juga bisa mengurangi parasit di usus, serta mampu mengurangi rasa nyeri dan juga sakit diperut.

3. Manfaat buah sirsak untuk membantu menyembuhkan nyeri

Manfaat buah sirsak yang ketiga adalah untuk membantu menyembuhkan nyeri. Seperti yang diketahui jika buah sirsak mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh, dimana senyawa antiperadangan yang ada pada buah sirsak dapat membantu menyembuhkan nyeri, baik itu nyeri diperut maupun nyeri sendi, seperti halnya arthritis. Untuk cara mengolahnya sendiri, kamu hanya perlu menggosok-gosokkan buah sirsak ke bagian tubuh yang dirasa nyeri.

4. Manfaat buah sirsak untuk meredakan saluran pernapasan

Manfaat buah sirsak yang keempat adalah untuk meredakan saluran pernapasan. Seperti yang diketahui jika buah sirsak mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh, dimana sifat ekspektoran yang ada pada buah sirsak dapat menghilangkan dahak maupun lendir.

Selain itu, buah sirsak juga mempunyai kandungan asam askorbat yang mampu membantu di dalam melawan radikal bebas dan juga infeksi. Jadi dengan mengurangi infeksi bakteri dan virus dengan menggunakan buah sirsak tentunya bisa mempercepat penyembuhan flu dan batuk. Tidak hanya buahnya saja yang sangat bermanfaat, rebusan daun sirsak pun juga mampu membatu di dalam menyembuhkan sinus serta meredakan tenggorokan.

5. Manfaat buah sirsak untuk menghilangkan stres

Manfaat buah sirsak yang kelima adalah untuk menghilangkan stres. Seperti yang diketahui jika buah sirsak mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh, dimana senyawa antiperadangan yang ada pada buah sirsak dapat membantu seseorang menghilangkan stress dan juga dapat menjadikannya tenang.

Jadi penggunaan buah sirsak ini sangat dianjurkan jika kamu sedang mengalami stress berlehihan dan juga kecemasan. Tidak hanya itu saja, bahkan efek menenangkan pada buah sirsak mampu membantu kamu di dalam mengatasi insomnia.

6. Manfaat buah sirsak untuk kesehatan kulit

Manfaat buah sirsak yang keenam adalah untuk kesehatan kulit. Seperti yang diketahui jika buah sirsak mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh, dimana biji pada bauh sirsak bisa dijadikan sebagai penyegar kulit.

Selain itu, kandungan antioksidan pada buah sirsak juga dapat meremajakan kulit dan juga melindungi kulit yang berasal dari infeksi bakteri, sehingga penggunaan buah sirsak ini bisa mengurangi gejala penuaan kulit dan juga mengurangi garis-garis kerutan pada kulit.

7. Manfaat buah sirsak untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah sirsak yang ketujuh adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seperti yang diketahui jika buah sirsak mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh, dimana kandungan vitamin C, B1, dan B2 yang ada pada buah sirsak dapat menjaga sistem kekebalan tubuh.

Hal ini dikarenakan vitamin-vitamin pada buah sirsak tersebut akan menstimulasi terjadinya pembentukan sel darah putih. Tidak hanya itu saja, bahkan vitamin-vitamin tersebut juga merupakan jenis antioksidan yang mampu mencegah penyakit kronis.

8. Manfaat buah sirsak untuk mencegah penyakit kanker

Manfaat buah sirsak yang kedelapan adalah untuk mencegah penyakit kanker. Seperti yang diketahui jika buah sirsak mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh, dimana kandungan annonaceous acetogenins atau turunan asam lemak yang ada pada buah sirsak mampu mecegah kanker dan juga mampu mengurangi ukuran tumor.

Hal ini dikarenakan kandungan annonaceous acetogenins pada buah sirsak mampu memotong perkembangan sel yang abnormal dari aliran darah, sehingga penggunaan buah sirsak ini dapat dijadikan alternatif di dalam mengobati kanker, seperti kanker payudara, prostat, dan paru-paru.

Nah itulah 8 manfaat buat sirsak untuk kesehatan dan cara pengolahannya.
Suka artikel berjudul 8 Manfaat Buat Sirsak Untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya, Yuk bagikan ke: