9 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnya

Advertisment

XASXUS.com - Buah salak atau yang nama latinnya Salacca zalacca ini merupakan salah satu buah-buahan yang berasal dari jenis tumbuhan palapa. Buah salak ini memanglah tidak seterkenal seperti buah jeruk, apel, ataupun pisang.

Walaupun begitu, buah salak ini justru mempunyai banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Nah bagi kamu yang belum mengetahui apa saja manfaat buah salak bagi tubuh dan ingin mengetahuinya, berikut ini adalah 9 manfaat buah salak untuk kesehatan tubuh dan cara mengolahnya.

Daftar Isi

1. Manfaat buah salak untuk mata

Manfaat buah salak yang ke-1 adalah untuk menjaga kesehatan mata. Apakah kamu mempunyai masalah dengan pengelihatan dan tidak ingin bertambah parah? Jika iya, buah yang satu ini tentunya sangat direkomendasikan bagi kamu yang mengingikan hal tersebut

Seperti yang diketahui jika buah salak mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, dimana kandungan vitamin A yang ada pada buah salak setara dengan karoteriod, sehingga penggunaan buah salak ini mampu di dalam menjaga kesehatan mata.

21 Khasiat dan Manfaat Lemon Untuk Wajah, Bibir, Mata, Beserta Cara Menggunakannya

2. Manfaat buah salak untuk penuaan dini

Manfaat buah salak yang ke-2 adalah untuk mencegah penuaan dini. Tidak hanya baik buat kesehatan mata, kandungan vitamin dan gizi di dalam buah salak ternyata juga ampuh mencegah penuaan dini dengan cara membantu melancarkan proses regenerasi pada kulit. Maka dari itu, bagi kamu yang ingin kulit wajah terhidar dari penuaan dini, cobalah mengonsumsi buah salak secara berkala dan tidak berlebihan.

10 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan dan Kecantikan

3. Manfaat buah salak untuk ibu hamil

Manfaat buah salak yang ke-3 adalah untuk mengobati mual pada ibu hamil. Apakah kamu sedang hamil dan sering merasakan mual? Sebagaimana yang diketahui saat sedang mengalami morning sickness, ibu hamil biasanya akan sering mengalami hal tersebut. Nah untuk mengobatinya, maka kamu bisa mengambil manfaat dari buah salak. Hal ini dikarenakan kulit ari pada buah salak dipercaya mampu mengobati rasa mual bagi ibu hamil.

12 Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

4. Manfaat buah salak untuk diet

Manfaat buah salak yang ke-4 adalah untuk membantu menurunkan berat badan. Apakah kamu sedang menjalani program diet? Jika iya, buah salak sangat direkomendasikan buat kamu. Hal ini dikarenakan kandungan serat pada buah salak sangat tinggi, sehingga dengan mengonsumsi buah salak secara tidak langsung akan membuat tubuhmu turun dikarenakan buah salak mampu menunda rasa lapar.

15 Manfaat Buah Duku dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

5. Manfaat buah salak untuk kanker

Manfaat buah salak yang ke-5 adalah untuk mencegah kanker. Seperti yang diketahui jika kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya dan mematikan. Oleh sebab itu, mencegah terjadinya kanker ditubuh merupakan suatu hal yang harus dilakukan. Untuk mencegah kanker, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi buah salak. Namun dalam mengonsumsinya sebaiknya tanpa harus mengupas kulit arinya.

15 Manfaat Buah Semangka dan Bahaya Semangka Bagi Kesehatan Tubuh

6. Manfaat buah salak untuk diare

Manfaat buah salak yang ke-6 adalah untuk menyembuhkan diare. Menderita diare memang tidak mengenakan tubuh. Namun bagi kamu yang saat ini sedang terkena diare, cobalah banyak mengonsumsi buah salak. Hal ini dikarenakan kandungan zat tanin yang ada pada buah salak sama tingginya dengan zat tanin yang adapa pada daun jambu biji, sehingga penggunaan buah salak ini juga sangat efektif di dalam menyembuhkan dan juga mengobati diare secara cepat dan alami.

15 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

7. Manfaat buah salak untuk otak

Manfaat buah salak yang ke-7 adalah untuk membantu perkembangan sel otak. Apakah kamu mempunyai anak yang sedang dalam masa pertumbuhan? Jika iya, maka buah-buahan yang satu ini sangat diajurkan untuk mereka. Hal ini dikarenakan buah salak mempunyai senyawa yang sangat baik bagi perkembangan sel-sel pada otak.

18 Manfaat Jus Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

8. Manfaat buah salak untuk pencernaan

Manfaat buah salak yang ke-8 adalah untuk melancarkan pencernaan. Apakah kamu sedang merasakan susah buang air besar, sembelit, dan lain sebagainya? Jika iya, cobalah mengonsumsi buah salak. Hal ini dikarenakan kandungan beta karoten, mineral, tanin, dan juga serat di dalam sangat baik bagi kesehatan perut dan juga melancarkan kembali pencernaan.

Meskipun demikian, penggunaan salak ini tidak disarankan bagi para penderita typhus dan maag. Sebab beberapa kandungan pada buah salak memang tidak baik bagi para penderita penyakit tersebut.

12 Manfaat Buah Zuriat Arab Untuk Kesehatan dan Program Hamil

9. Manfaat buah salak untuk jantung

Manfaat buah salak yang ke-9 adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Selain manfaat diatas, buah salak juga mempunyai manfaat bagi kesehatan jantung, dimana kandungan kalium, antioksidan, dan juga mineral yang ada pada buah salak mampu mengatur kesehatan jantung serta pembuluh darah.

Tidak hanya itu saja, bahkan kandungan kaliumnya mampu membantu mengirimkan impuls saraf yang dapat memengaruhi detak pada jantung, sehingga penggunaan buah salak ini sangat bermanfaat sekali di dalam mengatasi gagal jantung, atau masalah lainnya yang terjadi pada detak jantung dan tekanan darah tinggi.

20 Khasiat dan Manfaat Tomat Untuk Wajah Beserta Cara Pemakaiannya

Cara mengolah buah salak untuk kesehatan

Untuk cara pengolahannya sendiri, kamu bisa langsung memakannya bersamaan dengan kulit arinya ataupun membuatnya menjadi berbagai macam olahan, seperti membuat asinan ataupun kripik salak untuk kemudian dikonsumsi sehari-hari.

17 Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Nah itulah 9 manfaat buah salak untuk kesehatan tubuh dan cara mengolahnya.

1 2 3